sejuta wisata indonesia
loading...

3 Pilihan Tempat Wisata di Cianjur

In Cianjur

Cianjur merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan makanan khas tauco. Jika ingin menghabiskan waktu liburan, ada banyak tempat wisata di Cianjur yang dapat anda kunjungi. Kabupaten Cianjur memiliki daerah yang strategis karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan, berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Purwakarta di sebelah utar, Kota Bandung dan Kabupaten Garut di sebelah timur dan Kabupaten Sukabumi di sebelah barat. Kabupaten Cianjur juga dikenal dengan tembang Sunda Cianjuran, seni bela diri pencak silat, serta kehidupan masyarakatnya yang religius. Selain itu, Cianjur juga terkenal karena memiliki Istana Kepresidenan. Tetapi selain bangunan tersebut, terdapat banyak tempat wisata alam menarik yang dapat anda pilih, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Gunung Gede Pangrango

Gede Pangrango

Bagi para pecinta alam, tempat wisata di Cianjur yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Gunung Gede Pangrango sangat digemari oleh para pendaki karena alamnya sangat indah dan motivasi untuk mencapai sebuah padang luas yang berada di puncaknya yang bernama alun-alun Surya Kencana. Alun-alun Suryakencana terletak pada ketinggian 2750 meter di atas permukaan laut. Tempat ini memiliki luas sekitar 50 hektar dan banyak ditumbuhi oleh bunga Edelweiss. Setelah menempuh jarak yang cukup panjang untuk mendaki Gunung Gede Pangrango, semua jerih payah pendaki akan terbayar lunas setelah berada di puncak Suryakenca dengan panorama yang sangat mengagumkan.

2. Kebon Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebon Raya Cibodas merupakan tempat wisata di Cianjur yang dibangun oleh ahli botani asal Belanda yang bernama Johannes Elias Teijsmann pada tahun 1852. Tempat ini memiliki banyak koleksi tumbuhan baik asli Indonesia maupun yang berasal dari mancanegara. Selain aneka ragam tumbuhan yang indah, tempat ini juga menyajikan sarana permainan anak, area camping, air terjun, pendopo, shelter, dan teater alam terbuka. Kebon Raya Cibodas terletak di kawasan Gunung Gede Pangrango, dan merupakan salah satu start awal jalur pendakian yang biasa digunakan para pendaki untuk menuju puncak gunung Gede.

3. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang

Tempat ini sempat ramai dibicarakan oleh media cetak maupun elektronik karena bentuknya yang mirip dengan Piramida di Mesir dan usianya yang sangat tua. Diperkirakan, situs ini berusia 4700 – 10.900 sebelum masehi, jauh lebih tua dari Piramida Mesir yang berusia 2500 sebelum masehi. Situs Gunung Padang merupakan situs punden berundak yang terletak di dusun Gunung Padang, Kecamatan Cempaka, Cianjur yang berada pada ketinggian 885 meter di atas permukaan laut. Situs ini luasnya mencapai 15 hektar dan merupakan punden berundak terluas di Asia Tenggara. Dengan mengunjungi tempat wisata di Cianjur yang merupakan warisan peninggalan jaman megalitikum ini, membuktikan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia sudah memiliki peradaban yang sangat tinggi di kala itu.

wisata terms:

10 tempat terangker di cianjur, jablay cianjur, tempat mangkal psk cianjur, spot foto di cianjur
No related post!
Must read×

Top