Pesona Elok Pantai Derawan

In Kalimantan Timur

Pantai Derawan yang memiliki pesona pantai berupa pasir putih, pohon kelapa melambai dan laut biru yang bisa diselami untuk menyaksikan biota di dalam laut, berlokasi di Propinsi Kalimantan Timur, tepatnya terletak di Tanjung Redeh sebalah timur dan Sulawesi sebelah barat laut. Pantai Derawan tak disangkal dengan keindahan potensi wisata yang dimilikinya menjadikan pantai ini menjadi tujuan utama para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Dengan tersedianya begitu banyak penginapan pun resor di kepulauannya untuk bisa menikmati pantai Derawan, maka kegiatan wisata yang bisa dilakukan berupa snorkeling, diving, menyelam, melihat proses tukik atau anak penyu menetas dan dilepas ke pantai, dan masih banyak lainnya.

Foto Wisata Pantai Derawan Pantai Derawan Balikpapan Pantai Derawan Kalimantan Pantai Derawan

Cara Tempuh Pantai Derawan

Bila ingin mengunjungi Pantai Derawan moda transportasi yang bisa digunakan berupa pesawat yang akan memakan waktu perjalanan sepanjang 45 menit. Selain perjalanan udara alternatif lain adalah menggunakan perjalanan via darat dengan menggunakan jasa agen travel yang mudah ditemui di Balikpapan dengan tujuan Berau. Waktu perjalanan yang dibutuhkan saat menggunakan jalan tempuh darat adalah 20 jam. Rute perjalanan yang dilalui saat menempuh perjalanan darat adalah Samarinda, Sanggata, Bontang, dan juga wilayah hutan dengan jalanan terjal dan tak teraspal. Setelah mencapai Tanjung Redeb di Kabupaten Berau, maka perjalanan kemudian ditempuh melalui jalur darat menuju Pelabuhan Tanjung Batu.

Perjalanan masih mengharuskan ditempuh dengan menggunakan boat yang disewakan sekitar tiga ratus ribu rupiah per boat. Menggunakan perahu ini perjalanan dari Tanjung Batu dimulai untuk menuju Pantai Derawan nan memesona.

Potensi Wisata Pantai Derawan

Apa yang bisa dinikmati sepanjang berada di Pantai Derawan? Pemandangan alam dan pesona bentang pantai yang bisa dinikmati berupa terumbu karang yang mudah ditemui pada seluruh pulau. Bisa pula wisatawan mengunjungi dan menikmati gosong yakni yang berada di Gosong Masimbung, Gosong Pinaka, Gosong Tabainga, Gosong Muaras, pun Gosong Pulau Panjang.

Pantai Derawan juga terdapat ikan karang. Jenis ikan karang di pantai Derawan ini memiliki jenis spesies Wrasses (Labridae), Damselfishes (Pomacentridae), dan Gobes (Gobiidae). Padang Lamun di Pantai Derawan terdapat jenis lamun berupa Halodule uninervis, Cyamodocea rotundata, dan juga Thalasia hemprichii dan Halophila ovalis.

Pesona lain yang bisa ditemukan berupa Mangrove yang mudah ditemui di Delta di Berau. Mangrove ini oleh masyarakat sekitar dijadikan mata pencarian utama untuk menangkap udang,ikan, dan kepiting.

Bila ingin menikmati spot snorkeling disarankan untuk pergi ke Pulau Sangalaki. Banyak terdapat ikan di balik terumbu karang yang bisa dinikmati dan juga biota laut di lautnya. Di Pulau Sangalaki juga bisa ditemukan penangkaran penyu hijau. Tak hanya binatang laut, karena pulau ini masih tergolong jarang penduduknya, hewan darat seperti biawak bisa ditemui di sini.

Beberapa Tempat Wisata Menarik di Samarinda
Beberapa Tempat Wisata Menarik di Samarinda
Beberapa Tempat Wisata Menarik di Samarinda –
Must read×

Top