Tempat Wisata di Klaten Yang Wajib Dikunjungi

In Klaten

Jika berbicara tentang tempat wisata di Klaten, orang pasti akan langsung tertuju ke candi Prambanan. Sebab candi ini sudah sangat terkenal, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Padahal, selain candi Prambanan masih ada segudang pilihan tempat-tempat wisata indah di Klaten yang sayang untuk dilewatkan. Kabupaten Klaten termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Yogyakarta. Klaten terletak di lereng gunung Merapi, sehingga keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi. Berikut ini 3 tempat wisata yang terdapat di Klaten yang dapat menjadi pilihan menghabiskan waktu liburan anda:

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan salah satu tempat wisata di Klaten yang cukup populer. Tempat ini menyajikan keindahan bawah air yang sangat menawan. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai hobi berenang dan snorkling. Anda dapat berfoto ria di dalam air yang sangat jernih dengan dihiasi gerombolan ikan berwarna-warni dan pemandangan alami bawah air yang mempesona. Umbul Ponggok terletak di desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Anda dapat merasakan sensasi keindahan bawah air Umbul Ponggok ini layaknya bersnorkling di laut Karimunjawa maupun di Taman Nasional Bunaken. Tiket masuk ke Umbul Ponggok sangat murah, hanya 5000 rupiah per orang.

2. Museum Gula dan Agrowisata Gondang Winangun

Museum Gula dan Agrowisata Gondang Winangun

Museum gula merupakan tempat wisata di Klaten yang terletak di desa Gondang, Kecamatan Jogonalan. Di dalam museum terdapat benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan industri gula nusantara. Anda dapat menyaksikan proses pembuatan gula pasir, serta melihat benda bersejarah seperti miniatur pabrik gula, lokomotif jaman dulu untuk mengangkut tebu, mesin penggiling tebu, berbagai jenis tebu, dan lain sebagainya. Di dalam kompleks wisata museum ini, anda bisa menjumpai obyek wisata alam menarik yaitu Agrowisata Gondang Winangun. Tempat ini cocok untuk liburan keluarga karena menyediakan waterpark, flying fox, berbagai jenis permainan outbond, dan lain-lain.

3. Rowo Jombor

Rowo Jombor

Rowo Jombor merupakan obyek wisata kuliner warung apung yang berlatar belakang keindahan alam perbukitan. Rowo Jombor terletak di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten. Kita dapat menikmati berbagai jenis masakan ikan air tawar, memancing, maupun menikmati keindahan alam dengan berperahu mengelilingi kawasan rawa. Keindahan alamnya sangat sedap di pandang mata, karena warung apung Rowo Jombor ini bersebelahan dengan bukit Sidoguro. Di bukit ini sering diadakan pesta rakyat, apalagi pada saat syawalan (seminggu setelah lebaran) tempat ini sangat ramai didatangi pengunjung terutama pada saat upacara Kirab Gunungan. Oleh karena itu, Rowo Jombor merupakan salah satu tempat wisata di Klaten yang sangat direkomendasikan terutama bagi anda yang ingin menikmati perpaduan wisata alam, kuliner dan budaya.

wisata terms:

bukit sidoguro klaten, tempat makan romantis di klaten, wisata malam klaten, tempat nongkrong malam di klaten
No related post!
Must read×

Top