Apa Penyebab mata bengkak bagian atas?

By On Monday, October 31st, 2022 Categories : Tanya Jawab

Apa Penyebab mata bengkak bagian atas? – Pa kabar sobs semua, Met Datang di web site Trend Wisata ini. Di hari yang cerah ini, saya dari web www.trendwisata.com pengen share tanya jawab yang mantap yang membahas Apa Penyebab mata bengkak bagian atas?. Ayo Agan dan sista menyimaknya di bawah ini:

Kenali Penyebab Mata Bengkak

  • Website Administrator
  • 14 Maret 2017
  • 2352

Mata bengkak bisa disebabkan karena edema atau kelebihan cairan dalam jaringan ikat di sekitar mata. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut, seperti infeksi, trauma, cedera di sekitar mata, hingga menangis
dalam waktu yang lama.

Beberapa Penyebab Mata Bengkak

Kondisi yang juga biasa disebut periorbital ini sering terjadi di kelopak mata. Penyebab umum lainnya adalah alergi, di mana alergi ini kadang-kadang disertai dengan gejala mata merah ataupun gatal.

Selain itu, masih ada banyak lagi penyebab mata bengkak, diantaranya adalah :

1. Dermatochalasis

Kelopak mata bengkak bisa berhubungan dengan usia. Hal ini khususnya terjadi saat kulit bagian atas kelopak mata
mengalami penurunan (dermatochalasis) dan tidak kencang lagi. Penurunan kulit kelopak mata bagian atas bisa mengganggu penglihatan.

Bagian pinggir kelopak mata juga memungkinkan untuk mengalami penurunan, dan kondisi ini disebut ptosis. Ptosis juga dapat dihubungkan dengan usia seseorang, dan kondisi ini tidak terjadi langsung begitu saja. Walaupun jarang
terjadi, ptosis dapat disebabkan oleh myasthenia gravis atau tumor otak. Gejala ini tidak datang dengan sendirinya, karena umumnya diiringi dengan beberapa gejala lain dari penyakit yang mendasarinya.

2. Alergi

Menyambung poin sebelumnya tentang alergi, mata bengkak bisa diartikan juga dengan bentuk reaksi alami tubuh terhadap alergi. Alergi juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada mata, biasanya ditandai dengan mata merah, gatal, dan mata berair.

Saat seseorang terserang
alergi, sistem kekebalan tubuhnya akan bereaksi terhadap alergen dengan cara mengeluarkan histamin, di mana zat ini dianggap sebagai pemicu terjadinya mata bengkak.

Alergen merupakan pencetus alergi, bisa berupa benda atau unsur lainnya. Alergen yang mengakibatkan mata bengkak dapat berasal dari dalam ataupun luar rumah. Dari dalam rumah bisa datang dari bulu peliharaan seperti kucing, ataupun jamur-jamur kecil di dinding dalam rumah yang lembab. Sedangkan dari luar rumah bisa datang dari
serbuk sari bunga.

3. Kurang tidur

Kurang tidur juga bisa menjadi penyebab mata bengkak. Orang yang kurang tidur kemungkinan mempunyai kulit yang berkerut, tidak segar, dan memiliki lingkaran hitam di bawah mata.

Kortisol juga dilepaskan tubuh ketika seseorang kurang tidur atau kurang istirahat. Hormon stres ini diketahui dapat memecah kolagen sehingga kulit akan berkerut dan tidak kenyal lagi seiring berjalannya waktu. Kurang tidur juga bisa menyebabkan penurunan produksi
hormon pertumbuhan sehingga akan mengurangi ketebalan kulit, kerapuhan tulang, dan berkurangnya massa otot.


Berita Lainnya

Cari Artikel

Profil

Alamat :

Jl. Prof. M. Yamin, SH. No.5 Pariaman, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Prov. Sumatera Barat


Telpon :

(0751) 91118 – 91428


Fax
:

(0751) 91428 – Fax Direktur


Email :


Emergency Number

Hasil Polling

Bagaimana pelayanan RSUD Pariaman ?

Cukup Baik9.4%

Baik25.9%

Sangat Baik37.6%

Lain- lain27.1%

Ikuti Vote
Disini

Link

Pembengkakan pada kelopak mata tidak hanya mengganggu penampilan. Masalah ini terkadang menimbulkan rasa sakit dan kesulitan dalam melihat dengan jelas. Apalagi jika pembengkakannya cukup parah.

Pada umumnya penyebab mata bengkak tidak berbahaya. Namun dilansir dari Medical News Today, hal ini bisa menjadi masalah yang serius jika tidak ditangani dengan baik
dan sesuai.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan mata menjadi bengkak. Berikut IDN Times rangkum dari berbagai sumber mengenai beberapa penyebab mata bengkak dari yang jinak sampai paling berbahaya. Perlu kamu ketahui nih, simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Bintitan

webmd.com

Bintitan dalam dunia medis lebih dikenal
sebagai stye atau hordeolum. Pada umumnya hal ini terjadi karena infeksi kelenjar di bagian kelopak mata. Ciri-ciri bengkak karena bintitan di antaranya timbul rasa gatal, kemerahan, sakit, dan benjolan kecil. 

Dilansir dari Medical News Today, pada awalnya bengkak terlihat
seperti jerawat. Bahkan terkadang ada titik kecil di bagian tengahnya. Dalam beberapa hari, ia akan semakin membesar dan menjadi lebih merah. 

2. Alergi

pulmonaryfibrosisnews.com

Alergi terjadi ketika sistem
imun bereaksi berlebihan kepada partikel asing yang disebut sebagai alergen. Penyebabnya bisa berasal dari serbuk sari, bulu binatang, makanan, debu, makeup, atau bahkan obat tetes mata.

Tanda pembengkakan yang terjadi karena alergi adalah mata menjadi berair dan merah, kemudian kelopak pun terasa gatal dan menebal. Biasanya reaksi ini mudah hilang dalam beberapa jam.

3. Konjungtivitis

guiadasaude.med.br

Dilansir dari American Optometric
Association, konjungtivitis dapat terjadi karena adanya inflamasi pada konjungtiva, jaringan yang ada di dalam kelopak mata. Penyakit ini sering disebut sebagai “pink eye” karena membuat mata terlihat kemerah-merahan.

Orang yang menderita penyakit ini akan merasakan sakit, gatal, dan bengkak pada kelopak mata. Pada umumnya konjungtivitis disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

4. Chalazion

Ini adalah salah satu penyebab mata bengkak yang paling
umum terjadi. Chalazion disebabkan karena penyumbatan kelenjar meibomian yang terletak di kelopak mata bagian bawah dan atas. Kenapa ini bisa terjadi? Dilansir dari Web MD, meibomian mengatur produksi minyak dan mencampurnya dengan air untuk melembapkan mata kita. 

Terkadang produksi minyak menjadi berlebihan sehingga menyumbat kelenjar dan menyebabkan inflamasi. Chalazion akan terlihat merah, bengkak, dan sakit jika disentuh. Akan tetapi
dalam beberapa hari, rasa sakit reda dan hanya menyisakan benjolan kecil.

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Mata Bintitan Secara Aman dan Dijamin Ampuh!

5. Kelelahan

verywellhealth.com

Tubuh yang kelelahan juga bisa
menyebabkan bengkaknya mata. Kondisi ini akan diperparah jika kita juga kurang tidur. Kenapa hal ini bisa terjadi? Dilansir dari AZ Central, ini disebabkan oleh penumpukan air di kelopak mata dan kantong mata.

Tidak seperti sebab lainnya, bengkak karena kelelahan biasanya lebih terlihat seperti menggembung. Mata juga terlihat berair dan kemerahan.

6. Penyakit graves

fbcdn.net

Dilansir
dari All About Vision, penyakit graves adalah gangguan okular yang disebabkan karena terlalu aktifnya tiroid atau hipertiroidisme. Kondisi ini bisa menyebabkan kelenjar tersebut keliru melepaskan sel untuk melawan infeksi yang terjadi di mata.

Akibatnya, mata pun meradang, bengkak, dan terlihat melotot. Gejala lain yang menyertai penyakit ini di antaranya mata terasa kering, memerah, dan sensitif terhadap cahaya. 

7. Blepharitis

the-eye-place.co.uk

Blepharitis
adalah inflamasi yang terjadi pada mata. Dilansir dari jurnal yang dipublikasikan oleh PubMed Central, gejala dari penyakit ini di antaranya adalah gatal, kemerahan, pengerasan, hingga pengelupasan kulit kelopak mata. Blepharitis adalah penyakit kronis yang hingga saat ini belum ditemukan pengobatannya.  

8. Orbital selulitis

msdmanuals.com

Ini adalah jenis
infeksi yang berisiko menjadi komplikasi serius dan berbahaya. Pasalnya bagian jaringan yang diserang berada jauh di dalam kelopak mata.

Dilansir dari Medical News Today, orbital selulitis disebabkan oleh bakteri dan bisa menyebar dengan cepat. Ciri dari penyakit ini di antaranya bengkak, kelopak berwarna merah gelap, bergaris, dan terasa sangat sakit.

Itulah informasi kesehatan tentang 8 penyebab mata bengkak yang di lansir dari berbagai sumber. Kamu mengalami mata yang
bengkak? Kenali dulu ciri dan penyebabnya ya agar kamu bisa menanganinya dengan tepat. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Sering Diabaikan, 6 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Mata Minus

Apa penyebab bengkak di kelopak mata atas?

Mata bengkak pada dasarnya disebabkan oleh penumpukan cairan berlebih pada kelopak mata atau jaringan penghubung di sekitar mata. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai macam penyakit, seperti alergi, konjungtivitis, hingga selulitis orbital.

Bagaimana menghilangkan bengkak di atas mata?

5 Cara Mengatasi Mata Bengkak dan Kenali Penyebabnya.

Kompres mata dengan kain halus. Kompres mata yang bengkak dengan kain halus yang direndam air dingin dan bersih. … .

2. Lepaskan lensa kontak. Lepaskan lensa kontak jika Anda sedang menggunakannya..

3. Berikan obat tetes mata. … .

Tempelkan kantong teh. … .

Jaga posisi saat tidur..

Apakah kelopak mata bengkak bisa sembuh sendiri?

Beberapa penyakit yang menyebabkan kelopak mata membengkak memang bisa sembuh sendiri. Beberapa cara rumahan, seperti mengompres mata dengan air dingin atau air hangat bisa menjadi salah satu cara mengatasi mata bengkak.

Kelopak mata bengkak tanda penyakit apa?

Konjungtivitis
Penyebab mata bengkak yang satu ini merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi. Konjungtivitis adalah infeksi atau pembengkakan pada membran luar bola mata, dengan gejala berupa mata merah, berair, dan terasa gatal.

Apa Penyebab mata bengkak bagian atas? | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x