Apa yang terjadi jika tidak ada sikap persatuan dan kesatuan antar sesama

By On Saturday, October 29th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Apa yang terjadi jika tidak ada sikap persatuan dan kesatuan antar sesama – Apa kabar kawan kawan semua, Makasih banyak dah mau berkunjung ke web TrendWisata dotcom ini. Sekarang, kita di portal TrendWisata ingin sharing saran yang mantab yang menampilkan tentang Apa yang terjadi jika tidak ada sikap persatuan dan kesatuan antar sesama. Ayo tante dan om lihat berikut ini:

Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga. (Photo by Emma Bauso from Pexels)

Bobo.id – Menjaga kerukunan di dalam lingkungan keluarga merupakan kewajiban semua anggota keluarga. 

Salah satu cara mewujudkan kerukunan tersebut adalah dengan memiliki sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD: Contoh Sikap Menunjukkan Persatuan dan Kesatuan dalam Keberagaman

Pada materi pelajaran kelas 4 SD, teman-teman akan menemukan pertanyaan bagaimana contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga. 

Kunci jawaban dari pertanyaan di atas dapat kamu temukan dari penjelasan berikut ini. 

Bobo.id – Menjaga kerukunan di dalam lingkungan keluarga merupakan kewajiban semua anggota keluarga. 

Salah satu cara mewujudkan kerukunan tersebut adalah dengan memiliki sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD: Contoh Sikap Menunjukkan Persatuan dan Kesatuan dalam Keberagaman

Pada materi pelajaran kelas 4 SD, teman-teman akan menemukan pertanyaan bagaimana contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga. 

Kunci jawaban dari pertanyaan di atas dapat kamu temukan dari penjelasan berikut ini. 

Nasionalisme? ya benar nasionalisme. Satu kata yang memiliki makna luar biasa. Sering kali kita mengetahui nasionalisme itu dengan arti cinta terhadap tanah air. Tanah air kita tentunya, Indonesia tercinta. Sebenarnya apa itu nasionalisme? nasionalisme dapat diartikan sebagai suatu paham yang menganggap kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus disertakan kepada Negara kebangsaan (nation state) atau sebagai sikap mental dan tingkah laku individu maupun masyarakat yang menunjukkan adanya loyalitas dan pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya. Rasa cinta tanah air yang tidak berlebihan tentunya.

Nasionlisme sangat diperlukan dalam kelangsungan suatu negara, dengan harapan memunculkan rasa persatuan di dalam negara tersebut. Bagaimana dengan kondisi sekarang? Dizaman serba teknologi yaitu era globalisasi seperti ini, rasa nasionalisme mulai berkurung, terutama dikalangan pelajar. Budaya dan teknologi dari luar mulai menghiasi kebiasaan pelajar saat ini. Kebiasaan yang sesuai dengan kebudayaan kita, tidaklah akan menjadi masalah. Namun kebiasaan yang bertentangan dengan kebudayaan kita tentunya akan memunculkan beberapa masalah yang nantinya juga berpengaruh dalam tingkat nasionalisme terhadap bangsa.

Generasi muda Indonesia adalah generasi penerus bangsa ini. Bangsa akan menjadi maju bila para pemudanya memiliki sikap nasionalisme yang tinggi. Namun dengan perkembangan zaman yang semakin maju, malah menyebabkan semakin memudarnya rasa nasionalisme dikarenakan adanya pengaruh barat yang sedang melanda generasi muda di Indonesia. Nasionalisme sangat penting terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara karena merupakan wujud kecintaan dan kehormatan terhadap bangsa sendiri. Dengan hal itu, pemuda dapat melakukan sesuatu yang terbaik bagi bangsanya, menjaga keutuhan persatuan bangsa, dan meningkatkan martabat bangsa dihadapan dunia.
Namun, dengan memudarnya rasa nasionalisme dapat mengancam dan menghancurkan bangsa Indonesia. Hal itu terjadi karena ketahanan nasional akan menjadi lemah dan dapat dengan mudah ditembus oleh pihak luar. Dengan kata lain, Bangsa Indonesia telah dijajah oleh generasi mudanya dengan semakin memudarnya rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia. Bukan dijajah dalam arti fisik, melainkan dijajah secara mental dan ideologinya.

Diperlukan sekali upaya-upaya untuk meningkatkan semangat nasionalisme pada generasi muda terutama pelajar Indonesia sebagai penerus bangsa ini. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan rasa nasionalisme. Salah satunya adalah memalui pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang diidapat lewat pembelajaran sekolah. Selain itu juga dapat dilakukan dengan pembiasaan-pembiasaan menyanyikan lagu nasional, penghormatan bendera merah putih, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Masih banyak lagi upaya yang dapat dilakukan lewat pendidikan disekolah. Hal terpenting dalamupaya tersebut adalah dapat dilakukan dengan sistem berkelanjutan, atau dilakukan pembiasaan dantidak hanya dilakukan satu atau dua kali saja. Dengan demikian rasa nasionalisme dalam diri pelajar/ generasi muda akan terus berkembang.

Tujuan Gotong Royong

Meningkatkan kekompakkan sosial. Menciptakan iklim sosial yang bisa menciptakan solusi atau memecahkan masalah secara bersama-sama. Memperkuat dan menjalin persaudaraan. Menumbuhkan sikap saling tolong menolong.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, dampak tidak adanya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah menimbulkan perpecahan dalam suatu bangsa dan negara.

Jawaban: tugas tersebut akan menjadi berantakan dan tidak bisa terselesaikan dengan baik.

Terakhir, jawaban atas pertanyaan apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki tidak sikap persatuan dan kesatuan, yaitu kehancuran secara perlahan. Tidak dipungkiri, terkikisnya rasa persatuan dan kesatuan antar warga negara secara perlahan akan menghantarkan pada gerbang kehancuran.

Manfaat gotong royong di antaranya: meringankan beban pekerjaan, menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan. Menciptakan rasa kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat, menjalin dan membina hubungan baik antarwarga masyarakat, serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional.

Penjelasan : Apa yg akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan? Akan terciptanya kerukunan, kedamaian serta kesejahteraan dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga membantu.

Sebutkan akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan!

Menjadikan bangsa Indonesia lebih mudah masuk dalam jurang Disintegrasi Nasional. 2. Melemahnya keamanan dan ketahanan nasional. 3. Lingkungan akan menjadi rusuh, mencekam, serta penuh huru-hara.

Akibat jika tidak ada persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga adalah: Terciptanya kehidupan yang tidak harmonis. Sering terjadi pertengkaran antara anggota keluarga. Timbul rasa kebenci dengan sesama keluarga.

Jawaban: Meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung. Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesame anggota masyarakat. Menjalin dan membina hubungan sosial yang baik dan harmonis antarwarga masyarakat.

Akibat dari pelalaian sebuah tanggung jawab yaitu akan ada suatu pihak yang di rugikan contoh saja ketika kita bekerja kelompok,salah satu anggota tidak bertanggung jawab terhadap kelompoknya maka anggota yang lain di rugikan,yang kedua tugas tidak selesai pada waktunya,yang ketiga akan menjadi manusia yang tidak …

Selain itu, menurut Kemdikbud, gotong royong merupakan bentuk kerja sama dari kelompok masyarakat untuk mencapai hasil positif tanpa memikirkan dan mengutamakan keuntungan bagi salah satu individu atau kelompok, namun untuk kebahagiaan bersama.

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dapat dimulai dari hal kecil. Misalnya, tidak merusak lingkungan, menjaga ketertiban umum, menghindari perkelahian, menjunjung hak asasi manusia, menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Akibat melalaikan tanggung jawab adalah tidak dipercaya oleh orang lain. Pembahasan : Tanggung jawab adalah perbuatan atau tingkah laku individu baik yang disengaja atau tidak disengaja, sehingga akan memunculkan kesadaran pada individu untuk sadar akan kewajibannya.

Toleransi menjadi sikap yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap ini mampu menciptakan lingkungan yang aman tenteram dan terhindar dari konflik. Secara bahasa , toleransi berasal dari kata ‘tolerance’ yang artinya sabar terhadap sesuatu.

Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman yaitu mengembangkan sikap toleransi terhadap sesama. Toleransi sebagai sikap saling menghormati, saling menerima, saling menghargai di tengah keragaman budaya, kebebasan berekspresi dan karakter manusia.

4. Tuliskan tiga cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

Tidak membeda-bedakan orang lain. b. Menolong orang lain tanpa memperhatikan latar belakangnya. c. Menghormati hak-hak dan pendapat orang lain.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan Zakat

Jawaban. Yang terjadi jika tak memiliki sikap persatuan dan kesatuan adalah: Tidak tercipta kebersamaan yang baik sehingga mudah berkonflik, terpecah belah. Hidup yang dipenuhi konflik tidak akan rukun dan harmonis sehingga jauh dari kata damai.

Jawaban: Dikucilkan oleh warga masyarakat setempat. Tidak dipercayai oleh warga masyarakat. Tidak dihargai oleh warga masyarakat.

Di Indonesia toleransi menjadi penting. Ini karena bangsa Indonesia memiliki cukup banyak suku, ras, dan agama. Perbedaan tersebut tentu memberi pembawaan bagi setiap individu di negeri tercinta ini. Namun perbedaan tersebut juga bukan menjadi kendala dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Akibat yang dapat ditimbulkan jika seseorang tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari ialah mungkin akan mudah terjadi perselisihan dan ketegangan antar masyarakat serta mudah dipecah belah oleh bangsa.

Mengapa mereka melakukan kerja bakti? Jawaban: Warga desa Babakan melakukan kerja bhakti untuk mempersiapkan lingkungan menghadapi musim hujan.

Persatuan dalam keberagaman merupakan modal utama dalam mencapai masyarakat sejahtera. Rakyat yang bersatu dalam suasana yang aman turut mendukung pelaksanaan pembangunan. Jika pembangunan berjalan dengan baik, maka kesejahteraan rakyat akan meningkat.

Manfaat persatuan dan kesatuan adalah mencegah timbulnya gangguan dari dalam maupun luar negeri. Contohnya kemunculan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Lewat upaya menjaga persatuan dan kesatuan, berbagai gangguan tersebut dapat dicegah.

Menumbuhkan sikap tolong menolong. Menyelesaikan suatu tantangan secara bersamaan. Dapat mempererat tali persaudaraan. Meningkatkan rasa solidaritas.

Manfaat persatuan dan kesatuan di tempat tinggalku yaitu lingkungan menjadi bersih, dan sehat, lingkungan menjadi aman dan nyaman, dan tercipta sikap saling tenggang rasa.

Dengan menjaga persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi, maka pengelolaan dan pendapatan hasil bumi Indonesia akan merata. Hal ini akan membawa kemakmuran rakyat Indonesia.

-> Muncullah Konflik. -> Adanya Perselisihan antara Masyarakat. -> Adanya Pertengkaran/pertentangan antara masyarakat. -> Masyarakat tidak bisa menghargai dan menghormati orang lain.

Beberapa manfaat dari menerapkan sikap persatuan dan kesatuan ialah terjaganya kerukunan, serta memberi rasa aman dan nyaman dalam lingkungan masyarakat.

Apa manfaat gotong royong? Dapat mempererat tali persaudaraan, menumbuhkan sikap tolong menolong, meringankan pekerjaan, gotong royong juga dapat membuat masyarakat menjadi semakin kompak dan solidaritas.

Manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi adalah TERCAPAINYA KESEPAKATAN BERSAMA PERIHAL CARA TERBAIK TERKAIT PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DAN HASIL BUMI UNTUK MENCAPAI KESEJAHTERAAN BERSAMA SEHINGGA TIDAK PERLU MENGHABISKAN WAKTU BERLAMA-LAMA.

Jawaban. sebab sikap persatuan dan kesatuan merupakan kunci utama kehidupan sehari hari yang damai dan aman. jika sedikit demi sedikit bentrok maka kehidupan masyarakat menjadi tidak tentram dan bahaya bahkan hingga menimbulkan korban jiwa.

Menciptakan rasa kekeluargaan, semangat bersatu, saling tolong-menolong, peduli pada sesama, dan gotong-royong dalam kehidupan bermasyarakat. Menciptakan keadaan sosial masyarakat yang lebih baik, rukun, seimbang, selaras, tentram, setia kawan, aman, dan damai. Memperkecil kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat.

1. Saling menghargai. 2. Saling menghormati. 3. Toleransi.

4. Apa manfaat sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga Kampung Babakan? Jawaban: Kampung babakan menjadi kampung yang bersih karena masyarakatnya bekerja bhakti membersihkan lingkungan.

Berikut beberapa dampak pelaksanaan gotong royong terhadap persatuan dan kesatuan bangsa: Menumbuhkan sikap kebersamaan dan kerukukan. Menghasilkan hubungan sosial yang baik antar warga masyarakat. Membantu meringankan pekerjaan yang susah antar warga masyarakat.

Jawaban: akibat dari tidak menerapkan persatuan dan kesatuan dalam mengelola sda: SDA akan tidak termanfaat dengan baik karena orang-orang hanya mementingkan diri sendiri. tidak akan terjadi nya hubungan interaksi saat mengelola sda.

Menjenguk teman yang sedang sakit. Membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama. Belajar yang giat dan tidak bolos sekolah. Saling menghormati teman yang berbeda agama atau suku dan tidak membeda-bedakannya.

Jawaban. manfaat persatuan dan kesatuan masyarakat ditempat tinggal kita adalah untuk mempererat tali persaudaraan antar masyarakat, dan terhindar dari perpecahan antara masyarakat satu dengan yg lainnya. kurang lebih seperti itu.

Melalui persatuan bangsa akan melahirkan kesatuan bangsa, yakni suatu kondisi yang utuh yang memperlihatkan adanya keamanan, kesentosaan dan kejayaan. Sehingga manakala kesatuan bangsa tercipta, maka kehidupan bangsa akan aman, sentosa dan jaya.

2. Sebutkan akibat yang timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga. Jawab: Terjadinya pertengkaran dalam keluarga, kurangnya kerukunan di antara anggota keluarga, kurangnya keakraban dalam keluarga.

Walau setiap dilingkungan mereka ada perberbedaan dalam hal pendapat, prinsip, ide, agama, suku, ras dan budaya. Sehingga yang didapat dari hidup rukun ialah memberikan manfaat kepada masyarakat untuk saling tolong menolong dan bahu membahu antar sesama.

Sebutkan akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan!

Menjadikan bangsa Indonesia lebih mudah masuk dalam jurang Disintegrasi Nasional. 2. Melemahnya keamanan dan ketahanan nasional. 3. Lingkungan akan menjadi rusuh, mencekam, serta penuh huru-hara.

Manfaat gotong royong yang pertama ialah dapat mempererat persaudaraan karena dengan bekerjasama, anak Moms bisa bertemu banyak orang dari beragam latar belakang. Kekompakan dan kebersamaan dalam gotong royong pun akan menciptakan tali persaudaraan yang kuat satu sama lain.

Dengan adanya persatuan dan kesatuan, masyarakat menjadi lebih aman, damai dan tenteram. Dengan adanya persatuan dan kesatuan, Indonesia dapat meningkatkan jati diri dan harkat serta martabat bangsa. Dengan adanya persatuan dan kesatuan, masyarakat dapat saling bekerja sama dan bergotong royong.

Dampak tidak adanya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah? Menimbulkan kesan buruk terhadap bangsa. Mempermudah jalannya pemerintahan. Menimbulkan perpecahan dalam suatu bangsa dan Negara.

Apa yang terjadi jika tidak ada sikap persatuan dan kesatuan antar sesama | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x