Apakah air kelapa muda bisa menyembuhkan asam lambung

By On Tuesday, November 8th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Apakah air kelapa muda bisa menyembuhkan asam lambung – Hi kawan semua, Thanks dah mau datang ke web site Trend Wisata dot com ini. Pagi ini, kami dari web site TrendWisata mau membagikan tips yang mantap yang akan menunjukkan tentang Apakah air kelapa muda bisa menyembuhkan asam lambung. Langsung saja tante dan om menyimak dibawah ini:

Health13 August 2021 – 3 menit membaca

Air kelapa merupakan salah satu minuman populer yang kerap digunakan sebagai pelepas dahaga. Umumnya, kita akan lebih memilih mengkonsumsi air kelapa muda yang rasanya lebih manis menyegarkan. Sementara air kelapa tua rasanya kurang enak sehingga kurang banyak digunakan.

Terlepas dari semua itu, baik air kelapa muda maupun air kelapa tua, keduanya mengandung nutrisi yang cukup melimpah. Secara umum, air
dari buah dengan nama latin cocos nucifera ini mengandung 4,1 gram gula dan 16 kalori. 

Air kelapa pun mengandung kalium yang jauh lebih tinggi ketimbang minuman olahraga, bahkan empat kali lebih tinggi ketimbang kalium dalam buah pisang, sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai minuman pengganti elektrolit setelah berolahraga, atau saat cuaca panas. 

Bisa Meredakan Sakit Maag

Sakit maag bisa disebabkan karena peradangan yang terjadi di sekitar dinding lambung.
Kondisi ini membuat dinding lambung tidak bisa menyerap air dan gula dengan maksimal. Hal yang sama terjadi kepada beberapa mineral esensial, seperti kalsium, kalium, natrium, dan magnesium.

Untuk mengatasinya, Anda bisa rutin mengkonsumsi air kelapa muda. Kandungan zat tanin dalam air kelapa ini bersifat anti-peradangan, sehingga dengan rutin mengkonsumsi air kelapa, gejala maag seperti mual, perut mulas, perih, hingga kembung pun bisa diatasi dengan baik. 

Selain itu, air
kelapa pun mengandung banyak mineral penting, vitamin, dan nutrisi lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan.

Manfaat lainnya, air kelapa bisa mengatasi infeksi ringan yang terjadi di dalam tubuh, termasuk infeksi lambung. Hal ini berkat kandungan asam laurat yang berfungsi sebagai anti-kuman, yang bekerja dengan cara mengubah diri menjadi monolaurin, komponen penting untuk melawan infeksi.

Dilansir dalam WebMD, air kelapa pun efektif untuk mengendalikan
intensitas refluks asam yang memicu terjadinya penyakit maag. Dengan rutin mengkonsumsi air kelapa, produksi asam lambung bisa dikendalikan dan gejala sakit maag pun akan berkurang. 

Faktor penting lainnya yang membuat air kelapa muda bisa mengatasi sakit maag karena bersifat basa sehingga mampu mengendalikan asam lambung, baik untuk melancarkan pencernaan sehingga kinerja
lambung lebih ringan, dan menjaga kesehatan lambung.

Berapa Asupan Air Kelapa yang Tepat?

Di Indonesia, kelapa sangat mudah ditemukan, bahkan air kelapa muda bisa didapat dengan harga yang sangat murah. Namun meskipun begitu, Anda tetap harus membatasi konsumsinya, mengingat air kelapa mengandung kalium yang sangat tinggi. 

Seperti dijelaskan di atas, kalium mengandung sejumlah manfaat, terutama untuk menggantikan elektrolit tubuh yang terbuang selama berolahraga atau
cuaca panas. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, efeknya bisa sangat berbahaya bagi tubuh. 

Ada sejumlah efek samping yang mungkin Anda rasakan saat mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan seperti sakit perut, pusing, keringat dingin,  sakit perut, nafas yang terengah-engah, kinerja otot terganggu, hingga yang terparah adalah gangguan jantung. 

Selain itu, air kelapa yang bagus sebaiknya dikonsumsi sesaat setelah dibelah. Makin lama disimpan di udara terbuka,
kandungan nutrisi dalam air kelapa akan mengalami penurunan. Selain itu, air kelapa pun termasuk mudah basi, dan bisa membahayakan kesehatan. 

Orang yang memiliki riwayat hipotensi atau tekanan darah rendah disarankan menghindari konsumsi air kelapa muda secara berlebih. Jumlah ideal konsumsi air kelapa muda per hari sebaiknya tidak lebih dari 500 ml.

Referensi: 

  1. webmd.com. Diakses pada 2021. Coconut Water.
  2. thehealthsite.com. Diakses pada 2021. Acidity
    Troubling You? Drink Some Coconut Water.

Tidak hanya memilih jenis makanan yang baik untuk asam lambung, Anda juga perlu tahu minuman apa saja yang boleh dan yang perlu dibatasi agar
asam lambung tidak naik. Minuman apa saja yang baik dan buruk untuk asam lambung?

Minuman untuk
redakan gejala asam lambung

Saat terkena penyakit asam lambung, Anda perlu mengatur pola makan sebaik mungkin. Sebab, salah memilih makanan bisa membuat gejalanya kian kambuh dengan tanda-tanda batuk, mual, atau sakit tenggorokan.

Kabar
baiknya, ada beberapa minuman untuk asam lambung yang aman dan ampuh meredakan gejala. Namun, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

Di bawah ini berbagai minuman untuk asam lambung yang terbukti dapat mengurangi gejala.

1. Teh herbal

Kalau asam lambung sedang naik, coba redakan gejalanya dengan minum teh herbal. Teh herbal dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan
meredakan rasa mual yang dirasakan. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua teh herbal boleh dikonsumsi.

Jangan memilih teh dari
daun peppermint, sebab peppermint dapat memicu naiknya asam lambung bagi orang-orang yang pencernaannya sensitif.

Pilihlah teh herbal yang bebas kafein, seperti
teh chamomile dan
licorice. Teh licorice alias akar manis bermanfaat untuk meningkatkan lapisan lendir di esofagus sehingga terlindungi dari iritasi akibat asam lambung.

Anda cukup menyeduh satu sendok teh herbal ke dalam satu cangkir air
panas. Diamkan selama 5 – 10 menit dan minum.

2. Susu rendah lemak atau susu skim

Susu sapi umumnya tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Ini karena susu sapi mengandung tinggi lemak sehingga
lebih sulit dicerna.

Selain itu, kandungan lemak dalam susu sapi juga dapat melunakkan katup kerongkongan (sfingter esofagus) dan membuka jalan bagi asam lambung untuk naik ke organ kerongkongan.

Kalau Anda ingin tetap minum susu, maka
pilihlah susu rendah lemak atau susu skim agar lebih mudah dicerna. Dengan begitu, sfingter esofagus akan tetap aman saat menahan asam lambung naik.

3. Susu nabati

Susu nabati termasuk minuman untuk asam
lambung yang baik dikonsumsi. Jenis susu nabati yang bisa Anda pilih di antaranya susu kedelai,
susu almond, dan susu kacang mede. Nah, kini tinggal Anda pilih susu nabati mana yang lebih Anda suka.

Susu almond, contohnya, mengandung sifat basa yang dapat membantu menetralkan cairan asam
lambung dan meredakan gejalanya. Susu kedelai juga dinilai sebagai minuman yang paling aman untuk lambung karena kandungan lemaknya lebih sedikit.

4. Jus

Buah-buahan
sitrus seperti jeruk, nanas, atau apel sangat tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Pasalnya, kandungan asam pada buah-buahan tersebut dapat membuat asam lambung naik.

Meski demikian, ini bukan berarti Anda lantas tak bisa mengonsumsi buah-buahan apalagi minum jus buah.

Pilihlah buah atau sayur yang lebih rendah kandungan asamnya seperti wortel,
bayam, mentimun, atau lidah buaya. Selain itu, Anda bisa membuat minuman segar dari buah yang aman untuk asam lambung, seperti buah bit, semangka, dan pir.

5. Air putih

Rutin minum air
putih adalah cara yang paling sederhana untuk mencegah asam lambung kambuh. Walau begitu, Anda tetap perlu berhati-hati saat minum air putih.

Kebanyakan pH air cenderung netral atau mencapai angka 7. Hal ini tak menutup kemungkinan air putih dapat meningkatkan kadar pH dari setiap makanan yang Anda konsumsi. Meski dianjurkan, Anda tetap perlu membatasi air putih yang Anda minum.

Pasalnya,
terlalu banyak minum air putih dapat mengganggu keseimbangan
mineral dalam tubuh dan meningkatkan kemungkinan memicu penyakit GERD. Jika Anda bingung harus seberapa banyak minum air putih, segera tanyakan ke dokter.

6. Air kelapa

Air kelapa menjadi salah satu
minuman untuk asam lambung yang baik dikonsumsi. Air kelapa mengandung tinggi kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.

Dengan demikian, kadar asam pada organ lambung Anda menjadi lebih mudah dikendalikan dan mengurangi risiko refluks
asam lambung.

7. Jahe

Jahe telah sering digunakan untuk mengatasi berbagai
masalah pada sistem pencernaan. Ternyata, jahe juga bisa meringankan kondisi Anda dengan mengurangi produksi asam lambung serta meringankan nyeri yang biasanya dirasakan saat gejala kambuh.

Cara yang paling umum untuk menyajikannya
yaitu menyeduh jahe menjadi teh dengan ditambah sedikit madu. Anda juga bisa mengunyahnya langsung dengan memotongnya menjadi bagian kecil terlebih dahulu.

Minuman untuk asam lambung yang perlu dibatasi

1.
Jus dari buah-buahan sitrus

Kunci
mengatasi asam lambung naik yaitu dengan menghindari jenis makanan atau minuman yang mengandung tinggi asam, seperti lemon, jeruk, jeruk nipis, dan anggur.

Pasalnya, kandungan asam sitrat dalam buah-buahan sitrus dapat meningkatkan kadar keasaman lambung dan mengikis lapisan kerongkongan. Hal ini dapat memicu asam lambung bergerak naik ke tenggorokan dan memicu timbulnya gejala.

2. Kopi

Anda mungkin terbiasa minum kopi pada pagi hari supaya tubuh rileks sebelum beraktivitas. Namun, minuman ini perlu dihindari kalau Anda punya asam lambung. Terlalu banyak minum kopi dapat memicu produksi asam lambung secara berlebihan.

Tidak hanya kopi, minuman berkafein lainnya seperti teh atau soda juga memiliki efek serupa. Saat Anda
minum minuman bersoda, gelembung-gelembung yang dihasilkan akan kian membesar dan menekan sfingter esofagus.

Akibatnya, asam lambung terdorong masuk ke esofagus dan memicu mual dan sensasi terbakar di bagian tenggorokan Anda.

3. Alkohol

Salah satu minuman untuk asam lambung yang wajib dihindari yaitu alkohol. Sebab, alkohol dapat melemaskan sfingter esofagus dan
merangsang lambung untuk menghasilkan lebih banyak asam.

Tidak hanya itu, alkohol juga dapat mengikis lapisan mukosa pada lambung dan kerongkongan sehingga kian memperparah gejala penyakit.

Itulah jenis minuman yang baik dikonsumsi dan yang harus dihindari bila Anda memiliki penyakit asam lambung. Ingat untuk tidak meminumnya terlalu berlebihan. Bila ragu, konsultasikan kepada dokter Anda untuk memastikan keamanannya.

Bagaimana cara minum air kelapa untuk asam lambung?

Air kelapa mengandung tanin yang bermanfaat meredakan peradangan di dalam lambung. Inilah alasannya, air kelapa baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung tinggi. Melansir dari Nakita.Grid.id, para penderita asam lambung cukup minum satu buah air kelapa secara rutin selama dua minggu.

Penyakit apa yang tidak boleh minum air kelapa muda?

Berikut penjelasan tentang bahayanya air kelapa untuk kondisi kesehatan tertentu..

Penyakit Jantung. Seperti dijelaskan sebelumnya, di dalam air kelapa terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi. … .

Gangguan Ginjal. … .

Diabetes. … .

Iritasi Usus. … .

Konsumsi Obat..

Bagaimana cara menyembuhkan asam lambung dengan cepat?

Intip 9 Cara Turunkan Asam Lambung Tanpa Obat.

Hindari makanan pemicu refluks. … .

Makan lebih banyak serat. … .

Atur porsi makan. … .

Jangan makan sebelum tidur. … .

Makan perlahan. … .

Jangan merokok. … .

Kenakan pakaian longgar. … .

Tinggikan kepala..

Apakah air kelapa muda bisa menyembuhkan asam lambung | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x