Bagaimana cara mengatasi masalah akibat keberagaman masyarakat Indonesia

By On Sunday, September 4th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Bagaimana cara mengatasi masalah akibat keberagaman masyarakat Indonesia – Hallo teman teman semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke blog TrendWisata dotcom ini. Siang ini, kami dari situs Trend Wisata pengen berbagi tips yang wokeh yang membahas Bagaimana cara mengatasi masalah akibat keberagaman masyarakat Indonesia. Silahkan bapak dan ibu lihat dibawah ini:

BUGURUKU.COM โ€“ Upaya Menyelesaikan Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat, Keberagaman budaya di satu sisi memberikan peran penting bagi bangsa dan masyarakat besar seperti Indonesia. Tentu saja hal tersebut bisa terjadi apabila keragaman kebudayaan tersebut dikelola dengan tepat. Bagaimana bila tidak dikelola dengan baik dan tepat? Malapetaka yang akan melanda.

Setiap masalah atau konflik yang terjadi dalam masyarakat beragam harus segera diselesaikan sehingga tidak membawa akibat yang merugikan masyarakat. Upaya mengatasi masalah ini dapat dilakukan secara preventif dan progresif untuk mencegah terjadi masalah atau sebelum masalah terjadi. Seperti mengembangkan sikap toleransi, kerjasama, latihan bersama, dan sebagainya. Sedangkan cara represif yaitu upaya mengatasi pada saat atau setelah terjadi masalah, seperti penangkapan, pembubaran paksa, dan sebaginya. Ada satu lagi yaitu kuratif, yaitu upaya tindak lanjut atau penanggulangan akibat masalah yang terjadi. Cara ini bertujuan untuk mengatasi dampak dari masalah yang terjadi. Misalkan pendampingan bagi korban kerusuhan, perdamaian, kerjasama, dan sebagainya. Coba kalian diskusikan manakah yang lebih baik mengatasi sebelum terjadi masalah atau sesudah terjadi masalah.

Menyelesaikan konflik

Upaya Menyelesaikan Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat, selain itu upaya menyelesaikan konflik di masyarakat dapat juga juga dilakukan dengan mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati berbagai keragaman di masyarakat. Bolehkah kalian membanggakan suku bangsa dan budaya daerah sendiri? Tentu saja boleh tetapi jangan berlebihan. Apalagi merendahkan budaya daerah lain. Sikap seperti itu dapat menimbulkan perpecahan. Sebaliknya, kalian harus menghormati dan menghargai budaya daerah lain. Hal ini dilakukan supaya bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan maju serta disegani oleh bangsa lainnya.

Sikap menghargai dan menghormati keanekaragaman suku bangsa dan budaya dapat kalian lakukan dengan berbagai cara. Misalnya tidak menonjolkan suku bangsa sendiri, tidak menjelek-jelekkan suku bangsa lain, mau bergaul dengan teman yang berbeda suku, memberikan pujian terhadap keindahan budaya suku bangsa lain, menyaksikan pertunjukkan kesenian daerah lain dan lain-lain.

Baca jugaย Berbudi Pekerti Luhur Sesuai Dengan Pancasila

Selain itu, kalian juga harus menerima keanekaragaman budaya sebagai bagian budaya bangsa. Misalnya dengan mempelajari kesenian daerah lain. Jika hal ini kalian lakukan berarti kalian telah menunjukkan sikap menerima keanekaragaman budaya bangsa. Kemudian jika kalian merupakan warga pendatang suatu daerah, sudah sepantasnya kalian menyesuaikan diri dan mempelajari kebudayaan daerah setempat. Dengan bersikap seperti itu, kalian telah menghargai, menghormati dan menerima keanekaragaman budaya, sehingga pada akhirnya kerukunan antar suku bangsa akan tetap terjaga.

Bagaimana upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan sekolahmu ? berikut pembahasan, dan kunci jawabannya.

Cara mengatasi masalah secara umum dapat dilakukan secara preventif, represif, dan kuratif. Preventif berarti pencegahan artinya caranya dilakukan untuk mencegah / sebelum terjadi masalah.

Represif adalah cara mengatasi setelah terjadi konflik / masalah. Sedangkan kuratif berarti upaya tindak lanjut setelah masalah tersebut terjadi dengan tujuan mengatasi dampak. Misalnya pemulihan korban.

Bagaimana upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan sekolahmu ?

Jawab:

Upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan sekolah dapat dilakuka secara preventif, represif dan kuratif.

Upaya preventif, antara lain:

  1. Saling menghormati dan mengharagai keberagaman di sekolah.
  2. Selalu beruasaha mentaati tata tertib sekolah.
  3. Mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam bergaul.

Upaya represif, antara lain:

  1. Pemberian sanksi dan hukuman yang tegas dan adil.
  2. Memberikan nasehat pada pelaku.
  3. Pemberitahuan kepada orangtua siswa yang bermasalah.

Upaya kuratif, antara lain:

  1. Pendampingan psikologis kepada korban.
  2. Pemulihan fisik bagi korban.
  3. Pemberian motivasi bagi korban.

Begitulah jawabannya. Pada intinya, belajar online kali ini kata kuncinya keberagaman, berarti berkaitan dengan kebhinekaan, banyaknya perbedaan di dalam sekolah.

Dari siswa dan subjek lain yang berada di lingkungan sekolah tersebut bagaimana kalian mengatasi akibat dari banyaknya perbedaan tersebut.

Kata kunci

Bagaimana upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan sekolahmu

Demikian tiga cara dalam mengatasi masalah keberagaman di sekolah: โœ…๐Ÿ™‹โ€โ™‚๏ธ๐Ÿ‘‡

Berikut penjelasan dalam buku paket:

Kebijakan masing-masing guru pembimbing ๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿซ

tirto.id – Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Menurut hasil sensus penduduk tahun 2020 yang dikutip dari laman Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia mencapai 270,20 juta jiwa.

Indonesia juga merupakan negara dengan budaya yang sangat beragam. Menurut Clifford Geertz, seorang ahli antropologi asal Amerika Serikat, keberagaman budaya di Indonesia menurut ekosistemnya dibagi menjadi dua tipe, yaitu kebudayaan Indonesia dalam dan kebudayaan Indonesia luar.

Kebudayaan Indonesia dalam merupakan kebudayaan yang berkembang di daerah pulau Jawa dan Bali yang ditandai dengan tingginya intensitas pengolahan tanah dan menggunakan sistem pengairan untuk mengahsilkan padi di sawah. Sementara kebudayaan Indonesia luar adalah kebudayaan yang berkembang di luar pulau Jawa dan Bali, kecuali sekitar danau Toba, dataran tinggi Sumatera Barat dan Sulawesi Barat Daya yang berkembang atas dasar pertanian perladangan. Ekosistem di daerah ini ditandai dengan jarangnya penduduk yang baru beranjak dari kebiasaan hidup berburu ke arah hidup bertani.

Mereka cenderung menyesuaikan diri dengan ekosistem yang ada. Sehingga mereka bermigrasi untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Keberagaman budaya yang ada di Indonesia memiliki dampak positif serta negatif, di antaranya.

Dampak positif

– Memiliki rasa bangga serta rasa memiliki terhadap kebudayaan Indonesia- Terdapat rasa toleransi antar masyarakat- Sebagai identitas bangsa dan daya tarik wisata.

Dampak negatif

Dampak negatif dari keberagaman budaya di Indonesia muncul karena adanya konflik yang memicu disintegrasi bangsa. Konflik tersebut muncul karena rendahnya pertukaran sosial. – Konflik sosial- Dominasi terhadap kelompok tertentu.

Melansir dari buku Khazanah Antropologi 1 untuk kelas XI, penanganan permasalahan yang disebabkan oleh keberagaman budaya membutuhkan pendekatan yang bijak.

Hal ini karena masalah keberagaman berhubungan dengan isu-isu sensitif, seperti suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). Proses yang berkesinambungan diperlukan untuk menangani permasalahan yang disebabkan karena adanya keberagaman budaya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan. – Memperbaiki kebijakan pemerintah dalam bidang pemerataan hasil pembangunan di segala bidang- Penanaman sikap toleransi serta saling menghormati dalam setiap perbedaan budaya melalui pendidikan pluralitas dan multikultural di dalam jenjang pendidikan formal- Para siswa harus ditanamkan nilai kebersamaan, saling menghormati, toleransi, dan solidaritas sosial. Sehingga dapat menghargai perbedaan secara tulus, komunikatif, serta terbuka tanpa ada rasa saling curiga.

PORTAL PEKALONGAN – Bagaimana upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan sekolahmu? Adik-adik akan memahami materi dalam pembahasan kunci jawaban PKN kelas 9 SMP halaman 120 pada Uji Kompetensi Bab 4.

Pertanyaan tentang bagaimana upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan sekolahmu, akan kita pelajari dalam pembahasan kunci jawaban PKN kelas 9 SMP pada halaman 120 Uji Kompetensi Bab 4.

Pokok bahasan kunci jawaban PKN kelas 9 SMP yang bersumber dari buku paket PPKN kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Kemendikbud ini, akan mengulas tentang bagaimana upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan sekolahmu?

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 SMP/MTs Halaman 123 Tugas Mandiri 5.1: Identifikasi Keadaan Sosial Budaya Lingkungan

Contoh kunci jawaban PKN kelas 9 SMP ini sebagai referensi untuk belajar. Jadi, sebelum melihat kunci jawaban, sebaiknya adik-adik mencoba mengerjakan sendiri dulu. Dapat juga bertanya kepada orang tua.

8. Bagaimana upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan sekolahmu?

Jawaban:

a. Memupuk rasa saling toleransi antar keberagaman masyarakat.

b. Menjunjung tinggi rasa cinta tanah air.

c. Saling menghormati sesama.

Sumber: Buku Paket PPKN Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018


Page 2

Ilustrasi pembahasan bagaimana upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan sekolahmu? PKN Kelas 9 /Pexels/Pavel Danilyuk

Bagaimana cara mengatasi masalah akibat keberagaman masyarakat Indonesia | admin | 4.5