Bagaimana cara mengolah temulawak untuk asam lambung?

By On Thursday, October 20th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Bagaimana cara mengolah temulawak untuk asam lambung? – Halo sista dan agan semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke website Trend Wisata ini. Di hari yang cerah ini, kami di web TrendWisata dotcom ingin menampilkan tanya dan jawab yang wokeh tentang Bagaimana cara mengolah temulawak untuk asam lambung?. Silahkan bapak dan ibu simak berikut ini:

Jakarta

Temulawak termasuk dalam tanaman empon-empon atau rimpang induk. Dalam bahasa ilmiah ia disebut sebagai Curcuma xanthorrhiza Roxb.

Dibanding dengan empon-empon lain seperti temu giring, temu ireng, dan temu kunci, induk temulawak memiliki ukuran paling besar. Kandungan utamanya adalah kurkumin dan minyak atsiri sehingga membuatnya disebut sebagai tanaman multiguna.

Seperti disebutkan dalam buku Budi Daya
Empon-empon Berkhasiat karya Hieronymus Budi Santoso, temulawak bisa dijadikan minuman segar dengan beragam khasiat. Lima di antaranya sebagai berikut;

1. Menambah nafsu makan

Bahan:
2 rimpang temulawak
1/4 rimpang lengkuas
1/2 genggam daun meniran
3 gelas air

Ilustrasi temulawak/ Foto:
istimewa

Cara membuat:
Semua bahan direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal dua gelas, lalu saring.

Cara menggunakan:
Diminum dia kali sehari masing-masing sebanyak 1/2 gelas.

2. Mengusir bau amis haid

Bahan:
1 rimpang temulawak
5 buah asam
Gula kelapa
2 gelas air

Cara membuat:
– Rimpang temulawak diiris tipis dan diangin-angin
– Irisan temulawak dicampur dengan asm dan gula kelapa, beri air lalu
rebus sampai mendidih selama 15 menit.
– Saring

Cara menggunakan:
Diminum sekali sehari selama tiga hari.

Lihat HALAMAN SELANJUTNYA untuk tiga resep lainnya termasuk untuk mengobati maag ya, Bun!

Simak juga video berikut mengenai obat tradisional untuk mengatasi batuk dan pilek anak 

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Fanny Fabriana Sekeluarga Terkena Covid-19/ Foto: Mia Kurnia Sari

Temulawak menjadi salah satu bahan yang seringkali digunakan untuk pembuatan ramuan tradisional. Biasanya temulawak dipakai sebagai bahan untuk membuat jamu atau ramuan tertentu yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Nyatanya, ada banyak manfaat temulawak untuk lambung yang bisa didapatkan jika kamu memiliki masalah dengan organ tersebut.

(Baca juga:
Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan, Ternyata Ada Banyak!)


(Temulawak. Foto: Dok. Ollo/iStock)

Selain manfaat temulawak untuk lambung, ada banyak lagi manfaat temulawak
lainnya yang jarang sekali diketahui oleh masyarakat. Mengetahui manfaat bahan tradisional satu ini sangatlah penting agar kamu bisa membuat ramuan yang mungkin bisa menyembuhkan keluhan yang sedang kamu alami. Lalu, apa saja manfaat yang ada pada bahan tersebut?

1. Bantu Tingkatkan Nafsu Makan

Kamu tentu pernah mendengar iklan tentang temulawak yang bisa dijadikan sebagai penambah nafsu makan untuk anak-anak, bukan? Yap, fakta tersebut memang
benar adanya, tapi tentunya bukan berarti kamu harus menyodorkan temulawak langsung ke anak bersangkutan.

Namun, harus diolah dulu dengan sedemikian rupa supaya anak-anak bisa suka. Bahan tradisional yang satu ini dipercaya mampu mengosongkan perut atau pencernaan dengan cara yang alami. Hal ini pastinya membuat nafsu makan kembali lagi setelah perut kosong.

2. Bantu Atasi Perut Kembung

Perut kembung ini memang sering terjadi, bahkan tak hanya kepada
anak-anak saja, orang dewasa pun sering kali mengalaminya. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab dari perut kembung ini.

Perut yang kembung dikarenakan gas berlebih tentu membuat hari-harimu sama sekali tidak nyaman. Oleh karenanya, kamu bisa mencoba menggunakan bahan alami temulawak sebagai obat mengatasi masalah kembung agar tidak lagi mengganggu aktivitas.

(Baca juga:
Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung)


(Temulawak untuk kesehatan lambung. Foto: Dok. iStock)

3. Mengatasi Maag

Maag juga
termasuk masalah lambung yang umum sekali terjadi di kalangan masyarakat. Biasanya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, salah satunya dari segi makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, bisa juga dari segi pola makan yang sama sekali tidak teratur. Kondisi ini terjadi karena kadar asam pada lambung yang meningkat, kemudian akhirnya membuat lambung mengalami yang namanya peradangan.

Gejala pada penyakit ini ialah mual, nyeri pada perut, nafsu makan semakin berkurang,
kembung dan sebagainya. Untuk mengatasi maag, kamu bisa mencoba memanfaatkan temulawak dan mencari berbagai resep olahannya demi mengobati penyakit ini.

4. Bantu Redakan Tukak Lambung

Mukosa lambung yang rusak dan diikuti oleh inflamasi dapat menyebabkan tukak lambung. Adapun penyebabnya sendiri juga begitu beragam, mulai dari infeksi helicobacter pylori, sampai karena penggunaan obat-obatan anti inflamasi non steroid alias NSAID.

Dalam salah
satu penelitian disebutkan jika ekstrak temulawak mampu mengatasi atau meredakan kondisi tukak lambung. Di mana disebabkan oleh efek samping dari pemakaian indometasin, yakni merupakan salah satu jenis obat golongan NSAID.

5. Cegah Kerusakan Pada Mukosa Lambung

Bahan alami bernama temulawak ini masih memiliki banyak sekali manfaat, dan salah satunya juga bisa menjadi pencegah kerusakan mukosa pada lambung. Adapun mukosa ini mempunyai peran yang amat sangat
penting bagi tubuh.

Pertahanan mukosa yang terganggu akan membuat pepsin dilepas dengan jumlah yang amat besar, sehingga kondisi ini akan membuat pendarahan pada dinding lambung. Temulawak juga mengandung antioksidan yang berperan dalam melindungi mukosa lambung supaya tidak rusak.

Antioksidan yang dimaksud dalam temulawak di sini ialah flavonoid, kurkumin dan juga fenol. Jadi, tak heran jika bahan alami ini cukup banyak dicari di pasaran karena manfaatnya yang tak main-main.

6. Melancarkan Kembali Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang bermasalah akan mengganggu rutinitas sehari-hari dan membuat kamu merasa tidak nyaman. Itulah mengapa sangat penting untuk mengatasi kondisi semacam ini supaya tidak terjadi.

Untuk mengatasinya, mungkin kamu bisa mencoba dengan menggunakan bahan alami seperti temulawak ini. Karena temulawak memang dipercaya mampu untuk atasi sistem pencernaan yang bermasalah dan membantu melancarkannya
kembali.

Jadi, itulah sekian banyak manfaat temulawak untuk lambung yang bisa kamu temukan. Jika kamu suka jamu atau ramuan temulawak, tentunya kondisi badanmu akan menjadi lebih sehat dan kuat. Pastinya mengonsumsi bahan alami ini pun tidak boleh berlebihan dan sewajarnya saja. Meskipun kerap dianggap sepele, faktanya ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari obat herbal satu ini.

(Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)

Bagaimana cara membuat temulawak untuk asam lambung?

Anda kupas temulawak, kencur, dan lengkuas sampai bersih. Kemudian, Anda potong rempah-rempah tersebut. Anda rebus semua bahan di dalam air sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 200 cc. Anda saring dan dinginkan air rebusan temulawak tersebut lalu minum. Mentimun lazim digunakan sebagai pelengkap menu makanan.

Bagaimana cara mengkonsumsi temulawak yang benar?

Rebus potongan rimpang temulawak dengan 3 gelas air (660 ml). Rebus hingga menjadi ukuran 1 gelas. Dinginkan air rebusan, kemudian saring. Tambahkan madu sebagai pemanis dan minum selagi hangat.

Apakah temulawak bisa menyembuhkan penyakit asam lambung?

Salah satu manfaat temulawak sebagai tanaman herbal adalah sebagai obat maag. Temulawak mengandung selulosa yang membantu proses pencernaan. Tidak hanya itu, temulawak juga mengandung flavanoid dan kurkumin yang berperan menangkap radikal bebas serta melindungi mukosa (dinding) lambung.

Bagaimana cara agar asam lambung sembuh total?

“Kalau GERD bisa sembuh, bisa sembuh total..

Makan porsi kecil dan sering. … .

Makanan tidak digoreng. … .

Penuhi kebutuhan karbohidrat. … .

Pilih buah-buahan yang tidak asam. … .

Pilih sayuran yang tidak terlalu tinggi serat. … .

Hindari makanan pencetus..

Bagaimana cara mengolah temulawak untuk asam lambung? | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x