Bayi 6 bulan sering bangun tengah malam

By On Wednesday, October 26th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Bayi 6 bulan sering bangun tengah malam – Hallo sista dan agan semua, Met Datang di halaman blog TrendWisata ini. Saat ini, kami di blog www.trendwisata.com mau menampilkan tanya dan jawab yang cool yang membahas Bayi 6 bulan sering bangun tengah malam. Langsung saja sobat menonton dibawah ini:

Awal menjadi seorang ibu mungkin adalah masa paling sulit bagi Anda. Sejumlah perubahan harus Anda hadapi, terutama ketika bayi sering bangun di malam hari. Kondisi ini biasanya berlangsung sejak bayi lahir, hingga 40 hari ke depan.

Penyebab bayi sering bangun di malam hari

1. Belum mengerti perbedaan siang dan malam

Ada alasan mengapa bayi
sering bangun di malam hari. Salah satu alasannya sederhana, bahwa bayi yang telah menghabiskan waktu 9 bulan di dalam rahim sang ibu, belum mengerti perbedaan siang dan malam. Hal ini pun terbawa sampai ia dilahirkan.

Karena itu, Bunda tak perlu khawatir atau bingung jika si kecil tidur lebih lama di siang hari, dan bayi sering bangun di malam hari.

Selain itu, biasanya bayi sering bangun di malam hari karena merasa lapar, ingin mengganti popoknya, atau
sekadar ingin bermanja-manja dengan Anda.

Meski bayi tidur nyenyak, Bunda harus tetap bangun karena bayi harus disusui setiap 2 jam, bahkan jika Anda sangat mengantuk.

Menurut Charles Subin, Direktur Divisi Pediatrik di Mercy Family Care Baltimore, kondisi ini memang akan sulit bagi ibu baru karena tubuh orang dewasa secara fisiologis terbentuk untuk tidak terjaga di malam hari.

  1. Pola tidur belum teratur

Seorang bayi yang baru lahir memang tidak tidur dalam waktu yang lama. Biasanya, mereka tertidur hanya satu hingga tiga jam setiap kali. Tetapi, ia harus mendapatkan jam tidur sebanyak 14 hingga 18 jam dalam sehari.

Bayi Anda mungkin juga bisa tidur sepanjang hari, tetapi Anda tetap harus membangunkannya untuk menyusu setiap 2 jam.

Perlu diingat, jangan sesekali membiarkan bayi Anda dalam kondisi lapar karena terlalu lama tertidur.  

Tidak ada salahya untuk melatih pola tidur yang baik pada si kecil meskipun terlalu dini, agar  membantunya makin terbiasa.

Tips melatih pola tidur bayi

Meskipun bayi sering bangun di malam hari adalah hal yang normal, Anda masih bisa
melatihnya pola tidur yang baik sejak kecil. Coba lakukan 5 cara ini!

  • Jangan paksa bayi bangun di siang hari, karena bisa membuatnya lelah dan menangis. Biarkan dia tidur nyenyak.
  • Bantu bayi untuk membedakan antara siang dan malam saat Anda bermain dan berkomunikasi dengannya.
  • Saat siang hari, biarkan ruangan terang dan biarkan suara dari tv di rumah. Saat malam hari, redupkan lampu, hindari kebisingan, dan jangan ajak ia
    bermain.
  • Ganti pakaian bayi di malam hari dengan pakaian tidur lebih nyaman. Cium pipinya dan ucapkan selamat malam agar ia tahu sudah waktunya untuk istirahat.
  • Perhatikan tanda-tanda bayi mengantuk, seperti menggosok mata, menarik telinga, atau lebih rewel dari biasanya. Jika Anda sudah melihat tanda ini, ajak ia segera tidur.
Artikel terkait:
8 kesalahan dalam menerapkan pola tidur bayi, Parents wajib tahu

Semoga tipsnya bermanfaat ya, Bunda!

Dilansir dari artikel theAsianparent Malaysia
Baca juga:

https://id.theasianparent.com/apakah-bayi-bermimpi

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di
iOS dan Android.

Menjadi orangtua baru wajar saja jika Mama Papa masih kerap bingung penyebab bayi bangun di tengah malam. Tidak perlu khawatir, daripada Mama Papa pusing dan bingung simak beberapa penyebab si Kecil kerap bangun dan menangis di malam hari di sini!

Sebagai orangtua baru, Mama Papa masih suka heran penyebab bayi kerap bangun tengah malam, kan? Memang tidak semua anak, namun sebagian besar bayi berusia 3-4 bulan masih kerap bangun di tengah
malam.

Mengutip dari Parenting Orami, menurut Dr. Maida Chen, seorang ahli paru anak sekaligus direktur Pediatric Sleep Disorders Center di Seattle menyebutkan; penyebab bayi yang kerap bangun tengah malam karena telah masuk siklus tidur bayi. Menurutnya, ini menjadi hal yang normal selama mengalami masa transisi siklus tidur ini bangun sekitar 4-5 kali semalam.

Meskipun begitu, tentunya Mama Papa juga harus mencari tahu
penyebab bayi bangun hingga menangis di tengah malam. Berkeluarga.id merangkum 4 penyebab bayi kerap bangun di tengah malam, sebagai berikut:

Merasa tidak nyaman

Penyebab yang paling sering ditemukan bayi kerap bangun tengah malam dan menangis karena si Kecil merasa tidak nyaman. Misalnya merasa kepanasan, kedinginan, perlu mengganti popok, hingga haus atau lapar. Bahkan, ada kalanya mereka tidak nyaman dengan kondisi kamarnya.

Oleh
karena itu, Mama Papa harus bisa menciptakan suasana kamar yang nyaman. Misalnya dengan memberikan suhu yang pas, kasur yang tepat, hingga cahaya yang tidak terlalu terang. Mama Papa juga bisa menciptakan rutinitas tidur agar si Kecil paham kapan waktu tidurnya. 

Tahapan tuumbuh kembang bayi

Selain itu, bayi terbangun tengah malam bisa disebabkan karena tahapan tumbuh kembang bayi yang memengaruhi pola tidurnya. Contohnya, setelah usia 4 bulan si Kecil akan
memiliki periode tidur yang lama, namun terbangun setiap beberapa jam.

Pada usia 6 bulan ke atas si Kecil mulai aktif bergerak, seperti duduk, merangkak, berguling, dan sebagainya juga dapat memicu bangun di malam hari. Berbagai hal yang berkaitan dengan tahapan perkembangan anak dapat menghubungkan otaknya pada tingkat yang luar biasa dan menyebabkan anak tidur kurang tenang. 

Bahkan, ada kalanya kegiatan yang menyenangkan juga dapat mengganggu
tidurnya karena terlalu bersemangat, lho.

Baca Juga: Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan, Sudah Siap MPASI! 

Ada tanda-tanda tumbuh gigi

Memasuki usia 6 bulan biasanya si Kecil akan mulai tumbuh gigi. Masalah ini bisa menjadi salah satu penyebab bayi terbangun dan menangis tengah
malam. Karena biasanya rasa sakit akibat gigi tumbuh muncul pada malam hari, sedangkan si Kecil tidak tahu cara mengekspresikan rasa tersebut, makanya ia menangis.

Mama Papa bisa membantu mengatasi rasa nyeri akibat tumbuh gigi. Ada beberapa cara mengatasi bayi rewel saat tumbuh gigi, di antaranya memberikan
teether, mengusap gusi, hingga mengompres gusi si kecil agar lebih terasa nyaman.

Baca Juga: Jangan Asal, Ini 4 Tips Memilih Teether yang Aman untuk Bayi 

Bayi merasa cemas

Percaya atau tidak, ada kalanya bayi menangis dan bangun di
tengah malam karena merasa cemas berpisah dengan orantuanya saat tidur. Benar, lho, perasaan ini biasanya muncul saat si Kecil menyadari bahwa Mama Papa tidak berada di sampingnya.

Dituliskan di Kompas.com, salah satu cara mengatasi hal ini adalah mengurangi stimulus sebelum tidur. Dengan begitu nantinya si Kecil akan merasa terbiasa saat tidur sendiri. Selain itu, pemberian stimulus berlebihan juga kurang tepat, karena akan membuatnya mencari
orangtuanya dan menganggap malam bukanlah waktu tidur.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membiasakan Anak Tidur Sendiri 

Kenapa bayi 6 bulan sering bangun di malam hari?

Ketika Si Kecil tumbuh gigi, hal ini membuat bayi sering terbangun saat tidur malam. Tumbuh gigi yang akan membuat bayi lebih banyak bangun pada tengah malam biasanya dimulai sekitar umur 6 bulan. Saat itu, biasanya bayi rewel bukan hanya siang, tapi juga malam hari.

Apa yang harus dilakukan ketika bayi bangun tengah malam?

5 Cara Mengatasi Bayi Sering Bangun Tengah Malam, Bunda Perlu….

Pahami tanda-tanda bayi siap tidur. … .

Usahakan bayi teratur tidur siang. … .

Lingkungan tidur yang tenang. … .

Tetap realistis dengan waktu tidur. … .

Lakukan kebiasaan tidur yang aman..

Apa penyebab bayi sering bangun di malam hari?

Belum memahami siang dan malam
Bayi yang baru lahir belum bisa membedakan siang dan malam. Hal ini menyebabkan bayi tidur terus saat pagi dan siang, namun terjaga saat malam hari. Di usia 1-3 bulan, sistem sirkadian atau sistem yang menatur siklus tidur-bangun, masih dalam tahap berkembang.

Kapan bayi tidak bangun tengah malam?

Lalu, kapan bayi mulai berhenti bangun tengah malam? Rosary menyebutkan, sebagian besar bayi mendapat ritme tidur siang dan malam saat usianya sekitar 12 minggu. “Dan secara keseluruhan, bayi usia 3-5 bulan baru bisa cukup lama tidur saat malam, lebih dari 5 jam pada satu waktu tidur,” papar ia.

Bayi 6 bulan sering bangun tengah malam | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x