Berapakah tinggi gawang dalam permainan sepak bola

By On Tuesday, November 22nd, 2022 Categories : Tanya Jawab

Berapakah tinggi gawang dalam permainan sepak bola – Pa kabar Agan semua, Makasih banyak sudah mau datang di web site TrendWisata ini. Pagi ini, saya di web site Trend Wisata pengen menampilkan pertanyaan dan jawaban yang mantap yang menunjukkan pada anda mengenai Berapakah tinggi gawang dalam permainan sepak bola. Langsung saja Agan cek dibawah ini:

Berapakah ukuran tinggi dan lebar gawang sepak bola menurut standar FIFA? Bagi kamu yang senang sepak bola, kamu pasti tahu kelengkapan olahraga sepak bola yang satu ini. Gawang merupakan bagian dari kelengkapan sepak bola yang dipasang di lapangan, tepatnya pada masing-masing ujung panjang lapangan. Gawang inilah yang menjadi sasaran dari setiap pemain untuk memasukkan bola sehingga tercipta skor. Begitupun sebaliknya, para pemain harus menjaga gawang ini agar tidak kemasukan
bola. 

Gawang sepak bola terdiri dari dua tiang sejajar yang berdiri tegak vertikal dengan jarak tertentu pada masing-masing tiang.
Di atasnya, diberi tiang mendatar horisontal (mistar) yang menghubungan dua tiang vertikal tadi. Pada sisi belakang gawang ini, dilengkapi dengan jaring sebagai tempat bersarangnya bola ketika terjadi gol. Terdapat satu orang pemain yang ditugaskan untuk menjaga gawang ini, orang tersebut disebut kiper.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan tentang ukuran tinggi dan lebar gawang sepak bola. Semoga setelah membaca uraian ini, kita semakin paham mengenai ukuran gawang
permainan sepak bola ini.

Gawang Sepak Bola adalah hasil konferensi FA pada bulan Desember tahun 1882. Pada waktu itulah sejarah gawang sepak bola dimulai. Di dalam konferensi tersebut diputuskan bahwa gawang adalah salah satu kelengkapan dari olahraga sepak bola dengan bentuk dua tiang sejajar dan bagian atasnya diberi mistar. Dalam konferensi itu pula diputuskan bahwa jarak dua buah tiang sejajar ini sebesar 8 yard, dengan tinggi mistar dari tanah sebesar 8 kaki. Sejak saat itu, gawang
dipasang di setiap lapangan sepak bola. Pada awal penggunaannya, gawang ini belum dilengkapi dengan jala atau jaring tempat bersarangnya bola. Terdapat kekurangan pada penggunaan gawang di masa-masa awal ini, yakni sering terjadi kesulitan menentukan apakah terjadi gol atau tidak, terutama pada saat bola melesat terlalu cepat. Masalah ini kemudian berhasil di atasi oleh Brodie, seorang warga Liverpol yang mematenkan penggunaan jala/jaring pada gawang tersebut.

Baca Juga:

Secara resmi penggunaan jaring atau jala tersebut di lakukan pada bulan Januari tahun 1981, tepatnya pada pertandingan sepakbola The North bertanding melawan kesebelasan The South. Sejak saat itulah, jaring dijadikan sebagai salah satu standar kelengkapan gawang sepak bola.
Tinggi gawang sepak bola di ukur dari sisi bawah tiang mistar gawang. FIFA telah menetapkan aturan standar mengenai ukuran tinggi standar dari gawang sepak bola ini. Setiap gawang pada lapangan sepak bola harus mematuhi
aturan ini sebagai ketentuan resmi dari FIFA, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Ada beberapa pembagian mengenai ukuran tinggi gawang ini berdasarkan usia pemain dan jenis pertandingan sepak bola. Pembagian tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Tinggi gawang sepak bola dewasa/profesional = 2,44 meter atau 244 cm atau 2,7 Yard atau 8 kaki.
  • Tinggi gawang sepak bola pemain usia 6, 7, dan 8 tahun = 1,37 – 1,98 meter atau 4,5 – 6,5 kaki
  • Tinggi gawang sepak bola
    pemain usia 9 tahun = 1,98 meter atau 6,5 kaki
  • Tinggi gawang sepak bola pemain usia 10 tahun = 1,98 – 2,13 meter atau 6,5 – 7 kaki
  • Tinggi gawang sepak bola pemain usia 11 tahun = 1,98 – 2,44 meter atau 6,5 – 8 kaki
  • Tinggi gawang sepak bola pemain usia 12 tahun = 2,13 – 2,44 meter atau 7 – 8 kaki

Lebar gawang sepak bola juga patuh di bawah aturan standar yang telah ditetapkan FIFA. Lebar gawang ini diukur dari dua tiang sejajar yang berdiri vertikal. Setiap
lapangan sepak bola yang dipakai dalam pertandingan resmi harus mematuhi ketentuan lebar gawang ini. Ukuran lebarnya menyesuaikan jenis usia dari pemain yang akan bertanding. Berikut ini adalah pembagian dari lebar gawang sepak bola menurut standar FIFA.

  • Lebar gawang sepak bola dewasa/profesional = 7,32 meter atau 732 cm atau 8 Yard atau 24 kaki.
  • Lebar gawang sepak bola pemain usia 6, 7, dan 8 tahun = 2,74 – 3,66 meter atau 9-12 kaki
  • Lebar gawang sepak bola pemain usia
    9 tahun = 3,66 – 5,64 meter atau 12-18,5 kaki
  • Lebar gawang sepak bola pemain usia 10 tahun = 5,64 – 6,4 meter atau 18,5 – 21 kaki 
  • Lebar gawang sepak bola pemain usia 11 tahun = 5,64 – 7,32 meter atau 18,5 – 24 kaki
  • Lebar gawang sepak bola pemain usia 12 tahun = 6,4 – 7,32 meter atau 21 – 24 kaki

Untuk membantu pemahaman Anda tentang ukuran panjang dan lebar gawang sepak bola ini, berikut ini kami tampilkan gambar gawang sepak bola lengkap dengan
ukurannya: Demikianlah penjelasan tentang Tinggi dan Lebar Gawang Sepak Bola Standar FIFA. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa
membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Tinggi dan Lebar Gawang Sepak Bola Standar FIFA 2019-06-12T07:34:00-07:00 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

Foto: Tinggi gawang dalam permainan sepak bola seperti saat laga Sporting Kansas City Real Salt Lake sudah memiliki standar yang diatur FIFA. (Foto: Reuters)

TINGGI gawang dalam permainan sepak bola sendiri memiliki standar
untuk dipatuhi. “Gawang” adalah sebuah kotak yang berada pada ujung lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang yang menjadi tempat masuknya bola untuk mendapatkan poin pada permainan sepak bola. 

Gawang bisa terbuat dari kayu,logam, atau bahan lainnya yang disetujui. Tinggi gawang dalam permainan sepak bola sendiri memiliki standar untuk dipatuhi. Tiang gawang sangat berperan penting dalam sebuah pertandingan sepak bola, tujuannya adalah untuk mencetak point, terdapat jaring di
belakang antara 2 tiang yang berdiri dan ditancap ke dalam tanah. 

Baca Juga : Bolapedia: Ukuran Lapangan dan Gawang Sepak Bola

Gunanya adalah untuk menangkap bola dan mencegah bola melambung jauh keluar lapangan. Namun pernahkah kalian penasaran dengan berapa tinggi gawang dalam permainan sepak bola standar internasional? 

Tinggi Gawang dalam Permainan Sepak Bola

Aturan dan tinggi gawang dalam
permainan sepak bola adalah 2,44 meter (8 kaki) berbentuk persegi panjang. Sementara panjang gawang sepak bola yaitu 7,32 meter. Tiang maupun mistar gawang sepak bola berbentuk tabung dengan diameter 12 cm dan dicat warna putih.

Bagian belakangnya berbentuk setengah lingkaran yang terdapat jaring Jarak dari tiang satu ke tiang satunya lagi adalah 7,32 meter.  Tiang gawang dan lintang palangnya memiliki lebar ke dalam 12cm, Tiang gawang ditancapkan ke tanah guna keamanan agar
tetap terjaga.

Tiang Gawang digunakan untuk mencetak poin di lapangan maupun poin tambahan, nantinya pemain akan menggiring bola ke arah gawang lawan atau berlari lalu menendangnya ke arah gawang. Namun tahukah kamu bahwa dekat gawang terdapat garis yang dinamakan area goal berukuran 5,5 meter, maka dari itu di dalam garis ini terdapat garis area untuk gawang.

Sejarah Terciptanya Gawang

Target gawang pertama kali diumumkan pada abad ke-16 dan
awal abad ke-17 John Norden dan Richard Carew menggunakan istilah “Goal”, Caarew menyebutkan orang-orang pada masa itu suka menebak semak-semak dengan jarak 8-10 kaki sebagai patokan jarak untuk mencetak sebuah gol. 

Lalu pada tahun 1891 John Brodie, seorang insinyur penemu jaring, susunan jaring pada tiang gawang pada saat itu masih tradisional berbeda dengan susunan jaring di masa modern sekarang ini, jaring ditempatkan langsung dari tiang dan diarahkan secara diagonal ke bawah
tanah. Jaring itu mampu menangkap bola namun tidak cocok digunakan untuk pemain profesional di jaman sekarang sebab akan membuat kerugian dimana bola akan keluar dari jaring.

Lalu dikembangkan lah jaring itu dengan berbentuk kotak yang menggantung bebas, rancangan modern yang sekarang adalah jaring berada di belakang dua tiang. Tujuan dari dibentuknya tiang berbentuk kotak ini lebih disukai dalam setiap pertandingan liga profesional di seluruh dunia

Berikut tadi merupakan
rangkuman tinggi gawang dalam permainan sepak bola beserta dengan sejarah singkatnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. (hasna sil maulida rahmani)

Editor : Maruf

Jakarta

Lapangan sepak bola menjadi bagian terpenting dalam permainan sepak bola, selain adanya bola dan orang yang akan bermain. Lalu berapa ukuran lapangan bola sebenarnya?

Secara garis besar, ukuran lapangan sepak berstandar
internasional telah ditentukan oleh federasi sepak bola dunia yakni Fifa dengan rincian panjang lapangan sepakbola minimum 100 meter dan maksimum 110 meter serta lebar lapangan sepakbola minimum 64 meter dan maksimum 75 meter.

Lapangan Sepak Bola

  • Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Umum (Nasional)

Dilihat dari bentuknya, lapangan sepakbola berbentuk persegi panjang dengan ditandai garis dan bendera yang dipasang pada
tiang dengan tinggi tidak kurang dari 1,5 m dengan ujung yang tidak lancip di setiap sudut lapangan.

Tiang-tiang bendera mungkin juga ditempatkan berlawanan pada garis tengah di setiap sisi lapangan, paling tidak 1 m dari garis sisi.

Adapun gambar dan ukuran lapangan sepak bola adalah sebagai berikut:

Gambar dan Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Sesuai Aturan Foto: ScreenshootWajah Lapangan sepak bola Perkumpulan Olahraga Serdang (Pors) Kemayoran kini berbeda. Lapangan yang dulu gersang itu kini dipercantik dan berstandar FIFA lho. Foto:
Rifkianto Nugroho

Keterangan:

– Panjang: 90 meter sampai 120 meter

– Lebar: 45 meter sampai 90 meter

– Ukuran radius lingkaran tengah: 9,15 meter

– Diameter lingkaran tengah: 18,30 meter

– Panjang ukuran kotak kiper: 18,3 meter

– Lebar ukuran kotak kiper: 5,5 meter

– Panjang ukuran kotak penalti: 39,2 meter.

– Lebar ukuran kotak penalti: 16,5 meter.

– Panjang Gawang: 7,32 meter.

– Tinggi Gawang: 2,44 meter.

– Jarak
Titik penalti dari garis gawang: 11 meter.

  • Ukuran Bola yang Biasa Digunakan di Lapangan Sepak Bola

Adapun dalam lapangan sepak bola biasanya digunakan bola dengan ukuran sebagai berikut:

1) Berat bola : 396-453 gram

2) Lingkaran bola: 68-71 cm.

Jenis Rumput Lapangan Sepak Bola

Adapun jenis rumput yang cocok untuk dipakai untuk lapangan sepakbola, dikutip dari laman resmi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), di
antaranya:

– Zoysia matrella (ZM)

Rumput ini merupakan jenis rumput yang paling baik untuk digunakan sebagai rumput lapangan sepakbola dan memiliki warna hijau yang paling pekat diantara dua jenis lain.

Tingkat elastisitas (berhubungan dengan bola bergelinding) dan kekuatan akar sangat baik. Tekstur rumput dengan daun yang runcing dan rigiditas yang rapat memastikan bahwa rumput aman terkena pul sepatu.

– Cynodon dactylon (CD)

Rumput jenis CD, biasa
disebut rumput bermuda. Kualitasnya hampir sama dengan ZM, namun kekuatan akar rumput CD tidak sekuat rumput ZM. Akar rumput CD akan mudah terkelupas ketika terinjak-injak pemain.

– Axonopus compressus (AC)

Rumput jenis AC, atau sering disebut dengan rumput gajah sering ditemukan di taman atau alun-alun. Rumput ini memiliki perakaran yang baik, namun bentuk daunnya lebih lebar jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya. Hal ini akan menyebabkan rumput menjadi lebih mudah rusak
karena terkena pul sepatu.

Nah, semoga detikers paham ya penjelasan tentang lapangan sepak bola!

Simak Video “Remaja Ukraina Kembali Bermain Sepak Bola Walau Stadion Porak-poranda

(pay/pay)

Berapakah tinggi gawang dalam permainan sepak bola | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x