Butuh berapa meter kain untuk membuat kemeja

By On Sunday, November 20th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Butuh berapa meter kain untuk membuat kemeja – Hallo sista dan agan semua, Met Datang di halaman blog TrendWisata ini. Di hari yang cerah ini, kami di web Trend Wisata pengen memberikan pertanyaan dan jawaban yang oke banget yang menjelaskan tentang Butuh berapa meter kain untuk membuat kemeja. Ini dia sobat melihat di bawah ini:

Bagi pemula mungkin sering merasa kebingungan untuk menentukan panjang kain yang diperlukan untuk membuat sebuah busana. Masalah seperti ini tentu akan menghambat pekerjaan menjadi lebih lama, juga bisa saja membuang-buang dana. Berikut ini adalah bagaimana cara menghitung bahan yang diperlukan membuat busana.

Menentukan kebutuhan kain dalam membuat sebuah busana disebut juga sebagai merancang bahan. Dimana kegiatan ini berarti membuat rancangan bahan/kain yang akan digunakan dalam memproduksi suatu model busana. Hal ini sangatlah penting untuk
dilakukan, untuk mendapat efisiensi kain. Karena dengan merancang bahan/kain sebelum membuat sebuah busana bisa untuk menghindari terjadinya kekurangan ataupun kelebihan pemakaian bahan.

Secara umum ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi bannyaknya kain/bahan yang diperlukan dalam membuat sebuah busana, diantaranya :

Desain busana
Ukuran badan model
Ketebalan kain itu sendiri

Menentukan Kebutuhan kain Busana

Di pasaran
biasanya lebar kain yang beredar antara lain yaitu 90 cm, 100 cm, 110 cm, 115 cm, 120 cm, 150 cm. Ukuran-ukuran tersebut bisa digunakan untuk membuat sebuah pakaian, namun biasanya yang membuat bingung adalah berapa panjang yang dibutuhkan ?

Berikut ini adalah contoh kasus dalam menentukan panjang bahan dalam membuat busana.

Berapa panjang kain untuk membuat blus lengan panjang ? Dalam membuat blus lengan panjang bisa menggunakan kain dengan lebar 90 cm sampai 110 cm. Dengan
perkiraan kebutuhan bahannya antara lain : dua kali panjang blus, satu kali panjang lengan, serta kelebihan kampuh.

Sebagai contoh : Panjang blus 60 cm, ditambah 2 cm kampuh, dan 4 cm kelim kemudian dikalikan dua.
( 60+2+4)x2 = 132 cm
Kemudian ditambah satu kali panjang lengan ( 52 cm ) ditambah 2 cm kampuh dan 4 cm kelim.
52 + (2+4) = 58 cm

Kesimpulan dari perhitungan diatas diperoleh
132 cm + 58 cm = 190 cm atau 1,9 meter kain untuk membuat sebuah blus.

Lalu
bagaimana cara menentukan kebuthan kain untuk membuat sebuah celana ? Untuk membuat sebuah celana maka pemilihan lebar kain ditentukan sama dengan lebar ukuran yang akan dibuat yaitu sekitar 115 cm atau 150 cm.

Kain yang mempunyai lebar 115 cm, maka membutuhkan dua kali lebar celana di tambah 1,5 cm kampuh, dan 4 cm kampuh.

Jadi jika panjang celananya 100 cm maka

(100 + 1,5 + 4 ) x 2 = 211 cm atau 2,11 meter kain yang diperlukan untuk membuat celana.

Kain yang mempunyai
lebar 150 cm, maka hanya perlu membutuhkan satu kali panjang celana ditambah kampuh dan ditambah kelim.

Berikut ini adalah ukuran standar kain yang diperlukan dalam membuat beberapa model busana

1. Blouse dan Kemeja

Kain yang diperlukan untuk membuat kemeja atau pun bluose sebenarnya tidak terlalu banyak. Karena model pakaian ini hanya sebuah atasan, jadi kain yang diperlukan hanya berkisar 1,5 meter sampai 2 meter.

2.
Dress

Model busana yang satu ini memiliki berbagai macam bentuk model, sehingga untuk kebutuhan kain yang diperlukan berdasarkan model dan ukuran yang akan di buat.

Dress A line membutuhkan kain sekitar 3 meter.
Untuk membuat dress umbrella satu lingkaran penuh maka kain yang dibutuhkan sekitar 4 meter.
Sedagkan untuk membuat dress rempel membutuhkan kain sekitar 3 meter.

3. Setelan

Karena jenis busana ini terdiri dari
atasan dan bawahan, maka kebutuhan kain untuk membuat setelan hampir sama seperti kebutuhan kain untuk membuat dress.

4. Tunik

Untuk membuat tunik hanya membutuhkan kain sekitar 2 meter.

5. Bawahan

Model bawahan busana bisa berupa rok atapun ceelana. Untuk membuat celana panjang kain yang diperlukan 1,5 meter. Sementara untuk membuat rok H line membutuhkan kain 1,5 meter sedangkan untuk membuat rok rempel ataupun rok
A line membutuhkan kain 1,5 – 2 meter.

Baca Juga : Bagaimana Menentukan Ongkos Jahit

Demikianlah bagaimana cara menghitung bahan yang diperlukan dalam membuat busana.

  • Menentukan Kebutuhan kain Busana
    • 1. Blouse dan Kemeja
    • 2. Dress
    • 3. Setelan
    • 4. Tunik
    • 5. Bawahan

Para penggemar baju jahitan pasti paham bahwa pakaian yang dijahit sendiri atau oleh penjahit langganan tentu memiliki
treatment yang berbeda dari pakaian siap pakai yang dibeli di toko. Selain waktu pembuatan yang cukup lama dan fitting beberapa kali, bahan kain meteran menjadi hal paling utama yang harus dipersiapkan.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah dan banyaknya kain yang diperlukan, antara lain desain pakaian, ukuran tubuh calon pemakai, serta tebal tipisnya bahan. Karena biasanya bahan dibeli sebelum desain tercipta,
Anda sudah harus bisa memprediksi jumlahnya agar tidak terjadi kekurangan bahan saat proses penjahitan.

Sebagai panduan Anda, kami akan menyampaikan jumlah bahan kain untuk beberapa desain model pakaian tertentu. Ukuran ini mengacu pada ukuran rata-rata orang Indonesia, mulai dari tinggi badan (150-160 cm untuk perempuan, 160-170 untuk laki-laki) dan lingkar dada (90-110 cm). Adapun lebar kain yang menjadi acuan di sini adalah 150 cm.

Tunggu apalagi? Yuk,
disimak!

Dress

Gaun ini memiliki beberapa desain model yang relatif sering ditemui dan dibedakan berdasarkan bentuk bagian bawahnya. Berikut adalah perkiraan ukuran kain untuk masing-masing modelnya. Ukuran bisa berbeda setiap untuk panjang
dress, ya.

    • Rempel: 3 meter
    • A Line: 3 meter
    • Umbrella 1 lingkaran penuh: 4 meter

Blus/Kemeja

Pakaian yang cocok untuk berbagai acara ini tidak membutuhkan bahan sebanyak dress karena hanya berfungsi sebagai atasan saja. Ukurannya cukup
bervariasi karena tergantung panjang tangan dan lingkar badan sang calon pemakai, tetapi umumnya berkisar antara 1,5 hingga 2 meter.

Setelan

Karena setelan terdiri atas atasan dan bawahan, bahan yang dibutuhkan bisa menyamai banyak bahan untuk dress.
Berikut adalah rincian ukuran untuk tiap-tiap bagian setelan pakaian yang bisa Anda gunakan.

  • Tunik: 2 meter
  • Rok H Line: 1,5 meter
  • Rok rempel/A Line: 1,5 – 2 meter
  • Celana panjang 1,5 meter

Ukuran desain model pakaian di atas juga bisa Anda terapkan pada kain batik yang dibeli di Engrasia. Perhatikan ukuran yang tertera di halaman produk dan pastikan stoknya tersedia sesuai dengan
kebutuhan Anda. Anda juga bisa mengombinasikan beberapa motif berbeda dengan ukuran yang berbeda pula untuk menghasilkan pakaian yang lebih cantik.

Namun, jika Anda tidak ingin repot, Anda juga bisa mempercayakan proses penjahitannya pada desainer rekanan kami. Lebih lengkapnya, Anda bisa melihat desainnya di sini. Psst, pahami juga panduan pemesanannya, ya.

Sampai jumpa dan selamat menjahit ria!

Referensi: Facebook Page Toko Kain Grosir

Berapa meter kain untuk membuat atasan?

Jika ingin menjahit blouse lengan panjang, dibutuhkan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,75 meter dan ukuran L-XL sebanyak 2 meter dengan lebar kain 1,15 meter. Jika lebar kain 1,5 meter, diperlukan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,5 meter dan untuk ukuran L-XL sebanyak 2
meter.

Berapa meter kain untuk membuat baju korpri?

berapa meter yang dibutuhkan untuk membuat satu baju korpri? sedangakn untuk yang tubuh besar atau gemuk paling tidak 3 meter kain batik korpri terbaru ini.

Berapa meter kain untuk membuat gamis pria?

2 – 2,5 meter sudah cukup untuk
membuat gamis. Bergantung modelnya, gamis pada umumnya membutuhkan bahan lebih dari 2 meter. Untuk gamis model biasa, jika lebar kain 1,15 meter, maka dibutuhkan kain untuk size S-M sebanyak 2,5 meter dan size L-XL sebanyak 3 meter.

Berapa meter kain untuk membuat atasan?

Jika ingin menjahit blouse lengan panjang, dibutuhkan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,75 meter dan ukuran L-XL sebanyak 2 meter dengan lebar kain 1,15 meter. Jika lebar kain 1,5 meter, diperlukan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,5 meter dan untuk ukuran L-XL sebanyak 2 meter.

Berapa meter kain untuk membuat baju korpri?

berapa meter yang dibutuhkan untuk membuat satu baju korpri? sedangakn untuk yang tubuh besar atau gemuk paling tidak 3 meter kain batik korpri terbaru ini.

Butuh berapa meter kain untuk membuat kemeja | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x