Cara memasak ketan putih biar cepat empuk

By On Friday, October 14th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Cara memasak ketan putih biar cepat empuk – Halo Agan dan sista semua, Selamat datang di web Trend Wisata dot com ini. Sekarang, kita dari web www.trendwisata.com pengen sharing ulasan yang bagus yang menampilkan tentang Cara memasak ketan putih biar cepat empuk. Langsung saja sobat tonton dibawah ini:

5 Langkah Memasak Beras Ketan Agar Matang Sempurna dan Bebas Ngletis (Berbutir)

Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Beras ketan merupakan salah satu jenis beras yang memilki tekstur lebih lengket dibandingkan dengan beras lainnya. Banyak hidangan dari beras ketan yang dapat dibuat untuk menjadi
cemilan sederhana dengan rasa manis atau gurih, enak, dan legit. Saya sendiri senang membuat
ketan susu, ketan urap, ketan srikaya, hingga lemper
ayam
.

Jika kurang tepat dalam memasak, ketan yang anda masak bisa terlalu lembek seperti bubur atau malah kurang matang dan masih ngletis (masih terasa berbulir beras). Yuk ikuti langkah di bawah ini agar beras ketan yang anda masak bisa matang sempurna.

1. Pilih beras ketan yang berkualitas baik

Untuk menghasilkan ketan yang enak, gunakan selalu beras ketan
yang berkualitas. Seperti warnanya yang putih susu, bentuknya lebih besar dan panjang dari beras biasa, dan butirannya tidak mengambang saat direndam.

Jika anda menemukan butiran putih bening di dalam beras ketan yang telah dibeli, itu tandanya beras ketannya telah dicampur dengan beras biasa. Saat membeli ketan, biasakan juga mencium aromanya, hindari aroma beras ketan yang tengik atau berbau asam.

Baca juga:
Tips Memilih Beras Ketan

2. Rendam terlebih dahulu

Setelah dipilih, cuci beras ketan hingga bersih lalu rendam ketan di dalam baskom berisi air bersih selama 1-4 jam. Semakin lama waktu perendamannya, semakin lengket tekstur ketan yang akan dihasilkan nantinya.

Baca juga: Aneka Jenis Beras dan Manfaatnya

3. Masak dengan panci kukusan atau rice cooker

Untuk memasak ketan, anda dapat menggunakan dengan 2 cara yaitu:

Kukusan

Setelah beras ketan direndam dan ditiriskan, kukus ketan selama 30 menit hingga matang di dalam kukusan. Agar lebih gurih, matikan api lalu tambahkan santan dan garam
yang ditaburkan perlahan saat ketan dikukus setengah matang kira-kira 15 menit pertama. Aduk lalu diamkan sebentar hingga terserap lalu kukus kembali hingga ketan matang.

Untuk takaran  santannya yaitu 1:1, atau 2 cangkir ketan untuk 2 cangkir santan. Tapi jangan lupa untuk memanaskan dulu santan yang akan dicampurkan ke dalam ketannya, ya!

Rice cooker

Image:
Lazada

Ketan juga dapat dimasak di dalam rice cooker, lho! Caranya masukkan beras ketan yang sudah direndam dan ditiriskan lalu tambahkan air atau santan setinggi ketan tersebut, dan juga sedikit garam.

Meskipun beras ketan lebih keras daripada beras biasa, beras ketan lebih mudah lembek jika menggunakan banyak air. Jadi perbandingan airnya yang
tepat yaitu 1:1. Masak ketan hingga matang dan sajikan. Lebih praktis,
kan?

Namun, kualitas rice cooker juga mempengaruhi hasil dari ketan yang anda buat, lho. Kalau anda menggunakan Rice Cooker Cosmos CRJ-3306 (Lihat di Lazada DISKON) yang anti lengket dan bebas PFOA, ketan yang dihasilkan akan lebih pulen dan empuk. Ketan yang menempel pada
sisi-sisi panci juga tidak akan kering lagi.

4. Penyimpanan ketan matang

Ketan dapat langsung disajikan saat matang, tapi kalau belum disajikan, simpan ketan di tempat yang kehangatannya terjaga seperti rice cooker dalam mode ‘warm’.

Jika anda ingin membentuk ketan dalam berbagai bentuk, cetak ketan selagi hangat. Jika anda ingin membuat tape ketan, pastikan ketannya benar-benar dingin sebelum ditambahkan dengan ragi dan
disimpan dalam tempat yang tertutup rapat. Jangan masukkan ketan matang dalam kulkas
ya sebab ketan akan jadi keras dan tidak enak untuk dinikmati lagi.

Baca juga: 5 Tips Masak Bubur Ketan Hitam Agar Matang Sempurna dan Tidak ‘Ngletis’

Agar lebih menarik, anda juga bisa membuat ketan
dengan
berbagai warna dari bahan alami seperti gula merah untuk warna coklat, pandan dan daun suji untuk warna hijau, dan bunga telang untuk warna biru keunguan. Selamat memasak dan berkreasi!

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di
[email protected]

Berapa lama beras ketan direndam?

Beras ketan bisa direndam selama satu jam hingga semalaman, semakin lama direndam makin lengket pula tekstur ketan. Jadi, sebaiknya tentukan durasi perendaman sesuai dengan resep olahan beras ketan yang ingin dimasak.

Kenapa beras ketan harus direndam dulu?

Berbeda dengan beras biasa, beras ketan harus direndam terlebih dulu dan memiliki tekstur lebih lengket.

Apa yang menyebabkan ketan yang sudah dimasak menjadi lembek?

Air yang sedikit akan membuat ketan dimasak dalam waktu lama. Sedangkan kalau terlalu banyak, hasilnya akan lembek. Begitu matang, ketan harus dikukus dengan sendok kayu sambil sesekali ditekan sampai uapnya hilang.

Berapa lama ketan putih bisa bertahan?

Simpan di kulkas
Tape ketan yang sudah jadi bisa disimpan dalam wadah tertutup lalu letakkan di kulkas. Cara ini dapat membuat tape ketan bertahan sekitar enam hari. “Kalau sudah matang langsung masuk kulkas saja.

Cara memasak ketan putih biar cepat empuk | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x