Cara menampilkan Laporan KEUANGAN pada MYOB

By On Wednesday, August 10th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Cara menampilkan Laporan KEUANGAN pada MYOB – Pa kabar kawan-kawan semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke blog trendwisata.com ini. Pagi ini, kami dari web TrendWisata pengen sharing Q dan A yang cool yang mengulas Cara menampilkan Laporan KEUANGAN pada MYOB. Sebaiknya sobs lihat dibawah ini:

MYOB Accounting menyediakan banyak sekali laporan keuangan yang dperlukan. Laporan keuangan tersebut dikelompokkan kedalam 7 kelompok besar yakni; Laporan Akun, Laporan Transaksi Kas [Banking], Laporan Pajak, Laporan Penjualan Kredit [Sales], Laporan Pembelian Kredit [Purchase], dan Laporan Persediaan Barang Dagangan [Inventory].

Untuk melihat masing-masing kelompok laporan tersebut, anda bisa meng-klik tabulasi yang terkait yang berada di bagian atas jendela laporan.

Misalkan dalam kasus ini anda ingin melihat Standard Balance Sheet, maka langkah-langkah yang anda lakukan sebagai berikut:

1. Klik Reports pada Menu Baris kemudian klik Index to Reports, maka jendela Index to Reports ditampilkan.

2. Klik tabulasi Accounts yang berada dibagian atas jendela Index to Reports, lalu ditampilkan sederetan daftar transaksi yang berhubungan akun.

3. Cari dan klik Standard Balance Sheet yang terdapat dalam kelompok Balance Sheet. Klik tombol Customise dibagian bawah jendela Index to Reports, jendela Report Customisation – Standard Balance Sheet  ditampilkan.

4. Pilih periode laporan neraca yang ingin ditampilkan misalkan pilih January pada field Selected. Period untuk menampilkan laporan neraca bulan Januari. Tetapkan akhir periode pada field As Of . Ketik 01/01/2006 pada field As Of untuk melihat neraca sampai tanggal 1 Januari 2006.

5. Pilih level akun yang ingin anda tampikan. Pilih Level 4 untuk menampilkan semua level akun, mulai dari level 1 sampai 4.

6. Pilih This Year [FY 2006] pada field Financial Year untuk menampilkan neraca yang terjadi sampai tanggal 1 Januari 2006. Selanjutnya klik Display untuk menampilkan Neraca.

Semoga bermanfaat 😉

Untuk melihat tips dan tutorial lainnya, klik disini. Untuk bertanya dan meninggalkan pesan, klik disini.

-7.481253 110.213799

MYOB Accounting menyediakan banyak sekali laporan keuangan yang dperlukan. Laporan keuangan tersebut dikelompokkan kedalam 7 kelompok besar yakni; Laporan Akun, Laporan Transaksi Kas [Banking], Laporan Pajak, Laporan Penjualan Kredit [Sales], Laporan Pembelian Kredit [Purchase], dan Laporan Persediaan Barang Dagangan [Inventory]. … Baca lebih lanjut

Tag Cara Melihat Laporan Laba Rugi MYOB, Cara Melihat Laporan Neraca MYOB, Cara Membuat Neraca MYOB, Langkah Melihat Laporan Keuangan MYOB, Laporan Pajak, Laporan Persediaan Barang Dagangan, Melihat Laporan Pembelian Kredit MYOB, Melihat Laporan Penjualan Kredit – MYOB, MYOB Balance Sheet, Panduan Melihat Laporan Keuangan MYOB

MYOB Accounting menyediakan banyak sekali laporan keuangan yang dperlukan. Laporan keuangan tersebut dikelompokkan kedalam 7 kelompok besar yakni; Laporan Akun, Laporan Transaksi Kas [Banking], Laporan Pajak, Laporan Penjualan Kredit [Sales], Laporan Pembelian Kredit [Purchase], dan Laporan Persediaan Barang Dagangan [Inventory]. … Baca lebih lanjut

Tag Cara Melihat Laporan Laba Rugi MYOB, Cara Melihat Laporan Neraca MYOB, Cara Membuat Neraca MYOB, Langkah Melihat Laporan Keuangan MYOB, Laporan Pajak, Laporan Persediaan Barang Dagangan, Melihat Laporan Pembelian Kredit MYOB, Melihat Laporan Penjualan Kredit – MYOB, MYOB Balance Sheet, Panduan Melihat Laporan Keuangan MYOB

1. Pencatatan entri penyesuaian diperlukan agar…

= Saldo akun-akun menunjukkan jumlah yang sesungguhnya.

2. Rekening Koran yang diterima dari BCA melaporkan bahwa ada Interest Income dan Bank Charge sejumlah tertentu. Transaksi ini akan berakibat penyesuaian terhadap akun…

3. Selama periode akuntansi telah terjadi pemakaian supplies tetapi belum diadakan pencatatan. Transaksi ini akan berakibat penyesuaian terhadap akun-akun…

= Beban supplies [D] dan Persediaan Supplies [K]

4. Penggunaan aset tetap dalam kegiatan operasi pada akhir periode akan menyebabkan penyesuaian terhadap akun-akun…

= Depresiasi aset tetap [D] dan Akum. depresiasi aset tetap [K]

5. Beban salary bulan Januari akan dibayarkan di awal Pebruari. Transaksi ini akan berakibat penyesuaian terhadap akun-akun…

= Beban salary [D] dan Utang salary [K]

6. Langkah untuk menampilkan laporan Laba-Rugi…

= Reports > Index to reports > Tab Account > Profit & Loss [Accrual]

7. Langkah untuk menampilkan laporan Neraca…

= Reports > Index to reports > Tab Account > Standard Balance Sheet

8. Langkah untuk menampilkan laporan Arus Kas…

= Reports > Index to reports > Tab Banking > Statement of Cash Flow

9. Langkah untuk menampilkan laporan Piutang dan Utang…

= Reports > Index to reports > Tab Card > Card List Summary

10. Langkah untuk menampilkan laporan persediaan…

= Reports > Index to reports > Tab Inventory > Items List Summary

11. Laporan yang memperlihatkan perincian persediaan supplies selama periode akuntansi tertentu…

= Catatan atas Laporan Keuangan

12. Laporan keuangan adalah laporan yang bersifat finansial. Pilih mana yang tidak termasuk laporan keuangan di bawah ini…

= Laporan kerusakan mobil perusahaan

13. Laporan yang menginformasikan posisi aset, kewajiban dan equitas perusahaan pada periode tertentu adalah…

14. Laporan yang menginformasikan suatu ikhtisar pendapatan dan beban dari sebuah perusahaan dalam satu periode akuntansi…

15. Langkah untuk menampilkan Jurnal Umum…

= Reports > Index to reports > Tab Account > General Journal

Silahkan komentar di bawah jika terdapat kesalahan, semoga membantu.

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN
“ REPORT “

Neraca [ Laporan Keuangan ]

Di dalam akuntansi keuangan, Neraca atau laporan posisi keuangan [ bahasa Inggris: balance sheet atau statement of financial position ] adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas yang dihubungkan dengan persamaan akuntansi berikut:  

aset = liabilitas + ekuitas

Informasi yang dapat disajikan di neraca antara lain posisi sumber kekayaan entitas dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan entitas tersebut dalam suatu periode akuntansi [ triwulanan, caturwulanan, atau tahunan ].

Balance Sheet memberikan gambaran mengenai kondisi keuangan sebuah Perusahaan pada suatu waktu tertentu. Informasi ini adalah penting untuk diperhatikan karena Cash Flow dan Income Statement memberikan informasi mengenai keadaan keuangan pada periode tertentu sedangkan Balance Sheet memberikan informasi mengenai kondisi keuangan Perusahaan pada suatu waktu tertentu.
Laporan Neraca menampilkan posisi harta, hutang dan modal perusahaan pada periode tertentu. Untuk menampilkan laporan neraca dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini :

  1. Buka program Myob lalu buka file Golden Bakery.myo anda

  2. Pada Command Centre, klik Reports lalu pilih Accounts

  3. Jendela Index to Report di tampilkan. Pada kolom Name bagian Balance Sheet pilih Standard Balance Sheet

  4. Klik tombol Customize, jendela Report Customisation di tampilkan. Pada kolom Selected Period pilih December

  5. Pada kolom Report Level pilih Level 4 dan untuk Financial Year pilih This Year [ FY2011 ]

  6. Klik Display.

  7. Laporan neraca ditampilkan.

    Untuk mencetak laporan klik tombol Print

  8. Untuk mengirim laporan ke program lain klik Send To

  9. Klik Close untuk menutup laporan

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi [ Inggris: Income Statement atau Profit and Loss Statement ] adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur – unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba [ atau rugi ] bersih.

Unsur-unsur laporan laporan laba rugi biasanya terdiri dari:

  • Pendapatan dari penjualan

  • Dikurangi Beban pokok penjualan

  • Laba / rugi kotor

  • Dikurangi Beban usaha

  • Laba / rugi usaha

  • Ditambah atau dikurangi Penghaslan / beban lain

  • Laba / rugi sebelum pajak

  • Dikurangi Beban pajak

  • Laba / rugi bersih

Laporan laba / rugi menampilkan keuntungan atau kerugian perusahaan pada periode tertentu yang diperoleh dari selisih antara pendapatan dan beban. Untuk menampilkan lapora laba – rugi dapat mengikuti langkah di bawah ini :

  1. Dari jendela Index to Report, pada kolom Name pilih Profit & Loss [ Accrual ]. Lalu klik tombol Customize.

  2. Pada kolom Dated From pilih periode laporan yang ingin di tampilkan misal December pada kolom To pilih December

  3. Untuk menampilkan laporan beberapa periode sekaligus, pada kolom To isi dengan periode yang dituju.

  4. Pada kolom Report Level pilih level 4 lalu pada kolom Financial Year Pilih This Year [ FY 2011 ]

  5. Klik Display, laporan laba / rugi ditampilkan

  6. Untuk mencetak laporan klik tombol Print

  7. Untuk mengirim laporan ke program lain klik Send To

  8. Klik Close untuk menutup laporan laba / rugi

Retained Earning atau Laba ditahan adalah sebagian atau seluruh laba yang di peroleh PT yang tidak dibagikan kepada pemegang saham [ shareholders ] sebagai deviden [ dividend ]

Penggunaan Retained Earning :

  • Pembagian deviden pada saat PT merugi

  • Menutup kerugian

  • Cadangan untunk tujuan tertentu [ pembayaran utang, ekspansi  ]

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas [ Inggris: cash flow statement atau statement of cash flows ] adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan aliran masuk dan keluar uang [ kas ] perusahaan.

Manfaat informasi arus kas :

  • Informasi arus kas berguna sebagai indikator jumlah arus kas di masa yang akan datang, serta berguna untuk menilai kecermatan atas taksiran arus kas yang telah dibuat sebelumnya.

  • Laporan arus kas juga menjadi alat pertanggung jawaban arus kas masuk dan arus kas keluar selama periode pelaporan.

  • Apabila dikaitkan dengan laporan keuangan lainnya, laporan arus kas memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengguna laporan dalam mengevaluasi perubahan kekayaan bersih / ekuitas dana suatu entitas pelaporan dan struktur keuangan pemerintah [ termasuk likuiditas dan solvabilitas ].

Laporan Penjualan

Laporan penjualan [ sales report ] merupakan data penting yang harus diolah dengan melakukan suatu perbandingan atas kegiatan marketing communication yang dilakukan sebelumnya. Apakah penjualan berhasil mencapai sasaran. Kalau tidak, mengapa penjualan itu menurun atau tidak mencapai sasaran, apa saja kendala yang dialami sales, dan bagaimana pendapat sales mengenai persepsi pelanggan atau konsumen mengenai produk yang diperoleh dari distributor, supplier, agen, atau user.

Seluruh transaksi penjualan yang telah dicatat ke dalam Myob dapat ditampilkan dalam bentuk laporan dengan pilihan periode waktu yang dapat diatur sesuai keperluan.

Berikut ini cara untuk menampilkan laporan penjualan :

  1. Dari Command Centre, klik Command panel Reports > Sales.

  2. Jendela Index to Report ditampilkan. Pada kolom Name, di bagian Item pilih Sales Detail untuk menampilkan laporan rincian penjualan per item barang

  3. Klik tombol Customize. Pada kolom Dated From pilih December lalu pada kolom To pilih December

  4. Klik Display, laporan penjualan ditampilkan

  5. Klik Close untuk menutup laporan

  6. Untuk menampilkan laporan penjualan dan saldo piutang per customer, pada bagian Customer pilih Sales Summary lalu klik Display. Laporan ditampilkan

  7. Untuk mencetak laporan klik tombol Print

  8. Untuk mengirim laporan ke program lain misalkan Microsoft Excel, klik tombol Send To Excel

  9. Klik tombol Close untuk menutup laporan

  10. Klik Close kembali untuk menutup jendela Index to Report

Page 2

Video yang berhubungan

Video yang berhubungan

Cara menampilkan Laporan KEUANGAN pada MYOB | admin | 4.5