Daftar Wisata Kuliner Pekalongan Yang Wajib Dicicipi

By On Monday, January 5th, 2015 Categories : Jawa Tengah

Pekalongan merupakan salah satu kota yang berada di jawa tengah yang berada tepat di Jalur Pantura yang menghubungkan antara Jakarta-Semarang-Surabaya. Mempunyai lokasi yang strategis dengan perbatasan laut di sebelah utara dan pegunungan dieng di sebelah selatan menjadikan tempat ini memberikan panorama keindahan alam yang menyejukkan. Terkenal pula sebagai kota Batik, pekalongan mampu menghasilkan batik-batik berkualitas tinggi yang sudah tersebar ke seluruh pelosok nusantara bahkan hingga ke mancanegara. Tidak hanya kaya akan keindahan alam serta budayanya, pekalongan juga mempunyai daftar wisata kuliner yang khas. Berikut akan dipaparkan wisata kuliner pekalongan yang mempunyai cita rasa khas dan tidak ada di tempat lainnya.

  1. Pindang Tetel

Pindang TetelPindang tetel merupakan salah satu makanan khas dari kota pekalongan yang sudah sangat terkenal sebagai salah satu wisata kuliner pekalongan yang lezat. Pindang tetel ini sendiri merupakan makanan sejenis soto, akan tetapi mengggunakan bumbu kuah yang dimasak dengan menggunakan buah pucung yang sudah matang sehingga membuat rasanya berbeda dari kebanyakan soto lainnya. Isi dari pindang tetel ini sendiri terbuat dari tetelan daging sapi dengan bumbu kluwak dan bumbu lainnya seperti ketumbar, merica, garam, terasi, kecap, cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Anda dapat menikmati makanan khas pekalongan ini di setiap pelosok kota pekalongan karena sudah banyak lapak yang menjual makanan ini. Makanan khas ini juga dibandrol dengan harga yang sangat murah yakni sekitar Rp. 6000 saja anda sudah dapat menikmatinya.

  1. Nasi Megono

Nasi MegonoNasi megono yakni racikan makanan khas pekalongan dengan menu irisan nangka muda yang dipadukan dengan bumbu sambal kelapa. Rasanya yang gurih, pedas dan khas menjadikan Nasi megono termasuk dalam wisata kuliner pekalongan yang tidak boleh ketinggalan. Nasi megono ini lebih nikmat jika dihidangkan dalam keadaan masih panas dan ditambah dengan lalapan pete serta ikan goreng.

 

  1. Tauto Pekalongan

Tauto PekalonganTauto pekalongan merupakan salah satu wisata kuliner pekalongan yang mempunyai rasa khas dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Makanan ini lebih mirip dengan jenis sop daging kuah kental khas pekalongan yang diracik dengan bumbu khas taoco. Tauco merupakan penyedap makanan seperti saus yang  terbuat dari kedelai kedelai yang dibusukkan sampai mengental sehingga memberikan aroma yang khas. Tauto pekalongan sendiri biasanya disajikan dengan daging, jeroan serta mie so’on sebagai pendamping nasi. Paling lezat dinikmati di siang hari bersama dengan es teh.

wisata terms:

tempat romantis di pekalongan, jembatan angker di pekalongan, tempat nongkrong di pekalongan, spot foto di Pekalongan
Daftar Wisata Kuliner Pekalongan Yang Wajib Dicicipi | Trend Wisata | 4.5