Daftar Wisata Ziarah Cirebon Yang Paling Sering Dikunjungi

By On Friday, January 2nd, 2015 Categories : Jawa Barat

Kota Cirebon selain terkenal sebagai kota budaya dan sejarah juga terkenal sebagai kota wali. Salah satu bukti dari kiprah wali yang ada di kota cirebon adalah dengan banyaknya wisata ziarah yang dapat dikunjungi di kota ini. Jika anda menelusuri berbagai objek wisata di kota Cirebon maka anda akan menemukan sederet wisata ziarah yang sangat banyak di kota Cirebon ini tentunya dengan berbagai sejarah yang telah ditorehkan dari tokoh-tokohnya sehingga mampu mengundang banyak peziarah baik dari peziarah lokal sampai luar daerah yang berbondong-bondong untuk mengunjunginya. Berikut akan dipaparkan wisata ziarah Cirebon yang paling banyak dikunjungi oleh para peziarah.

  1. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung JatiNama Sunan Gunung Jati pasti sudah tidak asing di telinga para muslim. Salah satu dari walisanga ini telah menorehkan banyak sejarah dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Jika ditarik pada nasabnya maka kita akan menjumpai beliau merupakan salah satu cucu Nabi dari Imam Husain. Pada masanya, Sunan Gunung jati selain menyebarkan agama Islam juga dikenal sebagai sultan pertama kasultanan Cirebon yang waktu itu masih bernama keraton Pakungwati. Melihat kiprahnya yang sangat penting di tanah jawa terutama di kota Cirebon menjadikan komplek makam Sunan Gunung jati sangat ramai dikunjungi oleh para peziarah . komplek makam seluas 5 hektare yang berada di desa Atana, kecamatan Gunung Jati, Cirebon ini selain terdapat makam sunan Gunung jati juga terdapat ratusan makam lainnya salah satunya adalah makam fatahillah, panglima perang pembebasan belanda dan beberapa keluarga Sultan lainnya sehingga komplek ini mampu menjadi tempat wisata ziarah Cirebon yang sering dikunjungi.

  1. Makam Nyi Mas Ayu Gandasari

Makam Nyi Mas Ayu GandasariMagnet lain yang mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi wisata ziarah Cirebon adalah dengan adanya makam Nyi Ageng Ayu Gandasari yang fenomenal. Makam ini merupakan makam Nyi Mas Ratu Ayu Ganasari seorang putra Sayyid Malik Shaleh dari Aceh yang dibawa oleh Ki Kuwu Cirebon ke tanah jawa untuk mengIslamkan raja Galuh. Nama Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari sendiri diberikan oleh Sunan Gunung JatiĀ  karena upaya Ratu mas dalam mengislamkan Raja GAluh dengan mengubah wujudnya menjadi sosok wanita cantik. Ratu Mas sendiri juga merupakan seorang murid Sunan Gunung Jati yang terkenal dengan ilmunya yang tinggi dan tidak tertandingi. Komplek makam ini sendiri terletak di desa pangurangan kecamatan Arjawinangun dan menjadi salah satu tujuan ziarah di Cirebon yang ramai dikunjungi.

  1. Makam Syekh Magelung

Makam Syekh MagelungSalah satu destinasi wisata ziarah Cirebon berikutnya yang paling sering dikunjungi adalah komplek makam Syekh Magelung Sakti. Syekh Magelung sendiri juga dikenal sebagai Pangeran Soka putra dari raja Syam. Menurut sejarahnya, Pangeran soka ini sampai bertandang ke Cirebon adalah ketika beliau berniat untuk mencari guru yang dapat memotong rambut panjangnya, dan dengan mudahnya Ki Kuwu Cirebon memotong rambut tersebut dengan jari-jarinya. Kemudian Pangeran Soka mendirikan Pesantren Agama Islam di sebuah pedukuhan yang sekarang dikenal dengan desa Karang Kendal dan menjadikan beliau salah satu ulama yang disegani di tanah Cirebon. Syakh Magelung juga merupakan salah seorang pendekar yang dapat mengalahkan Nyi Mas Gandasari yang terkenal. Makam beliau sendiri berada di desa karang, karang Kendal, kapetakan dan ramai dikunjungi para peziarah setiap harinya.

wisata terms:

wisata citraland cirebon, tempat angker di cirebon jawa barat, Jablay cirebon, kolam renang angker di cirebon
Daftar Wisata Ziarah Cirebon Yang Paling Sering Dikunjungi | Trend Wisata | 4.5