Dalam konsep dasar jaringan WAN ada yang disebut CPE apa kepanjangan dari CPE?

By On Friday, November 25th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Dalam konsep dasar jaringan WAN ada yang disebut CPE apa kepanjangan dari CPE? – Hi sobat semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke situs Trend Wisata ini. Pagi ini, saya di blog TrendWisata dotcom mau berbagi Q&A yang oke banget yang mengulas Dalam konsep dasar jaringan WAN ada yang disebut CPE apa kepanjangan dari CPE?. Sebaiknya Agan dan sista cek berikut ini:

 1 . Pengetian jaringan WAN
Jaringan WAN adalah jaringan komunikasi data yang menghubungkan user-user yang ada di jaringan yang berada di suatu area geografik yang besar , Layanan WAN terfokus beroperasi pada layer Physical dan Data Link pada model OSI layer.
  
Lembaga-lembaga yang menanganai standarisasi jaringan WAN diantaranya:

aInternational Telecommunication Union-Telecommunication Standardization Sector
    (ITU-T)
bConsultative Committee for International Telegraph and Telephone (CCITT)
c.  international Prganization for Standardization (ISO)
d. International Engineering sTask Force (IETF)
e. Electronics Industries Association (EIA)

2. Isitilah-Istilah Dalam Jaringan WAN

Untuk memahami
jaringan WAN lebih lanjut, ada beberapa istilah yang harus dipahami

dalam jaringan WAN yaitu :

 a.  CPE (Customer Premises Equipment),   adalah perlengkapan millik pelangngan, yaitu perlengkapan / peralatan yang dimiliki oleh pelanggan dan berada di lokasi pelanggan.

 b.   Demarcation
Point, 
 (titik demarkasi) yaitu titik di mana tanggung jawab service provider berakhir dan CPE dimulai, yang biasanya berupa sebuah jack yang memiliki sebuah konektor female RJ-45, dan biasanya juga berupa perangkat CSU/DSU (Channel Service Unit/Data Service Unit) berupa modem dan sejenisnya.

c.   Local Loop,    ialah jalur yang  menggubungkan Demarcation Point denganswitching
office terdekat, yang disebut central office

d.   Central Office,             ialah titik yang  menghubungkan pelanggan dengan jaringan switching dari service provider

e. CSU/DSU ,      (Channel Service Unit / Data Service Unit) adalah alat dalam WAN yang
digunakan untuk mengkonversi sinyal digital CPE menjadi apa yang dimengerti oleh switch di provider. CSU/DSU biasanya sebuah alat yang terhubung ke sebuah jack RJ-45 yang disebut sebagai titik demarkasi. Biasanya berupa modem

 f.   DTE (Data Terminal Equipment) adalah semua alat yang berlokasi disisi user dari sebuah interface user-network yang bertindak sebagai sebuah destinasi,
sumber atau keduanya. DTE meliputi alat-alat seperti multiplexer, router, penerjemah protocol, dan komputer. Koneksi ke sebuah network remote dilakukan melalui DCE (Data communication equipment) seperti modem.

 g.  DCE (Data communication equipment) adalah mekanisme dan link dari sebuah network komunikasi yang menyusun bagian network dari interface user ke network seperti
modem.

3. Jenis-Jenis Koneksi Jaringan WAN

 a. Leased Line disebut juga point-to-point atau dedicated connections (koneksi yang disediakan khusus untuk pelanggan dimana bandwithnya khusus untuk pelanggan itu saja).

b. Circuit Switching adalah sebuah jalur komunikasi yang digunakan dengan network dial up seperti
PPP dan ISDN yang harus melakukan set up pada koneksi terlebih dahulu sebelum melewatkan data, sama seperti melakukan panggilan telepon.

c. Packet Swicthing adalah sebuah jalur komunikasi yang berdasarkan pada transmisi data dalam paket-paket yang memungkinkan data dari berbagai alat pada network untuk berbagi kanal komunikasi yang sama secara serentak.

4.  Protokol-Protokol
Jaringan WAN

Protokol WAN merupakan protocol dalam teknologi WAN yang bekerja pada layer physical

dan data link pada model OSI, 7 layer, diantaranya :

  a.  HDLC (High level data link control) dikembangkan oleh Synchrounous data link control (SDLC) yang diciptakan oleh IBM sebagai sebuah protocol koneksi di layer data link (dalam OSI 7 layer). Header HDLC tidak membawa
identifikasi jenis protocol yang dibawa dalam enkapsulasi HDLC. Karena itu setiap vendor yang menggunakan HDLC memiliki cara mereka sendiri dalam melakukan identifikasi protocol layer network yang berarti setiap HDLC yang dimiliki sebuah vendor bersifat proprietary (artinya hanya dapat dipakai untuk perelengkapan buatan mereka sendiri)

  b.      PPP (Point-to-point) adalah protocol
standart industry, karena semua versi multiprotocol HDLC bersifat proprietary, maka PPP dapat digunakan untuk menciptakan koneksi point-to-point antara perlengkapan dari vendor-vendor yang berbeda. PPP mengizinkan autentikasi dan koneksi multilink dan dapat berjalan melalui link yang asynchrounous dan synchrounous. PPP merupakan protocol paling umum digunakan untuk akses internet dial up.

  c.       Frame
Relay
 adalah sebuah protocol enkapsulasi layer data link dengan usaha terbaik dan akses yang dibagi (shared access) dan merupakan sebuah standart industry yang melayani beberapa rangkaian virtual dan protocol diantara mekanisme yang berhubungan. Diciptakan sebagai pengganti dari protocol X.25

  d.      ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah sekumpulan layanan digital yang
memindahkan suara dan data melalui sambungan telephone yang ada. ISDN lebih cepat daripada sambungan dial up.

  e.       LAPB (Link Access Procedure, Balanced) adalah sebuah protocol connection oriented pada layer data link untuk digunakan pada protocol X.25

  f.       ATM (Asynchronous Transfer Mode) adalah protocol
yang diciptakan untuk lalu lintas data yang sensitive terhadap waktu, menyediakan transmisi suara, video dan data secara serentak. ATM menggunakan cell yang panjangnya 53 byte.

5.   Karakteristik Jaringan Berbasis Luas (WAN) 

Adapun Karakteristik penting tersebut antara lain :

a.    Terhubung ke peralatan yang tersebar ke area geografik yang luas bahkan seluruh dunia
(internet)

b.    Menggunakan jalur layanan umum, misalnya perusahaan telekomunikasi. PT. Telkom, PT. Indosat, PT. Excelcomindo dan lain-lain untuk membentuk jaringan di dalan area geografik tersebut.

C. Didesain untuk bekerja selama 24 jam secara terus menerus.

Perbandingan antara Jaringan Berbasis Luas (WAN) dengan Jaringan LAN.

NO

ASPEK

LAN

WAN

1

Jangkuan

Lokal / Sempit

Lebih Luas

2

Bandwith

Lebih Besar

Lebih Kecil

3

Insfrastruktur

Dimiliki sendiri

Sewa dari provider

4

Teknologi

Ethernet, 

PPP, HDLC, Frame Relay,ISDN, ATM

5

Jenis Koneksi

Client Server, Peer to Peer

Leassed Line, Circuit Switching, Packet Swicthing

6

Layanan

Sewaktu-waktu

Terus menerus 24 jam

Pengenalan Perangkat Jaringan Berbasis Luas (WAN)

a. Pengertian Modem

       Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator.

       Modulatormerupakan bagian yang mengubah sinyal
informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. JadiModem adalah perangkat yang dapat merubah sinyal informasi digital menjadi sinyal analog agar dapat dikirimkan melalui media komunikasi seperti kabel telepon atau sinyal komunikasi selular (Handphone).

       Modem mengirim data melalui jalur telepon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal.  Sinyal digital ditumpangkan ke sinyal suara analog yang dimodulasi untuk ditransmisikan.  Pada sisi penerima sinyal analog dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi. Pada istilah jaringan WAN modem disebut perangkat CSU/DSU

b.      Jenis-Jenis
Modem

Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu :

1.       Modem internal, yaitu modem yang terpasang langsung pada computer pada slot expansi berupa slot AMR dan PCI (untuk PC Desktop), dan slot PCMCIA (untuk Laptop)

2.       Modem Eksternal, yaitu modem tambahan yang terpasang diluar
computer, biasanya terhubung melalui port USB (seperti modem GSM), atau Port RJ-45 (seperti modem ADSL).

Jenis-jenis modem berdasarkan media koneksinya, yaitu :

1.       Modem ISDN, yaitu jenis modem yang menggunakan layanan ISDN (Integrated Services Digital Network).

2.       Modem
GSM, yaitu modem yang menggunakan frekuensi GSM 900 Mhz. Biasanya menggunakan port USB untuk terkoneksi dengan komputer

3.       Modem Analog, yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Biasanya modem ini terpasang langsung pada motherboard pada laptop atau dipasanga melalui slot PCI / AMR pada komputer desktop. Jenis layanan yang cukup terkenal adalan telkomnet instan

4.       Modem ADSL, yaitu modem yang menggunakan layanan ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. seperti layanan Telkom Speedy.

5.       Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel.

6.       Modem
CDMA yaitu modem yang menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Dan yang terbaru menggunakan frekuensi EVDO Rev-A (setara dengan 3G) dan teknologi CDMA terbaru adalah EVDO Rev-B.

  Pengenalan Router

  a.      Pengertian Router

      Router adalah perangkat jaringan yang menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya. Disamping itu router juga dapat menentukan jalur yang paling efektif untuk dilewati sebuah paket dalam suatu jaringan. Router mengatur jaringan dengan menyediakan kontrol dinamis melalui sumber daya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut antara lain konektivitas, perfomansi yang reliabel, kontrol
manajemen dan fleksibilitas.

      Router memiliki fungsi utama yaitu sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan untuk selanjutnya meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perbedaannya dengan Switch adalah switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Dalam hal ini router berfungsi sebagai penghubung antara Jaringan Lokal (LAN)
dengan Jaringan berbasis luas (WAN).

  b.      Jenis-jenis Router

  Secara fisik router terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1.      Router Hardware, adalah hardware
yang memiliki kemampuan menjalankan fungsi router, contohnya router buatan pabrik seperti cisco, Routerboard, D-Link, TP-Link, Dll.

  2.      Router PC, yaitu PC dengan system operasi yang memiliki kemampuan menjalankan fungsi router. Contoh system operasi yang dapat digunakan adalah semua jenis sistem operasi server seperti Windows Server, Linux Server, Mikrotik,  Dll.

  3.      Router Aplikasi, yaitu aplikasi yang dapat diinstall pada system operasi sehingga system operasi tersebut akan memiliki kemampuan menjalankan fungsi router, contoh aplikasinya adalah WinRoute, WinGate, SpyGate, dan WinProxy.

  c.       Cara
Kerja Router

      Fungsi utama Router adalah merutekan paket (informasi). Sebuah Router memiliki kemampuan Routing, artinya Router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi (paket) akan dilewatkan, apakah ditujukan untuk host lain yang satu network ataukah berada di network yang berbeda.

      Jika
paket-paket ditujukan untuk host pada network lain maka router akan meneruskannya ke network tersebut. Sebaliknya, jika paket-paket ditujukan untuk host yang satu network maka router akan menghalangi paket-paket keluar.

  Topologi Jaringan (Gambar Topologi dan Rancangan IP Address)

      Untuk memudahkan
memahami pengertian WAN dan LAN maka dapat disimpulkan WAN adalah jaringan internet dan LAN adalah jaringan lokal yang kita bangun. Sehingga menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (WAN) dapat diartikan dengan bagaimana menginstalasi sebuah jaringan LAN agar dapat terhubung dengan jaringan WAN (Internet).

      Untuk mendapatkan koneksi ke jaringan internet maka kita harus terdaftar pada salah satu
perusahaan penyedia jasa layanan Internet (ISP, Internet Service Provider) kemudian kita akan menggunakan perangkat CSU/DSU yang sesuai dengan ISP tersebut

NO

ISP

PRODUK

PERANGKAT CSU/DSU

1

Telkom

Telkom Speedy, Telkom Flexy, Telkom Astinet dll

Modem ADSL, Modem CDMA

2

Indosat IM3

IM3 Broom

Modem GSM

3

XL

XL Internet

Modem GSM

4

Telkomsel

Telkomsel Flash

Modem GSM

5

Lintas Arta

Dedicated Connection

Menyesuaikan

6

Indosat M2

Dedicated Connection

Menyesuaikan

7 Dalam konsep dasar jaringan WAN ada yang disebut CPE apa kepanjangan dari CPE?

PENGERTIAN CPE ( Customer-Premise Equipment ) (CPE) adalah terminal dan terkait peralatan yang terletak pada pelanggan lokasi pelanggan dan terhubung dengan carrier s ‘ telekomunikasi saluran (s) pada titik demarkasi (“demarc”).

Apa yang dimaksud dengan central office pada WAN?

Jawaban: CO (central office):Pusat pensaklaran dimana hubungan diantara beberapa saluran pelanggan dibuat. CPE:CPE (Costumer Provided Equipment) adalah peralatan networking (seperti workstation, router, POTS splitter, dll) yang dipasang pada pelanggan dan terhubung dengan peralatan networking jasa telekomunikasi.

Titik dimana menjadi sebuah tanggung jawab ISP berakhir dan CPE dimulai merupakan definisi dari?

Demarcation Point (DP)/titik pemisahDemarcation point adalah titik di mana tanggung jawab ISP berakhir dan CPE dimulai.

Alat yang digunakan untuk mengkonversi sinyal digital CPE menjadi apa yang dimengerti oleh switch di provider disebut?

Channel Service Unit atau CSU merupakan perangkat WAN berguna untuk mengkonversi sinyal digital CPE agar dapat dimengerti oleh swicth dalam provider.

Dalam konsep dasar jaringan WAN ada yang disebut CPE apa kepanjangan dari CPE? | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x