Dalam permainan bola basket Operan setinggi dada digunakan untuk operan jarak

By On Friday, August 26th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Dalam permainan bola basket Operan setinggi dada digunakan untuk operan jarak – Halo tante dan om semua, Makasih banyak dah mau berkunjung ke web site www.trendwisata.com ini. Pagi ini, kami dari portal Trend Wisata pengen menampilkan tanya dan jawab yang menarik yang akan menunjukkan tentang Dalam permainan bola basket Operan setinggi dada digunakan untuk operan jarak. Langsung saja sobs menonton dibawah ini:

a.)operan dari samping
b.)operan pantulan
c.)operan diatas kepala

d.)operan setinggi dada

Banyak pertanyaan  di kolom pencarian tentang “Operan yang digunakan untuk operan jarak pendek adalah….” Jika kalian salah satu yang mencari jawaban dari soal tersebut, dan menemukan  ada pilihan jawaban di atas

Jawaban untuk soal no. 25 mapel PJOK kelas 7, Tugas Individu, Pilihan Ganda tersebut ada di halaman 43, point 2) tentang Aktivitas Pembelajaran Mengoper bola menggunakan dua tangan, dalam permainan bola basket dengan melempar bola setinggi dada (Chest Pass).

BACA JUGA:   Sebuah lampu listrik diberi label dengan 100 W / 220 V

Maka jawaban yang tepat dari soal Operan yang digunakan untuk operan jarak pendek adalah…. adalah d.)operan setinggi dada
Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini:

Operan yang Digunakan untuk Operan Jarak Pendek dalam Permainan Basket

Operan dada adalah operan yang digunakan untuk operan jarak pendek. Bola basket adalah olahraga tim di mana para pemain harus berkolaborasi agar berhasil di lapangan.
Dalam bola basket, passing atau operan adalah teknik yang digunakan dalam tindakan memindahkan bola dari satu pemain ke pemain lain. Ketepatan dan kecepatan dalam passing diperlukan untuk menghasilkan poin bagi tim.

Dalam olahraga ini, setidaknya ada lima jenis operan yang berbeda, antara lain operan dada (passing bola setinggi dada), operan pantul (passing bola pantul), operan atas (operan bola dari atas kepala), baseball pass (operan dilakukan dengan satu tangan dari jarak jauh), dan back pass (mengoper bola di belakang punggung) (pergerakan mengoper bola dari belakang).

BACA JUGA:   Contoh Peta Minda Mind mapping

Operan yang digunakan untuk operan jarak pendek adalah sebagai berikut:

Passing dada, sering dikenal dengan teknik chest pass, adalah metode mengoper bola dari depan dada. Selama permainan bola basket, gaya operan ini paling sering digunakan ketika pemain tidak dibatasi.

Jika Chest identik dengan dada, maka pass identik dengan umpan. Dengan kata lain, operan dada adalah metode pengiriman bola ke rekan satu tim dengan mengopernya langsung di depan dada mereka.

Metode bola basket operan dada memiliki manfaat yang berbeda, terutama energi yang dihasilkannya, yang memungkinkan operan yang lebih kuat. Akibatnya, bola bisa dioper ke pemain lain lebih cepat.

Dalam bola basket, operan dada adalah teknik yang digunakan untuk mengoper bola dari satu pemain ke pemain lain.

Teknik Chest Pass dalam Bola Basket

Pada tingkat definisi yang luas, operan dada adalah teknik passing dasar yang cukup populer di bola basket. Untuk melempar bola sejajar dengan dada, dorongan dan ketepatan yang tepat harus digunakan bersama dengan waktu pelepasan yang tepat.
Dalam bola basket, gaya gerakan chest pass digunakan untuk mencetak poin pada lawan. Saat melakukan chest pass, ada beberapa teknik yang harus dilakukan secara berurutan, antara lain:

  • Cara memegang bola
  • Awalan
  • Tolak atau lemparan
  • Gerakan lanjut
  • Menerima bola

Cara Melakukan Teknik Chest Pass

Tujuan bermain bola basket adalah untuk mentransfer bola ke pemain lain, dan ini harus dilakukan dengan cara yang benar. Berikut ini adalah contoh cara mengeksekusi metode chest pass dalam permainan bola basket:

  1. Pegang bola di depan Kamu dengan jari kedua tangan, lalu pegang di depan Kamu dengan ujung jari kedua tangan.
  2. Pada langkah berikutnya, letakkan ibu jari Kamu di belakang bola, dengan tangan dan ujung jari terentang ke setiap sisi bola.
  3. Pertahankan hubungan yang erat dengan siku Kamu.
  4. Setelah itu, letakkan kaki dalam postur ancaman rangkap tiga, dengan sebagian besar beban didistribusikan ke kaki belakang.
  5. Saat Kamu mengambil langkah ke depan untuk mengoper bola, geser berat badan Kamu ke depan.
  6. Luruskan lengan Kamu dan gerakkan ibu jari Kamu ke bawah sehingga tangan Kamu melihat lurus ke depan saat Kamu mengklik tombol.. Kemudian, dengan gerakan pergelangan tangan, Kamu selesai.
  7. Arahkan pandangan Kamu ke arah bola yang dilempar dan bola akan bergerak lurus ke depan Kamu.

BACA JUGA:   Bagaimana sih caranya melestarikan karya seni daerah?

Dalam bola basket, ini adalah umpan yang digunakan untuk umpan jarak pendek. Latih teknik-teknik tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal saat bertanding di lapangan.

Pada soal di atas, kata kuncinya adalah operan jarak pendek antar pemain dalam permainan bola besar yaitu basket. Berdasarkan buku halaman 43, dan penjelasan di atas, maka jawaban yang benar d. Operan setinggi dada (Chest pass).

Teknik Chest Pass pada Bola Basket (Sumber: NBA)

Operan yang digunakan untuk operan jarak pendek dalam permainan basket adalah chest pass. Permainan bola basket merupakan olahraga beregu yang mengharuskan para pemainnya untuk saling bekerja sama saat bermain.

Pada olahraga basket, operan atau passing menjadi teknik penting dalam proses operan bola. Passing yang dilakukan harus tepat dan cepat, sehingga bisa menghasilkan skor untuk tim.

Setidaknya, ada lima jenis operan dalam olahraga ini, yaitu chest pass (mengoper bola setinggi dada), bounce pass (mengoper bola pantulan), overhead pass (mengoper bola dari atas kepala), baseball pass (operan yang dilakukan dengan satu tangan dari jarak jauh), dan back pass (gerakan mengoper bola dari arah belakang).

Operan yang Digunakan untuk Operan Jarak Pendek adalah

Operan Dada dalam Permainan Bola Basket (Sumber: Pixabay)

Chest pass atau operan dada merupakan teknik mengoper bola dari depan dada. Jenis operan ini paling sering digunakan dalam pertandingan bola basket jika pemain sedang dalam keadaan bebas.

Chess artinya dada, kemudian pass adalah umpan. Artinya, chest pass adalah memberikan bola ke rekan tim dengan cara passing tepat di arah depan dada.

Teknik chest pass basket memiliki keunggulan, yaitu tenaga yang dihasilkan untuk melakukan operan lebih kuat. Jadi, bola bisa sampai lebih cepat ke pemain lainnya.

Teknik Chest Pass dalam Bola Basket

Teknik Chest Pass (Sumber: NBA)

Secara garis besar, chest pass merupakan teknik dasar passing yang cukup populer dalam olahraga basket. Konsepnya adalah melempar bola sejajar dada yang mengandalkan dorongan serta akurasi yang tepat.

Teknik gerakan chest pass berfungsi untuk mencetak angka dalam olahraga basket. Saat melakukan chest pass, ada beberapa urutan teknik yang harus dilakukan, yaitu:

Cara Melakukan Teknik Chest Pass

Tujuan permainan bola basket harus dilakukan dengan benar agar operan yang dilakukan bisa sampai ke pemain lainnya. Berikut ini adalah cara melakukan teknik chest pass dalam bola basket:

  1. Pegang bola dengan kedua tangan, kemudian tahan di bagian depan ada dan ujung jari kedua tangan.

  2. Lalu, posisikan ibu jari di belakang bola dengan tangan dan ujung jari yang menyebar ke arah sisi bola.

  3. Posisikan siku dekat dengan tubuh.

  4. Setelah itu, letakkan kaki pada posisi triple threat dengan tumpuan berat badan pada kaki belakang.

  5. Pindahkan berat badan ke depan saat melangkah untuk mengoper bola.

  6. Luruskan lengan dan putar ibu jari ke bawah, sehingga tangan mengarah lurus saat melakukan tolakan. Kemudian, akhiri dengan sentakan pergelangan tangan.

  7. Pandangan mata menuju arah bola yang dilempar dan arahkan bola lurus ke depan.

Itulah operan yang digunakan untuk operan jarak pendek pada permainan basket. Latih teknik tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal saat bertanding di lapangan. Selamat mencoba.

Dalam permainan bola basket Operan setinggi dada digunakan untuk operan jarak | admin | 4.5