Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es

By On Thursday, September 15th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es – Hallo teman teman semua, Thanks dah mau datang ke halaman blog TrendWisata ini. Sekarang, saya di portal TrendWisata dotcom ingin menampilkan Q&A yang mantab yang menampilkan tentang Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es. Sebaiknya sista dan agan menonton berikut ini:

AC dan Lemari es adalah perangkat elektronik yang menjadi kebutuhan manusia. Walaupun kebutuhan penggunaan AC dan lemari Es masih dalam peringkat kedua. AC adalah singkatan yang kepanjangannya adalah Air Conditioner atau dalam bahasa Indonesia adalah pengkondisi udara atau pada umumnya disebut pendingin atau penyejuk udara. Sebagai sistem elektrinik, AC dirancang untuk memanipulasi kondisi disekitar kita.

Dengan penggunaan AC, maka setiap orang dapat dengan mudah membuatnya kondisi disekitarnya menjadi dingin atau lembab sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Itulah mengapa, AC menjadi sangat dibutuhkan karena dampak yang baik bagi instansi, sekolah dan perumahan.

Sedangkan untuk lemari Es atau biasa disebut dengan kulkas, pada prinsipnya sama dengan AC. Lemari Es ialah perangkat listrik rumah tangga yang memakai proses pendingin untuk mengawetkan makanan.

Dengan hadirnya dua perangkat elektronik ini, memberikan dampak yang menguntungkan bagi manusia dengan penggunaan AC dan Lemari Es. Apa yang ditimbulkan dari AC dan Lemari Es sangat terasa sebab membuat suhu tubuh tetap stabil, tetap hangat dan tidak merasakan kepanasan untuk daerah perkotaan dan tidak kedinginan.

Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan AC sangatlah berpengaruh besar bagi peningkatan produktivitas pekerja. Karena apa yang ditimbulkan AC bisa membuat tubuh tetap bugar karena suplay oksigen yang merata.

Ketika oksigen tersebut kurang maka dapat membuat badan keletihan, namun dengan oksigen yang stabil, maka badan dapat mampu sehat dan dampak yang ditimbulkan bagi perusahaan, tentu akan menghasilkan dampak yang baik bagi pertumbuhan ekonomi perusahaan.

Begitupula dengan dampak yang ditimbulkan dari penggunaan lemari Es yang bisa membuat makanan tetap awet. Sehingga banyak orang memakainya, karena bahan-bahan atau makanan yang belum habis sehari masih bisa dimakan esoknya, sehingga dapat menghemat pengeluaran. Selain itu, dampak yang ditimbulkan dengan pemakaian lemari Es juga membuat berbagai buah-buahan dan sayuran bisa bertahan lama.

Walaupun demikian dari penggunaan Ac dan Lemari Es yang memberikan dampak yang positif dan menguntungkan bagi kinerja dan aktivitas manusia. Ternyata, dampak yang ditimbulkan dari penggunaan Ac dan Lemari Es tidak selamanya baik, dan bahkan dampak yang ditimbulkan tersebut malah sifatnya jangka panjang akan dirasakan negatifnya oleh manusia.

Dampak Apakah Yang Timbul Dari Penggunaan AC dan Lemari Es Adalah?

Ternyata apa yang dirasakan manfaatnya dari penggunaan AC dan Lemari Es juga membawa dampak merugikan bagi manusia. Tidak hanya manusia saja, dari penggunaan AC dan Lemari Es, dampak yang ditimbulkan juga seluruh apa yang hidup dan menetap dibumi.

Alasannya karena penggunaan AC dan Lemari Es akan mengeluarkan zat buang Gas freon (CFC) yang akan menimbulkan dampak efek rumah kaca atau pemanasan global yang diakibatkan dari emisi gas yang memerangkap panas matahari sehingga suhu menjadi naik dan membuat ikhlim berubah dan terjadi banyak peristiwa alam.

Itulah mengapa ada banyak peristiwa atau sebut saja bencana alam karena dampak negatif dari apa yang ditimbulkan penggunaan Ac dan Lemari Es. Dampak dari pemanasan global ini sering terjadi saat ini seperti badai topan, badai siklon tropis, banjir, endemic, kekeringan, El Nino dan berbagai bencana lainnya yang mengakibatkan hilangnya fungsi ekosistem yang berdampak pada terjadinya bencana ekologis (Pusat Studi Manajemen Bencana, Petrasa Wacana).

Perlu diketahui bahwa dampak yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan Lemari Es akan membuat lapisan ozon menipis, sehingga terjadi perubahan cuaca. Ini karena gas CFC atau kepanjangannya Chloro Fluro Karbon yang terdiri atas unsur Klor, Fluor dan Carbon.

Padahal lapisan ozon sangat berdampak baik bagi manusia karena melindungi bumi dari radiasi berbahaya. Namun dengan penggunaan AC dan Lemari Es akan membuat lapisan ozon menipis. Contohnya saja dampak yang dihasilkan dari penggunaan AC dan Lemari Es adalah kutup utara yang saat ini air yang membeku itu secara perlahan mencair.

Jadi apabila itu terjadi, maka bisa saja air yang di kutup utara akan membuat volume air bumi akan bertambah dan membuat beberapa daerah akan terkena banjir atau Tsunami. Berdasarkan dari informasi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa dampak yang ditimbulkan dari penggunaan Ac dan Lemari Es bisa disimpulkan dalam beberapa point yang akan terjadi yaitu:

Dampak Apakah Yang Timbul Dari Penggunaan AC & Lemari Es? Ini 9 Dampaknya (Foto: Artikelsiana.com)

Dampak Penggunaan AC dan Lemari Es 

  1. Lapisan Ozon Menipis
  2. Banyaknya radiasi berbahaya yang dapat menyerang manusia dari luar karena lapizan ozon yang menipis
  3. Perubahan cuaca dan iklim yang drastis terjadi
  4. Banyak peristiwa-peristiwa alam atau bencana akan terjadi.
  5. Peristiwa bencana alam yang kini sulit untuk diprediksi kapan akan terjadi dan dampak dan luas daerahnya semakin besar.
  6. Kekeringan akan banyak melanda suatu daerah karena suhu yang terus naik.
  7. Secara perlahan kutup utara dan kutup selatan akan mencair sehingga hewan-hewan yang berada di sana akan kehilangan tempatnya.
  8. Karena kutup utara dan kutup selatan mencair, maka jumlah air bumi akan meningkat dan membuat beberapa daerah akan ditimpa bencana banjir dan tsunami yang hebat.
  9. Kurangnya udara bersih akibat kekeringan yang melanda sehingga banyak tumbuh-tumbuhan yang menjadi paru-paru bumi menjadi berkurang dan membuat udara bersih juga berkurang.

Demikianlah informasi mengenai Dampak Apakah Yang Timbul Dari Penggunaan AC dan Lemari Es Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Dampak yang dapat ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es bagi lingkungan adalah meningkatnya efek rumah kaca. Sementara dampak bagi kesehatan adalah meningkatnya risiko alergi dan infeksi, penyakit terkait panas, kanker kulit, refrigerant poisoning, dan luka bakar.

Ditinjau olehdr. Reni Utari

Dampak yang dapat ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es adalah kerusakan lingkungan

Lemari es dan AC adalah dua perangkat elektronik yang wajib dimiliki oleh sebagian orang, khususnya mereka yang tinggal di daerah-daerah dengan suhu tinggi. Tetapi tahukah Anda dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es? Rupanya, penggunaan zat pendingin pada kedua produk eletronik tersebut tidak saja dapat berdampak negatif pada kondisi lingkungan tetapi juga kesehatan.

Dampak penggunaan ac dan lemari es pada lingkungan

Penggunaan lemari es dan ac bisa meningkatkan produksi gas rumah kaca

Penggunaan AC dan lemari es dapat berkontribusi dalam terjadinya efek rumah kaca, yaitu kondisi ketika panas terperangkap di atmosfer di atas permukaan bumi oleh gas rumah kaca seperti karbon dioksida, metana, dinitrogen oksida dan uap air. Gas rumah kaca membuat sekeliling bumi seakan memiliki pembungkus yang membuat panas permukaan bumi naik. Pada dasarnya, gas rumah kaca juga bisa dihasilkan secara alami oleh bumi. Ini adalah salah satu cara bumi mempertahankan keseimbangan suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, tetapi tepat untuk mendukung berkembangnya kehidupan.Namun seiring berjalannya waktu, produksi gas rumah kaca naik secara signifikan, lebih dari yang dibutuhkan oleh bumi dan hal yang menyebabkannya adalah penggunaan teknologi seperti AC dan lemari es. Jika tidak dibatasi, maka ini dapat menyebabkan suhu bumi menjadi meningkat dan lebih tinggi dari suhu idealnya dan pada akhirnya dapat mengancam keseimbangan alam dan kehidupan makhluk hidup di masa depan.Berikut ini penjelasan lengkap mengenai dampak yang bisa ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es terhadap lingkungan:Bahan pendingin seperti chlorofluorocarbons (CFC) dan hydrofluorocarbon (HFC) merupakan gas rumah kaca yang berbahaya. Penggunaan CFC dan HFC jika dilepaskan secara berkala maka akan dapat membuat lapisan ozon berlubang dan memicu terjadinya efek rumah kaca.Bahan pendingin dapat bocor ke atmosfer jika perangkat AC dan lemari es rusak, tidak dirawat dengan baik, atau ketika peralatan dibuang sembarangan dengan cara tidak benar.AC dan lemari es mengonsumsi begitu banyak energi listrik agar dapat berfungsi dengan baik. Konsumsi listrik terlalu banyak akan melepaskan polusi. Penggunaan bahan bakar fosil di alat pembangkit listrik juga akan melepaskan karbon dioksida ke udara, padahal gas ini merupakan kontributor utama yang membuat lapisan ozon kian tipis.Bahan pembuatan AC dan lemari es, baik logam atau plastik sama-sama berbahaya bagi lingkungan hidup. Pasalnya, bahan-bahan tersebut tidak dapat terurai secara alami di lingkungan. Proses produksi plastik sendiri sudah merugikan lingkungan karena dapat melepaskan karbon dioksida ke udara dan menyebabkan efek rumah kaca.Baca Juga: Bahaya Seharian Berada di Ruangan Ber-AC untuk Kesehatan

Dampak penggunaan ac dan lemari es pada kesehatan

Penggunaan AC bisa sebabkan alergi

Dari uraian di atas Anda telah mengetahui dampak yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es pada lingkungan yang sangat merugikan. Pada akhirnya, efek rumah kaca juga bisa merugikan kesehatan. Berikut ini beberapa dampaknya pada kesehatan:Saluran AC terutama yang jarang dibersihkan dapat menjadi tempat penumpukan debu dan bakteri setiap kali dinyalakan. Saat debu dan bakteri dilepaskan ke udara, maka hal itu dapat bersifat racun bagi manusia, terutama anak-anak. Debu dan bakteri yang terhirup dapat menyebabkan alergi atau bahkan infeksi saluran pernapasan.Pemanasan global akibat efek rumah kaca akan menghasikan gelombang panas yang berisiko menyebabkan penyakit dan kematian terkait panas.Beberapa penyakit terkait panas paling umum termasuk:Ada banyak faktor yang memengaruhi risiko kanker kulit. Salah satu yang paling penting adalah paparan radiasi ultraviolet. Telah terdapat penelitian yang mendukung bahwa faktor-faktor terkait perubahan iklim seperti penipisan ozon, pemanasan global dan polusi udara memiliki kemungkinan berkontribusi pada terjadinya kanker kulit di masa depan.Refrigerant poisoning atau keracunan bahan pendingin adalah kondisi yang disebabkan karena menghirup atau menelan bahan pendingin pada AC atau lemari es. Bahan pendingin biasanya berupa bahan kimia berbentuk cair atau gas. Bahan ini dapat tidak sengaja terhirup saat ada kebocoran atau kerusakan, sehingga menyebabkan refrigerant poisoning.Beberapa gejala yang mungkin tampak saat mengalami refrigerant poisoning meliputi:

  • Pembengkakan di tenggorokan atau sinus
  • Sesak nafas
  • Sakit parah di hidung, tenggorokan, atau sinus
  • Sensasi terbakar pada mata, hidung, telinga, bibir, atau lidah
  • Penglihatan buram
  • Sakit perut parah
  • Muntah atau diare
  • Gangguan pencernaan atau nyeri ulu hati
  • Darah dalam muntah atau tinja
  • Detak jantung tak teratur
  • Pingsan atau merasa lemah
  • Iritasi kulit

Keparahan gejala refrigerant poisoning tergantung pada lamanya paparan terjadi, seberapa banyak paparan yang dialami, cara terpapar apakah dihirup atau ditelan, dan apabila bahan pendingin mengenai kulit Anda atau tidak.Zat pendingin yang digunakan pada AC dan lemari es seringkali terbuat dari gas yang sangat mudah terbakar. Jika dekat dengan sumber panas, maka zat pendingin yang bocor akan dapat menyala dan meledak. Jika saat itu Anda berada di dekat area kejadian, maka Anda dapat mengalami luka bakar serius dan akan memerlukan penanganan medis.

Baca Juga

Masker Elektrik, Solusi Polusi Udara atau Hanya Produk Kekinian?Dampak Pembakaran Bahan Bakar Kendaraan yang Harus Anda WaspadaiCiptakan Dapur Sehat dengan 8 Langkah Berikut IniUntuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es, pilihah produk yang lebih ramah lingkungan (eco friendly). Anda juga disarankan untuk membatasi penggunaannya.Selain itu, pastikan saluran AC selalu dibersihkan secara berkala. Perawatan diperlukan untuk memastikan tidak ada kebocoran freon yang dapat menyebabkan risiko gangguan kesehatan pada Anda dan keluarga.Jika Anda masih ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai dampak penggunaan AC dan lemari es terhadap kesehatan, konsultasikan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh gratis di App Store dan Google Play.alergi lingkunganpolusi udara

Harvard HSPH. https://www.hsph.harvard.edu/news/features/bernstein-greenhouse-gases-health-threat/
Diakses pada 8 Juni 2022
EPA. https://www.epa.gov/report-environment/greenhouse-gases
Diakses pada 8 Juni 2022
Climate. https://climate.nasa.gov/faq/19/what-is-the-greenhouse-effect/
Diakses pada 8 Juni 2022
AWE. https://www.awe.gov.au/environment/protection/ozone/rac/consumers
Diakses pada 8 Juni 2022
Ecomena. https://www.ecomena.org/air-conditioning-negative-impacts-on-environment/
Diakses pada 8 Juni 2022
Web MD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-refrigerant-poisoning
Diakses pada 8 Juni 2022

Pencemaran suara ternyata juga dapat menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan manusia. Bahkan, suara yang terlalu keras dapat memicu hilang ingatan dan gangguan kesehatan mental Anda.

13 Jan 2020|Nina Hertiwi Putri

Cara mengatasi pencemaran udara yang bisa Anda lakukan sendiri tidaklah sulit. Langkah-langkah kecil ini, dapat menjadi awal perubahan yang besar dalam mengembalikan udara agar kembali bersih dan segar untuk dihirup.

05 Feb 2020|Nina Hertiwi Putri

Dampak pencemaran udara bisa menyebabkan : asma kambuh, kanker paru-paru, tingkatkan risiko sakit jantung, hambat perkembangan anak, berat badan lahir rendah pada janin,dsb.

27 Jun 2019|Nina Hertiwi Putri

Dijawab Oleh dr. Farahdissa

Dijawab Oleh dr. Farahdissa

Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es | admin | 4.5