Jari kaki sakit saat bangun tidur

By On Tuesday, November 1st, 2022 Categories : Tanya Jawab

Jari kaki sakit saat bangun tidur – Hallo Agan dan sista semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke web site Trend Wisata ini. Kali ini, kita dari blog Trend Wisata akan memberikan tanya jawab yang keren tentang Jari kaki sakit saat bangun tidur. Ini dia teman lihat berikut ini:

Kamis, 28 Juli 2022 10:11 WIB

Nyeri Tumit Saat Bangun Tidur, Bahayakah??

5970

Elsa Savitrie, SKM, M.Kes – RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang


Ada beberapa dari kita terkadang merasakan nyeri pada saat bangun tidur, rasanya seperti ditusuk-tusuk membuat sulit berjalan sampai terpincang-pincang. Keluhan ini seringkali dikaitkan dengan tingginya
asam urat ataupun kolesterol.

Penyebab Nyeri Tumit

Nyeri tumit dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya termasuk ukuran sepatu yang tidak pas, mengenakan sepatu high heel, berdiri dalam waktu yang lama, penggunaan tumit yang berlebihan seperti berjalan jauh atau lari maraton, cedera ligamen, cedera otot, atau trauma.

Nyeri di bagian tumit, terutama jika muncul saat baru bangun tidur, merupakan ciri khas dari peradangan pada ligamen yang
menyangga lengkungan kaki. Peradangan pada ligamen tersebut dalam bahasa kedokteran disebut dengan plantar fasciitis.  Ligamen yang menyangga lengkung kaki atau menghubungkan tulang tumit ke tulang jari kaki disebut dengan plantar fascia. Jika plantar fascia terlalu sering teregang, lama kelamaan akan menjadi lemah, membengkak, dan meradang. Akibatnya tumit atau telapak kaki terasa nyeri saat berdiri atau berjalan, setelah bangun tidur atau duduk lama. Plantar fasciitis kebanyakan dialami
oleh mereka yang berusia antara 40-60 tahun.

Apa itu Plantar Fascitis ?

Plantar Fasciitis, ini adalah penyebab paling umum yang biasa terjadi pada orang-orang yang mempunyai keluhan nyeri & sakit tumit. Kondisi ini terjadi karena terlalu sering berlari atau melompat, sehingga membuat peradangan pada jaringan penghubung antar tulang (ligamen) di telapak kaki. Sensasi sakit Plantar fasciitis cenderung berada disatu titik dan biasanya terasa sangat
sakit pada tumit saat pertama bangun tidur saat kaki dilangkahkan

Gejalanya

Gejala utama gangguan ini adalah nyeri saat baru bangun tidur atau duduk lama, kemudian perlahan kaku sedikit berkurang setelah berjalan beberapa langkah. Nyeri pada umumnya bertambah jika menaiki tangga atau berdiri lama. Pada awalnya tentu penting untuk mengistirahatkan bagian yang nyeri. Caranya dengan mengurangi jalan atau olahraga yang banyak memakai kaki. Kompres dingin juga sangat
bermanfaat. Umumnya kita akan menemukan adanya pengapuran pada bagian tulang tumit. Pemeriksaan USG atau MRI akan memperlihatkan adanya pembengkakan atau perubahan lain pada fascia. Plantar fascitis dapat diobati dengan obat antiradang atau suntikan kortikosteroid. Terapi lain adalah fisioterapi, alat bantu khusus untuk menyebarkan beban pada tumit dan mempertahankan lengkung kaki.

Waspada!

Jika Anda mengalami nyeri dan sakit tumit jangan terus dibiarkan, karena
bisa berbahaya jika tidak segera dicegah dan ditangani sejak dini.

Segera cegah & atasi Sekarang! Jangan sampai tunggu makin parah nyeri dan sakit tumit yang dirasakan oleh Anda! Karena jika sudah parah atau kronis jalan keluarnya harus di operasi dan biaya yang dikeluarkan tentunya akan jauh lebih banyak juga.

Kapan harus konsul ke dokter

Awalnya, dokter akan menanyakan gejala dan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat kondisi kaki atau tumit.
Pasien akan diminta untuk berjalan atau berdiri agar dokter dapat mengetahui lokasi dan penyebab nyeri. Selain itu, dokter juga akan memeriksa kondisi kaki pasien saat memakai sepatu.

Untuk memastikan diagnosis, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan dengan pemindaian, misalnya dengan foto Rontgen. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk melihat
kondisi tumit pasien, sehingga dokter bisa menentukan penanganan yang tepat.

Namun, penanganan oleh dokter diperlukan jika:

  • Nyeri tumit terus bertambah parah
  • Nyeri tumit tiba-tiba bertambah parah
  • Nyeri tumit tidak reda setelah ditangani selama 2 hingga 3 minggu
  • Tumit menjadi merah atau bengkak
  • Sulit berjalan karena rasa nyeri pada tumit

Dokter dapat menyarankan beberapa metode pengobatan berikut ini:

·        
Fisioterapi

Fisioterapi bertujuan memperkuat otot dan jaringan lain pada kaki, seperti ligamen dan tendon, serta mencegah cedera kaki.

·         Obat-obatan

Jika nyeri tumit tidak tertahankan, dokter dapat memberikan obat antinyeri dan antiradang, baik yang diminum atau disuntikkan ke kaki. Obat
ini bertujuan untuk meredakan tanda-tanda peradangan, termasuk nyeri dan bengkak

·         Operasi

Pada kasus yang kronis bisa dilakukan pembedahan atau terapi nonbedah yang disebut dengan Radial Shock Wave Therapy (RSWT). Terapi tersebut memakai gelombang kejut bertekanan tinggi yang ditransmisikan melalui jaringan pada daerah yang sakit. RSWT, terbukti bermanfaat pada kasus kronis, dimana jaringan tubuh sebelumnya tidak dapat
menyembuhkan diri sendiri sehingga menjadi kronis. “Gelombang kejut akan merangsang aktivitas metabolik di daerah nyeri dan melancarkan aliran darah,”

Pengobatan Nyeri Tumit

Penderita tumit sakit bisa mengatasi rasa nyeri dengan melakukan perawatan di rumah. Perawatan tersebut dapat dilakukan dengan mengistirahatkan kaki atau mengonsumsi obat pereda nyeri.

Saat tumit terasa sakit, Anda bisa melakukan perawatan mandiri di rumah. Beberapa perawatan yang dapat
dilakukan adalah:

  • Istirahatkan kaki dan angkat tumit ke posisi yang lebih tinggi dari dada ketika berbaring.
  • Kompres dingin tumit selama 10-15 menit sebanyak dua kali sehari.
  • Kenakan sepatu yang tidak sempit, nyaman, dan memiliki hak yang rendah. Agar lebih nyaman, gunakan bantalan tumit dalam sepatu.
  • Jangan berjalan atau berdiri terlalu lama. Istirahatkan kaki Anda setelah berjalan atau berdiri terlalu lama.
  • Balut area sekitar tumit dan pergelangan
    kaki dengan perban, untuk menyangga tumit atau pergelangan kaki yang terasa sakit.
  • Lakukan latihan peregangan secara perlahan dan teratur.

Pencegahan Nyeri Tumit

Beberapa langkah berikut ini dapat dilakukan untuk mencegah cedera yang dapat menyebabkan nyeri tumit:

  • Mengenakan sepatu dengan ukuran yang pas.
  • Mengenakan sepatu yang sesuai dengan
    jenis olahraga atau aktivitas yang dilakukan.
  • Melakukan peregangan otot terlebih dahulu sebelum berolahraga.
  • Menerapkan pola makan yang sehat dan mempertahankan berat badan yang ideal.
  • Beristirahat saat merasa lelah atau saat otot terasa nyeri.

Referensi :

https://www.alodokter.com/nyeri-tumit

https://health.kompas.com/read/2013/07/31/1329515/Jangan.Abaikan.Nyeri.Tumit.Saat.Bangun.Tidur.
DOC, PROMKES, RSMH

Kenapa bangun tidur kaki nyeri?

Plantar fasciitis menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit pada telapak kaki ketika bangun tidur. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih juga memiliki risiko menderita hal serupa. Semua itu terjadi karena adanya peradangan pada pita jaringan yang menghubungkan antara tulang tumit ke jari-jari kaki.

Apakah asam urat bisa menyerang telapak kaki?

4. Asam Urat
Salah satu penyebab dari rasa sakit pada telapak kaki adalah penyakit asam urat atau gout arthritis. Hal ini bisa terjadi karena terdapat penumpukan kristal asam urat di sendi kaki sehingga terjadi inflamasi. Kaki yang terkena gejala ini biasanya bengkak, memerah, dan terasa nyeri.

Kenapa kaki dan tangan sakit saat bangun tidur?

Keluhan yang terjadi pada anda dapat disebabkan oleh berbagai kondisi diantaranya: Kurang istirahat. Ketegangan otot setelah beraktivitas berat. Gangguan aliran darah misalnya terlalu lama berdiri atau duduk terlalu lama.

Bagaimana cara menghilangkan sakit di telapak kaki?

Cara mengobati telapak kaki dan kaki yang sakit.

Minum obat pereda nyeri. … .

2. Berbaring, angkat kaki. … .

Kompres dingin. … .

4. Lakukan peregangan. … .

Pilih sepatu yang pas dengan ukuran Anda. … .

9 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Menyerang Kaki (Mungkin Anda Juga Pernah).

Jari kaki sakit saat bangun tidur | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x