Jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber daya alam dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui?

By On Sunday, November 6th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber daya alam dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui? – Apa kabar kawan semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke website trendwisata.com ini. Di hari yang cerah ini, saya di blog TrendWisata ingin berbagi tanya jawab yang bagus yang menampilkan tentang Jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber daya alam dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui?. Ini dia teman tonton berikut ini:

Jakarta

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang keberadaannya selalu tersedia di alam, dapat dihasilkan kembali, atau bisa didaur ulang.

Alam membentuk kembali SDA yang dapat diperbarui dalam siklus yang relatif cepat. Namun, bukan berarti manusia boleh mengeksploitasi tanpa mempersiapkan keberlanjutannya.

Sumber daya alam yang dapat diperbarui terbagi menjadi dua jenis. Menurut buku Wahana Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) karya Tim Pena Cendekia, tipenya berikut ini.

Sumber daya alam hayati berasal dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan.

2. Sumber Daya Alam Nonhayati

Sumber daya alam nonhayati berasal dari bukan makhluk hidup

5 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah air, tanah, udara, hewan, dan tumbuhan. Contoh sumber daya air adalah air laut, air sungai, air danau. Kemudian, contoh sumber daya tumbuhan adalah hasil hutan, perkebunan, dan pertanian.

Sebagai informasi, hewan di Indonesia dikelompokkan sebagai hewan liar dan piaraan. Hewan liar ada di alam bebas dan mampu mencari makanan mereka sendiri. Sedangkan hewan piaraan sengaja dipelihara sebagai hobi atau diternakkan.

Kemudian, hutan terdiri dari beberapa jenis seperti hutan lindung, hutan produksi, hutan wisata, dan suaka alam. Masing-masing memiliki manfaat sendiri.

Demikian juga jenis sumber daya air laut, sungai, dan danau. Ketiganya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pembangkit listrik tenaga air (PLTA), tempat rekreasi, maupun sarana transportasi.

Sumber daya udara pun tidak hanya berguna untuk bernapas, tapi juga berbagai kegiatan lain. Contohnya olahraga, menggerakkan perahu bagi nelayan, dan sebagainya.

Itu dia pengertian, contoh, dan klasifikasi sumber daya alam yang dapat diperbarui. Semoga membantu ya detikers!

Simak Video “Enggak Cuma BBM, Indonesia Bisa Gunakan 3 Sumber Energi Ini!

[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui adalah Sumber daya alam yang tidak dapat habis atau punah jika digunakan, karena sumber daya alam ini dapat diperbaharui, dapat di daur ulang, tumbuh atau dapat dibuat kembali.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan dapat diperbaharui sebenarnya ada di alam dan digunakan oleh manusia. Keduanya sama-sama bermanfaat dan dapat digunakan untuk kebaikan bagi manusia.

Segala sumber daya alam (SDA) yang dapat diperbaharui merupakan kekayaan alam dengan kemampuan diregenerasi dalam waktu cepat, misalnya tanaman pangan, hasil perkebunan, peternakan, dan lain sebagainya.

Sedangkan SDA yang tidak dapat diperbaharui merupakan jenis kekayaan alam dengan pemakaian terbatas. Artinya jika dipakai terus menerus akan habis, dan masa regenerasinya memakan waktu tidak sebentar bisa puluhan hingga ratusan tahun.

Inilah alasan mengapa jenis SDA ini harus diolah sebaik mungkin dan pemanfaatannya dibatasi agar dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Dengan demikian, dapat dinikmati oleh beberapa generasi.

SDA yang tidak dapat diperbaiki ini contohnya adalah mineral, logam, emas, besi, batu bara, minyak bumi, dan sebagainya. Jenis SDA tersebut banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia saat ini.

Mengenal Pengertian Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Agar bisa memahami betapa pentingnya keberadaan SDA bagi kehidupan manusia, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu SDA dan manfaatnya bagi kehidupan manusia, baik langsung maupun tidak langsung.

Secara singkat sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan manusia. Sumber daya ini terbagi atas sumber daya alam biotik (mahkluk hidup) dan abiotik (benda mati).

Selain itu SDA juga terbagi atas yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Tumbuh-tumbuhan dan hewan merupakan termasuk jenis dapat diperbaharui sedangkan bahan bakar masuk dalam daftar tidak dapat diperbaharui.

Jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui merupakan jenis material akan habis apabila digunakan terus menerus atau memiliki batas waktu dan jumlah pemakainya. Apabila habis tidak dapat tersedia kembali dalam waktu singkat.

Diperlukan waktu bertahun-tahun bahkan hingga jutaan tahun untuk bisa memperolehnya kembali. Karena proses pembentukannya membutuhkan proses dan waktu panjang sehingga tidak dapat diambil kembali dalam waktu singkat.

SDA tidak dapat diperbaharui ini merupakan bagian penting dalam setiap aspek kehidupan manusia dan memiliki harga jual tinggi. Oleh sebab itu, beberapa pihak menggunakan secara berlebihan, mengeruknya, juga melakukan eksploitasi untuk mendapatkan banyak uang.

Ketergantungan manusia terhadap SDA ini sangatlah tinggi sehingga penggunaannya haruslah dilakukan dengan perencanaan matang, bukan membabi buta hanya demi keuntungan sesaat beberapa pihak tertentu.

Sifat dari Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Keberlangsungan hidup manusia di muka bumi ini sangat tergantung dengan SDA sehingga keberadaannya harus dijaga sebaik mungkin serta dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Lalu apa saja yang termasuk dalam kategori SDA ini, kenali sifat-sifatnya berikut ini:

1. Jumlahnya terbatas dan bisa habis dalam jangka waktu tertentu.

2. Waktu terbentuknya sangat lama, bisa mencapai puluhan hingga ratusan tahun sehingga tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat.

3. Proses pembentukannya berpengaruh pada lingkungan sekitar, apabila lingkungan tidak mendukung, maka pembentukannya mungkin saja tidak akan berhasil sehingga tidak dapat dinikmati lagi walaupun sudah lewat ratusan tahun.

4. Keadaan geografis sebuah wilayah sangat berpengaruh pada pembentukan, misalnya minyak bumi yang terbentuk di bawah permukaan laut.

Jika sebuah sumber daya sudah memiliki ciri-ciri di atas, maka sudah pasti masuk dalam kategori yang tidak dapat diperbaharui. Apabila sudah masuk dalam kategori ini, maka keberadaannya perlu dijaga dengan baik.

Beberapa Contoh SDA yang Tidak Dapat Diperbaharui

Ada beberapa contoh nyata sumber daya yang masuk dalam kategori tidak dapat diperbaharui. SDA semacam ini digunakan di berbagai aspek kehidupan, baik secara langsung maupun hasil olahannya. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Emas

Emas merupakan logam mulia yang keberadaannya sudah dikenal oleh semua orang. Bukan hanya digunakan sebagai perhiasan, saat ini emas juga digunakan sebagai bahan produk kecantikan dan makanan.

Saat ini harga emas semakin meroket karena keberadaannya yang makin menipis. Emas yang memiliki sifat lembek dan lunak biasanya dibentuk dengan campuran logam lain untuk mempertahankan bentuknya.

2. Besi

Besi juga merupakan jenis logam yang mudah ditemukan dan memainkan peranan penting dalam kehidupan manusia. Saat ini, besi masih mudah ditemukan di bumi sehingga digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

3. Aluminium

Aluminium juga memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia dan merupakan konduktor listrik yang baik. Sifat amfoter di dalamnya bisa bersifat basa atau asam sehingga dapat dibentuk menjadi bermacam penampang.

Aluminium termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, meskipun jumlahnya masih banyak, tapi apabila penggunaannya tidak diperhatikan akan habis dalam jangka waktu dekat.

4. Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan sumber bahan bakar untuk berbagai kendaraan di dunia, mobil, motor, bahkan kapal bisa saja menggunakan bahan bakar ini untuk dapat melaju dan mengantarkan manusia ke tempat tujuan.

Proses terbentuknya sangat lama karena pengaruh geologi organisme hidup yang tertimbun jutaan tahun lamanya. Oleh sebab itu, proses pembentukannya kembali juga akan memakan waktu lama.

5. Bahan Bakar Fosil

Bahan bakar fosil merupakan hasil pelapukan fosil selama jutaan tahun silam dan penggunaannya sebagai bahan bakar untuk kendaraan maupun industri. Hingga saat ini penggunaannya masih menjadi primadona di dunia.

Pemanfaatan sumber daya alam bahan bakar fosil saat ini digunakan hampir di semua negara sehingga kebutuhan akan SDA ini terus meningkat, tapi keberadaannya terus menipis.

6. Batu Bara

Batu bara merupakan batuan sedimen yang dapat terbakar dan terbentuk dari endapan organik, terutama sisa-sisa tumbuhan. Batu bara di Indonesia banyak terdapat di pulau Kalimantan.

7. Material Nuklir

Anda pernah mendengar tentang radioaktif atau nuklir semua itu berasal dari material radioaktif yang memancarkan sinar radioaktif, seperti alfa beta dan gama. Materi radioaktif sangat bermanfaat di banyak bidang seperti pertanian dan kedokteran.

Upaya Menjaga Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui dari Rumah

Karena keterbatasan jumlah jenis SDA tertentu, maka pemanfaatannya tidak boleh dilakukan sembarangan. Namun, Anda bisa membantu ketersediaan SDA ini tetap terjaga dengan melakukan hal-hal berikut ini:

1. Menghemat penggunaan sumber daya, misalnya bahan bakar. Jika bisa menggunakan kendaraan umum gunakanlah kendaraan umum atau gunakan jenis kendaraan listrik yang lebih ramah terhadap lingkungan.

2. Melakukan daur ulang barang-barang bekas, seperti plastik, kardus, dan berbagai bahan yang bisa didaur ulang lainnya.

3. Gunakan listrik secara bijak.

4. Menjaga kesuburan tanah dengan tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

5. Menanam tanaman, terutama pohon-pohonan yang mampu membantu pembentukan SDA di alam. Selain membantu pembentukan kembali bermacam SDA yang tidak dapat diperbaharui juga menghindarkan dari berbagai bencana alam.

6. Pandai serta bijak dalam mengolah dan memakai SDA sehingga keberadaannya tetap terjaga hingga tahun-tahun mendatang.

Jadi, bukan hanya menikmati saja, Anda juga dapat menjadi bagian dari program penghematan SDA sehingga penggunaannya tidak diekplorasi secara berlebihan sehingga tidak habis dalam waktu singkat dan bisa dinikmati generasi mendatang.

Baca : Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Pada dasarnya SDA merupakan kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Namun, karena keterbatasan jumlahnya, jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan bijaksana.***(Editor/UMSU)

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber daya alam dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui? | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x