Jelaskan isi kandungan surah al-hujurat ayat 13 dengan singkat

By On Monday, August 8th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Jelaskan isi kandungan surah al-hujurat ayat 13 dengan singkat – Halo sista dan agan semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke halaman blog TrendWisata dotcom ini. Di hari yang cerah ini, kita di blog Trend Wisata pengen menampilkan tanya dan jawab yang keren tentang Jelaskan isi kandungan surah al-hujurat ayat 13 dengan singkat. Langsung saja Agan menyimak setelah ini:

Surat al-hujurat ayat 13

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya : Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Arti Perkata Surah Al-Hujurat 13 :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ : Wahai Manusia

إِنَّا : Sesungguhnya

خَلَقْنَاكُمْ : Kami Menciptakan kalian

مِنْ : Dari

ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ : Laki-Laki dan perempuan

وَجَعَلْنَاكُمْ : Dan kami menjadikan kalian

شُعُوبًا : Berbangsa-bangsa

وَقَبَائِلَ : Bersuku-suku

لِتَعَارَفُوا ۚ : Agar saling mengenal

نَّ أَكْرَمَكُمْ : Sesungguhnya yang paling mulia

عِنْدَ اللَّهِ : Di sisi Allah

أَتْقَاكُمْ ۚ : Ketaqwaan kalian

نَّ اللَّهَ : Sesungguhnya Allah

عَلِيْمٌ : Maha mengetauhi

خَبِيْرٌ : Maha teliti

Kandungan surat al-hujurat ayat 13:

1. Manusia diciptakan dalam 2 jenis, yaitu laki” dan perempuan. Ayat ini menjelaskan bahwa jenis manusia hanya 2 bukan 4 seperti yang sering disebut, manusia hanya laki” dan perempuan, tidak ada bences atau wandu.

2. Manusia diciptakan dari hubungan antara laki” dan wanita, bukan dari tanah sebagaimana Nabi Adam (hanya Nabi Adam yang dari tanah, anak cucu adam dari sari pati tanah yang dimakan kaum adam dan hawa, sehingga menjadi sel telur dan sel sperma). Ayat ini memberitahukan bahwa manusia berasal dari satu keturunan yakni Nabi Adam dan Hawa. Sehingga pada hakikatnya mereka setara.

3. Keragaman adalah sunnatullah karena Allah menjadikan manusia berkembang demikian banyak sehingga menjadi berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Keragaman itu bukanlah untuk berpecah belah dan saling memusuhi tetapi untuk saling mengenal. Dengan pengenalan yang baik, akan terjalin kedekatan, kerja sama dan saling memberikan manfaat.

4. Seluruh manusia setara di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Yang membedakan adalah ketaqwaannya. Manusia yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertaqwa.

5. Allah Maha Mengetahui segala hal yang dilakukan oleh manusia termasuk bagaimana tingkat ketaqwaan mereka dan bagaimana sikap mereka terhadap manusia lainnya khususnya terkait keragaman.

6. Ayat ini mengajarkan kesetaraan, toleransi dan kerjasama serta menghapus diskriminasi.

Jakarta

Seperti ayat Al Quran yang lain, surat Al Hujurat ayat 13 mengandung pelajaran bagi semua muslim. Pelajaran ini bahkan bisa diterapkan seluruh manusia yang tidak beragama Islam.

Berikut bacaan surat Al Hujurat ayat 13

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Arab latin: Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja’alnākum syu’ụbaw wa qabā`ila lita’ārafụ, inna akramakum ‘indallāhi atqākum, innallāha ‘alīmun khabīr

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Dikutip dari repository Universitas Muhammadiyah Surabaya, surat Al-Hujurat ayat 13 tidak menggunakan panggilan hanya kepada orang-orang beriman. Ayat ini menyebut seluruh manusia tanpa kecuali.

“Artinya ayat ini mengurai prinsip dasar hubungan manusia. Ayat menegaskan kesatuan asal-usul manusia dengan menunjukkan kesamaan derajat kemanusiaan manusia,” tulis repository tersebut.

Dalam firmanNya ini Allah SWT mengingatkan, jangan sampai manusia merasa bangga atau lebih tinggi daripada yang lain karena bangsa atau suku tertentu. Warna kulit atau kondisi bawaan lain juga tidak menjadikan derajat satu manusia beda dengan yang lain.

Surat Al Hujurat ayat 13 menegaskan tidak ada perbedaan nilai kemanusiaan antara laki-laki dan perempuan. Repository menjelaskan, tujuan ayat ini adalah agar manusia saling mengenal sehingga bisa memberi manfaat pada sesama.

“Perkenalan dibutuhkan untuk saling menarik pelajaran dan pengalaman, yang menjadi modal meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Hasilnya tiap manusia bisa merasakan kedamaian, kesejahteraan duniawi, dan kebahagiaan ukhrowi,” tulis repository tersebut.

Demikian penjelaskan makna, arti, dan bacaan surat Al Hujurat ayat 13. Semoga bisa mengambil hikmahnya ya detikers.

(row/erd)

Isi Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 13, Ini Arti dan Maknanya./* /Pixabay/cahiwak/

MANTRA SUKABUMI – Surat Al Hujurat merupakan surat e 49 dalam Alquran.

Surat Al Hujurat ini termasuk pada golongan surat Madaniyah yang terdiri atas 18 ayat.

Surat Al Hujurat disebut sebagai kamar-kamar yang diambil dari perkataan Al Hujurat itu sendiri yang terdapat pada ayat ke 4.

Baca Juga: Catat Tanggal dan Waktunya, Jadwal Libur Shopee Express selama Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau Lebaran 2022

Pada isi kandungan surat Al Hujurat ayat 13 menjelaskan tentang Allah SWT yang menegaskan bahwa seluruh umat manusia adalah satu keturunan.

Manusia itu berasa dai nenek moyang yang sama yakni Ada dan Hawa, sehingga dalam kehidupan tidak perbedaan kasta, semua sama rata dan semua umat manusia akan sama dan setara di sisi Allah SWT.

Berikut isi kandungan lengkap surat Al Hujurat ayat 13 lengkap arti dan maknanya :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

(Yaa ayyuhan naasu innaa kholaqnaakum min dzakariw wa unstaa waja’alnaakum syu’uubaw waqobaa,ila lita’aarofuu, inna akromakum ‘indalloohi atqookum, innallooha ‘aliimun khobiir)

Isi Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 13, Lengkap dengan Intisari Tafsirnya./* /Pixabay/Pexels

MANTRA SUKABUMI – Inilah isi kandungan surat Al Hujurat ayat 13, lengkap dengan intisari tafsirnya.

Surat Al Hujurat termasuk ke dalam surat Madaniyah atau yang diturunkan di kota Madinah setelah Nabi Muhammad hijrah.

Al Hujurat sendiri memiliki makna yaitu kamar-kamar, terdiri dari 18 ayat dan merupakan surat ke 49 dalam Al-Qur’an.

Baca Juga: Shopee 12.12 Birthday Sale TV Show Hadirkan TOMORROW X TOGETHER, Al & Andin, dan Deretan Bintang Dangdut

Pada artikel ini, anda bisa memahami isi kandungan surat Al Hujurat ayat 13 saja.

Seperti yang telah disebutkan di atas, selain isi kandungan anda juga bisa membaca intisari tafsir surat Al Hujurat ayat 13.

Sebagaimana dirangkum mantrasukabumi.com dari berbagai sumber pada Jumat, 10 Desember 2021, berikut isi kandungan dan intisari tafsir surat Al Hujurat ayat 13.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

(Yaa ayyuhan naasu innaa khalaqnaakum min dzakarin wa unstaa wa ja’alnaakum syu’uubaw waqobaila lita’aarofuu, inna akromakum ‘indallahi atqokum, innallaha ‘alimun khobiir)

Jelaskan isi kandungan surah al-hujurat ayat 13 dengan singkat | admin | 4.5