Jelaskan kondisi saling melengkapi sebagai syarat terjadinya interaksi antar ruang

By On Tuesday, August 30th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Jelaskan kondisi saling melengkapi sebagai syarat terjadinya interaksi antar ruang – Apa kabar kawan-kawan semua, Met Datang di blog TrendWisata ini. Siang ini, kami di portal TrendWisata dotcom mau sharing Q&A yang mantap yang akan menunjukkan tentang Jelaskan kondisi saling melengkapi sebagai syarat terjadinya interaksi antar ruang. Silahkan bapak dan ibu menyimak setelah ini:

Pengertian Interaksi Antar Ruang, Bentuk, Syarat, Dampak dan Contohnya

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan tentang Interaksi Antar Ruang, mulai dari pengertian, bentuk, syarat, dampak beserta dengan beberapa contohnya. Interaksi Antar Ruang akan dibahas secara lengkap dan detail, simaklah ulasannya berikut ini.

Pengertian

Interaksi antar ruang adalah cara untuk mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan masalahnya yang berkaitan dengan ruang-ruang yang ada di sekitarnya. Berdasarkan cara melihatnya, interaksi antar ruang dibagi menjadi 2, yaitu fisik dan non fisik.

Jika secara fisik, setiap ruang pasti mempunyai karakteristik fisik yang sesuai dengan perannya pada wilayah tertentu. Misalnya pada tempat untuk pusat perdagangan. Sedangkan secara non fisik, interaksi antar ruang dapat dilihat dari adanya kesenjangan sosial dan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi dan kegiatan sosial, akan selalu terpusat pada lokasi yang mempunyai pelayanan publik yang baik. Inilah menjadi faktor yang mempengaruhi pada perkembangan diokasi tertentu.

Bentuk-Bentuk

Ada beberapa bentuk interaksi antar ruang, antara lain :

  • Mobilitas Penduduk
    Mobilitas penduduk merupakan suatu interaksi dalam bentuk pergerakan atau perpindahan manusia, contohnya adalah emigrasi, imigrasi, transmigrasi, urbanisasi dll.
  • Komunikasi
    Komunikasi merupakan suatu bentuk interaksi melalui perpindahan suatu ide atau gagasan dan informasi, contohnya adalah pengiriman informasi baik secara langsung maupun tidak langsung seperti membaca berita, melihat tayangan televisi, internet dll.
  • Transportasi
    Transportasi merupakan suatu interaksi melalui perpindahan barang atau energi, contohnya pengakutan barang, pergadangan dll.

Syarat-Syarat

Ada beberapa syarat-syarat terjadinya interaksi antar ruang, antara lain adalah :

  • Saling melengkapi (complementarity)
    Syarat terjadinya interaksi antar ruang salah satunya adalah saling melengkapi. Kondisi saling melengkapi terjadi apabila ada suatu wilayah yang memiliki perbedaan dalam komoditas yang dihasilkannya.
  • Kesempatan antara (intervening opportunity)
    Kesempatan antara merupakan sebuah lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuannya.
  • Keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability)
    Kemudahan dalam bertransaksi adalah hal yang sangat penting agar tercipta interaksi antar ruang. Misalanya pengangkutan barang atau juga orang memerlukan biaya yang harus lebih rendah dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh.

Dampak

Ada beberapa dampak dari interaksi antar ruang, antara lain :
1. Berkembangnya Pusat-pusat Pertumbuhan
2. Perubahan Penggunaan Lahan
3. Perubahan Orientasi Mata Pencaharian
4. Berkembangnya Sarana dan Prasarana
5. Perubahan Komposisi Penduduk

6. Perubahan Sosial Budaya

Contoh Interaksi Antar Ruang

Berikut ini adalah beberapa contoh interaksi antar ruang dalam kehidupan sehari-sehari :

  1. Interaksi antar ruang dalam bentuk perubahan iklim, contohnya hujan di Indonesia disebabkan oleh angin muson barat yang terjadi di samudera pasifik.
  2. Adanya bencana banjir bandang di kawasan A, banyak orang-orang dari kawasan lainnya mengumpulkan dana untuk membantu korban di kawasan A.
  3. Penggunaan media telpon. Dengan adanya media telepon, orang-orang bisa saling berinteraksi dengan oralin lain meskipun tidak secara langsung bertatapan muka.

Demikian Pengertian Interaksi Antar Ruang, Bentuk, Syarat, Dampak dan Contohnya. Semoga Bermanfaat!

Jakarta

Ruang adalah tempat yang ada di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun sebagian yang dijadikan tempat tinggal makhluk hidup.

Berbagai organisme dan makhluk hidup yang ada, telah menjadi bagian dari ruang. Oleh sebab itu, batas ruang dapat diartikan sebagai tempat dan unsur-unsur yang mempengaruhi kehidupan di permukaan bumi.

Ruang yang ada di permukaan bumi memiliki karakteristik berupa bentuk, fungsi, dan kondisi fisik yang berbeda.

Konsep Ruang

Dikutip dari buku Konsep Dasar IPS oleh Yulia Siska, M.Pd., berikut adalah konsep dasar dari ruang:

  • Ruang adalah tempat di permukaan bumi baik
  • Ruang tidak hanya sebatas udara, tetapi juga lapisan atmosfer terbawah yang memengaruhi permukaan bumi.
  • Ruang dapat mencakup sebuah perairan yang ada di permukaan bumi, seperti laut, sungai, dan danau. Sedangkan di bawah permukaan bumi terdapat air, dan tanah sampai ke kedalaman tertentu.
  • Ruang mencakup berbagai lapisan tanah dan batuan, yang menjadi sumber daya bagi kehidupan.
  • Ruang adalah tempat bagi manusia melakukan interaksi.

Dimensi ruang digunakan untuk memandang alam sebagai tempat, sekaligus penyedia berbagai potensi sumber daya. Ruang disebut juga dengan dimensi spasial, yakni tempat terjadinya berbagai peristiwa alam baik secara sosial, dan sejarah dalam proses perjalanan waktu.

Interaksi Antar-ruang

Dalam ruang tentu manusia dan juga makhluk hidup lainnya akan melakukan sebuah interaksi. Perbedaan yang ada dalam karakteristik ruang, akan menciptakan hubungan saling membutuhkan, sehingga terjadilah interaksi antar-ruang.

Interaksi antar-ruang adalah pergerakan atau pergeseran sesuatu dari satu wilayah ke wilayah lain, atau dari wilayah asal ke wilayah tujuannya.
Konsep ruang dan interaksi antar-ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia, mencakup aspek-aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan. Salah satu yang menjadi alasan adanya interaksi antar-ruang adalah perbedaan potensi dan sumber daya yang dimiliki.

Syarat-syarat Terjadinya Interaksi Antar-ruang:

Adapun beberapa faktor yang diperlukan dalam terjadinya interaksi keruangan, adalah saling melengkapi (complementarity), kesempatan antara (intervening opportunity), dan keadaan yang dapat diserahkan/dipindahkan (transferability).

Bentuk Interaksi Antar-ruang

Berdasarkan buku Modul IPS Kelas VII yang diterbitkan oleh Kemendikbud, berikut adalah bentuk interaksi antar-ruang:

Mobilitas sosial

Interaksi antar-ruang dalam pergerakan manusia disebut dengan istilah mobilitas sosial.

Bentuk pergerakan manusia, dapat dicontohkan seperti penduduk Jakarta dengan penduduk sekitar, yang mencakup wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Komunikasi

Komunikasi adalah bentuk interaksi antar-ruang, yang terjadi melalui perpindahan sebuah gagasan dan informasi. Perpindahan tersebut dapat dilakukan baik secara langsung melalui pergerakan manusia, maupun tidak langsung melalui alat dan sarana komunikasi seperti handphone, maupun media sosial.

Transportasi

Sementara itu, interaksi antar-ruang yang terjadi dalam bentuk perpindahan barang atau energi disebut dengan transportasi.

Beberapa sarana transportasi, seperti ojek online, bus, taksi, kereta api, KRL (Kereta Rel Listrik), MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rail Transit), dan lain-lain.

Sarana transportasi mampu memindahkan ruang jangkau dalam kota, maupun lintas kota yang berdekatan.

Simak Video “PKS Mau Bentuk Poros Ketiga, Lagi Dekati Demokrat dan NasDem

(erd/erd)

Jelaskan kondisi saling melengkapi sebagai syarat terjadinya interaksi antar ruang | admin | 4.5