Jelaskan langkah langkah membuat primary key?

By On Tuesday, November 15th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Jelaskan langkah langkah membuat primary key? – Halo teman semua, Selamat datang di web www.trendwisata.com ini. Pagi ini, saya dari web TrendWisata pengen membagikan ulasan yang oke banget tentang Jelaskan langkah langkah membuat primary key?. Ayo teman menyimaknya setelah ini:

Primary Key dalam database adalah Teks atau angka yang ditetapkan sebagai kata kunci untuk menampilkan data tertentu dari beberapa data yang berhubungan atau sesuai dengan primary key yang ditetapkan. Primary key merupakan langkah awal dalam membuat aplikasi database yang dapat bersumber lebih dari satu tabel.

Primary key yang dibahas pada posting ini adalah primary database yang dibuat dari microsoft office access. Primary key dapat dikatakan
sebagai kata kunci utama yang akan berfungsi untuk membuka dan menampilkan data khusus

Gambar di bawah ini adalah tampilan awal tabel microsoft office access setelah membuat file.

Cara membuat Primary key tabel aplikasi database microsoft office access dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagi berikut, yaitu:

1. Klick pada tab Create
2. Klick Table Design

3. Buatkan uraian header kolom tabel
4. Tempatkan pointer kursor pada teks kolom header tabel yang ditetapkan
sebagai primakey key
5. Klick Primary key

Apabila membuat primary key dalam database hal yang perlu diperhatikan adalah Teks pada Field Name dan Data Type antara
tabel yang satu dengan lainnya yang ditetapkan sebagai primary key harus sama.

Contoh apabila sudah menetapkan teks NIM pada tabel pertama maka pada tabel lainnya juga harus teks NIM. Dan kalau sudah menetapkan Number pada Data Type tabel pertama maka pada tabel lainnya juga harus Number. Begitu sebaliknya. (perhatikan kedua tabel di atas).

6. Simpan (Ctrl S)
7. Tuliskan nama tabel pada teks box Tabel name
8. Klick Ok

Pada materi sebelumnya kita telah Dapat Membuat Tabel di Microsoft Access 2007, pada salah satu field dalam table dapat kita tentukan sebagai Primary Key. Apakah Primary Key tersebut ? Primary Key adalah attribute yang digunakan untuk menentukan field tersebut merupakan field yang unik berbeda satu sama lainnya, contoh idbarang merupakan field
yang unik karena setiap 1 idbarang merupakan milik 1 barang.  Untuk menentukan dan mengubah primary key pada suatu field, ikuti langkah berikut :

  1. Pilih dan klik tabel yang ingin Anda ubah primary key-nya
  2. Klik kanan pada tabel tersebut Kemudian klik Design View.
  3. Pilih dan Klik field yang ingin dijadikan primary key.
  4. Klik tombol perintah Primary Key pada group Tools.

Materi selanjutnya adalah Struktur Data Microsoft Access 2007

(Visited 1,268 times, 1 visits today)

Dalam mengelola database, terdapat satu istilah yang perlu Anda ketahui yaitu primary key, khususnya ketika Anda akan membuat relasi database. Primary key adalah nilai yang digunakan untuk relasi antar tabel. Artikel ini akan menjelaskan pengertian, fungsi primary key, perbedaan primary key dan foreign key.

  • Apa Itu Primary Key?
  • Fungsi Primary Key
  • Syarat dari Primary Key
  • Tips Menentukan Primary Key dalam Database
    • 1. Hanya Satu Data yang Menjadi Kunci Primer
    • 2. Tidak Boleh Melebihi Batas Kolom 
    • 3. Kolom Primary Key Tidak Boleh Kosong
    • 4. Tidak Boleh Ada Nilai yang Sama dalam Kolom
    • 5. Data dalam Kunci Primer Tidak Boleh Bertipe BLOB
  • Perbedaan Primary Key dan Foreign Key
    • 1. Primary Key 
    • 2. Foreign Key
  • Sudahkah Mengerti Tentang Primary Key?

Apa Itu Primary Key?

Primary key atau kunci primer merupakan aturan nilai yang berfungsi untuk memastikan setiap baris data dalam tabel bersifat unik atau berbeda antara baris satu dengan baris lain.
Nilai ini tentu sudah tidak asing lagi dalam pengelolaan basis data. 

Nilai unik berguna untuk mengidentifikasi catatan dalam basis data kemudian membandingkan atau mengurutkan setiap tabel pada properti. 

Selain untuk memfasilitasi pemrosesan data dalam database, kunci primer juga berfungsi untuk melakukan pencarian data. Dengan nilai unik, maka tidak ada catatan database dengan nilai yang sama.

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam
menentukan nilai sebagai kunci primer. Jika terdapat banyak tabel, maka tabel dapat berkorelasi dengan kunci primer pada tabel pertama, kemudian tabel kedua sudah bukan kunci primer melainkan foreign key.

Pada dasarnya, setiap tabel hanya memiliki satu kunci primer yang saling berhubungan antara tabel pertama dengan tabel kedua. Namun pada tabel kedua bernama kunci asing atau foreign key. 

Fungsi
Primary Key

Dalam database relasional, tabel berfungsi untuk menyimpan nilai di dalamnya. Tabel ini terdiri dari kombinasi kolom yang terdapat kunci primer untuk menentukan tingkat integritas tabel. Pemilihan primary key adalah langkah penting untuk mencapai tujuan database yang benar dan valid.

Jika Anda menentukan kunci primer untuk melakukan kueri dengan banyak modifikasi dalam setiap baris, maka baris lain dalam tabel yang sama tidak akan
terganggu. Keunikan dari kunci primer akan mencegah terjadinya duplikasi data dan membantu Anda untuk melakukan pencarian dalam waktu yang singkat.

Sebagai contoh, terdapat tabel bernama pegawai yang memiliki risiko besar untuk membedakan setiap nama yang mungkin saja sama. Oleh sebab itu, Anda memerlukan kunci primer untuk memastikan setiap nama tersebut berbeda dan juga unik.

Syarat dari Primary
Key

Setelah mengetahui fungsi primary key, kemudian tabel harus memiliki kunci primer atau kunci utama yang bersifat unik. Namun dalam menentukan kunci primer, terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuhi antara lain: 

  • Tabel hanya bisa memiliki satu kunci primer.
  • Jumlah maksimal kunci primer yaitu 16 kolom dengan panjang kunci 900 byte.
  • Kolom kunci utama perlu Anda definisikan “NOT NULL” yang artinya memastikan bahwa nilai dalam
    kolom tersebut tidak boleh kosong. Jika Anda tidak memasukkan nilai atau data dalam kolom tersebut, maka akan terjadi kesalahan pada database.
  • Tidak boleh berisi nilai yang sama antara baris satu dengan baris lain.
  • Tipe data yang Anda gunakan untuk kunci primer tidak boleh tipe BLOB, melainkan INT, BIGINT, TINYINT, SMALLINT, dan sejenisnya.

Kolom kunci primer pada
SQL biasanya memiliki atribut bernama AUTO_INCREMENT yang akan menghasilkan urutan naik dari kunci tersebut secara otomatis. Dengan kata lain, kunci utama baris berikutnya akan lebih besar nilainya dari baris sebelumnya. 

Tips Menentukan Primary Key dalam
Database

Menentukan primary key adalah hal yang perlu Anda pahami, berikut ini beberapa tipsnya:

1. Hanya Satu Data yang Menjadi Kunci Primer

Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa primary key merupakan sebuah patokan dalam database. Artinya, hanya terdapat satu elemen data yang bisa menjadi referensi.
Sehingga saat Anda ingin menentukan data yang akan menjadi kunci primer, perlu berhati-hati agar tidak terjadi banyak perubahan karena kesalahan.

2. Tidak Boleh Melebihi Batas Kolom 

Saat Anda sudah menetapkan sebuah data sebagai kunci primer, maka data tersebut tidak boleh melebihi batas maksimum kolom yaitu 16. Perhatikan juga panjang kunci maksimal 900 byte agar tidak
terjadi kesalahan dalam database.

3. Kolom Primary Key Tidak Boleh Kosong

Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa kunci primer adalah “not null”, artinya data dalam kolom tersebut tidak boleh kosong. Jika Anda tidak mengisinya, maka akan terjadi kesalahan database.

4. Tidak Boleh Ada Nilai yang Sama dalam Kolom

Dalam kolom yang sudah Anda pilih sebagai kunci primer, tidak boleh ada data yang sama. Setiap data harus bersifat unik seperti nomor ID pada KTP, nomor telepon, nomor induk, dan data lain yang membedakan antara satu orang dengan orang lain. 

5. Data dalam Kunci Primer Tidak Boleh Bertipe BLOB

Meskipun banyak tipe data yang bisa Anda tentukan sebagai kunci primer, namun tidak boleh bertipe BLOB atau Binary Large Object. BLOB merupakan data yang tersimpan dalam entitas sebuah database management system. Data di BLOB tersimpan dalam bentuk multimedia atau berupa gambar, video, suara, atau file dokumen. 

Perbedaan Primary Key dan Foreign Key

Berikut ini perbedaan primary key dan foreign key yang perlu Anda ketahui: 

1. Primary Key 

Primary key adalah aturan yang berfungsi untuk membedakan antara baris satu dengan baris lain pada tabel dan bersifat unik atau
berbeda setiap barisnya. Contoh kolom yang biasa digunakan sebagai kunci primer yaitu data berupa angka dan tidak boleh bernilai null atau kosong.

2. Foreign Key

Foreign key adalah atribut untuk melengkapi hubungan antara satu tabel menuju tabel induk. Kunci ini sangat berguna jika Anda ingin menghubungkan banyak tabel.

Sudahkah Mengerti Tentang Primary Key?

Itulah penjelasan tentang kunci primer. Pastikan untuk memahami apa itu database terlebih dahulu sebelum mulai menerapkan kunci primer dalam tabel. Semoga artikel ini bermanfaat!

Jelaskan langkah langkah membuat primary key? | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x