Jelaskan sikap awal ketika melakukan gerakan mengayun simpai ke kanan dan ke kiri

By On Wednesday, September 28th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Jelaskan sikap awal ketika melakukan gerakan mengayun simpai ke kanan dan ke kiri – Apa kabar sista dan agan semua, Met Datang di website www.trendwisata.com ini. Sore ini, saya di blog Trend Wisata dot com mau memberikan ulasan yang mantap yang menampilkan tentang Jelaskan sikap awal ketika melakukan gerakan mengayun simpai ke kanan dan ke kiri. Sebaiknya sista dan agan simak dibawah ini:

Gambar macam-macam gerakan mengayun simpai dalam senam irama, 

Senam irama merupakan senam yang gerakannya selaras dengan lantunan irama. Senam irama dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau tidak menggunakan alat, salah satu alat yang biasa digunakan dalam senam irama adalah Simpai. Ada beberapa gerakan dalam senam irama dengan menggunakan simpai yang perlu diketahui, salah satu gerakannya adalah gerakan mengayun. Gerakan mengayun simpai dalam  senam irama dapat dilakukan dengan beberapa cara, berikut ini macam-macam gerakan mengayun simpai dalam senam irama dengan menggunakan simpai.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan-gerakan dalam senam irama,
bisa teman-teman baca dibawah ini.

1. Gerakan mengayun simpai ke kanan dan ke kiri

Cara melakukan gerakan mengayun simpai ke kanan dan ke kiri adalah sebagai berikut.

  • Sikap permulaan dengan berdiri di atas kaki kanan, kaki kiri ke samping kiri, simpai di tangan kanan.
  • Pada saat melakukan gerakan, ayunkan simpai ke samping kiri, kemudian ayunkan kembali simpai ke samping kanan, setelah itu putar badan ke arah kanan seperempat putaran, ayunkan simpai ke arah kanan badan melalui bawah.
  • Lakukan gerakan yang sama dengan sikap permulaan simpai di tangan kiri, kemudian ulangi gerakan tersebut beberapa kali.

2. Gerakan mengayun simpai ke depan dan ke belakang Cara melakukan gerakan mengayun simpai ke depan dan ke belakang, adalah sebagai berikut.

  • Sikap permulaan dengan berdiri diatas kaki kanan, ujung kaki kiri di samping tumit kanan, simpai dipegang tangan kanan lurus di depan badan.
  • Pada saat gerakan, ayunkan simpai ke belakang melalui bawah samping kanan badan, sambil membungkukkan badan, dan letakkan tumit kiri ke lantai. Setelah itu Kembali ke sikap semula. Begitu seterusnya dan kerjakan gerakan ini dengan simpai dipegang dengan tangan kiri.
  • Ulangi gerakan tersebut secara bergantian tangan yang memegang simpai dan lakukan beberapa kali.

3. Gerakan mengayun simpai silang ke kiri dan ke kanan Cara melakukan gerakan mengayun simpai silang ke kiri dan ke kanan, adalah sebagai berikut.

  • Sikap permulaan dengan berdiri di atas kaki kanan, ujung kaki kiri di samping tumit kanan, simpai dipegang tangan kanan lurus di depan badan.
  • Pada saat melakukan gerakan, ayunkan simpai silang ke kiri melalui bawah, bungkukkan badan sedikit. kemudian ayunkan kembali ke sikap semula. Begitu seterusnya dan kerjakan gerakan ini dengan simpai dipegang tangan kiri.
  • Ulangi gerakan tersebut secara bergantian tangan yang memegang simpai dan lakukan beberapa kali.

4. Mengayun simpai sambil melangkah Cara melakukan gerakan mengayun simpai sambil melangkah, adalah sebagai berikut.

  • Sikap permulaan berdiri dengan kaki kanan, sedangkan kaki berdiri dengan ujung jari di belakang. Simpai dipegang dengan tangan kanan di depan tubuh.
  • Pada saat gerakan, ayunkan simpai disamping kiri tubuh. Pada saat bersamaan kaki kiri diayunkan ke depan. Kemudian kembali ke sikap semula, lalu ayunkan simpai ke depan. Setelah itu ayunkan kembali simpai ke arah belakang, dan kembali ke sikap semula.
  • Ulangi gerakan dengan arah dan cara memegang simpai sebaliknya.


Sumber pustaka : Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Ilustrasi olahraga ringan. ©2012 Merdeka.com

PENDIDIKAN | 22 Juni 2016 12:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com – Pernahkah kamu melakukan senam irama? Senam irama adalah sebuah gerakan yang diikuti dengan nada atau irama tertentu seperti tepukan tangan atau yang lainnya. Senam irama ini bisa dilakukan dengan simpai atau tanpa alat. Ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan dalam senam irama menggunakan alat, misalnya saja gerakan mengayun dan melenting. Tentu saja, ada beberapa cara yang harus dilakukan dengan berurutan. Nah, sekarang kita akan membahas tentang mengayun depan, mengayun belakang dan ballet point. Simak caranya berikut ini:

  1. Letakkan kedua lengan di samping dengan posisi mendatar, sedangkan pegang simpai di tangan kanan. Buka kaki dan taruh berat badan di kaki sebelah kanan.
  2. Ayunkan simpai ke bawah depan badan sebelah kiri dengan tangan kanan menghadap ke depan. Tangkap simpai dengan tangan kiri dan pindahkan berat badan ke sebelah kiri. Lentingkan badan dan ayunkan simpai ke atas kepala sebelah kirimu. Setelah itu, badanmu akan kembali ke posisi semula.

Gerakan mengayun ini juga ada yang diarahkan ke belakang loh. Berikut ini caranya:

  1. Berdirilah dengan kaki yang rapat dengan simpai ada di tangan kanan di sebelah badan. Tangan diarahkan ke dalam.
  2. Ayunkan simpai ke depan dan ke belakang dengan tangan yang bergantian.

Berikut ini cara melakukan senam irama simpai ballet point:

  1. Berdirilah dengan kaki kiri ada di depan, tangan di dalam dan simpai di tangan sebelah kanan.
  2. Bengkokkan kaki kanan sambil membungkuk dan ayunkan simpai ke belakang. Ganti ke tangan kiri dan ayunkan ke depan. Lakukan berulang-ulang.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang tiga macam gerakan dalam senam irama menggunakan simpai.

(mdk/iwe)


8. Pada saat mempraktikkan kombinasi jalan di tempat dan lari cepat, ketika mendengar peluit ke-2, maka yang harus dilakukan adalah …. a. lari di te


mpat dengan mengangkat paha b. jalan di tempat pelan-pelan c. jalan ke depan dengan pelan d. berdiri dengan tegak, pandangan lurus ke depan​


Berikut merupakan macam-macam gerak melempar kecuali lemparan a samping B melambung C menyusur tanah D mendatar​


permainan lingkaran simpai dilakukan secara​


contoh kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif dalam permainan tenis meja yaitu​


di bawah ini merupakan pertanyaan yang tidak tepat untuk melakukan gerakan hindaran yaitu a menghindar ke sisi lawan B menghindar dengan cara mengangk


at kaki C menghindar dengan menundukkan badan D menghindar dengan menyilangkan kaki​


permainan tarik – menarik dilakukan secara​


permainan tarik – menarik dilakukan secara​


10 kondisi fisik beserta contohnya​


Jumlah tiang hinggap dalam permainan rounders?
Tolong dijawab yaa


C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut dengan tepat!
1. Bagaimana cara melakukan gerak berlari ke belakang?
Jawab:
2. Bagaimana cara melakukan lari


sambil menepuk tangan teman?
Jawab: ……..
Sebutkan cara melakukan gerakan berlari ke depan!
Jawab:
PR
Tuliskan langkah-langkah melakukan gerakan berlari berkelok-kel-
lingkaran!
Jawab:


apa yg dimaksud defensive foul! BANTU JAWABB​


1. TULISKAN 10 KOMPONEN KEBUGARAN JASMANI!2. JELASKAN MASING-MASING PENGERTIAN KOMPONEN KEBUGARAN JASMANI!3. TULISKAN JENIS-JENIS ATAU CONTOH LATIHAN


KEBUGARAN JASMANI BERDASARKAN KOMPONENNYA!​


Teknik dan kombinasi gerak spesifik fas atas adalah gerak spek pemainan bola voli bertujuan untuk.


soal pjok kls 8 tengah semester 8​


Salah satu jenis tendangan adalah
A taji
B sangga
C tebangan
D tebasan.


Komponen yang sangat penting untuk meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan adapah kekuatan.


Bagian kaki yang menjadi tumpuan saat lari estafet adalah.


Apa yang kita lakukan pada saat orang tenggelam di danau dan posisi tersebut tidak tau berenang?.


. ceritakan secara spesifik situasi pengalaman anda saat bekerja sama dengan orang lain yang memiliki beragam perbedaan, seperti budaya, cara pandang,


latar belakang, pendidikan, cara berpikir, dll d.1. ceritakan secara spesifik situasinya? apa tujuan dari kerjasama yang terjadi? keberagaman seperti apa yang anda hadapi?


. tindakan apa yang anda lakukan ketika disuruh melakukan ahl yang tidak sesuai dengan etika dan norma dan mengapa hal tersebut anda lakukan?

Jelaskan sikap awal ketika melakukan gerakan mengayun simpai ke kanan dan ke kiri | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x