Jenis saklar yang biasa digunakan untuk memilih suatu sistem kerja baik auto atau manual adalah

By On Wednesday, August 10th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Jenis saklar yang biasa digunakan untuk memilih suatu sistem kerja baik auto atau manual adalah – Pa kabar sista dan agan semua, Makasih banyak dah mau berkunjung ke situs TrendWisata dotcom ini. Di hari yang cerah ini, saya dari portal Trend Wisata ingin membagikan info yang cool yang menjelaskan tentang Jenis saklar yang biasa digunakan untuk memilih suatu sistem kerja baik auto atau manual adalah. Sebaiknya Agan tonton setelah ini:

Pengertian dan Macam-macam SaklarLabel:ListrikPengertian dan Macam-macam SaklarMacam-Macam Saklar Dan Fungsinya|Saklaradalah sebuahperangkat yang digunakan untuk memutuskan dan menghubungkanaliran listrik. Jadi saklar pada dasarnya adalahsuatu alatyang dapatatau berfungsi menghubungkan atau pemutus aliran listrik (arus listrik)baik itu pada jaringan arus listrik kuat maupun pada jaringan arus listriklemah.Yang membedakan saklar arus listrik kuat dan saklar arus listrik lemahadalah bentuknya kecil jika dipakai untuk alat peralatan elektronika aruslemah, demikian pula sebaliknya, semakin besar saklar yang digunakanjika aliran listrik semakin kuat.Macam-macam sakelar dan RelaySecara sederhana, saklar terdiri dari dua bilah logam yang menempelpada suatu rangkaian, dan bisa terhubung atau terpisah sesuai dengankeadaan sambung (on) atau putus (off) dalam rangkaian itu. Materialkontak sambungan umumnya dipilih agar supaya tahan terhadap korosi.Kalau logam yang dipakai terbuat dari bahan oksida biasa, maka saklarakan sering tidak bekerja. Untuk mengurangi efek korosi ini, paling tidaklogam kontaknya harus disepuh dengan logam anti korosi dan anti karat.Macam-Macam Saklar:SaklarPush ButtonSaklar push button adalah tipe saklar yang menghubungkan aliran listrik

sesaat saja saat ditekan dan setelah dilepas maka kembali lagi padaposisi off. Saklar tipe ini banyak digunakan pada rangkaian elektronikayang di kombinasikan dengan rangkaian pengunci.Saklar ToggleSaklar Toggle ini menghubungkan atau memutuskan arus dengan caramenggerakkan toggle/tuas yang ada secara mekanis. Ukurannya relatifkecil, pada umumnya digunakan pada rangkaian elektronikaSelector Switch, disingkat (SS)Saklar pemilih ini menyediakan beberapa posisi kondisi on dan kondisi off,ada dua, tiga, empat bahkan lebih pilihan posisi, dengan berbagai tipegeser maupun putar. Saklar pemilih biasanya dipasang pada panel kontroluntuk memilih jenis operasi yang berbeda, dengan rangkaian yangberbeda pula. Saklar pemilih memiliki beberapa kontak dan setiap kontakdihubungkan oleh kabel menuju rangkaian yang berbeda, misal untukrangkaian putaran motor cepat dan untuk rangkaian putaran motorlambat. Atau pada rangkaian audio misalnya memilih posisi radio, tapedan lainnyaSaklar MekanikSaklar mekanik umumnya digunakan untuk automatisasi dan juga proteksirangkaian. Saklar mekanik akan on atau off secara otomatis oleh sebuahproses perubahan parameter, misalnya posisi, tekanan, atau temperatur.

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 7 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Bentuk-bentuk pemasangannya saklar adalah:
1. Saklar ditanam dalam tembok sistem IN-BOUW

2. Saklar tidak ditanam di dalam tembok sistem OUT-BOUW

Ada beberapa persyaratan dalam pemasangan saklar antara lain:
1. Harus dapat melayani secara aman tanpa memerlukan alat bantu.
2. Saklar harus dipasang sedemikian rupa sehingga bagian yang bergerak (tangkai atau pengumpil) saklar tidak bertegangan pada waktu saklar dalam keadaan terbuka atau tidak terhubung (Puil 1977 Pasal 206 B1).

3. Dudukan semua saklar di dalam suatu instalasi harus seragam, misalnya: semua saklar dalam keadaan terhubung: Jika tangkai saklar didorong ke atas atau.

Jika pengumpil saklar bagian atas ditekan (Puil 1977 Pasal 206.B1)
1. Pemasangannya harus sedemikian rupa sehingga tidak mungkin akan terhubung sendiri oleh pengaruhgayaberatnya.

2. Kemampuan saklar sekurang-kurangnya harus mempunyai kemampuan sesuai dengan alat yang dihubungkan padanya, tetapi tidak boleh lebih kecil dari 5 A (Puil 1977 Pasal 630 C61).

Setelah kita saksikan bersama tentang pelaksanaan dari bermacam-macam penghubung untuk ini kami berikan sedikit keterangan-keterangan dari rangkaian penghubung tersebut.

Baca Juga :  Daur Hidup Ayam : Gambar dan Penjelasannya

1. Saklar tunggal (lihat gambar 1) Saklar ini tidak lagi memerlukan penjelasan. Ini suatu cara yang termudah untuk menghubungkan/memutuskan suatu hantaran.

2. Saklar seri/deret (lihat gambar 2) Saklar seri ini gunanya untuk memutuskan dan menghubungkan dua buah kelompok lampu secara bergantian.
Misalnya:

Lampu yang terdapat pada ruangan tamu dan lampu yang terdapat pada taman dapat hidup sendiri-sendiri atau seluruhnya dihidupkan pada waktu bersamaan.

3. Saklar tukar/hotel (lihat gambar 3)Saklar tukar/hotel ini digunkaan apabila kita menghendaki melayani satu lampu dari dua tempat atau lampu menyala secara berurutan.
Misalnya:

Pada lorong-lorong dalam kamar yang dua pintu dan tangga pada rumah bertingkat, maka kita pakai dua buah saklar tukar.

4. Saklar silang (lihat gambar 4)Saklar silang ini digunakan apabila kita harus dapat melayani satu lampu dan tiga tempat, maka kita pakai saklar silang waktu memasang. Hendaklah diingat, bahwa saklar yang pertama dan penghabisan haruslah dipasang saklar tukar, saklar di antaranya adalah saklar silang.

5. Saklar kutub dua (lihat gambar 5)

Misalnya:
Kamar mandi, atau penerangan luar sehingga kedua kawat lampu diputuskan hubungannya.

6. Saklar kutub tiga (lihat gambar 6)Saklar ini dipakai pada golongan yang terdiri dari sejumlah lampu-lampu besar.

Misalnya:
Untuk penerangan lantai, penerangan bagian atas dan gedung-gedung pertemuan untuk dihubungkan dengan tiga fasa. Hubungan ini disambung dan diputuskan dengan saklar kutub tiga.

7. Saklar tarik (lihat gambar 7)Saklar tarik ini digunakan pada kamar tidur, dan kamar mandi yang dapat dihidupkan dan dimatikan dengan menarik saklarnya dengan perantaraan tali sebagai penariknya.

8. Saklar tombol tekan (lihat gambar 8)Saklar tombol banyak digunakan untuk mengontrol motor-motor listrik dan juga banyak digunakan untuk melayani bel, dan lain-lain.

Baca Juga :  LINE : Pengertian, Fitur Utama, Kelebihan dan Kekurangan

Macam-macam jenis bentuk dan sifat saklar sangat beraneka ragam. Keaneka ragaman itu didasarkan atas pertimbangan kepentingan yang bermacam-macam.

Demikian banyak jenis dan coraknya sehingga tidak bisa dibahas semua. Tetapi asas kerjanya sama yaitu untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik dari sumber tegangan menuju beban.

Jenis saklar yang biasa digunakan untuk memilih suatu sistem kerja baik auto atau manual adalah | admin | 4.5