Kapan waktu untuk minum jahe dan kunyit?

By On Sunday, November 20th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Kapan waktu untuk minum jahe dan kunyit? – Apa kabar teman-teman semua, Makasih banyak dah mau berkunjung ke blog TrendWisata ini. Pagi ini, kami di website www.trendwisata.com pengen berbagi saran yang mantap yang menunjukkan pada anda mengenai Kapan waktu untuk minum jahe dan kunyit?. Sebaiknya sobs melihat dibawah ini:

Ilustrasi air jahe. Shutterstock/vanillaechoes

Merdeka.com – Ternyata ada banyak manfaat minum jahe sebelum tidur. Sebelum tidur dan mengistirahatkan tubuh, banyak kebiasaan yang dilakukan. Di
antaranya seperti menggosok gigi, mencuci muka, hingga membersihkan tempat tidur.

Namun, ada satu kebiasaan baik yang sebenarnya seringkali luput untuk dilakukan. Hal itu ialah mengonsumsi berbagai minuman sehat yang dilakukan untuk menjaga tubuh tetap prima. Salah satunya yakni minum jahe sebelum tidur.

Jahe merupakan tanaman herbal yang dikenal luas memiliki banyak khasiat bagi kesehatan
tubuh. Tanaman jahe yang penuh khasiat tersebut adalah jenis jahe merah. Tanaman asal daratan Asia Tenggara ini ternyata berkhasiat saat dikonsumsi menjelang waktu istirahat di malam hari.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat minum jahe sebelum tidur tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Mencegah Obesitas

Dilansir dari laman
Halodoc, manfaat minum jahe sebelum tidur yang pertama adalah mampu menurunkan berat badan. Kandungan di dalam jahe diklaim dapat memperbaiki sistem metabolisme tubuh dengan cepat.

Sistem metabolisme yang baik tentu akan membuat tubuh lebih cepat dalam membakar kalori serta lemak. Dengan begitu, berat
badan pun akan tetap terjaga. Selain dengan minum jahe sebelum tidur, penderita obesitas wajib melakukan rutin olahraga dan menjaga pola makan sehari-hari.

Shutterstock/michelepautasso 

Bantu Menjaga Gula Darah

Selain mampu mencegah obesitas, jahe juga
bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar gula darah di dalam tubuh. Jahe memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi pankreas.

Seperti yang diketahui, pankreas merupakan organ tubuh yang memproduksi hormon insulin sebagai pengatur kadar gula darah. Jika hormon insulin tetap terjaga, maka kadar gula darah di dalam tubuh pun tetap normal dan terhindar dari risiko penyakit diabetes yang mematikan.

3 dari 6 halaman

Meringankan
Sakit Kepala

Tidur merupakan kegiatan guna mendapatkan energi kembali sehingga tubuh tetap dapat melakukan berbagai rutinitas seperti biasa. Kegiatan sehari-hari seringkali membuat tubuh cepat lelah hingga mudah terserang sakit kepala.

Untuk meredakan sakit kepala dan migrain, Anda dapat mengonsumsi jahe sebelum tidur dengan mengurangi kandungan gula di dalamnya. Sebuah penelitian menunjukkan, jahe mampu meringankan migrain dari 100 pasien yang diberi obat dengan bubuk jahe.

© Fitlife.tv

Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

Manfaat mjahe yang paling dikenal luas adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan. Maka dari itu, manfaat minum jahe sebelum tidur juga tak jauh dari hal ini.

Jahe yang mengandung senyawa bersifat anti-inflamasi, anti-viral, hingga antibakteri dapat melegakan tenggorokan.
Sifatnya yang cenderung hangat juga dapat memecah lendir di tenggorokan sehingga gangguan pernapasan pun dapat segera diatasi dengan cepat.

4 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain itu, manfaat minum jahe sebelum tidur yang berikutnya yakni mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kandungan antioksidan aktif di dalam jahe juga dianggap mampu menghancurkan bakteri jahat penyebab infeksi hingga gangguan pencernaan
berat.

Kandungan jahe yang bersifat antimikroba juga dapat menghindarkan tubuh dari gangguan seperti sembelit, diare, dan penyakit usus lainnya. Caranya, minum jahe hangat dengan campuran madu sebanyak 1 gelas kecil secara rutin sebelum tidur.

Shutterstock/Krasimira Nevenova

Setelah beraktivitas seharian, tubuh seringkali terasa lelah hingga muncul nyeri otot yang tak tertahankan. Untuk melemaskan otot-otot yang tegang, kandungan jahe yang cenderung bersifat hangat dapat membantu tubuh dari rasa lelah berlebih.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian pada tahun 2013 yang melibatkan sejumlah atlet. Selama 6 minggu, para atlet yang mengonsumsi jahe disebut terjadi penurunan nyeri otot daripada mereka yang sama sekali tak minum jahe.

5
dari 6 halaman

Melancarkan Tekanan dan Aliran Darah

Manfaat minum jahe yang ketujuh yaitu dapat membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Aliran darah yang kurang lancar dan normal diketahui dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Di antaranya yaitu hipertensi, stroke, hingga penyakit jantung. Selain menjaga pola makan yang sehat, para penderita beberapa penyakit kronis tersebut dapat rutin mengonsumsi jahe hangat sebelum
tidur.

Instagram @rotiqunew ©2020 Merdeka.com

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat minum jahe sebelum tidur yang lain adalah mampu membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imun. Tubuh dengan sistem kekebalan yang baik cenderung memiliki risiko rendah untuk terserang berbagai penyakit.

Caranya
cukup mudah, konsumsi jahe hangat sebelum beristirahat dengan jumlah yang tepat. Selain itu, Anda juga tetap dapat mengonsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh menjelang tidur.

6 dari 6 halaman

Mencegah Penyakit Kanker

©europeanbedding.sg/

Manfaat minum jahe sebelum tidur yang terakhir adalah mampu mencegah tubuh dari penyakit kanker. Kanker merupakan gangguan kesehatan yang berasal dari pertumbuhan jaringan sel tumor ganas dan mampu menjalar hingga ke seluruh tubuh.

Sebuah
penelitian menunjukkan, kandungan aktif pada jahe terbukti cukup ampuh untuk menurunkan risiko terjadinya kanker. Kandungan aktif tersebut tak lain adalah antioksidan serta senyawa lainnya dalam jumlah cukup banyak.

Saat tubuh menerima asupan jahe hangat, maka banyak kandungan antioksidan yang mampu memperbaiki sel-sel di dalam tubuh. Selain kanker, ada banyak patogen sumber penyakit yang dapat dihindari dari minum jahe sebelum tidur.

[mta]

Kapan waktu yang tepat minum air rebusan jahe?

Air jahe yang diminum pagi hari saat perut kosong bisa menjaga kadar darah tetap seimbang dan menekan nafsu makan. Selain itu, air jahe mengurangi risiko penyakit jantung dengan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Minum jamu kunyit bagusnya kapan?

Biasanya jamu kunyit asam diminum sebelum makan. Bila jamu kunyit asam tersebut merangsang lambung, maka ramuan tersebut diminum setelah makan. Obat yang berkhasiat menguatkan atau tonik, diminum sewaktu perut kosong. Obat yang berkhasiat menenangkan diminum sewaktu mau tidur.

Bolehkah jahe dan kunyit diminum bersamaan?

Kedua herba ini bisa diolah untuk dikonsumsi, termasuk digabungkan menjadi jamu. Secara umum, tidak masalah mengkonsumsi jamu kunyit jahe sebelum ataupun setelah makan.

Berapa kali sehari minum air kunyit?

Kita tetap dapat menikmati segelas kunyit asam setiap pagi bukan menjadi masalah. Namun, apabila ingin lebih aman, minum setiap dua hari sekali untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Kapan waktu untuk minum jahe dan kunyit? | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x