Kenapa layar sentuh laptop tidak berfungsi

By On Monday, August 8th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Kenapa layar sentuh laptop tidak berfungsi – Pa kabar Agan dan sista semua, Selamat datang di web TrendWisata ini. Di hari yang cerah ini, kita dari portal TrendWisata pengen share ulasan yang mantab yang menampilkan tentang Kenapa layar sentuh laptop tidak berfungsi. Sebaiknya Agan dan sista cek berikut ini:

Sebagian besar laptop Windows 10 saat ini dilengkapi dengan layar sentuh. Meskipun layar sentuh terasa tidak berguna pada pandangan pertama, setelah Anda terbiasa, tidak ada jalan untuk kembali.

Sebagus apa pun itu, akan ada kalanya layar sentuh mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Misalnya, layar sentuh mungkin menjadi tidak responsif atau lambat saat disentuh. Apa pun alasannya, jika layar sentuh Anda tidak berfungsi di Windows 10, ikuti langkah pemecahan masalah yang ditunjukkan di bawah ini. Masalah ‘layar sentuh tidak berfungsi’ akan diperbaiki dalam waktu singkat.

Catatan: Saya menunjukkan ini di Windows 10 tetapi langkah yang sama dapat digunakan untuk sistem Windows 8.

Perbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi di Windows 10

Karena ada sejumlah alasan mengapa layar sentuh tidak berfungsi dengan benar, ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah tersebut. Saya telah meneliti dan membuat daftar semua kemungkinan yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah dan memperbaiki masalah tersebut. Ikuti perbaikan di bawah ini satu demi satu dan lihat apa yang berhasil untuk Anda.

1. Mulai ulang Windows 10

Aku tahu, ini tampak jelas. Namun, me-reboot sistem memperbaiki banyak masalah. Salah satu alasannya adalah, saat boot, Windows tidak perlu khawatir tentang file yang terkunci. Selain itu, Windows 10 memindai ulang dan mengonfigurasi semua perangkat keras agar berfungsi dengan baik. Ini terutama benar jika Windows baru saja memperbarui dirinya sendiri atau drivernya.

Untuk memulai ulang Windows 10, klik kanan pada menu mulai lalu pilih Shutdown or sign out -> Restart.

Setelah memulai ulang, coba gunakan layar sentuh dan lihat apakah sudah diperbaiki.

2. Perbarui Windows 10

Hal termudah kedua yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah layar sentuh adalah menginstal pembaruan yang tersedia. Jika Anda bertanya-tanya, terkadang, beberapa pembaruan yang sudah diinstal dapat bertentangan dengan driver layar sentuh. Ini pada gilirannya menyebabkan masalah layar sentuh.

Biasanya, Microsoft dengan cepat memperbaiki masalah ini melalui beberapa pembaruan lagi. Misalnya, pembaruan terbaru untuk pengguna v1709 merusak layar sentuh pada beberapa perangkat dan Microsoft dengan cepat merilis tambalan minggu depan melalui pembaruan Windows untuk memperbaiki masalah tersebut. Karena Windows 10 menerima pembaruan setidaknya sekali seminggu, kemungkinan pembaruan merusak fungsionalitas layar sentuh Anda.

1. Anda dapat memperbarui Windows 10 dari aplikasi pengaturan. Untuk melakukannya, tekan Menang + saya untuk membuka aplikasi Pengaturan. Di aplikasi Pengaturan, buka Update and Security dan kemudian ke Windows Update.

2. Di panel kanan, klik pada Check for updates.

3. Segera setelah Anda mengklik tombol, Windows 10 mulai memeriksa pembaruan. Mungkin satu atau dua menit untuk memeriksa pembaruan baru.

4. Jika ada pembaruan yang tersedia, Windows 10 akan secara otomatis mengunduh dan menginstalnya.

Setelah menginstal, reboot Windows dan lihat apakah layar sentuh berfungsi.

3. Nonaktifkan dan Aktifkan Layar Sentuh

Ketika perangkat keras menyebabkan masalah, Anda harus mencoba mencabut dan memasangnya kembali. Namun, karena layar sentuh tidak mudah dicabut, Anda dapat menonaktifkan dan mengaktifkan layar sentuh. Secara umum, ini memperbaiki masalah layar sentuh yang tidak berfungsi di Windows 10.

1. Pertama, buka menu mulai, cari Device Manager dan buka.

2. Di pengelola perangkat, perluas Human Interface Devices pohon, temukan perangkat layar sentuh Anda, klik kanan padanya, dan pilih Disable.

3. Anda mungkin melihat pesan peringatan, klik pada Yes atau Continue untuk bergerak maju.

4. Setelah menonaktifkan perangkat layar sentuh, klik kanan lagi pada perangkat dan pilih Enable. Tindakan ini akan mengaktifkan perangkat.

Setelah mengaktifkan perangkat layar sentuh, reboot Windows 10, dan lihat apakah layar sentuh berfungsi.

4. Instal ulang Driver Layar Sentuh

Jika menonaktifkan dan mengaktifkan tidak berhasil, Anda dapat mencoba menginstal ulang driver. Biasanya, Anda tidak akan mendapatkan driver layar sentuh dari pabrikan laptop Anda karena Windows 10 menginstal driver generik yang kompatibel dari katalognya. Dengan demikian, menginstal ulang driver layar sentuh di Windows 10 cukup mudah.

1. Pertama, buka menu mulai, cari Device Manager dan buka.

2. Sekarang, perluas Human Interface Devices pohon, temukan perangkat layar sentuh Anda, klik kanan padanya, dan pilih Uninstall device.

3. Anda akan melihat pesan peringatan. Klik pada Uninstall untuk melanjutkan.

4. Setelah menguninstall driver, restart komputer Anda dan Windows 10 akan secara otomatis menginstal ulang driver layar sentuh untuk Anda.

Karena penginstalan ulang driver memperbaiki banyak masalah, lihat apakah layar sentuh Windows 10 atau masalah kerja telah diperbaiki atau tidak.

5. Kalibrasi Ulang Layar Sentuh Windows 10

Di luar kotak, pabrikan laptop Anda akan mengkalibrasi layar sentuh Windows 10 agar berfungsi dengan baik di sistem Anda. Namun, terkadang kalibrasi layar sentuh mungkin rusak dan menyebabkan masalah dengan fungsi normal. Dalam situasi tersebut, Anda perlu mengkalibrasi ulang layar sentuh. Untungnya, Windows 10 memiliki alat kalibrasi ulang layar sentuh bawaan.

1. Buka menu mulai, cari Calibrate the screen for pen or touch input dan buka.

2. Di jendela pengaturan PC tablet, klik pada Setup di bawah bagian Konfigurasi.

3. Anda akan diminta untuk memilih jenis layar. Karena kami ingin mengkalibrasi layar sentuh, pilih Touch Input.

4. Sekarang, ikuti petunjuk di layar di wizard. Setelah selesai, mulai ulang Windows 10.

Setelah memulai ulang, lihat apakah layar sentuh berfungsi di Windows 10. Jika tidak lanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Mungkin Perangkat Keras Layar Sentuh Rusak – Hubungi Produsen Perangkat

Jika semua langkah di atas gagal menyelesaikan masalah layar sentuh di Windows 10 maka kemungkinan besar itu adalah masalah perangkat keras.

Ini berarti Anda perlu menghubungi produsen perangkat Anda untuk menyelesaikan masalah. Jika perangkat Anda masih dalam garansi, jangan coba memperbaikinya sendiri atau membawanya ke pusat layanan perbaikan pihak ketiga. Sebagian besar produsen perangkat akan memiliki semacam layanan RMA. Hubungi pabrikan, jelaskan masalah Anda dan mereka mungkin membantu Anda.

Meskipun masa garansi telah berakhir, hubungi produsen perangkat terlebih dahulu, lalu lanjutkan ke layanan perbaikan pihak ketiga, jika diperlukan. Saya mengatakan ini karena sebagian besar produsen laptop memiliki alat diagnostik perangkat keras berpemilik yang menunjukkan masalah sebenarnya.

Itu saja untuk saat ini. Jika saya menemukan solusi baru, saya akan mencantumkannya di sini. Jangan lupa untuk berkomentar di bawah untuk membagikan metode mana yang berhasil untuk Anda.

Kenapa layar sentuh laptop tidak berfungsi | admin | 4.5