Kenapa menyimpan video di Instagram tidak ada suaranya

By On Wednesday, November 16th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Kenapa menyimpan video di Instagram tidak ada suaranya – Apa kabar kawan semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke blog TrendWisata ini. Pagi ini, kita dari situs trendwisata.com mau berbagi Q dan A yang wokeh tentang Kenapa menyimpan video di Instagram tidak ada suaranya. Silahkan teman simak setelah ini:

Kenapa Fitur Musik Instagram Tidak Ada Suaranya – Instagram terus menyediakan fitur yang semakin lengkap untuk penggunanya. Salah satunya adalah fitur musik Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan musik-musik tertentu ke InstaStory maupun postingannya. 

Namun sayangnya, seringkali fitur ini tidak berfungsi dan tidak muncul suara. 

Nah kenapa fitur musik
Instagram tidak ada suaranya? Lalu seperti apa ya solusinya? 

Yuk mari simak penjelasannya di artikel berikut.

Penyebab Tidak Muncul Suara

Apa sebenarnya yang menyebabkan fitur musik ini tidak menghasilkan suara? Padahal seharusnya fitur tersebut bisa mengeluarkan suara untuk dinikmati oleh pengguna. 

Ada dua faktor yang bisa menjadi penyebab dari masalah ini. Sebaiknya pahami dulu kenapa fitur musik Instagram tidak ada suaranya, baru kemudian mencari solusi
yang tepat untuk mengatasinya.

Pertama, suara tidak bisa muncul karena musik yang digunakan tersebut tidak available atau tidak tersedia di negara pengguna. Banyak sekali jenis musik yang belum ada lisensi untuk digunakan oleh pengguna Instagram di negara tertentu. 

Jika belum ada lisensinya, maka pengguna akan mendapat notifikasi bahwa musik tersebut tidak available, sehingga suaranya juga tidak akan muncul.

Faktor kedua yang menyebabkan suara di fitur musik Instagram
tidak muncul, adalah karena aplikasinya belum update. 

Artinya aplikasi Instagram yang dipakai oleh pengguna masih yang versi lama. Jika belum dilakukan pembaruan maka fitur tersebut tidak akan bisa digunakan. Sehingga suara yang diharapkan muncul tidak akan terdengar.

Hilangnya suara pada fitur musik ini tentunya sangat mengganggu para pengguna Instagram. Padahal suara ini akan memberikan kesan yang lebih baik pada konten yang diunggah, baik lewat feed maupun Instastory. 

Jika hilangnya suara disebabkan oleh faktor pertama (yaitu masalah lisensi), maka tidak ada yang bisa dilakukan. Namun jika disebabkan oleh faktor lain, maka masih bisa dicari solusi yang tepat.

Memunculkan Suara di Instagram

Setelah mengetahui kenapa fitur musik Instagram tidak ada suaranya, maka mari kita cari solusi yang bisa dilakukan. Solusi ini cukup urgent untuk dicoba, sebab pasti akan terasa aneh saat pengguna membuka konten video atau Instastory yang tidak disertai
suara/musik. 

Berikut ini ada beberapa solusi yang bisa diterapkan:

1. Lakukan Update

Pilihan pertama, pengguna sangat disarankan untuk melakukan update aplikasi Instagram yang dipakai saat ini. 

Update aplikasi ini sangat mudah untuk
dilakukan, karena Anda hanya tinggal masuk ke PlayStore atau AppStore. Dengan melakukan update, maka fitur yang ada di Instagram akan otomatis diperbarui, sehingga memungkinkan adanya pemutaran suara.

Masalahnya ada sebagian orang yang malas melakukan update aplikasi yang digunakannya. Padahal aplikasi tersebut pasti akan mengalami pembaruan secara berkala. Jadi sangat disarankan untuk update aplikasi secara rutin, supaya pengguna bisa menikmati semua fitur yang ada, bahkan
fitur terbaru sekalipun.

Saat melakukan update, pastikan ada koneksi internet yang lancar. Selain itu pastikan juga ada ruang memori yang memadai untuk update aplikasi. Kemudian segera lakukan update dan tunggu sampai prosesnya selesai. 

Jika sudah selesai, langsung saja masuk ke aplikasi tersebut dan cek apakah fiturnya sudah diperbarui atau belum. Cek pula apakah fungsi musik sudah bisa diputar atau belum.

2. Login Ulang

Sebenarnya melakukan update aplikasi
dianggap sebagai solusi yang paling efektif. Umumnya fitur Instagram tidak bisa berfungsi optimal karena versi aplikasinya sudah terlalu jadul. 

Namun jika sudah melakukan update dan saat dicek ternyata masih sama saja, pengguna bisa coba melakukan login ulang.

Cobalah untuk Log out atau keluar dari akun Instagram terlebih dahulu. Setelah itu lakukan Log in ulang agar Instagram bisa memuat ulang semua fitur-fiturnya. 

Namun sebelum melakukan langkah ini,
maka pastikan dulu bahwa data username dan password masih diingat dengan jelas. Jangan sampai setelah Log out lalu kemudian malah sulit untuk Log in kembali (karena lupa password).

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic Kekinian

3. Restart Ponsel

Solusi berikutnya yang bisa dicoba adalah
melakukan restart ponsel. 

Terkadang ada kendala pada aplikasi yang ada di perangkat, dan ternyata bisa diatasi ketika perangkat tersebut di-restart. Cara ini bisa jadi pilihan alternatif, terutama kalau dua cara sebelumnya diatas sudah dicoba dan ternyata belum berhasil. 

Dengan melakukan restart, maka aplikasi-aplikasi yang ada akan memulai ulang, sehingga mungkin saja masalah suara tadi bisa teratasi.

Info Menarik Lainnya : Cara Promosi di Instagram Ads dan Manfaat yang Diperoleh Pebisnis

4. Bersihkan Cache

Pengguna ponsel dan aplikasi mobile harusnya tahu betul apa
itu Cache

Cache ini bisa diartikan sebagai sampah penyimpanan yang berasal dari berbagai jenis aplikasi di sebuah perangkat. 

Cache dapat bertambah semakin banyak dan bisa menyebabkan kendala pada performa aplikasi. Misalnya seperti aplikasi yang jadi lemot, atau aplikasi tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.  

Nah tidak munculnya suara pada fitur musik Instagram bisa terjadi karena penumpukan sampah cache ini. Jadi sangat disarankan untuk
melakukan pembersihan cache. 

Untuk menghapus cache, pengguna bisa langsung masuk ke menu Pengaturan di smartphone lalu pilih menu Manajemen Aplikasi. Setelah itu silakan klik Instagram, buka opsi Penggunaan dan Penyimpanan kemudian klik menu Hapus Cache.

Info Menarik Lainnya : Simak! Cara Download Video di IGTV Dengan Mudah

5. Lakukan Instalasi Ulang

Bagaimana jika semua cara diatas sudah dicoba, namun tetap tidak bisa memunculkan suara di fitur musik Instagram? Masih ada satu cara lagi yang bisa dilakukan, yaitu instalasi ulang aplikasi Instagram. 

Cobalah untuk Log out dulu, kemudian hapus aplikasi Instagram. Setelah itu lakukan instalasi ulang dan cek apakah fitur musik sudah berfungsi normal atau belum.

Itulah beberapa
penyebab kenapa fitur musik Instagram tidak ada suaranya dan apa saja solusi yang bisa dicoba. Jika fitur musik sudah berfungsi secara normal, maka pengguna bisa mendengarkan sound atau musik dari berbagai jenis postingan. 

Selain itu pengguna juga bisa menambahkan musik tersebut ke postingan milik sendiri.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Kenapa save video musik Instagram tidak ada suaranya?

Maka, ketika terjadi fitur musik Instagram tidak ada suaranya itu disebabkan karena banyaknya cache yang menumpuk. Dengan menghapus file cache juga akan membuat Hp lebih ringan.

Bagaimana cara menyimpan video story IG dengan musik?

Langkah-langkah untuk menggunakan situs ini, sebagai berikut:.

Cari Instagram stories dengan musik yang hendak Anda unduh..

Salin link story IG tersebut..

Kemudian, buka website snapinsta.app/id..

Tempelkan link pada kolom yang tersedia..

Setelah itu, klik “Download” dan tunggu sampai video story IG tersebut muncul..

Mengapa reels tidak ada suara?

Dia menyebut hilangnya audio di Reels adalah tidak sengaja dan merupakan sebuah bug. “Karena bug, fitur mengunduh Reels tidak bekerja sesuai yang diharapkan pengguna iOS dan dalam beberapa kasus, audio hilang ketika diunduh,” kata juru bicara Meta, Seine Kim, dikutip dari The Verge, Sabtu (20/8).

Kenapa setiap upload video di Instagram suaranya aneh?

Masalah suara yang aneh bisa jadi dikarenakan codec dari video yang diterima Instagram rusak, berbeda, atau tidak terdukung. Masalah ini dinamakan distorsi. Hal ini pastinya akan membuat momen kalian menjadi rusak karena tidak dapat membagikan video.

Kenapa menyimpan video di Instagram tidak ada suaranya | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x