Kenapa perut bagian bawah terasa keras

By On Sunday, November 13th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Kenapa perut bagian bawah terasa keras – Hi ibu dan bapak semua, Thanks dah mau datang ke halaman blog TrendWisata ini. Malam ini, kami di portal Trend Wisata mau share Q dan A yang cool yang menunjukkan pada anda mengenai Kenapa perut bagian bawah terasa keras. Sebaiknya sobs lihat dibawah ini:

Terdapat tanda-tanda hamil muda pada perut yang mungkin dapat Anda rasakan, apa sajakah itu? Tahukah Anda bahwa hamil muda, tidak selalu ditandai dengan perut yang buncit. Walaupun, perut belum terlihat membesar, namun sebenarnya terdapat banyak perubahan yang menjadi sebuah tanda kehamilan.

Beberapa tanda hamil muda yang bisa Anda rasakan atau kenali adalah seperti perut mual, perut kram, perut kencang, perut kembung, dan perut
sembelit. Selain itu, tanda hamil muda lainnya adalah perut bagian bawah yang kerap kali terasa sakit pada awal masa kehamilan. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa salah satu tanda kehamilan tersebut, tidak sepenuhnya terjadi pada setiap ibu hamil. 

Tanda-Tanda Hamil Muda

Ketika hamil muda, mungkin Anda belum sadar terjadinya tanda awal kehamilan, atau perubahan pada perut Anda. Walaupun begitu terdapat beberapa tanda awal kehamilan
di perut Anda, yang mungkin terasa saat hamil muda. Di bawah ini adalah tanda-tanda hamil muda pada perut yang mungkin dialami oleh Anda:

  1. Perut Mual

Perut yang terasa mual di pagi hari menjadi tanda hamil muda pada perut yang umum terjadi. Kondisi seperti ini biasa disebut sebagai morning sickness, meskipun begitu tanda hamil ini juga bisa terjadi
di sore, malam, atau siang hari. Biasanya perut mual terjadi setelah usia kehamilan Anda memasuki minggu keenam, atau bisa juga lebih cepat.

Kondisi dimana perut terasa mual biasanya diakibatkan peningkatan hormon progesteron. Hal ini akan menyebabkan sistem pencernaan menjadi lambat, lalu muncul rasa mual. 

  1. Perut Kram

Tanda-tanda
hamil muda pada perut yang selanjutnya adalah perut kram. Tanda hamil muda yang satu ini biasa muncul dengan flek darah, yang mana mungkin menjadi sebuah gejala terjadinya implantasi. Implantasi yakni sel telur yang dibuahi lalu menempel pada dinding rahim. Untuk mengatasi perut kram maka Anda bisa mencoba untuk berbaring atau duduk sebentar.

Selain itu, untuk mengatasi kram perut Anda juga bisa melakukan beberapa gerakan secara perlahan. Penting juga untuk Anda
menghindari konsumsi minuman beralkohol dan tidak merokok.

Baca Juga: Mengetahui Ciri-Ciri Orang Hamil Dari Bentuk Perut

  1. Perut Kencang

Pada beberapa kasus, mungkin ada beberapa perempuan
yang mengalami tanda-tanda hamil muda pada perut seperti perut kencang. Umumnya perasaan yang muncul adalah otot bagian perut yang terasa seperti diregangkan, ditusuk, atau ditarik. Penyebab perut kencang ini yakni rahim yang berkembang, dan juga jaringan serta ligamen yang meregang dengan cepat.

Hal ini terjadi karena adanya upaya untuk penyesuaian pertumbuhan rahim. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kencang adalah minum air putih yang
banyak, istirahat, mandi air hangat, atau lakukan pijatan yang lembut. 

  1. Perut Kembung

Mungkin Anda sudah tahu bahwa perut kembung adalah gejala menstruasi yang umum. Ternyata pada kehamilan, kondisi ini juga bisa menjadi sebuah tanda. Perut kembung pada kehamilan umumnya diakibatkan terjadinya peningkatan hormon progesteron. Saat Anda mengalami perut kembung,
maka hindari jenis makanan atau minuman yang bisa menyebabkan perut kembung. Misalnya kacang, kol, kubis, alkohol, kopi, dan lainnya. 

  1. Perut Sembelit

Tanda-tanda hamil muda pada perut yang selanjutnya adalah perut sembelit. Terjadinya perubahan hormon ketika hamil dapat menjadi penyebab sistem pencernaan melambat. Hal inilah yang dapat mengakibatkan perut
sembelit. Terjadinya perut sembelit, biasanya dibarengi perut kembung. Untuk mengatasi tanda hamil muda satu ini, maka Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat, yakni seperti buah dan sayuran. 

Beberapa gejala awal masa kehamilan yang mungkin Anda juga alami adalah seperti mudah lelah, sering buang air kecil, nyeri di area payudara, hingga suasana hati yang berubah. Namun, ada juga yang tidak merasakan tanda atau gejala apapun di
awal masa hamil. Sehingga orang tersebut tidak sadar bahwa dirinya hamil.

Jika terjadi tanda-tanda hamil muda pada perut yang dirasa tidak normal, maka jangan ragu untuk segera menemui dokter atau layanan kesehatan lainnya. Hal ini untuk menjaga kondisi kehamilan baik ibu dan janin tetap sehat dan aman.

Cukup sekian informasi yang dapat
tim
aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health.Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google
Play.

Baca Juga:Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat?

Referensi:

1. Mayo Clinic, symptoms of
pregnancy

2. What to Expect, early symptoms of pregnancy

3. Healthline, stomach tightening during pregnancy

4. Planned Parenthood

Perut bagian bawah terasa keras apakah tanda hamil?

Untuk perut bawah keras itu dalam kehamilan artinya rahim yang berisi janin tersebut telah besar sehingga dapat diraba dari perut. rahim dapat mulai diraba di perut bawah mulai minggu ke 8/ sekitar 2 bulan kehamilan (masih susah diraba), di bawah 8 minggu lebih tidak dapat diraba.

Perut keras saat ditekan itu tanda apa?

Perut begah dan keras biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu, terdapat gangguan pada pergerakan otot sistem pencernaan Anda, bahkan gangguan hormon dan stres yang berlebih. Tak jarang pula kondisi medis tertentu menjadi penyebab masalah ini dan membutuhkan penanganan segera.

Apa penyebab perut terasa kencang dan keras?

Penyebab Perut Begah dan Keras
Perut begah dan keras adalah kondisi yang umumnya dipicu oleh makanan tertentu atau adanya gangguan pada pergerakan otot pada sistem pencernaan. Pada kasus yang jarang terjadi, kondisi tersebut bisa menjadi pertanda adanya gangguan medis serius yang membutuhkan penanganan segera.

Kenapa perut bagian bawah seperti ada yang mengganjal?

Perut terasa mengganjal penyebabnya :
Terjadi sembelit akibat kurang makan yang banyak mengandung serat. Makan yang terburu-buru atau terlalu banyak dalam satu waktu. Alergi atau intoleransi kandungan makanan dan minuman tertentu. Infeksi pada usus.

Kenapa perut bagian bawah terasa keras | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x