Kenapa tidak boleh minum air putih tengah malam?

By On Tuesday, November 8th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Kenapa tidak boleh minum air putih tengah malam? – Halo kawan-kawan semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke website trendwisata.com ini. Siang ini, saya di website Trend Wisata akan share tips yang bagus yang akan menunjukkan tentang Kenapa tidak boleh minum air putih tengah malam?. Ini dia om dan tante cek di bawah ini:

Pada dasarnya, minum air di malam hari bukanlah hal yang tidak menyehatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Minum air putih yang cukup memang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, banyak minum air menjelang waktu tidur justru dapat membawa dampak yang kurang baik.

Pada dasarnya, minum air di malam hari itu sendiri bukanlah sesuatu tidak menyehatkan. Akan tetapi, banyak minum air menjelang tidur dapat membuat seseorang terbangun di malam hari
karena ingin buang air kecil. Kualitas tidur yang terganggu ini secara umum tidak baik bagi kesehatan.

Menurut ahli imunologi integratif Heather Moday MD, kualitas tidur yang buruk bisa berdampak pada sistem imun yang lebih lemah. Hal ini tentu bukan sesuatu yang diinginkan siapa pun di masa pandemi.

“Ketika tubuh ktia beristirahat, sel-sel sistem imun juga bisa memfokuskan semua upaya dan energi untuk melakuakn serangan kuat melawan virus dan bakteri,”
ujar Moday, seperti dilansir Mind Body Green, Rabu (11/11).

Selain itu, tidur yang terganggu juga dapat mengganggu kesehatan usus. Seperti diketahui, kesehatan usus turut berperan dalam fungsi imun, pencernaan, dan otak.

Dokter keluarga Robert Rountree MD mengatakan hal penting mengenai tidur tak hanya soal total durasinya. Penting pula bagi seseorang untuk mendapatkan tidur mendalam atau tidur REM yang cukup.

Terbangun di
malam hari untuk buang air kecil dapat mengganggu siklus tidur. Kondisi ini dapat memicu kepeningan dan energi yang terbatas ketika terbangun di pagi hari.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kapan waktu ideal untuk berhenti minum sebelum tidur. Waktu ideal ini tentu berbeda pada setiap orang, bergantung pada usia, status kesehatan, hingga aktivitas fisik atau seksual.

Secara umum, dokter spesialis urologi Vannita Simma-Chiang MD menganjurkan agar
minum terakhi dilakukan 3-4 jam sebelum tidur. Namun, bila memang merasa haus atau tenggorokan terasa kering setelah itu, sebaiknya tetap minum air. Pastikan untuk buang air kecil sebelum tidur setelahnya.

Bila seseorang tetap terbangun untuk buang air kecil meski sudah mengotrol asupan minum, bisa jadi kondisi tersebut berkaitan dengan beberapa penyakit. Misalnya, diabetes, tekanan darah tinggi, atau penggunaan obat untuk kardiovaskular seperti obat diuretik.

Ahli gizi Jess Cording menyarankan orang-orang untuk menyiapkan segelas air di dekat tempat tidur mereka. Segelas air ini dipersiapkan untuk diminum keesokan hari saat bangun tidur. Minum air putih sesaat setelah bangun tidur dianjurkan untuk mempromosikan hidrasi yang positif sepanjang hari, untuk usus yang optimal, dan tubuh sehat secara keseluruhan. 

Reporter

Minggu, 23 Januari 2022 20:45 WIB

Ilustrasi wanita
minum air. Freepik.com/Jcomp

TEMPO.CO, Jakarta – Orang sering menyimpan air di samping tempat tidur untuk berjaga-jaga jika merasa haus tengah malam. Tapi ternyata minum terlalu banyak air sebelum tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur. Mengapa?

Psikolog berlisensi dan
dokter perilaku tidur Shelby Harris, mengatakan bahwa tidak cukup hidrasi dapat mengganggu kualitas istirahat. Sebuah studi 2019 menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki durasi tidur pendek (enam jam atau kurang) memiliki tingkat hidrasi yang tidak memadai.

Sebaliknya, minum terlalu banyak juga dapat menyebabkan tidur terganggu. Alasannya, saat kebanyakan minum, kandung kemih akan pebuh sehingga harus
berkali-kali bangun untuk ke kamar mandi.

Jadi, berapa banyak batas minum sebelum tidur dan kapan terakhir? Setiap orang memiliki batas yang berbeda. Tapi, Harris menyarankan untuk memenuhi cairan di siang hari agar tak terlalu banyak minum di malam hari. “Sebagian orang tidak cukup minum di siang hari, jadi ketika malam hari, mereka sangat haus,” katanya.

Akibatnya, banyak orang banyak minum hingga menjelang tidur yang menyebabkan sering
buang air kecil tengah malam.

Untuk malam hari, ahli urologi Vannita Simma-Chiang merekomendasikan untuk minum air  terakhir hari itu tiga hingga empat jam sebelum tidur.

Tapi ini bukan berarti tidak boleh minum lagi. “Tidak apa-apa, tetapi cobalah untuk membatasi [air] hingga maksimal 8 ons (sekitar 230 mililiter),” katanya.

Sekali lagi, selalu lebih memprioritaskan hidrasi yang
cukup sepanjang hari. “Saya mennyarankan semua orang minum di pagi hari jika memiliki tidur malam yang sulit. Mulailah hari dengan segelas besar air putih,” kata Harris.

Baca juga: 5 Keuntungan Minum Air Putih di Pagi Hari, Bikin Kulit Sehat

Selalu update info terkini. Simak breaking
news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Rekomendasi Berita

Kebiasaan yang Sering Menunda Tidur dapat Memperburuk Kecemasan

13 jam lalu

Kebiasaan yang Sering Menunda Tidur dapat Memperburuk Kecemasan

Kadang-kadang kita semua menunda tidur untuk “me-time” ekstra, tetapi jika terus-menerus mempengaruhi kualitas dan kesehatan mental

19 jam lalu

Dampak Buruk Begadang untuk Metabolisme Tubuh

Begadang memiliki efek serius bagi kesehatan metabolisme tubuh, termasuk resistensi insulin. Ayo cukupkan waktu tidur.

2 hari lalu

Menurut Studi Wanita Kurang Tidur Motivasi di Tempat Kerja Menurun

Menurut studi tidur atau kurang tidur mungkin memiliki pengaruh yang lebih besar pada motivasi wanita daripada pria.

8 Tips Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

2 hari lalu

8 Tips Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Penting sekali menjaga daya tahan tubuh di musim hujan. Apa saja yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat?

Trik Parenting ala Prancis yang Bikin Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

2 hari lalu

Trik Parenting ala Prancis yang Bikin Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Teknik menidurkan bayi ini disebut le pause, memberi kesempatan bayi untuk menenangkan diri dan tidur sendiri.

Sleep Divorce Tidur Terpisah dengan Pasangan Apa Manfaatnya?

3 hari lalu

Sleep Divorce Tidur Terpisah dengan Pasangan Apa Manfaatnya?

Tidur terpisah dengan pasangan dapat menguntungkan kualitas tidur dan hubungan Anda

Waktu Tidur Terbaik Berdasarkan Kapan Harus Bangun

5 hari lalu

Waktu Tidur Terbaik Berdasarkan Kapan Harus Bangun

Hanya karena Anda sudah tidur lebih lama, itu tidak berarti Anda akan merasa lebih baik beristirahat

Kurang Tidur dan Dampak Kesehatan Jangka Panjang

6 hari lalu

Kurang Tidur dan Dampak Kesehatan Jangka Panjang

Penelitian menemukan hubungan antara kurang tidur dan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke di kemudian hari.

Tips Kembali Tidur Nyenyak setelah Terbangun Tengah Malam

7 hari lalu

Tips Kembali Tidur Nyenyak setelah Terbangun Tengah Malam

Suhu ruangan, lampu, suara, atau
faktor lainnya dapat menyebabkan gangguan tidur.

Manfaat Inemuri, Tidur Singkat di Tempat Kerja dalam Budaya Jepang

7 hari lalu

Manfaat Inemuri, Tidur Singkat di Tempat Kerja dalam Budaya Jepang

Tak sekadar menjadi budaya tidur yang unik, inemuri atau tidur siang di tempat kerja juga memiliki
beragam manfaat.

Bolehkah minum air putih di tengah malam hari?

Konsumsi air putih hangat di malam hari setelah makan besar bisa sangat bermanfaat. Hal ini bisa membersihkan tubuh secara alami serta menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, hal ini juga mempercepat proses pencernaan dan mencegah konstipasi.

Apa bahaya minum tengah malam?

Efek samping minum air malam hari adalah terjadinya nokturia atau BAK (Buang Air Kecil) pada malam hari, yang menyebabkan terganggunya waktu tidur.

Apakah boleh setelah minum air putih langsung tidur?

Anda disarankan untuk berhenti minum air dua jam sebelum tidur. Hal ini penting dilakukan agar Anda tidak membanjiri tubuh Anda dengan cairan ekstra yang dapat menyebabkan Anda ingin buang air kecil saat tengah malam.

Berapa Banyak minum air putih malam hari?

Memenuhi kebutuhan cairan dalam satu hari
Apalagi, selama 7-8 jam Anda tidur malam hari, tubuh tak akan mendapatkan cairan apapun. Jadi, untuk mencegah tubuh Anda mengalami kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi, maka Anda bisa memanfaatkan waktu malam sebelum tidur untuk minum satu sampai dua gelas air putih.

Kenapa tidak boleh minum air putih tengah malam? | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x