Letak Geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan jelaskan

By On Wednesday, September 7th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Letak Geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan jelaskan – Pa kabar sobat semua, Thanks dah mau datang ke website www.trendwisata.com ini. Kali ini, kita dari website Trend Wisata ingin share tips yang mantap yang akan menunjukkan tentang Letak Geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan jelaskan. Langsung saja ibu dan bapak menyimak dibawah ini:

Jika bicara soal benua terluas di dunia, jawabannya adalah benua Asia. Nama Asia berasal dari kata Asu (salah satu etnis penduduk di wilayah Timur tengah) artinya daratan matahari terbit. Asia merupakan benua terbesar yang berada di bumi, jumlah penduduk juga besar pada tahun 2002 mencapai 3.766 juta jiwa; sedang jumlah penduduk dunia 6.215 juta jiwa.

Luas permukaan bumi 510.074.600 km2, meliputi daratan seluas 148.940.540 km2 (30%) dan lautan 361.134.060 km2 (70%). Daratan muka bumi meliputi Benua Asia, Amerika, Afrika, Eropa, dan Australia, serta daratan luas Antartika. Samudra di bumi meliputi Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, dan Arktik.

Benua Kuning adalah sebutan untuk Benua Asia. Sebutan ini ada disebabkan terdapat masyarakat mayoritas yaitu ras mongoloid yang mempunyai kulit kuning. Sebutan itu dahulu digunakan masyarakat Eropa untuk menunjuk Benua Asia.

Baca Juga

Secara astronomis Benua Asia terletak antara 26o BT – 170o BB dan 11o LS – 80o LU. Secara geografis Benua Asia berada di belahan bumi bagian timur serta memanjang dari belahan utara hingga selatan. Jika diperhatikan lebih detail lagi, secara geografis Benua Asia terletak di antara Benua Eropa dan Benua Australia. Daratan Benua Eropa dan Asia menyambung dan sering disebut Eurasia. Letak Asia pun diapit oleh Benua Eropa di bagian barat dan Benua Australia di bagian selatan.

Selain itu letak geografis Benua Asia berada di antara tiga perairan samudra luas yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik. Samudra Hindia berada di bagian selatan Benua Asia, Samudra Pasifik berada di bagian timur Benua Asia sedangkan Samudra Arktik berada di bagian utara Benua Asia.

Batas Wilayah

a) Batas utara: Samudra Arktik.b) Batas timur: Samudra Pasifik, Selat Bering.c) Batas selatan: Samudra Hindia.

d) Batas barat: Laut Tengah, Laut Merah, Pegunungan Ural

Advertising

Advertising

Sebagai benua terluas di permukaan bumi, Asia mempunyai karakteristik yang khas sehingga dapat membedakannya dengan bentang alam sejenisnya, antara lain:

  • Benua Asia adalah benua terluas di dunia. Luasnya mencapai 4,5 kali luas Benua Eropa yang seluas 10,18 juta km persegi. Banyak terdapat bangunan yang merupakan keajaiban dunia, seperti Tembok Raksasa di Tiongkok, Candi Borobudur di Indonesia, Taj Mahal di India, dan Ka’bah di Saudi Arabia. Terdapat negara-negara yang mempunyai jumlah penduduk yang besar, seperti Tiongkok, India, Indonesia, Pakistan, Bangladesh, dan Jepang.
  • Benua Asia adalah tempat lahirnya agama-agama besar, seperti agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu. Terdapat pegunungan, gunung, dan dataran tinggi yang tertinggi di dunia, yaitu Pegunungan Himalaya, Gunung Everest, dan dataran tinggi Tibet. Benua dengan laut terluas di dunia, yaitu Laut China Selatan Benua penghasil minyak bumi terbesar di dunia, yakni dari Saudi Arabia Bentang alam.
  • Benua Asia didominasi pegunungan dari rangkaian sirkum mediterania. Salah satunya puncaknya adalah Pegunungan Himalaya dengan Gunung Everest. Puncak tertinggi gunung ini berada di ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut di Nepal.

    Baca Juga

Bagian-bagian Benua Asia

Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region yaitu Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Rusia. Masing-masing wilayah memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Pembagian tersebut lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan aspek fisik wilayah.

1. Asia Tenggara

Asia Tenggara merupakan sebuah kawasan di Benua Asia yang memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 4.5 juta km2. Kawasan ini berbatasan dengan negara China (Tiongkok) di sebelah utara, Samudra Hindia di selatan, Samudra pasifik di timur, dan Samudra Hindia di sebelah barat.

Terdapat 11 negara di Asia Tenggara, salah satunya Republik Indonesia. Negara-negara di kawasan ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Asia Tenggara Darat (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM). Informasi lebih lanjut, baca : 11 Negara di Asia Tenggara dan Ibukotanya

2. Asia Timur

Total luas wilayah Asia Timur kurang lebih sekitar 11.8 juta km2, sementara jumlah penduduknya lebih dari 1,5 miliar. Negara-negara di Asia Timur tergolong sebagai negara maju. Contohnya seperti Jepang dan Korea. Dengan melihat Peta Benua Asia bagian timur atau asia timur tersebut, kalian bisa melihat batas-batas masing-masing negara.

3. Asia Barat

Kawasan Asia Barat terletak di sebelah selatan Benua Eropa bagian timur, dan dibagian paling barat jika dilihat dari peta Benua Asia. Kawasan ini memiliki total luas wilayah kurang lebih sekitar 6.255.160 km2. Sementara jumlah populasi penduduknya kurang lebih sekitar 313.428 juta jiwa.

Negara di kawasan Asia Barat kebanyakan adalah negara kaya raya dan maju. Hal ini tidak terlepas dari memiliki banyak sekali sumber minyak bumi.

4. Asia Tengah

Kawasan keempat di Benua Asia yaitu Asia Tengah, memiliki luas wilayah lebih dari 4 juta km2, sementara jumlah populasinya tercatat lebih dari 80 juta. Fakta menariknya, negara-negara di kawasan Asia Tengah merupakan bekas wilayah Uni Soviet. Negara paling besar berdasarkan luas wilayahnya adalah Kazakhstan.

5. Asia Selatan

Kawasan ini memiliki total luas wilayah kurang lebih sekitar 4.480.000 km2 atau sekitar 10% dari total luas Benua Asia. Asia Selatan berbatasan dengan Asia Timur di sebelah timur, Asia Tenggara di tenggara, Asia Tengah di utara, Asia Barat di sebelah barat.

Kawasan ini juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di selatan. Negara terluas dan yang memiliki jumlah penduduk terbanyak adalah India. Sama seperti Asia Tenggara, sebagian besar negara-negara di Asia Setelah merupakan negara berkembang.

You’re Reading a Free Preview
Pages 5 to 7 are not shown in this preview.

Halo, bagaimana kabarnya hari ini? Apakah kamu pernah mendengar atau membaca informasi tentang ASEAN? Penasarankah kan dengan kondisi-kondisi negara-negara yang ada di ASEAN? Yuk, mari kita cari tahu lebih lanjut dengan membaca artikel Geografi kelas 8 dibawah ini!

Tentang ASEAN

Apakah kamu tahu bahwa ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand? ASEAN adalah organisasi yang beranggotakan negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN didirikan oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Wow, hebat ya negara kita itu salah satu negara pendiri. Setelah terbentuk, terdapat lima negara lain yang ikut bergabung, antara lain Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

 

Sebagian besar negara ASEAN memiliki wilayah laut dengan luas sekitar 5.060.100 km² dan luas wilayah daratannya sekitar ± 4.817.000 km. Berdasarkan letak astronomisnya, wilayah ASEAN terletak pada 28º LU – 11º LS dan 93º BT – 141º BT, sehingga mayoritas negara-negara di ASEAN memiliki iklim tropis karena dekat dengan garis khatulistiwa. 

Baca Juga: Pengaruh Letak Astronomis dan Geografis Indonesia

Sementara itu, berdasarkan letak geografisnya, ASEAN terletak di antara dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik, dan terletak diantara dua benua yaitu Asia dan Australia. Nah, tahukah kamu kalau negara-negara di ASEAN itu memiliki bentuk geografis yang unik lho, yuk mari kita bahas!

  • Compact, yaitu berbentuk hampir seperti lingkaran. Contohnya Kamboja.
  • Fragmented, yaitu berbentuk kepulauan yang terpisah-pisah. Contohnya Indonesia.
  • Elongated, yaitu bentuk memanjang. Contohnya negara Vietnam.
  • Protruded, yaitu bentuknya lebih kompleks dan beragam, bseperti terdapat tangan yang memanjang. Contohnya Thailand dan Myanmar.

Kondisi Geografis Negara-Negara di ASEAN

 

Berikut kondisi geografis masing-masing 10 negara anggota ASEAN secara umum. Yuk, mari kita simak!

1. Indonesia

Letak Astonomis: 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT

Iklim: Tropis

Kondisi Geografis:

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan dilintasi oleh khatulistiwa. Indonesia memiliki relief yang beraneka ragam bentuknya dan dilalui oleh dua sirkum, yaitu Sirkum Pasifik dan Mediterania. Selain itu, Indonesia diapit oleh tiga lempeng besar di dunia, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Hal ini lah yang menyebabkan Indonesia berpotensi mengalami erupsi gunung api, gempa bumi, dan tsunami.

Baca Juga: Potensi Sumber Daya Alam Negara-Negara ASEAN

2. Malaysia

Letak Astonomis: 6° LU – 7° LU dan 100o BT – 120o BT

Iklim: Tropis

Kondisi Geografis:

Malaysia terdiri atas dua kawasan utama, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Kawasan Malaysia Barat diliputi bentukan pegunungan. Sementara itu, Malaysia Timur umumnya sempit, berawa-rawa, serta terdapat sungai-sungai yang pendek dan berkelok-kelok. Malaysia terletak pada Lempeng Eurasia, namun tidak terletak pada perbatasan lempeng-lempeng, sehingga aman dari bencana geologi.

3. Singapura

Letak Astonomis: 1o 11’ LU – 1o 28’ LU dan 103o 38’ BT – 104o 5’ BT

Iklim: Tropis

Kondisi Geografis:

Tahukah kamu kalau Singapura memiliki luas wilayah yang hampir sama dengan Provinsi DKI Jakarta, yaitu sekitar 664 km2. Singapura berbatasan di Malaysia bagian Utara, Selat Singapura bagian selatan, dan laut Indonesia bagian timur dan barat. Keadaan alam Singapura pada umumnya relatif datar. Namun, di beberapa tempat dijumpai perbukitan, hutan hujan tropis, dan rawa-rawa di sekitar pantai. Wilayah ini juga cenderung aman dari bencana geologi karena tidak terletak di perbatasan lempeng-lempeng.

4. Filipina

Letak Astonomis: 5o LU – 21o LU dan 117° BT – 121° BT

Iklim: Tropis

Kondisi Geografis:

Filipina merupakan negara kepulauan. Pulau Luzon dan Mindanao merupakan dua pulau terbesar yang ada di sana. Filipina juga banyak memiliki gunung berapi yang masih aktif. Negara ini dilalui oleh deretan Pegunungan Sirkum Pasifik, serta terletak di antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Filipina. Hal ini menyebabkan Filipina berpotensi terkena bencana gempa bumi, tsunami, dan erupsi gunung berapi.

5. Thailand

Letak Astonomis: 6o LU – 21o LU dan 97o BT – 106o BT

Iklim: Tropis

Kondisi Geografis:

Thailand memiliki topografi berupa permukaan tanah yang dilewati aliran sungai di bagian tengah, dataran tinggi di timur laut, hutan, pegunungan, serta bukit-bukit di sebelah utara, dan banyak perbukitan di wilayah selatan. Daerah yang menjadi pusat kegiatan di negara ini biasanya di daerah dataran rendah, aliran Sungai Chao Phraya. Thailand terletak di Lempeng Eurasia, namun dekat dengan Samudra Hindia, sehingga berpotensi terkena tsunami dan gempa bumi. 

Baca Juga: Interaksi Antarruang antara Indonesia dengan negara ASEAN

6. Laos

Letak Astonomis: 14o LU – 22o LU dan 100o BT – 107o BT

Iklim: Tropis

Kondisi Geografis:

Laos terletak di Lempeng Eurasia. Di sebelah barat, berbatasan dengan Thailand dan Myanmar, sebelah utara berbatasan dengan Cina dan Vietnam, sebelah timur dengan Vietnam, dan di selatan berbatasan dengan Kamboja. Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang akses masuk ke wilayahnya tanpa melalui laut, sehingga dijuluki “landlocked country”. Sebagian besar wilayah Laos adalah daerah pegunungan dan wilayah lainnya merupakan dataran tinggi.

7. Myanmar

Letak Astonomis: 11o LU – 28o LU dan 92o BT – 101o BT

Iklim: Tropis, Myanmar bagian Utara dengan koordinat lebih dari 23,5o dan 29o LU beriklim subtropis

Kondisi Geografis:

Myanmar terbentuk dari dua lipatan pegunungan di sebelah barat dan sebuah patahan blok di sebelah timur. Keduanya berjajar dari utara ke selatan. Jajaran sebelah barat mencakup deretan Pegunungan Letha, Bukit Chin, dan Pegunungan Arakan Yoma yang diliputi hutan-hutan lebat. Myanmar terletak di Lempeng Eurasia dan berbatasan langsung dengan Lempeng India. Hal ini menyebabkan negara ini berpotensi terkena bencana gempa bumi dan tsunami di lepas Samudra Hindia.

8. Kamboja

Letak Astonomis: 10o LU – 15o LU dan 102o BT – 108o BT

Iklim: Tropis

Kondisi Geografis:

Laos terletak di Lempeng Eurasia. Di sebelah utara berbatasan dengan Laos, di sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Vietnam, sedangkan di sebelah barat dan utara berbatasan dengan Thailand. Bentuk wilayah Kamboja menyerupai piring. Di bagian tengahnya terdapat dataran besar Tonle Sap, sedangkan bagian tepi dibentuk oleh deretan pegunungan. Negara ini dilalui oleh Daerah Aliran Sungai (DAS) Mekong. Sampai sekarang, Sungai Mekong merupakan sungai yang terpenting di negara ini. 

9. Brunei Darussalam

Letak Astonomis: 4° LU – 5,05° LU dan 114° BT – 115° BT

Iklim: Tropis

Kondisi Geografis:

Brunei terdiri atas dua wilayah yang terpisah, yaitu wilayah barat dan timur. Wilayah barat merupakan daerah dataran rendah dan berawa, sedangkan wilayah timur merupakan daerah yang berbukit. Sebelah selatan, barat, dan timurnya, negara ini berbatasan langsung dengan negara Malaysia Timur, yaitu Serawak, sedangkan sebelah utaranya berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

10. Vietnam

Letak Astonomis: 8o LU – 22o LU dan 104o BT – 108o BT

Iklim: Tropis

Kondisi Geografis:

Secara geografis, Vietnam terdiri dari lima wilayah, yaitu daerah pegunungan utara, Delta Sungai Merah, barisan Pegunungan Annamite, yang berhubungan dengan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, garis pesisir pantai yang sempit antara barisan Pegunungan Annamite dan Laut Cina Selatan, serta delta Sungai Mekong di sebelah selatan Vietnam.

Gimana nih, seru nggak mengetahui letak astronomis dan kondisi geografis negara-negara di ASEAN. Berasa jalan-jalan, nggak? Heheheh… Nah, kalau kamu mau lebih menguasai lagi seputar pengetahuan tentang kondisi geografis negara-negara ASEAN ini, kamu bisa lho belajar lewat aplikasi ruangbelajar. Di sana terdapat banyak variasi video dan soal yang sangat bermutu lho. Yuk, download sekarang!

Referensi:

Mukminan, Endang Mulyani, M. Nursa’ban, dan Supardi. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Artikel ini diperbarui pada 29 Juli 2022.

Letak Geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan jelaskan | admin | 4.5