Lokasi absolut suatu objek fenomena geografi dalam praktiknya dapat ditunjukkan berdasarkan

By On Monday, September 19th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Lokasi absolut suatu objek fenomena geografi dalam praktiknya dapat ditunjukkan berdasarkan – Apa kabar Agan dan sista semua, Thanks dah mau datang ke web site TrendWisata ini. Saat ini, kami dari blog www.trendwisata.com mau membagikan info yang mantap yang membahas Lokasi absolut suatu objek fenomena geografi dalam praktiknya dapat ditunjukkan berdasarkan. Kami persilakan sista dan agan menyimak berikut ini:

Lihat Foto

KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri

Letak absolut Indonesia menujukkan letak astronomisnya. Sementara letak relatif Indonesia memperlihatkan letak geografisnya.

KOMPAS.com – Salah satu konsep penting dalam geografi adalah lokasi. Konsep ini menunjukkan tempat terjadinya sebuah fenomena di atas permukaan Bumi.

Lokasi adalah posisi tempat, benda, peristiwa, atau gejala di permukaan Bumi. Keberadaan konsep ini membantu para ahli untuk mengkaji semua peristiwa juga gejala tersebut.

Menurut Rika Harini dalam buku Tinjauan Spasial Optimasi Produksi Pertanian pada Wilayah Perbatasan (2020), konsep lokasi dalam geografi terbagi menjadi dua, yakni lokasi absolut dan relatif.

Berikut penjelasannya:

Pengertian lokasi absolut dan lokasi relatif

Lokasi absolut adalah letak suatu tempat yang dilihat secara astronomis berdasarkan garis lintang dan bujur.

Dengan demikian, letak absolut menunjukkan letak astronomis suatu kota, wilayah, negara, bahkan benua.

Baca juga: Potensi Lokasi Indonesia Secara Geografis

Adanya perbedaan letak astronomis akan menyebabkan perbedaan iklim juga waktu.

Letak astronomis ini dihitung dari garis ekuator untuk garis lintang, serta garis meridian yang melalui kota Greenwich (meridian nol) untuk garis bujur.

Dikutip dari buku Geografi Sosial (2020) karya Yunan Heri, lokasi relatif adalah lokasi suatu benda atau tempat yang nilainya ditentukan berdasarkan obyek lain di luarnya.

Bisa juga diartikan bahwa letak relatif merupakan lokasi sebuah tempat yang dilihat dari daerah lain di sekitar lokasi tersebut.

Letak relatif ini dapat berubah sesuai obyek di sekitarnya. Sementara letak absolut bersifat tetap dan tidak bisa berubah.

Lokasi absolut dan relatif Indonesia

Ditinjau dari pemaparan di atas, bisa dikatakan bahwa letak absolut bisa juga disebut letak astronomis. Sementara letak relatif dapat disebut letak geografis.

Baca juga: Potensi Lokasi Indonesia Secara Astronomis

Jelaskan letak absolut dan relatif Indonesia! 

Letak absolut Indonesia berada di 6º LU – 11º LS dan 95º BT – 141º BT.

Sementara letak relatif Indonesia berada di antara dua benua, yakni Benua Australia dan Asia, serta dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Pasifik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


=

Home
About
Privacy Policy
Term of Service

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at belajar.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

KONSEP GEOGRAFI adalah rancangan atau gambaran dari objek, proses, atau apa pun yang berkaitan dengan ilmu geografi. KONSEP GEOGRAFI merupakan unsur yang penting dalam memahami fenomena atau kejadian geografi (alam dan sosial). Penjelasan KONSEP GEOGRAFI selalu berkaitan dengan persebaran, hubungan, fungsi, bentuk, pola, dan proses terjadinya. KONSEP GEOGRAFI terdiri atas 10 konsep, yaitu:

1. Lokasi: Lokasi adalah letak atau tempat dimana fenomena geografi terjadi. Konsep lokasi dibagi menjadi dua yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif.

a. Lokasi Absolut: Lokasi absolut adalah letak atau tempat yang dilihat dari garis lintang dan garis garis bujur (garis astronomis). Lokasi absolut keadaannya tetap dan tidak dapat berpindah letaknya karena berpedoman pada garis astronomis bumi. Pebedaan garis astronomis menyebabkan perbedaan iklim (garis lintang) dan perbedaan waktu (garis bujur).
Contoh Lokasi Absolut yaitu Indonesia terletak di antara 6 derajat LU – 11 derajat LS sampai 95 derajat BT – 141 derajat BT. Dari letak absolut (garis astronomis) tersebut dapat dijelaskan bahwa lokasi paling Utara negara Indonesia terletak di 6 derajat LU (Pulau Miangas, Sulawesi Utara), lokasi paling selatan terletak di 11 derajat LS (Pulau Rote, NTT), dst.

b. Lokasi Relatif: Lokasi relatif adalah letak atau tempat yang dilihat dari daerah lain di sekitarnya. Lokasi relatif dapat berganti-ganti sesuai dengan objek yang ada di sekitarnya.
Contoh Lokasi Relatif yaitu Indonesia terletak di antara 2 benua dan 2 samudera. Lokasi Indonesia menurut lokasi relatifnya yaitu terletak di antara 2 benua yaitu Asia dan Australia, serta terletak di antara 2 samudera yaitu Hindia dan Pasifik. Letak relatif ini dapat berubah-ubah sesuai dengan sudut pandang penggunanya karena lokasi relatif digambarkan melalu objek-objek yang dinamai oleh manusia contohnya nama benua, samudera, pulau, laut, dsb.

2. Jarak: Jarak adalah ruang atau sela yang menghubungkan antara dua lokasi atau dua objek dan dihitung melalui hitungan panjang maupun waktu. Konsep Jarak memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik. Konsep jarak dibagi menjadi dua, yaitu jarak mutlak dan jarak relatif.
a. Jarak Mutlak: Jarak mutlak adalah ruang atau sela antara dua lokasi yang digambarkan atau dijelaskan melalui ukurang panjang dalam satuan ukuran meter, kilometer, dsb. Jarak mutlak merupakan jarak yang tetap dan tidak dapat berubah-ubah.
Contoh jarak mutlak yaitu Jarak antara Jakarta ke Bandung adalah 150 km. jarak tersebut diukur memanjang dari titik A (Jakarta) dan titik B (Bandung) dan dihitung dengan satuan ukuran kilometer.

b. Jarak Relatif: Jarak relatif adalah ruang atau sela antara dua lokasi yang dinyatakan dalam lamanya perjalanan atau waktu.
Contoh jarak relatif yaitu jarak antara Jakarta ke Bandung dapat ditempuh dalam waktu 2 jam melewati Tol Purbaleunyi. Tentu jarak relatiif tersenut akan berbeda apabila keadaan jalan tol sedang macet atau perjalanan ke Bandung tidak melewati jalan tol.

3. Morfologi: Morfologi adalah konsep yang menjelaskan mengenai struktur luar dari batu-batuan yang menyusun bentuk morfologi permukaan bumi (pantai, dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, lembah, dsb).
Contoh konsep morfologi yaitu:
– Jakarta merupakan dataran rendah, Bandung dataran tinggi.
– Perjalanan Jakarta ke Bandung melewati daerah yang bergelombang (perbukitan).

– Daerah selatan D.I. Yogyakarta merupakan daerah perbukitan kapur (karst).

Teman-teman sekalian dalam mempelajari geografi tentu kita akan menemukan berbagai macam istilah-istilah bukan?. 

Untuk mempermudah mempelajari istilah tersebut maka kalian harus memahami konsep geografi. Konsep geografi adalah suatu istilah yang menyatakan suatu fenomena dan bermakna geografi. 

Ikatan Geograf Indonesia sudah memutuskan terdapat 10 konsep geografi dan konsep pertama adalah lokasi. Ya, kali ini kita akan belajar tentang konsep lokasi terlebih dahulu. 

Baca juga: Rangkuman bab hakikat, konsep geografi

Belajar geografi maka hal pertama yang harus ketahui tentu adalah tentang lokasi. Lokasi ini terbagi dua yaitu lokasi absolut atau mutlak dan lokasi relatif. 

Lokasi absolut adalah lokasi yang berdasarkan posisi koordinat lintang dan bujur (astronomis). Garis lintang dan bujur merupakan garis imajiner yang dibuat untuk menentukan posisi atau lokasi suat objek dengan pasti. 

Konsep lokasi absolut juga bisa dilihat berdasarkan posisi objek menurut alamat pos. Jadi bagaimana cara membuat kalimat yang menyatakan konsep lokasi absolut?. Lihat di bawah ini contohnya:

” Indonesia terletak di 6 LU – 11 LS dan 95 Bt – 141 BT”

” Rumah saya beralamat di Jl. Bangau Blok D no 4 Kelurahan Cikarang Bekasi Utara”

Membedakan lokasi absolut dan relatif

Konsep lokasi yang kedua adalah lokasi relatif. Lokasi relatif ini dilihat berdasarkan kondisi lingkungan sekitarnya makanya disebut relatif. 

Jadi bagaimana sebuah objek dilihat berdasarkan segala sesuatu disekelilingnya. Contoh kalimat lokasi relatif bisa dilihat di bawah:

” Rumah saya jauh ke stasiun KRL namun dekat ke pasar “

” Indonesia berada diantara dua benua (Asia, Australia) dan dua samudera (Pasifik dan Hindia) “

” Saat upacara barisan kelas XI Sosial berada diantara kelas X Sains dan XII Sains “

Bagaimana, mudah bukan?. Jangan lupa terus berlatih ya membuat kalimat-kalimat yang menyatakan konsep lokasi. 

Di soal UN pasti ada soal ini dan kamu harus bisa menjawabnya. Jangan lupa like blog saya dan subscribe channel guru geografi di youtube untuk dapatkan pembahasan materi geografi lengkap. 

Baca juga: Kunci evaluasi erlangga bab konsep geografi

Lokasi absolut suatu objek fenomena geografi dalam praktiknya dapat ditunjukkan berdasarkan | admin | 4.5