Makanan apa saja yang mengandung kolagen

By On Sunday, November 6th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Makanan apa saja yang mengandung kolagen – Pa kabar teman-teman semua, Makasih banyak sudah mau datang di web trendwisata.com ini. Pagi ini, saya dari website www.trendwisata.com mau memberikan Q dan A yang mantap yang menampilkan tentang Makanan apa saja yang mengandung kolagen. Silahkan teman tonton dibawah ini:

Kolagen merupakan protein yang mendukung kesehatan sendi, elastisitas kulit, dan penyembuhan luka. Agar produksi kolagen dalam tubuh tetap terjaga, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen.

Kolagen berfungsi mempertahankan elastisitas kulit, membentuk struktur pada sendi dan tendon, melindungi organ-organ di dalam tubuh, hingga menyatukan bagian tubuh
seperti tulang dan otot.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen akan semakin berkurang. Jika sudah
seperti itu, kulit pun menjadi kendur, garis-garis dan kerutan bermunculan, dan tulang rawan pada sendi menjadi lebih lemah.

Makanan yang Baik untuk Produksi Kolagen

Kolagen diproduksi secara alami di dalam tubuh dengan menggabungkan asam amino, bahan penyusun protein yang terdapat dalam makanan. Untuk memproduksi kolagen, tubuh Anda membutuhkan nutrisi berikut ini:

1. Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu jenis antioksidan yang bisa merangsang produksi kolagen dan menangkal efek buruk paparan sinar UV.

Vitamin A bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi tomat, wortel, sayuran berdaun hijau, mangga, produk susu, ikan, udang, hati sapi, minyak hati ikan cod, dan telur.

2. Vitamin C

Tubuh memproduksi kolagen dengan menggabungkan dua asam amino, yaitu glisin dan prolin, dengan
bantuan vitamin C.

Sama seperti vitamin A, vitamin C juga mampu merangsang produksi kolagen di dalam tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga bisa mencegah kulit kering, serta membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dan keriput.

Vitamin ini bisa Anda temukan di dalam jeruk, stoberi, pepaya, kelengkeng, brokoli, dan sayuran berdaun hijau. Vitamin C juga bisa diperoleh melalui suplemen atau suntikan.

3. Antosianin

Selain kedua vitamin di atas, zat antosiain juga diketahui mampu meningkatkan produksi kolagen.

Antosianin sendiri adalah pigmen warna yang terdapat di buah dan sayuran. Makanan yang mengandung antosianin meliputi anggur,
delima, buah beri, tomat, dan kacang merah.

4. Protein

Tubuh mengubah asupan protein yang kita makan menjadi asam amino. Asam amino ini kemudian digunakan untuk membentuk jaringan tubuh dan kolagen.

Protein didapat dengan mengonsumsi makanan laut, daging, susu, keju, yogurt,
agar-agar, telur, kacang kedelai, dan ikan.

5. Mineral

Zat mineral seperti selenium, zinc, dan tembaga memiliki fungsi penting dalam produksi
kolagen.

Zat ini juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit, membantu kulit melawan bakteri, dan menghasilkan kolagen.

Selain asupan nutrisi di atas, produksi kolagen di kulit juga bisa ditingkatkan melalui penggunaan produk tertentu, seperti ekstrak daun pegagan.

Suplemen
Penambah Kolagen

Apabila asupan kolagen dari berbagai makanan di atas belum mencukupi kebutuhan kolagen harian, kita dapat mengonsumsi suplemen kolagen. Tentunya dengan meminta saran dari dokter terlebih dahulu.

Tak hanya untuk mencukupi kebutuhan kolagen harian, suplemen tersebut juga diduga dapat memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh, seperti:

  • Mengurangi peradangan dan nyeri
    sendi pada penderita gangguan sendi
  • Menghambat kerusakan dan pengeroposan tulang
  • Menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung
  • Menjaga kuku dan rambut tetap kuat

Mulailah untuk menjaga produksi kolagen tubuh dari sekarang dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen agar kulit, tulang, otot, dan sendi bisa berfungsi lebih baik.

Terakhir diperbarui: 15 Januari 2022

Ilustrasi buah dan sayur. ©Shutterstock/Andrei Zarubaika

Merdeka.com –
Makanan yang mengandung kolagen kerap kali menjadi incaran banyak orang, terutama wanita. Berbagai produk kesehatan kulit dan kecantikan banyak menawarkan kolagen dalam bentuk krim wajah, hingga pil dan minuman yang dikonsumsi.

Demi memperoleh kesehatan kulit dan awet muda, kolagen memang dipercaya memberi peran penting. Ada baiknya mulai mengonsumsi makanan
yang mengandung kolagen alami. Sehingga tubuh bisa lebih sehat dan terhindar dari bahan kimia yang tercampur di sebuah produk tertentu.

Berikut beberapa makanan yang mengandung kolagen, mampu membantu menjaga kesehatan kulit dan membuat awet muda.

2
dari 17 halaman

Kaldu Tulang

©Meghan Telpner

Siapa sangka ternyata kaldu tulang termasuk daftar makanan yang mengandung kolagen. Dilansir dari
Healthline, merebus tulang hewan dalam air, proses yang dipercaya dapat mengekstrak kolagen. Meski tiap kaldu tulang berbeda karena kualitas tulang yang digunakan.

Hal ini karena kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat. Serta mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, asam amino, dan banyak nutrisi lain.

3 dari
17 halaman

Ikan dan Kerang

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Masih dari lansiran yang sama, makanan yang mengandung kolagen berikutnya ialah ikan dan kerang. Keduanya memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Para peneliti
National Institute of Health telah menggunakan kulit ikan sebagai sumber peptida kolagen.

4 dari 17 halaman

Daging Ayam

©2019 Merdeka.com

Jaringan daging putih pada ayam membuatnya kaya akan sumber
kolagen. Beberapa penelitian telah menggunakan leher dan tulang rawan ayam sebagai sumber kolagen untuk pengobatan arthritis.

Pastikan bukan mengonsumsi kulit ayam goreng. Daging dan tulangnya yang termasuk makanan yang mengandung kolagen.

5 dari 17 halaman

Putih Telur

©2020 Merdeka.com

Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya ialah putih telur. Meski kandungan jaringan ikatnya tak sebanyak produk hewani lainnya, tapi ini termasuk bahan makanan yang mudah dijumpai.

Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh National Institute of Health, putih telur memiliki Prolin dalam jumlah besar.
Salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.

6 dari 17 halaman

Buah Beri

boldsky.com

Berbagai macam jenis buah beri termasuk dalam makanan yang mengandung kolagen. Meskipun jeruk cenderung mendapat semua kemuliaan karena kandungan vitamin C-nya yang
tinggi, buah beri adalah sumber lain yang sangat baik.

Selain itu, semua buah beri mengandung antioksidan tinggi, yang melindungi kulit dari kerusakan. Anda bisa mulai mengonsumsi stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry sesekali.

7 dari 17 halaman

Semua Jenis Jeruk

©2018
Merdeka.com/Pixabay

Buah sitrus atau semua jenis jeruk menjadi makanan yang mengandung kolagen berikutnya. Dikutip dari NCBI, vitamin C memainkan peran utama dalam produksi pro-kolagen, prekursor tubuh untuk kolagen.

Seperti yang telah diketahui, buah sitrus seperti jeruk, grapefruit, lemon, dan jeruk nipis kaya akan nutrisi tersebut.

8 dari 17 halaman

Bawang Putih

©Pixabay

Melansir dari Healthline, bawang putih mengandung sulfur yang tinggi, merupakan trace mineral yang membantu mensintesis dan
mencegah kerusakan kolagen. Anda mungkin membutuhkan bawang putih dalam jumlah banyak untuk mendapatkan manfaat kolagen.

9 dari 17 halaman

Buah-buahan Tropis

©Wikimedia Commons/Midori

Kerap kali mendengar kata ‘tropical fruits’ di
beberapa produk makanan dan tulisan di rak supermarket. Beberapa buah tropis ternyata juga masuk daftar makanan yang mengandung kolagen, seperti mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji. Selain itu, jambu biji juga mengandung sedikit seng, faktor pendamping lain untuk produksi kolagen.

10 dari 17 halaman

Kacang

Hampir semua jenis kacang dipercaya sebagai makanan berprotein tinggi yang sering kali mengandung asam amino. Salah satu
senyawa yang diperlukan untuk sintesis kolagen.

Ditambah lagi peran dari tembaga yang tinggi, serta nutrisi lain yang diperlukan untuk produksi kolagen. Ada baiknya menjadikan kacang sebagai camilan sehat di daftar makanan yang mengandung kolagen untuk Anda.

Kacang Mete

©Shutterstock.com/Elena M. Tarasova

Dikutip dari artikel Healthline yang lain, kacang mete mengandung seng dan tembaga yang banyak. Keduanya meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuat
kolagen.

11 dari 17 halaman

Tomat

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Mengutip dari National Center for Biotechnology Information, tomat merupakan sumber vitamin C tersembunyi lainnya. Satu tomat berukuran sedang dapat menyediakan hampir 30 persen nutrisi penting untuk
kolagen.

Makanan yang mengandung kolagen ini memiliki likopen dalam jumlah besar, serta antioksidan kuat untuk dukungan kulit.

12 dari 17 halaman

Paprika Merah

©2020 Merdeka.com/@midmidma

Selain tomat, ada baiknya menambahkan paprika
merah dalam salad atau sandwich sebagai penambah asupan vitamin C. Dikutip dari African Health Sciences, selain vitamin yang tinggi, paprika merah mengandung capsaicin. Senyawa anti-inflamasi yang dipercaya mampu memerangi tanda-tanda penuaan.

13 dari 17 halaman

Brokoli

©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya ialah brokoli. Dilansir dari Medical News Today, sayuran hijau dengan bentuk menyerupai bunga ini mengandung vitamin C, mineral, dan antioksidan yang tinggi. Semua
nutrisinya baik dalam melawan radikal bebas dan membantu proses produksi kolagen.

14 dari 17 halaman

Sayuran Merah

Berbagai macam jenis sayuran berwarna merah juga masuk dalam makanan yang mengandung kolagen. Dikutip dari Honestdocs, sayuran berwarna merah kaya akan likopen dan antioksidan. Berfungsi sebagai sunblok
alami dan pendorong produksi kolagen.

Demi menjaga kesehatan kulit dan awet muda, Anda bisa mulai mengonsumsi tomat, stroberi, semangka, grapefruit, serta paprika merah, jika ingin menerima bonus vitamin C dan antioksidan kadar tinggi.

15 dari 17 halaman

Sayuran Hijau

Bukan rahasia lagi, bahwa sayuran hijau dipercaya sebagai pemain kunci dalam diet sehat. Di balik itu ternyata juga menawarkan manfaat estetika, sebagai
makanan yang mengandung kolagen.

Mengutip dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi klorofil meningkatkan prekursor kolagen di kulit. Sehingga Anda bisa mulai menambah menu seperti bayam, kangkung, dan sayuran hijau lain untuk menerima klorofil dengan sifat antioksidannya.

16 dari 17 halaman

Kedelai

©2020 Merdeka.com

Dilansir dari Liputan6, kedelai termasuk makanan yang mengandung kolagen. Sebab kacang kedelai kaya akan genistin, senyawa yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan
melawan tanda-tanda penuaan.

Selain mengonsumsi kacang kedelai secara langsung, Anda juga bisa mengonsumsi dari hasil olahannya, seperti tempe, tahu, atau susu kedelai.

17 dari 17 halaman

Susu dan Produk Olahan

Masih dari kutipan yang sama, makanan yang mengandung kolagen berikutnya ialah susu dan produk olahannya. Susu sangat baik untuk meningkatkan produksi kolagen.

Memiliki kandungan lisin layaknya putih telur.
Sumber protein hewani ini memiliki kadar lisin tinggi, sehingga mampu membentuk kolagen secara alami.

Itulah beberapa makanan yang mengandung kolagen yang sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit dan membuat awet muda. Beberapa pilihan yang bisa Anda mulai terapkan sebagai menu sehari-hari. Semoga kesehatan dan kecantikan selalu menyertai Anda. Selamat mencoba.

[kur]

Buah apa yg mengandung kolagen?

Sayur dan Buah yang Mengandung Kolagen.

Buah Berry..

2. Jeruk..

3. Jambu Biji dan Jambu Merah..

Alpukat..

6. Nanas..

7. Buah Daerah Tropis..

Paprika Merah..

Kolagen alami dari apa?

Berikut adalah makanan dengan sumber kolagen terbaik:.

Kaldu tulang. Jika Anda punya waktu, buat sendiri kaldu tulang dengan memasak tulang sapi atau ayam. … .

2. Daging merah, unggas dan ikan. … .

3. Telur. … .

4. Buah dan sayuran tinggi vitamin C. … .

Sayuran hijau. … .

6. Bawang putih. … .

7. Makanan yang secara alami tinggi zinc..

Minuman apa saja yang mengandung kolagen?

Untuk memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, kami telah mengumpulkan berbagai merek minuman kolagen yang mengandung berbagai bahan tambahan lainnya..

Noera Collagen Drink. … .

2. Byoote Collagen. … .

3. Skinista Frozen 2-in-1 Powder Drink. … .

4. Oh My Skin! … .

Everwhite Hi-Collagen Powder Drink. … .

6. VIP Collagen Drink..

Makanan apa saja yang mengandung kolagen tinggi?

Di bawah ini beberapa contoh makanan yang paling banyak mengandung kolagen..

Kaldu tulang. Kaldu tulang termasuk sumber kolagen yang populer. … .

2. Ayam. … .

Putih telur. … .

4. Ikan. … .

Bawang putih. … .

6. Buah-buahan sitrus. … .

7. Tomat dan paprika. … .

10 Tips Merawat Kulit dengan Cara Alami hingga Pakai Skincare..

Makanan apa saja yang mengandung kolagen | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x