Nama lain dari sumber energi masa depan

By On Saturday, September 10th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Nama lain dari sumber energi masa depan – Halo kawan semua, Met Datang di halaman blog trendwisata.com ini. Pagi ini, kami di website Trend Wisata dot com akan menampilkan ulasan yang cool yang membahas Nama lain dari sumber energi masa depan. Ayo sobat tonton di bawah ini:

Lihat Foto

Leftlanenews

Energi alternatif untuk mengoperasikan pabrik GM di seluruh dunia pada 2020.

KOMPAS.com – Selama ini manusia memanfaatkan bahan bakar fosil untuk kebutuhan sehari-hari. Bahan bakar fosil terbentuk dari tumbuhan dan hewan yang mati jutaan tahun lalu.

Bahan bakar foil berupa batu bara, minya bumi, dan gas alam. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), di awal abad 21, sekitar 80 persen energi yang ada di dunia dihasilkan dari bahan bakar fosil. 

Bahan bakar fosil adalah energi yang tak terbarukan. Artinya, jumlahnya terbatas dan suatu saat bakal habis.

Oleh karena itu, para ilmuwan mulai mencari sumber energi lainnya untuk dikembangkan sebelum bahan bakar fosil habis.

Energi ini disebut energi alternatif. Berikut macam-macam bentuk energi alternatif:

Baca juga: Energi Terbarukan: Prinsip Kerja Panel Surya

Matahari

Semua kehidupan di bumi bergantung pada sinar matahari. Tak hanya tumbuhan yang berfotosintesis, manusia pun bisa menghasilkan energi dari matahari.

Energi matahari diserap di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Kini, banyak juga rumah yang mengandalkan matahari sebagai sumber listriknya dengan memasang panel surya.

Energi matahari tersedia di seluruh wilayah. Kekurangannya, energi ini hanya bisa didapatkan ketika langit cerah.

Pemanfaatan sinar matahari sebagai pembangkit listrik sangat cocok diterapkan di Indonesia. keadaan tersebut disebabkan oleh posisi Indonesia yang berada di garis khatulistiwa. Intensitas matahari cukup kuat. Matahari bersinar sepanjang hari dari pagi hingga sore.

Panas bumi

Panas bumi atau geotermal juga bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik.

Panas dari dalam bumi menghasilkan uap yang kencang. Uap ini diolah di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB).

Lihat Foto dok. Kementerian ESDM PLTB Sidrap memiliki 30 turbin kincir angin, masing-masing setinggi 80 m, dengan baling-baling sepanjang 57 m. Setiap turbin menghasilkan listrik 2.5 MW, sehingga total kapasitas 75MW.
Angin

Angin adalah udara yang bergerak. Pergerakannya ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi.

Di Belanda, kincir angin digunakan sebagai alat untuk menghasilkan listrik. Di Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), digunakan turbin.

Baca juga: Energi Terbarukan di Indonesia

Air

Seperti halnya angin, air juga bisa menggerakkan kincir atau turbin air.

Di Indonesia yang merupakan negara kepulauan, air yang mengalir juga banyak ditemukan. Contohnya air terjun yang diolah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Selain air terjun, ada juga arus sungai, ombak, dan pasang surut laut yang mampu menghasilkan listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Energi terbarukan merupakan sebuah sumber energi yang berasal alam yang mampu digunakan dengan bebas, mampu diperbarui terus-menerus serta tak terbatas. Berikut ini pengertian energi terbarukan, lengkap dengan jenis, sumber dan manfaatnya. Tak dapat dipungkiri, setiap manusia membutuhkan sumber daya energi. Setiap aktivitas yang dilakukan pastinya membutuhkan sumber daya, baik itu terbarukan ataupun tidak. Namun, penggunaan sumber energi terlalu masif sukses membuat lingkungan alam menjadi kacau dan rusak. Akhirnya, hasil dari pembuangan sumber energi tersebut polusi yang membahayakan kesehatan.

Sadar bahwa sumber energi tak terbarukan menipis, para ilmuan dari berbagai negara pun mulai mengembangkan sumber energi terbarukan.

Pengertian Energi Terbarukan

Energi terbarukan ini merupakan sumber energi yang berasal dari alam yang mampu dibuat kembali secara bebas, serta mampu diperbarui terus-menerus dan tak terbatas. Energi terbarukan mampu diciptakan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih, sehingga mampu menjadi sumber energi alternatif.

Jenis-jenis energi terbarukan

Penggunaan sumber energi yang semakin meningkat membuat manusia untuk menemukan opsi lainnya dari sumber energi yang ada sekarang ini.  Adapun jenis-jenis energi terbarukan yaitu sebagai berikut.

Jenis energi yang satu ini berasal dari proses penangkapan energi radiasi tenaga surya atau sinar matahari, kemudian mengubahnya menjadi listrik, panas, atau air panas. Untuk mendapatkan aliran listrik, panas matahari akan diserap menggunakan solar panel (panel surya) kemudian mengubahnya menjadi tenaga listrik.

Angin merupakan udara bergerak. Sudah sejak lama angin digunakan sebagai sumber energi. Contohnya di Belanda, angin dimanfaatkan untuk menggerakan kincir. Kincie ini yang berfungsi sebagai sumber alat pengolah biji-bijian. Sekarang ini, listrik juga mampu menghasilkan tenaga listrik dengan memanfaatkan turbin. Turbin ini yang berguna untuk menggerakan generator yang membangkitkan listrik.

Energi ini diperoleh dari hasil pasang surut air laut. Diketahui, energi jenis ini juga dimanfaatkan di pantai timur Amerika dan Eropa. Turbin yang dipasang tepi laut membantu mengubah energi dari pasang surut air laut menjadi energi mekanik untuk menggiling gandum.

Energi jenis ini digunakan untuk membangkitkan listrik. Hanya saja, untuk mengembangkan energi ombak ini membutuhkan infrastruktur dengan jumlah biaya yang relatif mahal.

Air laut memiliki perbedaan temperatur yang mana bagian dalam air laut terasa dingin dan bagian permukaan air laut terasa panas karena terkena sinar matahari. Perbedaan temperatur ini yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dengan menggunakan teknologi canggih.

Sumber Energi Terbarukan

Perlu diketahui, sumber energi saat ini berasal dari energi fosil dan energi terbarukan. Di Indonesia, masih banyak area potensial untuk mengembangkan energi terbarukan. Adapun beberapa sumber energi terbarukan yaitu: tenaga air, panas bumi, biomassa, tenaga surya, tenaga angin, panas laut, ombak, dan pasang surut air laut.

Manfaat Energi Terbarukan

Penggunaan energi terbarukan mampu menyerap sumber daya serta investasi yang mana manfaatnya bisa dirasakan hingga di masa mendatang. Berikut ini beberapa manfaat energi terbarukan yang perlu kamu tahu.

  • Meminimalisir efek pemanasan global
  • Sumber energi tak terbatas
  • Meningkatkan kesehatan masyarakat
  • Hemat sumber daya serta uang
  • Menciptakan lapangan kerja dan peluang

Nah, demikianlah informasi mengenai pengertian energi terbarukan lengkap dengan jenis, sumber dan manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber : https://www.msn.com/id-id/berita/teknologidansains/energi-terbarukan-pengertian-jenis-sumber-dan-manfaatnya/ar-BB1eDpDr

Artikel Sebelumnya : http://manajemen.uma.ac.id/2021/11/makanan-sumber-energi/

Jakarta, CNN Indonesia

Para ilmuwan berlomba-lomba untuk meneliti sumber energi alternatif yang ramah lingkungan, juga menggantikan energi bahan bakar fosil yang semakin menipis.

Selain ‘Matahari Buatan’ yang memanfaatkan reaksi fusi nuklir sedang diteliti para ilmuwan China dan dunia, banyak energi alternatif lainnya yang bisa menjadi opsi untuk digunakan di masa depan.

Berikut beberapa energi alternatif ramah lingkungan yang mungkin bisa digunakan untuk pengganti energi fosil.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Penyerapan Karbon

Batu bara telah lama digunakan manusia sebagai sumber utama energi. Namun batu bara menimbulkan emisi karbon yang merusak atmosfer.

Berawal dari problem tersebut, para ilmuwan mencoba menyerap karbon yang dibuang oleh pembangkit listrik untuk digunakan kembali sebagai sumber energi.

Harapannya, meskipun bukan teknologi pembangkit listrik, karbon bisa menjadi sumber untuk energi lainnya.

2. Tenaga Nuklir NextGen

Konsep reaktor nuklir banyak diteliti oleh para ilmuwan karena dapat menghasilkan energi tak terbatas.

Ilmuwan di Jepang mencoba membuat reaktor nuklir yang terendam di bawah laut. Reaktor NextGen ini diklaim aman dari badai di laut.

Selain itu, karena terendam di dasar laut, reaktor lebih mudah didinginkan. Energi untuk mendinginkan reaktor juga alami karena hanya menggunakan dinginnya air laut.

3. Tenaga Angin

Tenaga angin bisa menjadi sumber energi alternatif. Para ilmuwan percaya, tenaga angin bisa menjanjikan penggunaan dalam lingkup besar untuk 25 tahun ke depan.

Hal itu karena kemajuan teknologi turbin yang memanfaatkan ilmu aeronautika untuk memperoleh jumlah energi maksimum dari setiap hembusan angin.

Turbin angin juga akan semakin banyak ditanamkan di negara dengan lepas pantai, seperti Denmark. Denmark sendiri sudah membuktikan manfaat tenaga angin yang menyediakan sepertiga dari permintaan energi negara itu.

Instalasi lepas pantai seperti peternakan Anholt 111 turbin, yang diselesaikan tahun lalu, menyediakan daya sekitar 1,27 gigawatt, cukup untuk memberi daya pada lebih dari 1 juta rumah tangga.

4. Panas Bumi

Energi geotermal diperkirakan akan meningkat pesat karena para ilmuwan meneliti cara untuk memanfaatkan energi yang berada di dalam inti bumi ini.

Para peneliti di Islandia telah menghabiskan beberapa tahun mengebor langsung ke gunung berapi untuk mengakses air yang sangat panas dan deposit magma, dengan tujuan mengembangkan sumber daya bersuhu tinggi menjadi pembangkit listrik tenaga panas bumi yang jauh lebih produktif.

5. Teknologi Luar Angkasa

Teknologi berbasis ruang angkasa, memungkinkan kita memanen hidrogen yang terkandung di sistem tata surya kita untuk menggerakkan energi di bumi, atau menyerap sinar matahari langsung sepanjang waktu dan memancarkannya kembali menjadi energi terbarukan, seperti dilansir dari CNBC. 

6. Bahan Bakar Bertenaga Surya

Ide untuk mengubah sinar matahari, air, dan karbondioksida menjadi energi kimia yang dapat digunakan kembali, disimpan seperti layaknya bensin, telah menjadi impian para ilmuwan di dunia.

Dilansir dari National Geographic, sinar matahari yang jatuh di atas lapisan semikonduktor mendorong elektron, menciptakan arus. Namun di awal, opsi ini membutuhkan biaya besar. Beberapa negara maju telah menggunakan energi ini, seperti salah satu kota di Jerman, Leipzig.

Bahan bakar matahari melibatkan pengambilan karbon dioksida yang ditangkap dari atmosfer dan memisahkan atom karbon dari molekul tersebut.

Kemudian, dengan memecah atom hidrogen dari air, menggunakan karbon dan hidrogen lalu membuat hidrokarbon, entitas kimia yang sama yang menyusun bahan bakar fosil yang kita gunakan saat ini.

Jika peneliti dapat menemukan cara untuk membuat reaksi kimia ini bekerja dalam skala besar mereka akan memiliki cara untuk mengubah energi matahari menjadi media yang dapat disimpan, sambil terus mendaur ulang energi surya tersebut.

(mln/eks)

[Gambas:Video CNN]

Nama lain dari sumber energi masa depan | admin | 4.5