Pengamalan sila ke-2 di lingkungan masyarakat

By On Wednesday, August 10th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Pengamalan sila ke-2 di lingkungan masyarakat – Halo kawan semua, Makasih banyak sudah mau datang di website Trend Wisata ini. Saat ini, kami dari web site trendwisata.com pengen sharing tanya jawab yang wokeh yang akan menunjukkan tentang Pengamalan sila ke-2 di lingkungan masyarakat. Ayo sobat melihat berikut ini:

Relationship

25 Contoh Pengamalan Sila ke-2 dalam Kehidupan Sehari-hari

Foto: Contoh pengamalan sila ke-2 yang bisa diterapkan sehari-hari. (bpip.go.id)

JAKARTA, celebrities.id – Kemanusiaan yang adil dan beradab merupakan sila ke-2 Pancasila yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu sebagai warga Indonesia sudah semestinya kita memiliki sikap kewarganegaraan yang baik sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Hal itu dilakukan supaya dalam pengalaman langsung dalam kehidupan sehari-hari dapat seimbang dan menjunjung tinggi keadilan. Lantas, sikap seperti apa yang perlu dipraktikan dalam mengamalkan sila tersebut? 

Baca Juga : Bunyi 5 Sila Pancasila, Makna dan Lambangnya

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Senin (13/6/2022) terkait contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Pengamalan Sila ke-2 dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Membela yang benar 2. Memiliki sikap saling menghargai tanpa memandang status 3. Memiliki sikap hormat kepada bapak/ibu guru 4. Menghargai pendapat orang lain 5. Saling tolong menolong 6. Senang melakukan kegiatan kemanusiaan 7. Senang melakukan pengabdian masyarakat 8. Tidak rasis dan membedakan suku, ras dan agama 9. Menjadi relawan bencana dan membantu korban 10. Saling menyayangi antar teman 11. Menganggap persamaan kewajiban, hak dan derajat sesama manusia 12. Peka dan memiliki sikap peduli kepada setiap orang 13. Bersikap adil kepada semua orang 14.  Memiliki kepekaan dan sikap saling tolong menolong 15. Mementingkan kepentingan bersama dan tidak merugikan orang lain 16. Jangan sombong dan arogan di tempat umum 17. Jangan membully teman 18. Menghormati hak an kewajiban orang lain 19. Tidak melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) 20. Memiliki sikap saling menghargai dan menghormati antar sesama 21. Melaksanakan kewajiban sekolah sebagai pelajar 22. Memperlakukan manusia sesuai harkat dan martabatnya sebagai manusia 23. Memiliki sikap hormat kepada agama orang lain 24. Menghormati orangtua dan menyayangi sesama  

25. Tidak pilih kasih dalam pergaulan.

Bunyi 5 Sila Pancasila, Makna dan Lambangnya

Editor : Oktiani Endarwati

Ilustrasi Medcom.id

Jakarta: Bunyi sila ke-2 dari Pancasila adalah Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Arti dari sila ke-2 Pancasila tersebut menempatkan manusia sesuai dengan hakikatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

Nilai-nila sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Berikut Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab, seperti dikutip dari dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Paket A Modul Tema 5 : Pancasila Rumah Kita yang ditulis oleh Andi Suhardiyanto, S.Pd., M.Si, Rabu, 18 Mei 2022: – Bangsa Indonesia sadar bahwa manusia memiliki harkat, martabat, dan derajat yang sama sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. – Sesama manusia perlu dikembangkan sikap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, dan berani membela kebenaran dan keadilan.  

Agar nilai dari sila dengan lambang rantai ini berjalan baik harus dikembangkan nilai-nilai ini:

  • Saling mencintai sesama manusia dengan cara dalam bergaul dan memilih teman tidak membeda-bedakan suku, ras, agama maupun kekayaan.
  • Mengakui persamaan harkat, martabat dan derajat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dengan cara tidak menyakiti perasaan teman.
  • Mengembangkan sikap tenggang rasa atau tepa selira dengan cara menghargai dan mendengarkan anggota keluarga, saudara, dan tetangga yang sedang menyampaikan pendapat.
  • Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan dengan cara membantu teman, tetangga,
  • saudara di lingkungan sekitar yang sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan kita.
  1. Membantu tetangga ataupun anggota masyarakat yang sedang mengalami musibah tanpa pamrih.
  2. Tidak berkata kasar maupun semena-mena kepada orang lain
  3. Menghormati orang lain yang lebih tua dari kita dan menyayangi yang lebih muda dari kita.
  4. Mengutamakan kepentingan bersama dan tidak merugikan orang lain dalam setiap aksi yang kita lakukan di tempat umum.
  5. Tidak arogan dan sombong di tempat umum.
  6. Memberikan keputusan yang adil terhadap siapapun.
  7. Rajin melakukan kegiatan sosial yang dapat membantu orang yang kurang mampu.
  8. Di lingkungan sekolah tidak boleh lagi ada kasus perundungan terhadap siswa lain yang memiliki perbedaan.

Editor : Muhammad Syahrul Ramadhan

Ilustrasi mengerjakan kunci jawaban tema 1 kelas 2 SD MI halaman 153 subtema 4, contoh pengamalan sila kedua Pancasila di lingkungan masyarakat. /pixabay.com/Klimkin

PORTAL JEMBER – Salam giat belajar adik-adik, kita akan mempelajari Kunci Jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 2 SD MI Tema 1 Hidup Rukun Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud.

Di artikel ini akan dibahas subtema 4 tentang Hidup Rukun di Masyarakat. Kunci Jawaban yang dibagikan dalam artikel ini yaitu dari pertanyaan di halaman 153.

Alangkah baiknya, adik-adik terlebih dahulu mencoba untuk mengerjakan soal yang ada semampunya, kemudian setelah selesai mintalah koreksi dari orang tua masing-masing.

Baca Juga: Apa Arti Ungkapan Tersebut? Apakah Udin dan Mutiara Saling Menyayangi? Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 16

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 SD MI halaman 153 subtema 4 tentang perintah tuliskan contoh pengamalan sila kedua Pancasila di lingkungan masyarakat, seperti dilansir PORTAL JEMBER dari alumnus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember, Anisa Maharani, S.Pd.

Sila kedua Pancasila berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Kegiatan yang sesuai dengan pengamalan sila kedua Pancasila yaitu berhubungan dengan manusia dan makhluk hidup lainnya, adab atau sikap baik, sikap adil terhadap sesama, dan mengembangkan sikap tenggang rasa.

Berikut contoh pengamalan sila kedua Pancasila di lingkungan masyarakat:

1) Bertegur sapa dengan tetangga saat bertemu di jalan.

2) Bergaul dengan masyarakat meskipun berbeda suku, agama, dan daerah asal.

Baca Juga: Sebutkan Contoh Sikap Rukun di Lingkunganmu, Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 SD MI Halaman 141 Subtema 4

Ilustrasi – Contoh Pengamalan Sila ke 2 di Lingkungan Masyarakat, Ada Menghormati Kewajiban dan Hak Orang Lain /pixabay/stocksnap/

UTARA TIMES – Contoh pengamalan sila ke 2 di lingkungan masyarakat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain.

Alhasil sebagai warga negara yang baik, memahami contoh pengamalan sila ke 2 di lingkungan masyarakat sangat dianjurkan. Oleh karena itu, tidak heran jika hal ini sudah diajarkan sejak Sekolah Dasar (SD).

Selain itu, contoh pengamalan sila ke 2 di lingkungan masyarakat juga tidak jauh-jauh dari bunyi sila ke 2 itu sendiri, yakni ‘Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.’

Baca Juga: Jadwal Vaksinasi Tahap 1 Kecamatan Turikale Sulawesi Selatan Pada Selasa 24 Agustus 2021, Gencarkan 500 Dosis

Sebelumnya perlu diketahui, Pancasila merupakan pemikiran yang berasal dari para pejuang kemerdekaan dan dirumuskan pada tahun 1945.

Pancasila memiliki 5 dasar yang berperan sebagai falsafah hidup bangsa, salah satunya adalah sila ke 2.

Kemudian secara resmi, Pancasila telah tercantum di dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4.

Sedangkan pihak yang merumuskan rancangan UUD 1945 adalah Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Dilansir dari buku ‘Pasti Bisa: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SD/MI, Kelas IV’ oleh Tim Tunas Karya Guru, berikut contoh pengamalan sila ke 2 di masyarakat.


5 a. Batu bara adalah. b. Unsur-unsur penyusun batubara adalah. 6 a. Jelaskan kegunaan batu bara!b. Tuliskan nama-nama tambangbatu bara dilndonesia be


serta daerahsebarannya!7. A. Bauksit adalah. b. Tuliskan manfaat bauksit!c. Tuliskan daerah penghasilbauksit di indonesia!8 a. Manfaat pasir besi adalah. b. Tuliskan nama-nama tambangminyak bumi di indonesia besertadaerah sebarannya!9. A. Manfaat emas adalah. b. Tuliskan nama nama tambangemas di indonesia beserta daerahasalnya!​.


Dalam permainan gerobak dorong, pemain gerobak bergerak maju menggunakan.


Bagaimana perbedaan pembangunan rumah dengan pemberian jendela di daerah pesisir dataran rendah dengan daerah pendalaman pegunungan yang lebih sejuk?


berikan penjelasan!.


Rangkuman PKN Kelas 9 Halaman 14-18​


masa pertama Perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari ancaman dari dalam maupun dari luar negeri berlangsung dari tahun 1945 hingga​


7. Sebutkan nilai-nilai yang mencerminkan sila kelima Pancasila! Jawab: ​


tolong ya kaaterimakasii <3​


sebutkan 5 contoh hasil peningalan masa sejara awal kelahiran pancasila​


masa penjajahan jepang di Indonesia jelaskan secara singkat​


solusi untuk masalah lembaga yudikatif di bawah ini-banyak kasus penyuapan-sulit menangani kasus korup Karan melibatkan banyak pihak-hukum kurang tega


s untuk para korup-ketimpangan hukum antara masyarakat dan aparat negara​

Pengamalan sila ke-2 di lingkungan masyarakat | admin | 4.5