Penggunaan fungsi SQL.CONNECT pada PHP

By On Thursday, September 15th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Penggunaan fungsi SQL.CONNECT pada PHP – Hi sista dan agan semua, Met Datang di web site Trend Wisata dot com ini. Sekarang, kami di situs Trend Wisata dot com mau share ulasan yang mantap yang menjelaskan tentang Penggunaan fungsi SQL.CONNECT pada PHP. Langsung saja sobat simak berikut ini:

Fungsi Mysql_connect di PHP adalah untuk menghubungkan atau membuat koneksi antara PHP ke engine MySQL menggunakan mysql extension yang telah tersedia yaitu mysql_connect() dengan 3 argumen nya. Ketiga argumen di dalam fungsi mysql_connect() tersebut adalah mysql server atau localhost, kemudian mysql user atau root, dan mysql password. Perlu kita ketahui bahwa penggunaan fungsi mysql_connect di php itu bukan untuk menghubungkan atau membuat koneksi ke database MySQL,
melainkan masih terbatas di koneksi ke engine MySQL. Kemudian bagaimana agar terjadi koneksi ke database ? jadi setelah mysql_connect() berhasil dijalankan, maka selanjutnya adalah menggunakan fungsi mysql_select_db.

Penggunaan fungsi mysql_connect di php hampir sama dengan fungsi php sejenisnya seperti mysql_query() dan lainnya, di dalamnya harus mengandung sebuah argumen. Jika fungsi mysql_connect() adalah untuk melakukan koneksi ke mysql server, maka mysql_select_db()
adalah sebuah fungsi untuk membuat koneksi dengan database.

Jadi mysql_select_db() tidak dapat berdiri sendiri tanpa fungi mysql_connect(), dan inilah salah satu kegunaan fungsi mysql_connect di php. Sampai disini semoga sudah dapat memperoleh pemahaman, oke…, contoh penggunaan fungsi mysql_connect() akan segera kita bahas pada artikel ini berikut dengan penjelasan argumennya.

Fungsi Mysql_connect di PHP

mysql_connect()

Sebelum melanjutkan pembahasan fungsi mysql lebih lanjut, kami sarankan juga pembahasan menarik lainnya tentang
fungsi mysql_query dalam php yang mungkin juga dapat menambah pengetahuan. Selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan mysql_connect di php berikut dengan penjelasan dari code dan penggunaan nya sehingga mudah untuk dipahami.

Fungsi mysql_connect di php mengandung minimal tiga argumen baik dalam koneksi server mysql sebelum php 7 atau mysqli_connect di php7. Mysql_connect()
memiliki format penulisan dasar seperti berikut ini;

$c_server = mysql_connect("mysql_host", "mysql_user", "user_password");

Kemudian bagaimana penggunaan fungsi mysql_connect di mysqli yang berlaku untuk php 7 ? ada sedikit perbedaan isi argumen, mysqli_connect dapat langsung menambahkan argumen koneksi ke database dengan cara menambahkan nama database di dalalammya. Sehingga terlihat lebih simple dan ringan saat kode dijalankan, lebih jelasnya seperti syntax berikut ini;

$c_server = mysqli_connect("mysql_host", "mysql_user", "user_password", "nama_database");

Berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing elemen dan
argumen pada syntax fungsi mysql_connect di atas mulai dari awal baris;

  • $c_server adalah nama variabel yang akan menampung hasil dari fungsi mysql_connect jika fungsi tersebut berhasil dijalankan. Variabel ini juga dikenal dengan istilah handler yakni variabel yang betugas meng-handle koneksi ke MySQL, di php 7 nama variable ini selalu di tulis kembali sebagai argumen di setiap fungsi query database.
  • mysql_connect atau mysqli_connect adalah nama
    fungsi php untuk menjalankan argumen agar terkoneksi ke server mysql dan atau database.
  • mysql_host adalah argumen pertama dari fungsi mysql_connect(), dimana nilai dari mysql_host adalah alamat lokasi MySQL Server dijalankan. Jika menjalankan MySQL menggunakan XAMPP di komputer yang sama dengan tempat web server Apache berjalan, maka alamat ini bisa diisi dengan “localhost” atau “127.0.0.1”. Namun jika MySQL server dijalankan dari perangkat komputer server lain, argumen ini akan
    berisi IP address dari komputer server tersebut.
  • mysql_user dalam penggunaan fungsi mysql_connect ini adalah argumen nama user MySQL dimana kita akan login, nilai berbentuk varchar seperti “root”, “admin”, atau “nama_anda” bebas sesuai dengan nama user MySQL yang telah terdaftar di server. Di dalam server, user ini dapat kita tambah, hapus, dan edit privileges atau batasan otoritasnya. Jika menggunakan MySQL dari XAMPP, nama user yang digunakan adalah default dengan nama
    “root”.
  • user_password diisi dengan password dari masing-masing user telah terdaftar di dalam server mysql. Secara default nilai password ini adalah kosong dan boleh saja dikosongkan dengan hanya memberi tanda “” pada argumen user_password.
  • nama_database dapat kita letakan sebagai argumen ke dalam fungsi mysqli_connect pada php 7, namun umumnya di versi php sebelumnya argumen ini di tuliskan di dalam fungsi mysql_select_db() , sehingga fungsinya terpisah.

Sampai pada tahap ini semoga teman-taman sudah paham tentang fungsi mysql_connect di php, yang selanjutnya adalah bagimana agar terjadi koneksi antara php dengan database. Agar dapat memahami cara penggunaan fungsi mysql_connect() sebaiknya langsung saja melihat contoh penulisan code atau coding nya. Berikut adalah contoh coding program penulisan fungsi mysql_connect() di php ;

<?php
	$c_server = mysql_connect("localhost", "root", "");
 
	// cek koneksi
	if ($c_server)
		echo "Koneksi dengan engine MySQL berhasil ...";
	
	else
		echo "Koneksi dengan engine MySQL gagal!";
	
 
	//periksa $c_server value
	echo "hasil var_dump variabel $c_server : ";
	var_dump($c_server);
?>

Jika coding php di atas dijalankan dan koneksi dengan MySQL berhasil maka pada halaman browser akan
menampilkan hasil cek koneksi berhasil. Dan variabel $c_server akan berisi link koneksi (bertipe resources) dengan nilai TRUE Boolean.

Perlu kita ketahui bahwa fungsi mysql_connect di php adalah untuk menghubungkan atau membuat koneksi dengan engine atau server MySQL, bukan untuk membuat koneksi dengan database mysql. Ini berlaku untuk php di bawah versi 7, agar dapat terkoneksi dengan database mysql di butuhkan fungsi php yang lain yaitu mysql_select_db(). Namun di php versi 7
koneksi database dapat dilakukan ke dalam fungsi mysqli_connect() berdampingan dengan argumen lainnya.

Tutorial Fungsi Mysql_connect di PHP

Sekian penjelasan dari kami tentang bagaimana cara menggunakan atau penggunaan mysql_connect() dan fungsi mysql_connect di php yang tersedia dalam beberapa model penulisan kode. Untuk mendapatkan source code nya silahkan langsung copas saja melalui coding-coding di
atas, jika gagal dan atau error mohon hubungi kami melalui SMS atau email atau melalui form komentar dan obrolan. Semoga dapat membantu.

Baca juga :

  • Fungsi Mysql Real Escape String Pada PHP
  • Fungsi Mysql_fetch_array Pada
    PHP
  • Cara Membuat Script Login Multiuser dengan PHP dan MySQL
  • Membuat Form Input Data dengan PHP dan MySQL
  • Script PHP untuk Cari Data pada Database
    MySQL
  • Membuat Form dan Script Edit Data dengan PHP MySQL
  • Membuat Widget Live Chat dengan PHP MySQL

Fungsi Mysql_connect di PHP

Tags: fungsi mysql_connect, mysql_connect php, penggunaan fungsi mysql_connect,
mysql_connect(), fungsi mysql_connect di php

Apakah fungsi dari Mysqli_connect pada php adalah untuk?

Fungsi connect() / mysqli_connect() digunakan untuk membuka koneksi baru ke server MySQL.

Apa fungsi mysql_select_db?

mysql_select_db adalah fungsi php untuk menjalankan argumen agar terkoneksi ke database mysql. Isi argumen tersebut adalah sebuah value nama database yang telah kita buat. Jika database yang kita buat memiliki nama db_akademik, maka argumen di dalam fungsi ini juga harus sama yaitu db_akademik.

Tuliskan tiga langkah untuk mendapatkan koneksi dengan database?

(1) membuat koneksi sengan server database. (2) Membuat perintah dan mengirimkannya ke server database. (3) menerima dan mengolah hasil.

Bagaimana syntax yang digunakan untuk menutup koneksi ke database?

Fungsi close() / mysqli_close() digunakan untuk menutup koneksi database yang dibuka sebelumnya.

Penggunaan fungsi SQL.CONNECT pada PHP | admin | 4.5