Penyakit vertigo berobat ke dokter spesialis apa

By On Thursday, November 3rd, 2022 Categories : Tanya Jawab

Penyakit vertigo berobat ke dokter spesialis apa – Hi Agan dan sista semua, Thanks dah mau datang ke web site trendwisata.com ini. Di hari yang cerah ini, saya di web Trend Wisata dot com pengen menampilkan ulasan yang oke banget yang membahas Penyakit vertigo berobat ke dokter spesialis apa. Sebaiknya Agan dan sista cek berikut ini:

Liputan6.com, Jakarta Jangan sepelekan gejala vertigo. Sebab, penyakit ini dapat mengindikasikan masalah neurologis.

Dr Pawan Ojha dari Klinik Sakit Kepala & Vertigo menjelaskan mengapa mengabaikan vertigo bisa berbahaya dan kapan saat yang tepat untuk
berkonsultasi dengan dokter, seperti dilansir dari The Health site, Rabu (5/7/2017).

  • 12 Manfaat Kencur bagi Kesehatan, Bantu Tambah Nafsu Makan dan Ringankan Flu
  • Tips Cegah Penyakit Gagal Ginjal Akut
  • 20 Cara Hilangkan Jerawat Secara
    Cepat dan Alami, Ampuh Tak Berbekas

“Saat vertigo, sistem vestibular mengirimkan sinyal ke otak hingga menimbulkan gejala kelesuan, pusing, perasaan berputar atau ketidakseimbangan,” katanya.

Kasus yang parah bahkan bisa mempengaruhi psikologis pasien, menyebabkan rasa tidak aman, takut akan psikosis, dan Depresi. Vertigo atau ketidakseimbangan bisa berupa sentral (neurologis yang
berhubungan dengan otak) atau perifer (vestibular atau yang berhubungan dengan telinga).

Seseorang harus mencari bantuan segera jika mengalami vertigo yang berhubungan dengan mual dan muntah parah. Selain itu juga pada vertigo yang tiba-tiba, yang berhubungan dengan ketidakseimbangan, kelemahan, kesulitan berbicara, menelan atau gejala neurologis yang parah, sebaiknya jangan diabaikan, tetapi segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Jika Anda mengalami gejala neurologis
tersebut, maka itu bisa mengindikasikan masalah serius seperti stroke atau tumor otak. Dan karena vertigo tak bisa disepelekan, Anda mungkin memerlukan perhatian medis segera dan intervensi tepat waktu.

“Kalau penyakit vertigo sudah kumat, saya jadi nggak bisa beraktivitas. Jangankan mau kerja, bangun tidur saja sudah sulit. Rasanya mual, pusingnya nggak bisa dikatakan lagi. Sekeliling rasanya berputar-putar,” ujar Ririn 27 tahun, seorang karyawan di sebuah Digital Agency.

Di antara Parents ada yang senasib dengan Ririn? Mengalami pusing yang tidak biasa karena ada sensasi seakan dunia berputar alias vertigo? 

Perlu diketahui,
bahwa sebenarnya vertigo bukanlah nama penyakit, melainkan kumpulan dari gejala. Namun memang, masyarakat banyak yang mengatakan atau menganggapnya sebagai penyakit vertigo.

“Vertigo bukanlah penyakit, tetapi merupakan kumpulan gejala yang timbul tiba-tiba atau dalam jangka waktu tertentu,” kata dr. Rubiana Nurhayati, Sp. S, Dokter Spesialis Saraf RS. Pondok Indah seperti dikutip dari  laman Youtube RS. Pondok Indah.

Lebih lanjut ia menjelaskan ada dua jenis vertigo yang perlu
Parents ketahui.

1.  Vertigo periferal

“Vertigo periferal disebabkan karena gangguan
telinga di bagian dalam. Jenis yang paling sering terjadi umumnya adalah vertigo periferal,” ujar dr. Rubiana.

Bagaimana ciri-cirinya? Gejala vertigo periferal yang sering dirasakan ialah mual, muntah, sakit kepala, telinga berdenging, dan ada sensasi terjatuh.

Sementara WebMD juga menyebutkan ada beberapa penyebab paling umum dari masalah telinga bagian dalam yang berisiko terjadinya vertigo  periferal. Di antaranya adalah:

  • Vertigo posisi
    paroksismal jinak (BPPV)
  • Neuronitis vestibular
  • Penyakit Meniere

2. Vertigo Central

Jenis vertigo lainnnya adalah vertigo central, biasanya disebabkan karena adanya masalah pada otak. Menurut WebMD, selain adanya masalah pada otak, beberapa hal ini bisa menyebabkan vertigo central:

  • Cidera kepala
  • Penyakit atau infeksi
  • Skerosis multiple
  • Migrain
  • Tumor otak
  • Stroke
  • Serangan iskemik sementara
    (stroke sederhana yang berlangsung dalam waktu yang singkat dan tidak menyebabkan kerusakan permanen).

Tips mengatasi vertigo peripheral

Jika Parents merasakan vertigo peripheral sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan :

1. Lakukan gerakan stretching

Stretching kepala bisa dilakukan dengan memiringkan kepala ke kanan dan ke kiri beberapa kali, kemudian menengok ke kanan dan kiri beberapa kali, serta
melihat ke atas dan ke bawah beberapa kali.

2. Kurangi penggunaan gadget

Coba perhatikan, dalam kurun waktu sehari berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menatap layar gadget? dr. Rubiana mengingatkan agar kurangi penggunaan gadget dan komputer yang terlalu lama.

3. Pastikan kecukupan air putih terpenuhi

 Langkah lain yang bisa dilakukan adalah perbanyak minum air putih, beristirahat dan tidur yang cukup. “Jika kondisi
tidak membaik jangan lupa segera hubungi dokter,” tambah dr. Rubiana.

Tips mengatasi vertigo central

WebMD mengatakan sebelum mengobati vertigo central, seseorang perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jika migrain penyebabnya, misalnya, pengobatan dan mengurangi stres bisa membantu.

Untuk beberapa kondisi yang sedang berlangsung, seperti multiple sclerosis dan beberapa tumor, perawatan mungkin terdiri dari penatalaksanaan gejala. Ini mungkin termasuk
diberikannya obat-obatan untuk mual dan obat-obatan yang membantu mengurangi sensasi gerakan.

Semoga bermanfaat. 

Referensi: WebMD

Baca juga: 

id.theasianparent.com/makanan-pereda-sakit-kepala

Parenting bikin
pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan
Android.

Apakah penyakit vertigo harus di scan?

Pada kasus tertentu, dokter menyarankan pengidap vertigo untuk melakukan CT scan atau MRI untuk mendeteksi masalah pada otak.

Apakah vertigo berhubungan dengan saraf?

Vertigo sentral disebabkan oleh gangguan pada otak atau sistem saraf pusat. Gangguan tersebut dapat terjadi akibat kondisi berikut: Cedera pada bagian kepala dan leher.

Apa penyebab vertigo berkepanjangan?

Penyebabnya al : Vertigo posisional jinak. penyakit meniere / hidrops endolimfa. radang labirin telinga.

Apakah vertigo bisa disembuhkan total?

Bisakah vertigo disembuhkan secara total? Melansir Web MD, pengobatan vertigo harus disesuaikan dengan penyebabnya. Pada beberapa kasus, vertigo dapat hilang dengan melakukan perawatan mandiri di rumah atau hilang dengan sendirinya.

Penyakit vertigo berobat ke dokter spesialis apa | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x