Peristiwa di bawah ini yang merupakan tahap peresapan pada daur air adalah

By On Thursday, October 20th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Peristiwa di bawah ini yang merupakan tahap peresapan pada daur air adalah – Halo sobat semua, Thanks dah mau datang ke blog TrendWisata ini. Di hari yang cerah ini, saya dari web site TrendWisata pengen berbagi Q dan A yang oke banget yang akan menunjukkan tentang Peristiwa di bawah ini yang merupakan tahap peresapan pada daur air adalah. Kami persilakan bapak dan ibu melihat dibawah ini:


Apa Itu sel? Sel bedasarkan jumlahnya terbagi menjadi​


rangkuman sistem pencernaan manusia (proses makanan berubah menjadi feses)​


Sebutkan gangguan pada kekurangan vitamin a,b,c,d dan k.


pernyataan berikut ini yang benar kecuali​


Bagaimana cara mengetahui suhu suatu zat​

Peristiwa di bawah ini yang merupakan tahap peresapan pada daur air adalah:

  1. intonasi.
  2. hujan salju.
  3. air masuk pada lubang biopori.
  4. terbentuknya hujan.

Jawabannya adalah c. air masuk pada lubang biopori.

Peristiwa di bawah ini yang merupakan tahap peresapan pada daur air adalah air masuk pada lubang biopori.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. intonasi menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. hujan salju menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. air masuk pada lubang biopori menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban d. terbentuknya hujan menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah c. air masuk pada lubang biopori.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.

Salah satu fenomena alam yang sering kali kita jumpai adalah hujan. hujan merupakan salah satu bagian dari tahapan daur air atau siklus hidrologi di alam. Hujan merupakan proses berulang-ulang yang terjadi di alam.

Pengertian Daur Air

Daur air adalah proses siklus yang terjadi secara terus menerus dan berulang, tidak pernah berhenti mulai dari air yang ada di darat berubah menjadi awan kemudian menjadi hujan dan kembali menjadi air.

Tahapan Daur Air

http://www.ebiologi.net/2016/03/siklus-hidrologi-pengertian-proses.html

Dalam proses daur air di alam, air mengalami penguapan, pengembunan, pengendapan, limpasan, dan peresapan. Proses ini selalu berulang selama bumi dan air didalamnya masih ada.

1. Penguapan

Terdapat 3 sumber penguapan yang ada di bumi yaitu penguapan dari air langsung, dari proses tumbuhan, dari dari es di kutub.

Evaporasi

Evaporasi adalah proses penguapan air yang ada di permukaan bumi karena adanya energi panas dari matahari. Air yang berasal dari berbagai sumber seperti sungai, danau, dan laut mengalami penguapan karena peningkatan suhu akibat dari panas matahari kemudian naik ke lapisan atmosfer bumi.

Transpirasi

Selain berasal dari sumber airnya langsung, proses penguapan yang terjadi di alam juga dapat berasal dari tumbuhan, yang disebut dengan transpirasi. Transpirasi adalah uap air yang dikeluarkan melalui stomata sebagai hasil dari fotosintesis pada tumbuhan. Uap air dari tumbuhan ini tidak banyak, tetapi karena jumlah tumbuhan yang ada di bumi jumlahnya banyak maka juga menghasilkan uap air yang banyak. Uap air ini juga naik ke lapisan atmosfer bumi.

Sublimasi

Sumber penguapan yang ketiga disebut dengan sublimasi. Sublimasi adalah proses penguapan berasal dari lapisan es di kutub baik di kutub utara maupun kutub selatan yang langsung berubah menjadi uap air tanpa mengalami fase cair.

Baca Juga : Soal Latihan Siklus Air

2. Pengembunan (Kondensasi)

Uap air menjadi partikel es kecil/awan

Setelah uap air yang berasal dari evaporasi, transpirasi, maupun sublimasi terbawa angin dan mencapai lapisan atas atmosfer. Setelah mencapai ketinggian tertentu karena pengaruh suhu udara yang rendah maka berubah menjadi partikel es kecil. Partikel-partikel es yang kecil ini terbawa angin dan membentuk awan. Perubahan uap air menjadi partikel es yang kecil inilah yang disebut kondensasi.

Baca Juga : Pelapukan Biologi, Fisika, dan Kimia

3. Pengendapan (Presipitasi)

Awan menjadi air/salju/es

Awan dari proses kondensasi tadi terbawa angin dan berkumpul membentuk awan besar. Karena perubahan suhu dan angin maka partikel kecil es tadi membentuk butiran-butiran air yang turun sebagai hujan. Sedangkan apabila terkena suhu yang sangat rendah maka akan turun sebagai hujan salju atau hujan es.

4. Limpasan

Limpasan merupakan proses di mana air yang telah jatuh ke bumi mengalir di atas permukaan bumi. Air bergerak dan berpindah dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah melalui berbagai saluran saluran seperti sungai dan kali hingga selanjutnya masuk ke danau, laut maupun samudera.

5. Peresapan (Infiltrasi)

Disamping terjadi limpasan. Air dari hujan yang turun meresap ke dalam tanah. Air tersebut merembes ke bawah tanah melalui pori-pori tanah dan batuan dan menjadi air tanah. Air yang masuk ke dalam tanah ini disebut air infiltrasi.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang daur air, pelajari pula pengembangan soal-soal daur air. Disusun berdasarkan bentuk soal kekinian.

42.Peristiwa di bawah ini yang merupakan tahap peresapan pada daur air adalah….A.hujan saljuB.terbentuknya hujanC.air masuk pada lubang bioporiD.menyusutnya air danau pada musim kemarau

43.Perhatikan gambar berikut!Tahapan daur air pada nomor 1 sesuai gambar tersebut adalah….

Get answer to your question and much more

44.Penanggalan hijriah didasarkan pada….

Get answer to your question and much more

Peristiwa di bawah ini yang merupakan tahap peresapan pada daur air adalah?

  1. hujan salju
  2. terbentuknya hujan
  3. air masuk pada lubang biopori
  4. menyusutnya air danau pada musim kemarau
  5. Semua jawaban benar

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: C. air masuk pada lubang biopori.

Dari hasil voting 987 orang setuju jawaban C benar, dan 0 orang setuju jawaban C salah.

Peristiwa di bawah ini yang merupakan tahap peresapan pada daur air adalah air masuk pada lubang biopori.

Pembahasan dan Penjelasan

Jawaban A. hujan salju menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. terbentuknya hujan menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban C. air masuk pada lubang biopori menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban D. menyusutnya air danau pada musim kemarau menurut saya ini salah, karena dari apa yang ditanyakan, sudah sangat jelas jawaban ini tidak saling berkaitan.

Jawaban E. Semua jawaban benar menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah C. air masuk pada lubang biopori

Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.

Peristiwa di bawah ini yang merupakan tahap peresapan pada daur air adalah | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x