Polemik Kenaikan Tarif Masuk ke Borobudur, Luhut Sebut Keputusan Akan Dirilis Jokowi Minggu Depan

By On Wednesday, November 16th, 2022 Categories : Info Wisata Hiburan

Polemik Kenaikan Tarif Masuk ke Borobudur, Luhut Sebut Keputusan Akan Dirilis Jokowi Minggu Depan – Hi tante dan om semua, Makasih banyak sudah mau datang di web site www.trendwisata.com ini. Saat ini, kita dari web site Trend Wisata ingin share ulasan dalam bentuk rekaman video yang mantap tentang Polemik Kenaikan Tarif Masuk ke Borobudur, Luhut Sebut Keputusan Akan Dirilis Jokowi Minggu Depan. Sebaiknya teman tonton video youtubenya berikut ini:



TRIBUN-VIDEO.COM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali buka suara mengenai rencana kenaikan harga tiket naik area stupa Candi Borobudur.

Sebelumnya dia menyebut bahwa turis lokal akan dikenakan tarif Rp 750.000 untuk masuk ke area stupa Candi Borobudur. Namun kini dia menegaskan bahwa rencana tersebut masih akan dikaji ulang.

Luhut mengatakan bahwa Ia juga aware dengan kekhawatiran dan masukan yang muncul dari masyarakat mengenai tarif untuk turis lokal yang dianggap terlalu tinggi.

“Saya mendengar banyak sekali masukan masyarakat hari ini terkait dengan wacana kenaikan tarif untuk turis lokal,” ujar Luhut dalam keterangan resmi, dikutip pada Senin (6/6/2022).

Merespons hal itu, Luhut mengatakan bahwa rencana tarif yang muncul saat ini belumlah final, karena masih akan dibahas dan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pekan depan.
“Karena itu nanti saya akan minta pihak-pihak terkait untuk segera mengkaji lagi supaya tarif itu bisa diturunkan. Saya sampaikan terima kasih kepada semuanya atas perhatian yang begitu besar kepada warisan budaya kebanggaan kita semua ini,” sambung Luhut.

Meski begitu, Luhut memastikan bahwa rencana kenaikan tarif untuk turis asing menjadi 100 dollar AS tidak akan berubah. Begitu pula tarif untuk pelajar tetap sesuai rencana yang sebelumnya disampaikan, yakni Rp 5.000.

Sementara untuk sekedar masuk ke kawasan Candi Borobudur, tarifnya juga tetap di angka Rp 50.000. Luhut menambahkan, berdasarkan masukan yang diterima, pihaknya tengah mempertimbangkan untuk menyediakan tarif khusus bagi warga Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Luhut mengatakan bahwa nantinya semua calon turis yang ingin mengunjungi Candi Borobudur diwajibkan untuk melakukan reservasi secara online. Hal ini dilakukan untuk mengatur aliran pengunjung.

Warga lokal pun juga akan diajak untuk lebih berkontribusi. Semua turis nantinya harus menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Candi Borobudur.
Selain itu, turis diwajibkan untuk menggunakan sandal khusus “upanat” supaya tidak merusak tangga dan struktur bangunan yang ada di candi. Sandal ini akan diproduksi oleh warga dan UMKM di sekitar Candi Borobudur.

“Sebagai bangsa yang kaya dengan budaya, kita tentu tidak mau dianggap tidak bisa menjaga kelestarian warisan budaya kita sendiri. Jadi memang diperlukan treatment khusus untuk mewujudkan upaya itu,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Belum Final, Luhut Sebut Tiket Naik ke Borobudur Diputuskan Jokowi Pekan Depan”, Klik untuk baca:
Penulis : Muhammad Choirul Anwar
Editor : Muhammad Choirul Anwar



tarif masuk


Siapa tahu sobat memerlukan file youtube video yang bagus diatas, caranya mudah banget kok, sobat bisa unduh youtube video mengenai Polemik Kenaikan Tarif Masuk ke Borobudur, Luhut Sebut Keputusan Akan Dirilis Jokowi Minggu Depan ini : Disini

Polemik Kenaikan Tarif Masuk ke Borobudur, Luhut Sebut Keputusan Akan Dirilis Jokowi Minggu Depan | Trend Wisata | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x