Sebutkan 5 indikator yang mendukung terwujudnya pusat pusat keunggulan ekonomi di Bali

By On Wednesday, August 17th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Sebutkan 5 indikator yang mendukung terwujudnya pusat pusat keunggulan ekonomi di Bali – Apa kabar sobat semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke blog TrendWisata ini. Kali ini, saya di situs trendwisata.com akan membagikan tanya dan jawab yang keren yang menunjukkan pada anda mengenai Sebutkan 5 indikator yang mendukung terwujudnya pusat pusat keunggulan ekonomi di Bali. Silahkan ibu dan bapak melihat berikut ini:

Lihat Foto

ISTIMEWA

Proses pengerjaan kain batik tulis pesanan atlet basket NBA, Justin Holiday, di Pusat Batik Mawar Putih di Blitar, Jawa Timur, Sabtu (5/2/2022). Pebasket NBA asal klub Indiana Pacers Justin Holiday bekerja sama dengan pebatik asal Blitar Yogi Rosdianta dan Santika untuk memproduksi batik khas Blitar sebagai upaya untuk mempromosikan batik sebagai merchandise kepada para penggemar basket melalui NBA Fashion Hits.

KOMPAS.com – Indonesia memiliki sejumlah pusat keunggulan ekonomi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pusat keunggulan ekonomi di Indonesia memberi pengaruh besar dalam berbagai bidang kehidupan.

Pusat Keunggulan Ekonomi di Indonesia

Pusat keunggulan ekonomi yang dimiliki Indonesia adalah:

  • PT Freeport Indonesia: Menambang, memproses, dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak di Papua. PT Freeport adalah afiliasi dari Freeport-McMoran Copper & Gold Inc. Sejak akhir 2018, mayoritas saham di Freeport dimiliki oleh pemerintah Indonesia melalui BUMN. Freeport membentuk 0,8 persen dari keseluruhan pendapatan rumah tangga di Indonesia.
  • Perusahaan Tambang Minyak Negara atau PTMN: PTMN mendirikan dan mengoperasikan kilang minyak, serta mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang menjadi bahan baku bagi industri petrokimia. Beberapa kilang minyak di Indonesia adalah kilang Pangkalan Brandan, kilang Dumai, kilang Cilacap, kilang Balikpapan, kilang Kasim, kilang Balongan, dan kilang Cepu.
  • Batik Indonesia: Hasil ekonomi kreatif Indonesia yang telah dikembangkan sejak dahulu. Beberapa wilayah Indonesia menghasilkan kain batik yang memiliki ciri khas masing-masing, seperti batik Surakarta, batik Yogyakarta, dan batik Pekalongan. Jenis batik di Indonesia adalah batik tulis, batik cap, dan batik lukis.

Baca juga: 5 Upaya Negara dalam Menciptakan Keunggulan Ekonomi

Pengaruh Pusat Keunggulan Ekonomi

Berikut pengaruh pusat keunggulan ekonomi dalam sejumlah bidang:

Transportasi

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi adalah meningkatkan pengembangan transportasi Indonesia karena mobilitas penduduk akan terhambat tanpa sarana dan prasarana transportasi yang memadai.

Contohnya adalah pembangunan Bandar Udara Timika dan pusat perbekalan di Papua pada tahun 1971 setelah ada PT Freeport.

Pembangunan jalan-jalan utama sebagai akses ke wilayah tambang dan jalan-jalan di daerah terpencil untuk mempermudah mobilisasi.

Migrasi Penduduk

Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain yang sifatnya menetap atau permanen.

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk adalah meningkatkan migrasi penduduk, baik migrasi internal atau perpindahan penduduk dalam satu negara, maupun migrasi internasional atau perpindahan penduduk antarnegara.

Pusat keunggulan ekonomi di Indonesia berpengaruh terhadap perpindahan penduduk ke wilayah yang mendekati pusat keunggulan tersebut.

Akan tetapi, hal ini menyebabkan kurang meratanya pembangunan karena pembangunan terpusat di daerah yang memiliki keunggulan ekonomi.

Contohnya adalah keberadaan PT Freeport yang memengaruhi kehidupan dan migrasi penduduk Papua. Pada awal beroperasinya Freeport, penduduk mulai masuk ke wilayah sekitar tambang sehingga pertumbuhan penduduk di Timika meningkat.

Pendidikan

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap pendidikan adalah meningkatnya pembangunan nasional melalui sumber daya manusia yang berpendidikan.

Contohnya adalah PT Freeport Indonesia menetapkan kuota posisi pekerjaan untuk diisi oleh tenaga kerja lulusan dari perguruan tinggi yang memiliki reputasi baik.

Pada tahun 2003, dibangun Institut Pertambangan Nemangkawi atau IPN untuk memberikan kesempatan dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku profesional di bidang operasi dan penunjangnya.

Baca juga: Ini Keunggulan Ekonomi Indonesia saat Negara Lain Terpuruk…

Lembaga Sosial dan Ekonomi

Lembaga sosial dan ekonomi adalah keseluruhan dari sistem norma yang terbentuk dalam masyarakat berdasarkan tujuan dan fungsi tertentu.

Pusat keunggulan ekonomi berpengaruh terhadap munculnya banyak lembaga sosial ekonomi.

Salah satunya adalah hadirnya lembaga pengembangan masyarakat Amungme dan Kamoro atau LPMAK. LPMAK mendidik anak-anak asli suku Amungme dan Kamoro dari berbagai daerah di pedalaman Papua.

Pekerjaan

Pusat keunggulan ekonomi juga berpengaruh terhadap meningkatnya produksi dalam negeri. Kenaikan jumlah produksi berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan tenaga kerja sehingga membuka lapangan pekerjaan yang semakin luas.

Contohnya adalah meningkatnya produksi batik khas Surakarta membuka kesempatan dan peluang pekerjaan bagi kaum muda maupun ibu rumah tangga untuk menyalurkan kemampuannya dalam membatik.

Hal ini juga selaras dengan peningkatan jumlah pendapatan rumah tangganya.

Referensi

  • Zubaedi. 2016. Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik. Jakarta: Kencana

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pulau Bali merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Kecil dengan panjang 153 km dan lebar 112 km, berjarak sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Di Bali, terdapat berbagai tempat-tempat wisata sepertii Ubud Bali yang menjadi pusat seni dan relaksasi yang terletak di Kabupaten Gianyar. Bali juga terkenal dengan wisata pantainya yang mendunia.  Pantai di Bali diantaranya Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Seminyak, Pantai Jimbaran, dan Nusa Dua.

Jadi, pusat keunggulan ekonomi di daerah Bali adalah keunggulan wisata, terutama wisata daerah pantai.  

Halo Squad! Apa kabar kalian hari ini? Apakah kalian sudah menonton film black panther? Di film black panther, wilayahnya yang bernama Wakanda memiliki keunggulan di bidang uranium. Kalian lihat sendiri kan, negara Wakanda ini bisa berkembang dengan cepat? Indonesia juga bisa, dong! Mengapa sih kita perlu mengembangkan keunggulan ekonomi kita? Yuk, mari kita cari tahu.

Kalian pasti sudah belajar tentang perdagangan internasional kan? Perdagangan antarnegara terjadi karena suatu negara memiliki produk yang lebih unggul dari negara lainnya yang terjadi akibat perbedaan sumber daya alam dan manusianya, contohnya seperti Indonesia yang membeli beras dari Vietnam karena penghasilan Indonesia sekarang ini masih belum dapat mencukupi kebutuhan. Oleh karena itu, kalian akan belajar tentang daerah-daerah di Indonesia yang memiliki keunggulan masing-masing. Mempunyai keunggulan di ekonomi dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, karena itu perlu dilakukan pengembangan kepada pusat-pusat keunggulan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia.

Papua sangat kaya dengan hasil tambang berupa emas dan tembaga. Selain menyimpan cadangan hasil tambang yang besar, papua juga memiliki potensi kayu sebanyak 540 juta kubik yang apabila diolah menjadi produk industri kayu yang nilainya dapat mencapai sebesar US$ 500 Miliar.

 (Sumber: tirto.id)

Sebesar 92,4% wilayah Maluku berupa perairan oleh karena itu keunggulan maluku terletak di hasil  lautanya. Psst… Maluku itu penghasil nikel terbesar di dunia, lho!.

(Sumber: indotrading.com)

Kepulauan Nusa Tenggara terdiri atas pulau vulkanik dan rangkaian terumbu karang yang tersebar di sepanjang lautan. Kamu tau Pulau Komodo nggak? Pulau Komodo itu juga terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, lho! Oleh karena itu, potensi Kepulauan Nusa Tenggara sebagai objek wisata sangat besar! Apalagi juga karena komodo adalah binatang eksklusif Indonesia.

(Sumber: pemburuombak.com)

Pulau Sulawesi merupakan pusat produksi dan pengolahan hasil perkebunan, pertanian, perikanan, minyak dan gas serta pertambangan nasional. Komoditas utama yang dihasilkan dari sektor perkebunan adalah kakao. Perkebunan kakao di Sulawesi merupakan yang terbesar ke-2 di dunia. Selain itu pulau Sulawesi juga merupakan penghasil beras terbesar ke-3 di dunia.

(Sumbe: agrowindo.com)

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Pasar Bebas di Dunia

Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia. Sumber daya alam utama Kalimantan adalah perkebunan dan pertambangan. Hasil tambang Kalimantan meliputi minyak bumi, gas, batubara dan cadangan bijih besi terbesar di Indonesia. Wow hebat ya! Apakah kalian tertarik sekarang?

(Sumber: bisnis.tempo.co)

Jawa merupakan pulau dengan tingkat kemajuan tertinggi di Indonesia karena pusat kegiatan ekonomi terdapat di Jawa. Jawa memiliki hampir semua faktor produksi seperti sumber daya manusia, modal dan kewirausahaan. Jawa juga menjadi sentra industri tekstil di Indonesia yang menyerap banyak tenaga kerja. Sedangkan Bali merupakan daerah tujuan wisata lokal dan internasional. Bali terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan budaya bali yang unik sehingga menarik banyak wisatawan.

 

(Sumber: johndated.github.io)

Pulau Sumatera dikenal sebagai sentra produksi dan pengolahan perkebunan terbesar di Indonesia. Pulau Sumatera penghasil utama karet dan kelapa sawit di Indonesia. Wah, menarik ya? Jadi karet yang kita gunakan untuk aktivitas hari-hari itu berasal dari Sumatera.

Bagaimana Squad? Tidak susah kan? Jika masih kurang mengerti downloadlah aplikasi ruangguru ada banyak video dan soal yang bermutu yang dapat membantu kalian mengerti lebih dalam. Ayo download sekarang!

Referensi:

Kurnia A. (2017) IPS Terpadu SMP Kelas IX. Edisi ke-2. Jakarta: Yudhistira

Sumber foto:

Foto ‘Emas’ [Daring]. Tautan: https://tirto.id/cara-cek-emas-batangan-antam-asli-dan-palsu-ejLp (Diakses: 15 Desember 2020)

Foto ‘Nikel’ [Daring]. Tautan: https://www.indotrading.com/product/jual-bijih-nikel-p548388.aspx (Diakses: 15 Desember 2020)

Foto ‘Komodo’ [Daring]. Tautan: https://www.pemburuombak.com/berita/nasional/item/1703-16-fakta-tentang-pulau-komodo-yang-mungkin-belum-kalian-tahu (Diakses: 15 Desember 2020)

Foto ‘Cokelat’ [Daring]. Tautan: http://www.agrowindo.com/peluang-usaha-budidaya-kakao-dan-analisa-usahanya.htm (Diakses: 15 Desember 2020)

Foto ‘Batu bara’ [Daring]. Tautan: https://bisnis.tempo.co/read/1056185/karena-batubara-biaya-pln-membengkak-rp-15-triliun (Diakses: 15 Desember 2020)

Foto ‘Batik’ [Daring]. Tautan: https://johndated.github.io/implementasi/post/contoh-gambar-batik-nusantara/ (Diakses: 15 Desember 2020)

Artikel diperbarui pada 15 Desember 2020

Sebutkan 5 indikator yang mendukung terwujudnya pusat pusat keunggulan ekonomi di Bali | admin | 4.5