Sebutkan contoh 3 iringan yang bisa digunakan untuk mengiringi suatu tarian

By On Friday, August 26th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Sebutkan contoh 3 iringan yang bisa digunakan untuk mengiringi suatu tarian – Halo kawan-kawan semua, Met Datang di blog Trend Wisata dot com ini. Kali ini, kami dari blog Trend Wisata dot com akan sharing pertanyaan dan jawaban yang mantab yang mengulas Sebutkan contoh 3 iringan yang bisa digunakan untuk mengiringi suatu tarian. Ini dia ibu dan bapak menonton setelah ini:

Seni tari adalah suatu seni yang membutuhkan beberapa komponen pendukung, salah satunya adalah musik. Foto:Pexels.com

Musik iringan tari adalah salah satu komponen pendukung yang dibutuhkan pada sebuah seni tari sebab seni tari berkaitan dengan gerak tubuh yang disesuaikan dengan irama.

Musik iringan tari juga digunakan untuk mendukung pesan atau ekspresi yang ingin disampaikan oleh penari. Musik iringan tari biasanya disesuaikan dengan jenis tari yang akan dimainkan.

Musik iringan tari bisa berbentuk sebagai suatu karya musik instrumental, karya musik vokal, maupun karya musik campuran.

Untuk memahami musik iringan tari lebih jauh, simak penjelasan mengenai musik iringan tari di bawah ini.

Definisi Musik Iringan Tari

Musik adalah komponen utama yang digunakan dalam sebuah seni tari. Musik yang digunakan dalam tarian disebut sebagai musik iringan tari.

Menurut Ayu Rahmawati dalam penelitiannya yang berjudul Pengaruh Musik Iringan Tari dalam Media Realia dan Audio Recorder terhadap Hasil Kreativitas Gerak, musik iringan tari adalah bentuk musik pengiring yang sudah terpola dari segi birama, harmoni, tempo, dinamika, ritmis, dan melodinya.

Untuk membentuk suatu musik iringan tari, terdapat beberapa komponen yang digunakan. Komponen yang biasanya digunakan adalah seperangkat alat musik yang berbentuk instrumental maupun vokal untuk mengiringi gerak tari.

Musik sebagai pengiring suatu tarian berkaitan erat dengan aspek bentuk, gaya, ritme, suasana, atau gabungan dari aspek-aspek tersebut.

Musik iringan tari digunakan dalam seni tari sebab seni tari sangat berpatokan pada suatu irama. Foto: Kemendikbud

Fungsi Musik Iringan Tari

Mengutip dari buku Seni Budaya untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI karya Tati Narawati, dkk, musik iringan tari memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Menguringi suatu penyajian atau penampilan tari.

  • Menambah semarak dan dinamisnya suatu tarian.

  • Mengatur dan memberi tanda efektif gerak tari.

  • Menjadi mengendalikan dan memberikan tanda perubahan bentuk gerak.

  • Penuntun dan pemberi tanda awal dan akhir tari.

Jenis-Jenis Musik Iringan Tari

Musik yang digunakan dalam suatu tarian terbagi dalam beberapa jenis. Pengelompokan jenis musik iringan tari tersebut berdasarkan asal bunyi atau musik yang digunakan.

Ada setidaknya dua jenis musik iringan tari. Jenis-jenis musik iringan tari tersebut ialah sebagai berikut:

Musik iringan tari terbagi ke dalam dua jenis berdasarkan asal bunyi dari musik tersebut, yakni musik internal dan musik eksternal. Foto: Pexels.com

Musik internal adalah salah satu musik iringan tari yang berasal dari anggota tubuh manusia, yaitu meliputi tepukan tangan, tepukan tangan ke bagian tubuh lainnya, jentikan jari, hentakan kaki di tanah atau lantai, dan sebagainya.

Jenis musik internal dapat ditemui di berbagai penampilan tarian daerah. Contohnya adalah tari Saman yang berasal dari Aceh, tari Kecak yang berasal dari Bali, dan lain-lain.

Musik eksternal merupakan jenis musik iringan yang bunyi, musik, dan suaranya berasal dari hal-hal yang di luar tubuh manusia. Misalnya, seperti alat musik, dan sebagainya.

Alat musik yang biasanya digunakan dalam mengiringi tarian adalah gamelan. Gamelan merupakan seni musik yang terdiri dari berbagai macam alat musik yang dimainkan secara bersamaan.

Contoh tarian yang menggunakan musik eksternal adalah tari Kandagan dari Jawa Barat, tari Gandrung dari Banyuwangi, dan sebagainya.

Sebutkan contoh 3 iringan yang bisa digunakan untuk mengiringi suatu tarian | admin | 4.5