Sebutkan pekerjaan yang bisa dilakukan saat kerja bakti

By On Wednesday, August 10th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Sebutkan pekerjaan yang bisa dilakukan saat kerja bakti – Apa kabar kawan kawan semua, Met Datang di blog TrendWisata dotcom ini. Di hari yang cerah ini, kita dari website Trend Wisata ingin sharing saran yang bagus yang akan menunjukkan tentang Sebutkan pekerjaan yang bisa dilakukan saat kerja bakti. Langsung saja Agan dan sista tonton setelah ini:

Merdeka.com – Contoh kerja bakti di lingkungan masyarakat perlu diketahui setiap orang. Kerja bakti menjadi salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang efektif. Tidak hanya membantu membersihkan lingkungan, kebiasaan kerja bakti juga dapat memperkuat jalinan kerja sama antar warga.

Biasanya, kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar ini dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu. Dengan membiasakan kegiatan ini, lingkungan sekitar akan lebih bersih dan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa mengancam.

Kerja bakti di lingkungan masyarakat menjadi kewajiban setiap individu. Ada banyak contoh kerja bakti di lingkungan masyarakat yang bisa dilakukan. Berikut contoh kerja bakti di lingkungan masyarakat dan penjelasannya yang merdeka.com rangkum dari Liputan6.com:

2 dari 3 halaman

pinterest.com

Kepedulian terhadap lingkungan harus ditunjukkan setiap orang. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia, hewan, tumbuhan. Jika tidak dirawat dengan baik, akan terjadi kerusakan pada alam dan bisa mengancam setiap makhluk hidup.

Masalah lingkungan pada hakikatnya menjadi tanggung jawab semua orang. Untuk itu, sangat penting untuk membina wawasan dan kepedulian terhadap lingkungan di kalangan masyarakat. Selain itu, setiap orang juga harus mengerti dan memahami pengertian kepedulian terhadap lingkungan.

Kepedulian terhadap lingkungan merupakan sikap yang harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah turut aktif dalam kegiatan kerja bakti. Ada banyak manfaat kerja bakti di lingkungan masyarakat, seperti menjalin silaturahmi, menjadikan lingkungan bersih, dan lainnya. Untuk itu, setiap orang perlu menyadari pentingnya kerja bakti di lingkungan masyarakat.

3 dari 3 halaman

pinterest.com

Menjaga kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab setiap individu. Kebersihan lingkungan dapat dicapai apabila masyarakat rutin melakukan kegiatan kerja bakti. Berikut sejumlah contoh kerja bakti di lingkungan masyarakat yang perlu diketahui, di antaranya:

Membersihkan Selokan

Contoh kerja bakti yang pertama, yaitu membersihkan selokan. Rutin melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan selokan dengan lingkungan sekitar, mampu mencegah banjir dan nyamuk demam berdarah. Oleh karena itu, sebaiknya membuat program kerja bakti seminggu satu kali agar terhindar dari banjir.

Reboisasi

Contoh kerja bakti selanjutnya yaitu, melakukan reboisasi atau penghijauan. Tanaman hijau di sekitar rumah berperan penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan terhindar dari banjir.

Tanaman akan menancapkan akarnya ke dalam tanah. Sehingga, lubang yang dihasilkan akar tersebut menjadi jalur air untuk masuk ke dalam tanah lebih jauh. Dengan adanya tanaman di sekitar rumah, dapat melancarkan penyerapan air hujan, yang akan menjauhkan lingkungan dari banjir.

Sementara itu, jika terjadi penebangan pohon besar-besaran, dapat berpotensi memicu terjadinya banjir bandang. Selain itu, penebangan hutan yang dilakukan secara liar juga bisa meningkatkan risiko tanah longsor.

Memisahkan Jenis Sampah

Membiasakan untuk memisahkan jenis sampah menjadi contoh kerja bakti yang perlu dilakukan. Sebagai mana kita tahu, Indonesia dijuluki sebagai pembuang sampah plastik ke laut terbesar di dunia setelah China. Oleh karena itu, sudah seharusnya sebagai warga negara harus mengetahui jenis sampah dan cara pengelolaannya yang baik.

Adapun jenis sampah berdasarkan sifatnya dibedakan menjadi dua, yaitu sampah sampah anorganik dan organik. Sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah, botol, kertas, plastik mainan, dan gelas minuman. Jenis sampah ini juga bisa disebut sebagai limbah yang dihasilkan dari bahan-bahan yang bukan berasal dari alam (bahan hayati), melainkan barang yang buatan manusia.

Sedangkan, sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang biasa dijadikan pupuk kompos. Jenis sampah ini berlawanan dengan sampah anorganik karena sangat mudah membusuk. Beberapa contoh jenis sampah organik antara lain sisa makanan, sayuran, daun-daun, dan lain sebagainya.

Membuang Sampah pada Tempatnya

Contoh kerja bakti di lingkungan masyarakat lainnya, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan membuang sampah yang tidak pada tempatnya pasti akan memberi dampak buruk bagi lingkungan.

Tak hanya menyebabkan lingkungan menjadi kotor, membuang sampah sembarangan juga bisa menghambat aliran sungai, yang akhirnya memicu banjir bandang. Ketika sampah-sampah tersangkut, aliran sungai akan berhenti dan volumenya akan semakin membesar. Hal inilah yang berpotensi menimbulkan tekanan sangat besar. Dengan membuang sampah pada tempatnya, hal ini bisa mencegah risiko banjir.

(mdk/jen)

Dhafi Jawab

Cari Jawaban dari Soal Pertanyaan mu, Dengan Mudah di jwb19.dhafi.link Dengan Sangat Akurat. >>

Klik Disini Untuk Melihat Jawaban

#Jawaban di bawah ini, bisa saja salah karena si penjawab bisa saja bukan ahli dalam pertanyaan tersebut. Pastikan mencari jawaban dari berbagai sumber terpercaya, sebelum mengklaim jawaban tersebut adalah benar. Selamat Belajar..#

Answered by ### on Mon, 08 Aug 2022 07:25:51 +0700 with category PPKn

Jawaban: membersihkan selokan, membersihkan jalanan, membantu para bapak-bapak dengan membuatkan mereka minuman, atau menghidangkan mereka makanan

Penjelasan:

Baca Juga: Rangkuman tentang materi atletik

jwb19.dhafi.link Merupakan Website Kesimpulan dari forum tanya jawab online dengan pembahasan seputar pendidikan di indonesia secara umum. website ini gratis 100% tidak dipungut biaya sepeserpun untuk para pelajar di seluruh indonesia. saya harap pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi para pelajar yang sedang mencari jawaban dari segala soal di sekolah. Terima Kasih Telah Berkunjung, Semoga sehat selalu.

Lihat Foto

Dok Djarum Foundation

Di Candi Boko para mahasiswa tersebut menanam beragam jenis flora, antara lain 1,350 tanaman perdu dan semak berbunga meliputi Bugenvil, Tanjung, Merak, Soka, serta Kepel.

KOMPAS.com – Kerja bakti adalah suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.

Kerja bakti adalah salah satu perwujudan nilai gotong royong yang terkandung dalam ideology Bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.

Dilansir dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan republik Indonesia, gotong royong berasal dari kata “gotong” yang berarti pikul atau angkat dan kata “royong” yang berarti bersama-sama.

Sehingga gotong royong berarti memikul bersama-sama, dan kerja bakti dapat diartikan melakukan pekerjaan bersama-sama sebagai bentuk bakti dalam masyarakat.

Baca juga: Cara-Cara Menjaga Alam

Berikut adalah contoh kerja bakti untuk pelestarian lingkungan!

  • Kerja bakti membersihkan lingkungan rumah

Kerja bakti membersihkan lingkungan rumah biasanya dilakukan dalam lingkup rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

Kerja bakti tersebut dilakukan oleh semua warga dalam lingkup RT dan RW yang bertujuan untuk mencapai lingkungan hidup yang bersih dan asri.

Kerja bakti membersihkan lingkungan biasanya mencakup menyapu jalan, membersihkan gorong-gorong, membersihkan selokan, sungai, dan air yang menggenang, membersihkan halaman rumah, menanam tumbuhan di lingkungan sekitar, dan membersihkan seluruh sampah di lingkungan tersebut.

Seluruh warga juga harus bekerja sama untuk tidak membuang sampah secara sembarangan agar kebersihan dan keasrian lingkungan terjaga. 

Baca juga: Upaya Pelestarian Lingkungan Perairan

  • Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah

Kerja bakti di lingkungan sekolah dilakukan agar sekolah bersih, sehat, dan nyaman untuk belajar dengan kondusif. Kerja bakti di lingkungan sekolah dilakukan oleh semua warga dan pengurus sekolah dari mulai guru, staff, hingga seluruh murid.


Amatilah gambar, lalu tuliskan posisi anggota tubuh. Tuliskan pada boks yang tersedi tolong jawab​


5. Pada saat ingin mematikan pergerakan lawan di perbolehkan melempar bola mengenai batas ?​


5.Bagaimana cara melakukan gerakan pada gambar di samping?​


tolong dong ka buat besok​


Soal Permainan Kasti 1. Berapakah jumlah pemain dalam permainan bola kasti? 2. Dalam permainan bola kasti teknik dasar yang harus di kuasai adalah….


3. Jika pemukul dapan memukul dengan benar dan dapat langsung kembali lagi ke ruang bebas tanpa hambatan tim akan mendapatkan nilai berapa…. 4. Berapa jumlah tiang hinggap pada permainan bola kasti…. 5. Pada saat ingin mematikan pergerakan lawan di perbolehkan melempar bola mengenai batas. ….​


Bagian kaki yang tidak dapat digu- nakan untuk menendang bola ialah….​


V Pernyataan yang sesuai gerakan tersebut ialah …. HOTS​


Gerakan melipat bagian tubuh tertentu, seperti tangan dan kaki disebut ….​


Sebutkan beberapa teknik menendang bola​


mengapa saat melakukan smash, tangan tidak boleh menyentuh net?​

Sebutkan pekerjaan yang bisa dilakukan saat kerja bakti | admin | 4.5