Servis yang sering digunakan dalam permainan ganda bulutangkis adalah

By On Thursday, September 8th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Servis yang sering digunakan dalam permainan ganda bulutangkis adalah – Hi sobat semua, Thanks dah mau datang ke situs TrendWisata ini. Kali ini, kami dari web TrendWisata akan membagikan info yang mantab yang mengulas Servis yang sering digunakan dalam permainan ganda bulutangkis adalah. Ayo tante dan om cek berikut ini:

Lihat Foto

SHUTTERSTOCK/WIP-STUDIO

Ilustrasi badminton

KOMPAS.com – Pukulan bola yang dilakukan dari sebelah sisi kanan lapangan dengan arah diagonal ke lapangan lawan sebagai pembuka permainan dengan melewati atas net dalam permainan bulu tangkis, disebut pukulan servis.

Pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain tunggal adalah servis panjang atau long service, tepatnya underhand lob service.

Ya, service yang biasanya dilakukan oleh pemain tunggal di mana bola jatuh di daerah belakang permainan lawan disebut service underhand lob.

Sementara pukulan servis yang sering dilakukan dalam permainan ganda adalah servis pendek.

Mengapa permainan ganda sering menggunakan servis pendek dalam permainan bulu tangkis?

Baca juga: Daftar Wakil Indonesia di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022, Minus Marcus/Kevin

Hal ini karena tempo permainan ganda lebih cepat dibanding dengan tunggal.

Di sisi lain, area servis ganda lebih pendek dibanding dengan area servis tunggal.

Aturan Servis dalam Bulu Tangkis

Aturan servis dalam bulu tangkis bergantung pada sektor yang dimainkan, yaitu ganda atau tunggal.

Sebab, dua sektor tersebut memiliki aturan yang sedikit berbeda.

Aturan Servis pada Nomor Tunggal

Baca juga: Backhand Lob dalam Bulu Tangkis

  1. Poin awal 0-0, servis pertama dilakukan di sisi/kotak kanan server.
  2. Pada poin ganjil, servis dimulai dari sisi/kotak kiri.
  3. Perpindahan sisi lapangan mengikuti poin yang didapat.
  4. Lawan berada di sisi berseberangan. Misal server berada di kotak kanan, maka penerima servis berada di kotak kiri dari server.
  5. Area servis tunggal memanjang ke belakang [lihat gambar di bawah] Jika servis tidak sampai, terlalu jauh/melebar, atau salah sisi [salah kamar] maka akan dihitung out sekaligus memberikan poin bagi lawan.
  6. Batas maksimal ketinggian awal servis [ketika kok masih dipegang oleh tangan] setinggi 115 cm.

Baca juga: Bahan dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Aturan Servis pada Nomor Ganda

  1. Poin awal 0-0, servis pertama dilakukan di sisi/kotak kanan server. Sementara rekan setim berada di kotak sebelahnya.
  2. Pada poin ganjil, servis dimulai dari sisi/kotak kiri. Sementara rekan setim berada di kotak sebelahnya.
  3. Perpindahan sisi lapangan mengikuti poin yang didapat.
  4. Penerima [receive] berada di sisi berseberangan. Sementara rekan dari lawan dilarang mengambil jatah receive.
  5. Area servis ganda melebar ke samping [lihat gambar di bawah] Jika servis tidak sampai, terlalu jauh/melebar, atau salah sisi [salah kamar] maka akan dihitung out sekaligus memberikan poin bagi lawan.
  6. Batas maksimal ketinggian awal servis [ketika kok masih dipegang oleh tangan] setinggi 115 cm.

Baca juga: Apa Perbedaan Turnamen Bulu Tangkis Perorangan dan Beregu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link //t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

Pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain tunggal adalah Short dan Lob Service. Dalam perjalanan sejarah permaianan bulutangkis banyak sekali teknik pukulan yang ada. Berikut beberapa teknik pukulan yang sering digunaka dalam permainan bulutangkis.

Pukulan Servis Yang Sering Digunakan Oleh Pemain Tunggal Adalah

Tags: gerak dasar yang digunakan oleh pemain dengan gaya membacok disebut, pukulan servis yang biasanya dilakukan oleh pemain tunggal bulu tangkis adalah, pukulan netting merupakan pukulan pendek yang dilakukan, jenis pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain ganda dalam permainan bulutangkis adalah

Pukulan Short Service

Apa itu pukulan short servis? lawan dari service panjang yaitu short service atau service pendek. Pukulan ini ditujukan ke tempat atau arah depan sektor permainan musuh. Service pendek umumnya dilaksanakan dengan tehnik backhand, dengan teknik ini dapat membuat shuttlecock jatuh di dekat garis gempuran musuh.

Pukulan Lob Service

Servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang disebut Lov Service pada permainan bulutangkis. Teknik pukulan lob ialah pukulan di dalam permainan bulutangkis yang mempunyai tujuan untuk menerbangkan shuttlecock dengan tinggi kemungkinan ke arah jauh ke belakang garis lapangan musuh.

Apakah lob servis sering digunakan oleh pemain tunggal? jawabannya adalah iya, karena dengan menggunakan tekhnik pukulan ini pemain bulutangkis bisa mengecoh lawan supaya tidak bisa menebak arah pulukan. Pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain bulutangkis tunggal juga termasuknya adalah pukulan lob service.

Berikut ini pukulan Lob Service bisa dilaksanakan dengan 2 langkah, yakni:

  • Overhead lob service merupakan jenis pukulan lob yang sudah dilakukan di atas kepala dengan menerbangkan shuttlecock membumbung ke belakang.
  • Underhand lob yakni pukulan lob yang sudah dilakukan dari bawah dengan memukul shuttlecock yang ada di bawah tubuh dan di lambungkan tinggi ke belakang.
Pukulan Servis Yang Sering Digunakan Oleh Pemain Tunggal Adalah

Teknik Pukulan Service Dalam Permainan Bulutangkis

Teknik pukulan adalah beberapa cara lakukan pukulan dalam permainan badminton dengan arah menerbangkan shuttlecock ke lapangan musuh.Ada beberapa macam teknik dasar pukulan dalam permainan badminton, yakni:

Pukulan service

Pukulan service sebagai pukulan dalam permainan bulutangkis dengan menggunakan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke sektor lapangan musuh secara diagonal dan mempunyai tujuan sebagai permulaan permainan bulutangkis. Beberapa macam pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain tunggal adalah sebagai berikut , yakni:

  1. Pukulan service pendek
  2. Pukulan service panjang atau long service
  3. Pukulan service mendatar
  4. Pukulan service cambuk

Demikian artikel tentang pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain tunggal adalah, semoga bermanfaat. Terimakasih dan salam suskes.

Tags: servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang disebut, pengertian bulutangkis, pukulan netting merupakan pukulan pendek yang dilakukan, pukulan servis bulutangkis yang melambung tinggi ke belakang disebut, pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan pukulan, pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain ganda adalah

Pukulan servis permainan ganda. Sumber: unsplash.com

Jenis pukulan servis yang sering dilakukan dalam permainan ganda adalah service pendek atau short service. Pukulan short service merupakan teknik memukul shuttlecock dengan penuh tenaga dari bawah dan diarahkan ke area depan bidang permainan lawan. Teknik servis biasanya dilakukan dengan menggunakan teknik backhand dengan tujuan agar shuttlecock jatuh di dekat garis serangan lawan.

Permainan bulu tangkis sudah popular di berbagai negara di dunia sejak abad ke-19. Dalam permainannya, bulu tangkis memerlukan minimal dua sampai empat pemain yang masing-masing akan bergantian memukul shuttlecock ke wilayah lapangan lawan agar bisa mencetak skor.

Pukulan servis permainan ganda. Sumber: unsplash.com

Mengutip dari buku Bulu Tangkis Dasar karya Dhedhy Yuliawan [2017:21], contoh jenis pukulan servis yang sering dilakukan dalam permainan ganda adalah short service. Dalam permainan nomor ganda, sistem pengambilan pukulan awal atau servis juga tentunya akan berbeda dengan pertandingan nomor tunggal.

Berikut ini adalah enam poin yang terdapat dalam peraturan servis dalam pertandingan bulu tangkis nomor ganda yang perlu Anda pahami.

  1. Seorang pemegang servis harus melakukannya dari lapangan sisi kanan jika pemain lawan masih belum meraih angka atau sedang berada pada kedudukan angka genap.

  2. Seorang pemain dari pihak pemegang servis harus melakukan servis mengambil pukulan dari sisi lapangan apabila penerima [kubu lawan] berada dalam kedudukan angka ganjil.

  3. Pemain penerima servis terakhir harus berada di kotak yang sama ketika timnya menerima servis. Hal ini berlaku kebalikan pada pasangannya.

  4. Pemain yang berdiri berseberangan secara diagonal dengan pemegang servis wajib menerima servis.

  5. Pemain dari pihak penerima servis tidak boleh berpindah kotak hingga timnya berhasil meraih angka dan ganti mengambil servis.

  6. Servis dalam setiap giliran diambil pada lapangan yang berbeda, kecuali jika terjadi kesalahan sesuai dengan keputusan dari wasit.

Setelah servis bisa dikembalikan, maka setiap pemain diperbolehkan untuk memukul kok secara bergantian hingga permainan terhenti atau salah satu dari regu pasangan berhasil mencetak angka. Jadi, pastikan Anda memperhatikan setiap peraturan tersebut, ya. [Anne]

Video yang berhubungan

Asked by wiki @ 20/08/2021 in Penjaskes viewed by 5932 persons

Asked by wiki @ 01/08/2021 in Penjaskes viewed by 5456 persons

Asked by wiki @ 29/07/2021 in Penjaskes viewed by 5180 persons

Asked by wiki @ 20/08/2021 in Penjaskes viewed by 4843 persons

Asked by wiki @ 29/07/2021 in Penjaskes viewed by 4212 persons

Asked by wiki @ 08/08/2021 in Penjaskes viewed by 3842 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in Penjaskes viewed by 3495 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in Penjaskes viewed by 3289 persons

Asked by wiki @ 30/07/2021 in Penjaskes viewed by 2810 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in Penjaskes viewed by 2577 persons

Asked by wiki @ 09/08/2021 in Penjaskes viewed by 2513 persons

Asked by wiki @ 09/08/2021 in Penjaskes viewed by 2468 persons

Asked by wiki @ 10/08/2021 in Penjaskes viewed by 2362 persons

Asked by wiki @ 26/08/2021 in Penjaskes viewed by 2231 persons

Asked by wiki @ 14/08/2021 in Penjaskes viewed by 2217 persons

KOMPAS.com – Permainan bulu tangkis dapat dilakukan oleh dua orang [kategori single/tunggal] atau empat orang [kategori double/ganda].

Tujuan permainan bulu tangkis adalah mengirim shuttlecock menyebrangi net ke area lawan lewat pukulan keras, sedang, maupun pelan menggunakan raket.

Pemain yang tidak dapat mengirim balik shuttlecock dinyatakan gagal dan memberikan satu poin untuk lawan.

Ada cara khusus untuk memulai permainan ini, di mana permulaan permainan bulu tangkis diawali dengan servis.

Baca juga: Pukulan Servis yang Sering Dipakai Pemain Tunggal Bulu Tangkis

Pebulu tangkis yang mendapat jatah servis disebut server.

Jika melihat dari hasil pukulan, servis terbagi menjadi dua, yakni servis panjang dan pendek.

Adapun pukulan servis yang sering dipakai oleh pemain tunggal adalah servis panjang, khususnya sering terjadi pada sektor tunggal putri.

Sementara itu, pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain ganda pada suatu pertandingan bulu tangkis adalah servis pendek.

Terlepas dari servis, seorang pemain dinyatakan menang dalam satu set permainan bulu tangkis apabila telah mencapai angka 21 poin.

Baca juga: Latihan Pukulan Dasar Bulu Tangkis untuk Pemula

Namun demikian, ada aturan berbeda ketika poin menunjukkan imbang 20-20.

Nilai sama 20-20 pada permainan bulutangkis disebut deuce.

jika terjadi hasil imbang sejak poin 20-20, 21-21, dst, makan diberlakukan sistem deuce.

Deuce artinya pemain harus unggul dua poin dari lawan. Batasan angka deuce dalam bulu tangkis 30 poin.

Oleh sebab itu, jika skor imbang sampai 29-29, pemain yang mencapai 30 poin lebih dulu adalah pemenangnya.

Baca juga: Aturan Deuce dalam Bulu Tangkis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link //t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pukulan servis yang paling sering / banyak dilakukan dalam permainan bulu tangkis untuk ganda putra, putri, maupun campuran adalah teknik pukulan [D] Short Servis / servis pendek.

Dalam permainan badminton, teknik servis dibagi ke dalam 4 macam yaitu servis panjang, pendek, mendatar, dan melambung.

Pada permainan tunggal umumnya dilakukan servis panjang, sedangkan dalam pertandingan ganda putra, putri atau campuran, menggunakan Short Servis [Pendek].

Agar shuttlecock dikembalikan dengan lintasan melambung sehingga memudahkan dua pemain  yang sudah bersiap berada di tengah lapangan untuk melakukan pukulan sehingga dapat mengontrol permainan.

Karena dengan pukulan pendek, kok akan dikembalikan ke tengah lapangan yang memudahkan pemain dua pemain untuk dapat memukul pengembalian kok.

Pukulan servis yang sering dilakukan dalam permainan ganda adalah

Penjelasan

  • Teknik servis secara melambung, biasanya dilakukan pada permainan tunggal putri atau putra. Dengan melambung akan memberikan waktu kepada pemain yang melakukan servis untuk menuju ke tengah lapangan bersiap mengembalikan bola.

Sedangkan pemaina lawan, akan bergerak mundur untuk memukul, dengan demikian orang yang melakukan tadinya melakukan servis bisa mengatur penempatan bola dengan baik misalnya ke dekat net.

Pada permainan ganda, teknik ini kurang efektif, karena saat salah satu pemain mengemablikan kok, pemain satu sudah siap apabila kok dikembalikan lagi ke depan dekat net / ke samping.

  • Pukulan drive, bisa saja dilakukan pada tunggal maupun ganda, namun karena pukulan mendatar maka pengemablian bola juga akan mendatar cepat, sehingga kurang efektif untuk ganda campuran.
  • Servis flick, dilakukan seperti cambuk, teknik ini membutuhkan keterampilan dan latihan agar bola tidak menabrak net dan jatuh di wilayah sendiri.

Dalam ganda, memang dilakukan namun tidak sesering teknik servis short.

  • Nah, dalam servis pendek / short, teknik ini sering dilakukan dalam pertandingan ganda, karena pengemabalian bola biasany akan dilakukan secar lambung jauh.

Agar yang melakukan servis bisa dengan mudah bersiap memukul, dan pada waktu yang sama, pemain lawan lain sudha siap mem-backup.

Jawabannya

Pukulan servis yang sering dilakukan dalam permainan ganda adalah

Teknik servis permainan ganda umumya dilakukan dengan cara [A] servis short / pendek, agar bola dikembalikan secara melambung, sehingga kedua pemain yang tadi melakukan servis sudah bersiap mengembalikan pukulan. 📕📘📙📗

Tips

Pada intinya ada 2 macam yang sering dilakukan.

  • Servis lob / panjang = tunggal.
  • Servis short / pendek = ganda.

Dari buku paket kelas 7 tidak dijelaskan secara khusus, sedangkan pada buku cetak kelas 8, hanya disinggung tentang peragaan servis pendek untuk partai ganda, sedangkan servis panjang utk tunggal. Tidak disebutkan apakah yang paling sering itu teknik short. Jadi 🤷‍♂️ Jawaban BELUM diverifikasi

Video liên quan

Video yang berhubungan

Servis yang sering digunakan dalam permainan ganda bulutangkis adalah | admin | 4.5