Suami selalu minta cerai saat bertengkar

By On Sunday, November 6th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Suami selalu minta cerai saat bertengkar – Hallo teman-teman semua, Makasih banyak sudah mau datang di halaman blog TrendWisata ini. Pagi ini, kita dari website Trend Wisata dot com mau berbagi tanya jawab yang menarik yang membahas Suami selalu minta cerai saat bertengkar. Silahkan sobat simak berikut ini:

Islam memberikan peringatan agar istri tak sembarangan gugat cerai suami

REPUBLIKA.CO.ID, —Dalam syariat Islam seorang istri yang mengajukan gugatan cerai kepada suaminya disebut dengan khulu. 

Sedangkan bila yang mengajukan cerai adalah pihak suami disebut talaq. Seorang perempuan yang melakukan khulu maka
harus siap dengan risiko mengembalikan maskawinnya.   

Islam sangat melarang setiap perempuan Muslim melakukan khulu tanpa sebab. Misalnya tiba-tiba seorang istri meminta suaminya untuk menceraikannya, padahal suaminya tidak melakukan kesalahan apapun. 

Suaminya memenuhi kewajibannya dalam memberi nafkah lahir dan batin, suaminya mampu menjaga kehormatan dirinya dan keluarganya, suaminya juga tidak berkhianat.  

Namun demikian istrinya menginginkan
adanya perceraian. Maka perbuatan perempuan yang seperti itu tidak dibenarkan dalam Islam. Bahkan dalam sebuah hadits dijelaskan perempuan yang melakukan khulu haram mencium wewangian surga. Maka jika mencium wanginya saja tidak boleh, apalagi memasuki surga.  

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : اَيُّمَاامْرَأَةٍ سَأَلْتَ زَوْجَهَاالطَّلَاقَ مِنْ غَيْرِمَابَأَسٍ فَحَرَامٌ عَلَيْهَارَائِحَةُ الْجَنَّةِ. 

Rasulullah ﷺ bersabda, “Siapapun orang perempuan
yang minta cerai kepada suaminya tanpa ada kesalahan, maka haramlah atas perempuan itu wewangian surga.” (HR. Abu Dawud).

Maka ketika ada seorang perempuan yang tiba-tiba melakukan khulu kepada suaminya tanpa ada sebab atau kesalahan dari suaminya, maka sejatinya perempuan itu seorang munafik. 

Boleh jadi perempuan tersebut tengah berkhianat dan memiliki lelaki idaman lain. Atau perempuan tersebut hanya berniat mempermainkan pernikahan semata untuk menguasai harta suaminya
lalu mencerainya.  

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  اَلْمُخْتَلِعَاتُ هُنَّ الْمُنَافِقَاتُ  

Rasulullah ﷺ bersabda, “Orang-orang perempuan yang khulu, mereka itu adalah perempuan munafik.” (Kasyful Ghummah, hlm. 78, jilid 2).

Dibenci Allah ﷻ

Meski perceraian itu dibolehkan dalam syariat Islam, akan tetapi perceraian itu sangat dibenci
Allah ﷻ dan rasul-Nya. Sebab perceraian bukan saja memutus hubungan pernikahan suami istri melainkan berisiko besar menyebabkan konflik dan renggangnya hubungan antardua keluarga yakni dari pihak suami dan pihak perempuan. 

Bahkan perceraian berdampak besar bagi anak-anak. Sebab mereka tidak akan bisa lagi mendapati kehangatan keluarga yang utuh dalam satu atap. 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : أَبْغَضُ الْحَلَالِ اِلَى اللَّهِ عَزَّوَجَلَّ الطَّلَاقُ

Rasulullah ﷺ bersabda: “Perkara halal yang sangat dibenci ﷻ ialah talak (cerai).” (Kasyful Ghummah, halaman. 78, jilid 2)

Maka ketika lelaki dan perempuan menikah berkomitmenlah untuk menyelesaikan setiap persoalan yang terjadi tanpa berujung talaq (pihak suami yang mencerai istri) atau pun khulu (pihak istri yang meminta gugat cerai pada suami). 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  تَزَوَّ جُوْاوَلَا تُطَلِّقُوْافَاِنَّ الطَّلَاقَ يَهْتَزُّمِنْهُ
الْعَرْشُ

Rasulullah ﷺ bersabda: “Kawinlah kalian dan janganlah kalian bercerai, karena sesungguhnya perceraian itu menggetarkan Arasy.” (Kasyful Ghummah, halaman. 79, jilid 2).  

Jakarta – Ustaz Abdul Somad pernah ditanya oleh jemaah lewat ceramah lawasnya terkait hukum istri selalu minta cerai ketika bertengkar.

UAS menjawab, jika istri kerap minta cerai, ceraikan saja.

Video ini kembali ramai di laman YouTube yang memuat ceramah lawas ustaz Abdul Somad.

“Saya sering bertengkar sama istri, tapi istri selalu minta cerai, apa hukumnya?” kata Somad
membacakan pertanyaan jemaah di kertas untuknya.

Abdul Somad kemudian menjawab, “Ceraikan saja, dia minta…. Istri saya tak pernah minta cerai, seandainya dia minta, saya ceraikan, saya cari lagi, apa susah-susah,” ucap UAS.

Sama seperti dalam sepakat mengharamkan catur, dai kondang ini memang menjawab secara personal dan internal antara dirinya sebagai pendakwah dan jemaahnya.

Abdul Somad baru resmi bercerai dari Melly Juniarti setelah gugatannya ke PA Bangkinang pada Juli
lalu dikabulkan hakim.

Somad melewati 11 kali sidang dengan istri sampai akhirnya berpisah dari Melly Juniarti.

Sementara itu, video tentang jawaban UAS terkait istri minta cerai ini sebenarnya tayang pada 2017 melalui channel Teropong Islam.

Tapi banyak netter yang mengunjungi channel itu lagi dan baru meninggalkan jejak di laman video setelah kabar UAS benar bercerai beredar di media massa.

Simak Video “Heboh
Sejumlah Orang Tolak UAS Ceramah di Jonggol

[Gambas:Video 20detik]
(kmb/kmb)

Apa hukumnya suami bilang cerai saat marah?

Menurut para ulama, cerai atau talak yang diucapkan oleh suami pada saat marah dianggap tidak sah atau belum jatuh talak. Hal ini dikarenakan suami dianggap dalam keadaan tidak sadar. ” Tidak ada cerai dan tidak ada pembebasan budak dalam keadaan tidak sadar ( ighlaq )”. HR Ahmad, Abu Daud dan Hakim).

Apakah jatuh talak jika suami bilang cerai?

Suami yang mengucap lafaz talak kinayah dan tidak ada niat untuk menceraikan istrinya, dianggap tidak jatuh talak. Tetapi apabila suami mempunyai niat untuk menceraikan istrinya ketika mengucapkan kalimat tersebut, maka talak dianggap jatuh.

Bagaimana cara menghadapi suami yang minta cerai?

Suami Minta Cerai, Harus Bagaimana?.

Atur Emosi Anda. Dalam keadaan seperti ini, jangan panik, memohon, bahkan mengancam suami dengan cara apapun. … .

Berkonsultasi dengan Konsultan Pernikahan. … .

Temui Ahli Hukum dan Ahli Agama. … .

Ceritakan Masalah Ini ke Teman Dekat dan Keluarga Saja. … .

Kontrol Diri..

Apakah seorang istri bisa mentalak suami?

Berdasarkan UU Perkawinan dan PP 9/1975, gugatan perceraian dapat diajukan oleh suami atau juga istri atau dapat diwakili kuasanya. Itu artinya istri berhak untuk mengajukan gugatan cerai terhadap suami.

Suami selalu minta cerai saat bertengkar | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x