Tempat Wisata Semarang Bukti Sejarah Yang Wajib Anda Kunjungi

By On Sunday, October 26th, 2014 Categories : Jawa Tengah

Siapa yang tidak kenal dengan kota semarang. Ibukota provinsi jawa tengah ini sudah terkenal sampai dengan seantero nusantara mempunyai objek wisata yang menarik baik tempat wisata hiburan, sejarah sampai dengan wisata kuliner. Salah satu wisata yang wajib anda taklukkan dan jelajahi adalah wisata sejarah yang ada di Semarang. Ada banyak tempat wisata Semarang yang dapat anda jadikan sebagai monument bersejarah yang ada di semarang yang akan mengingatkan anda pada sejarah masa lalu, tempat tersebut diantaranya adalah:

  1. Komplek Pecinan
Komplek Pecinan Semarang

Komplek Pecinan Semarang

Komplek pecinan atau yang biasa dikenal dengan nama Gang Baru yang ada di Semarang adalah salah satu tempat wisata sejarah Semarang yang akan memberikan anda suasana khas China Tiong Hoa di tengah kota Semarang.  Selain suasana khas kota China, di komplek ini anda juga akan menemukan 11 klenteng besar diantaranya adalah Klenteng Siu Hok Bio, Hoo Hok Bio, Kong Tik Soe, Tay Kak Sie, Tong Pek Bio, Liong Hok Bio, Tek Hay Bio, Wie Wie Kong, See Hoo Kong, dan Klenteng Grajen yang berada di dalam komplek sedangkan Klenteng paling fenomenal Sam Poo Kong berada di Gunung Batu. Masing-masing klenteng tersebut mempunyai cerita dan sejarahnya masing-masing yang akan membawa anda pada peradaban dahulu ketika kerajaan China melalangbuana ke nusantara.

  1. Simpang Lima
Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang

Salah satu tempat paling terkenal di Semarang adalah Simpang Lima yang berada tepat di tengah kota. Ketika kita berada di simpang Lima kita tidak hanya akan disuguhkan dengan berbagai wisata kuliner dan keindahan Semarang akan tetapi kita juga akan disuguhkan cerita sejarah dari Presiden pertama Indonesia. Pemberian fungsi alun-alun simpang lima merupakan perjalanan sejarah dari masa Adipati Semarang yang pertama yang kemudian diresmikan oleh Presiden pertama Indonesia sebagai ganti kanjengan. Sehingga sebenarnya, Simpang lima menjadi bukti perjalanan sejarah yang ada di Semarang bukan hanya pusat perbelanjaan seperti saat ini.

  1. Lawang Sewu
Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang

Siapa yang tidak kenal dengan lawang sewu. Salah satu ikon semarang ini merupakan saksi bisu sejarah dari zaman Belanda. Gedung ini merupakan gedung megah yang digunakan oleh Belanda sebagai kantor pusat kereta api atau terkenal dengan Nederlandsch Indische Spoorweg Maschaappij yang dibangun pada taun 1903 yang kemudian diremsikan pada tanggal 1 Juli 1907.

  1. Pagoda Buddhagaya Watugong
Pagoda Buddhagaya Watugong semarang

Pagoda Buddhagaya Watugong semarang

Selain wisata pecinan, tempat wisata Semarang budaya juga menawarkan wisata Budha yang tidak kalah menarik. Pagoda Budhagaya Watugong merupakan wisata Budha dengan bangunan yang terdiri atas 7 tingkat dimana tiap tingkatan mempunyai 4 patung Dewi Kwan In yang menghadap keempat penjuru alam. Berkunjung pada bangunan ini maka akan membawa anda pada peridabadatan umat Budha yang sakral dan khas.

  1. Kota Lama
kota lama semarang marba

kota lama semarang marba

Kota Lama Semarang akan membawa anda pada adegan film Gie yang menceritakan tentang ribuan mahasiswa berdemo menuntut akan pembubaran PKI. Di kota Lama ini selain akan disuguhkan sejarah pertempuran PKI anda juga akan disuguhkan dengan pesona sejarah yang tidak kalah menarik. Terdapat ratusan bangunan kuno seperti Gereja Blenduk, Gedung Jiwa Sraya, berbagai tinggalan Belanda seperti Stasiun Kereta Api Tawang, Gereja Gedangan, Nilmij, Taman Sri Gunting, Marba, Marabunta. Semua disajikan secara apik dan fenomenal kepada anda untuk kembali menapaki sejarah Indonesia yang ada di Semarang.

  1. Goa Kreo
Goa Kreo Semarang

Goa Kreo Semarang

Goa Kreo merupakan gua tempat wisata semarang yang dipercaya sebagai petilasan Gunan Kalijaga ketika mencari kayu untuk membangun Masjid Agung Demak. Kata Kreo berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah dimana menurut sejarah waktu itu Sunan bertemu dengan sekelompok kera yang disuruh untuk menjaga kayu jati tersebut sehingga sampai sekarang kera-kera yang ada di sekitar Gua Kreo dianggap sebagai penunggu Gua tersebut.

  1. Masjid Menara (Layur)
Masjid Menara (Layur) Semarang

Masjid Menara (Layur) Semarang

Masjid menara Semarang selain sebagai tempat ibadah juga menawarkan fakta sejarah dan bagaimana cara manusia dalam memperlakukan manusia lainnya. Semua itu diketahui dari tanda-tanda semiotik yang ada pada masjid yang mengisahkan perjalanan manusia dan pemikirannnya. Dilihat dari segi arsitektur masjid maka anda akan dibawa pada tiga budaya yakni Melayu, Jawa dan Arab yang sangat khas sehingga benar-benar menjadi tempat berwisata di Semarang yang wajib anda kunjungi.

Itulah daftar tempat wisata semarang sebagai bukti sejarah yang wajib anda kunjungi. Mengunjungi kota semarang tidak hanya akan membawa anda pada aneka kuliner yang khas akan tetapi juga akan membawa anda pada perjalanan sejarah yang tidak akan anda lupakan.

wisata terms:

kebun bunga bandungan, tempat ciuman di semarang, tempat sepi buat pacaran di semarang, lonte semarang
Tempat Wisata Semarang Bukti Sejarah Yang Wajib Anda Kunjungi | Trend Wisata | 4.5