Terapi untuk orang yang susah tidur

By On Sunday, October 23rd, 2022 Categories : Tanya Jawab

Terapi untuk orang yang susah tidur – Halo teman-teman semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke website Trend Wisata ini. Sore ini, saya di blog TrendWisata dotcom ingin sharing info yang oke banget yang menampilkan tentang Terapi untuk orang yang susah tidur. Kami persilakan sista dan agan cek berikut ini:

VIVA – Cara mengatasi susah tidur atau insomnia bisa diatasi dengan berbagai cara. Mengubah kebiasaan tidur dan mengatasi masalah apa pun yang mungkin terkait dengan insomnia, seperti stres, kondisi medis, atau obat-obatan, dapat memulihkan tidur nyenyak bagi
banyak orang. Jika langkah-langkah ini tidak berhasil, dokter kamu mungkin merekomendasikan terapi perilaku kognitif, obat-obatan atau keduanya, untuk membantu meningkatkan relaksasi dan tidur.

Jika kamu menderita insomnia, ada banyak langkah yang dapat kamu ambil untuk mengubah perilaku dan gaya hidup untuk membantu kamu tidur. Melansir dari WebMD, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi susah tidur atau
insomnia.

1. Bangun pada waktu yang sama setiap hari

Bangun tidur

Salah satu cara mengatasi susah
tidur yaitu dengan melakukan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Memang sangat menggoda untuk tidur larut malam di akhir pekan, terutama jika kamu kurang tidur selama seminggu. Namun, jika kamu menderita insomnia, kamu harus bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk melatih tubuh kamu bangun pada waktu yang konsisten.

2. Hilangkan alkohol dan stimulan

Ilustrasi bir atau minuman beralkohol

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya yaitu tidak minum alkohol dan
stimulan seperti nikotin dan kafein. Efek kafein dapat bertahan selama beberapa jam, mungkin hingga 24 jam, sehingga kemungkinannya mempengaruhi tidur cukup signifikan. Kafein tidak hanya menyebabkan kesulitan memulai tidur, tetapi juga dapat menyebabkan sering terbangun. 
Alkohol mungkin memiliki efek sedatif selama beberapa jam pertama setelah dikonsumsi, tetapi kemudian dapat menyebabkan sering terbangun dan tidur malam yang tidak nyenyak. Jika kamu sedang menjalani pengobatan yang
bertindak sebagai stimulan, seperti dekongestan atau inhaler asma, tanyakan kepada dokter kamu kapan obat tersebut sebaiknya dikonsumsi untuk membantu meminimalkan efek apa pun pada tidur.

3. Batasi tidur siang

Tidur siang

Membatasi untuk tidur siang juga menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur. Penting untuk membangun dan
mempertahankan pola tidur yang teratur dan melatih diri untuk mengasosiasikan tidur dengan isyarat seperti kegelapan dan waktu tidur yang konsisten. Tidur siang dapat mempengaruhi kualitas tidur malam hari.

5. Berolahraga secara teratur

Ilustrasi Olahraga

Kamu juga bisa melakukan olahraga secara teratur agar tidak insomnia. Olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur. Namun, berolahraga segera sebelum
tidur dapat memiliki efek stimulan pada tubuh dan harus dihindari. Cobalah untuk menyelesaikan berolahraga setidaknya tiga jam sebelum kamu berencana untuk tidur malam itu.

6. Batasi aktivitas di tempat tidur

Makan di tempat tidur

Membatasi aktivitas di tempat tidur juga bisa mengatasi susah tidur. Jika kamu
menderita insomnia, jangan menyeimbangkan baca buku, belajar, atau menelepon, misalnya saat di tempat tidur atau bahkan di kamar tidur, dan hindari menonton televisi atau mendengarkan radio. Semua aktivitas tersebut dapat meningkatkan kewaspadaan dan membuat sulit untuk tertidur.

7. Jangan makan atau minum tepat sebelum tidur

Pria makan banyak

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya yaitu tidak makan atau minum sebelum tidur. Makan malam atau ngemil sebelum tidur dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan membuat
kamu tetap terjaga. Jika kamu menderita gastroesophageal reflux (GERD) atau mulas, bahkan lebih penting untuk menghindari makan dan minum sebelum tidur karena ini dapat memperburuk gejala kamu. Selain itu, minum banyak cairan sebelum tidur dapat membanjiri kandung kemih, membutuhkan seringnya kunjungan ke kamar mandi yang mengganggu tidur kamu.

8. Buat lingkungan tidur kamu nyaman

ilustrasi kamar tidur/rumah.

Suhu, pencahayaan, dan kebisingan harus dikontrol untuk membuat kamar tidur kondusif untuk jatuh (dan tetap) tertidur.
Tempat tidur kamu harus terasa nyaman dan jika kamu memiliki hewan peliharaan yang tidur di kamar bersama kamu, pertimbangkan untuk menidurkannya di tempat lain jika hewan tersebut cenderung membuat kebisingan di malam hari.

9. Hilangkan semua kekhawatiran sebelum tidur

Ilustrasi cemas dan khawatir (Imago
Images/M. Eichhammer).

Jika kamu berbaring di tempat tidur sambil memikirkan hari esok, pertimbangkan untuk menyisihkan waktu, mungkin setelah makan malam untuk meninjau hari itu dan membuat rencana untuk hari berikutnya. Tujuannya adalah untuk menghindari melakukan hal-hal ini saat mencoba tertidur. Juga berguna untuk membuat daftar, katakanlah, tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan untuk hari berikutnya sebelum meninggalkan pekerjaan. Itu, setidaknya, menghilangkan
satu set kekhawatiran.

10. Mengurangi stres

Ilustrasi stres

Ini juga menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur. Ada sejumlah terapi relaksasi dan metode pengurangan stres
yang mungkin ingin kamu coba untuk merilekskan pikiran dan tubuh sebelum tidur. Contohnya termasuk relaksasi otot progresif (mungkin dengan kaset audio), teknik pernapasan dalam, perumpamaan, meditasi, dan biofeedback.

11. Pertimbangkan untuk berpartisipasi dalam terapi kognitif

Konsultasi Dokter.

Cara mengatasi susah tidur yang terakhir yaitu dengan mempertimbangkan untuk terapi kognitif. Terapi kognitif membantu
beberapa orang dengan insomnia mengidentifikasi dan mengoreksi pikiran dan keyakinan yang tidak tepat yang dapat menyebabkan insomnia. Selain itu, terapi kognitif dapat memberi kamu informasi yang tepat tentang norma tidur, perubahan tidur terkait usia, dan membantu menetapkan tujuan tidur yang wajar.

Demikian ulasan tentang cara mengatasi susah tidur atau insomnia. Orang dengan insomnia tidak bisa tertidur, tetap tertidur atau cukup tidur nyenyak. Insomnia adalah gangguan tidur yang umum.
Seiring waktu, kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes, hipertensi, dan penambahan berat badan. 

Perubahan perilaku dan gaya hidup dapat meningkatkan istirahat kamu. Terapi perilaku kognitif (CBT) dan obat tidur juga membantu. Jika kamu mengalami susah tidur atau insomnia, kamu bisa melakukan beberapa cara diatas yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini membantu. 

Pijat apa supaya cepat tidur?

Untuk mengobati insomnia temukan titik tertinggi di pergelangan kaki. Hitung empat jari selebar kaki, di atas pergelangan kaki. Berikan tekanan dalam sedikit di belakang tulang kaki bagian bawah (tibia) terbesar, pijat dengan gerakan melingkar atau naik-turun selama empat hingga lima detik.

Jika susah tidur apa yang harus dilakukan?

10 Cara Mengatasi Sulit Tidur dan Gelisah di Malam Hari.

Terapi Perilaku Kognitif (CBT) untuk Insomnia. … .

Menghindari Minuman Berkafein Jelang Tidur. … .

Menghindari Makan Berat atau Makanan Pedas Mendekati Waktu Tidur. … .

4. Tidak Berolahraga Intens Menjelang Waktu Tidur. … .

Tempat Tidur Hanya untuk Tidur atau Bercinta..

Penyakit susah tidur apa bisa disembuhkan?

Kabar baiknya, sebagian besar kasus insomnia dapat disembuhkan dengan perubahan yang dapat kamu lakukan sendiri. Sebenarnya dengan mengatasi penyebab yang mendasarinya dan membuat perubahan sederhana pada kebiasaan sehari-hari dan kamar tidur, kamu dapat menyembuhkan insomnia sepenuhnya.

Susah tidur Apakah harus ke psikolog?

Psikolog atau Psikiater
Bukan hanya menangani masalah kejiwaan, psikolog dan psikiater juga bisa jadi tujuan jika insomnia yang kamu alami berkaitan dengan masalah mental. Jadi, jangan ragu untuk mendatangi psikolog atau psikiater jika mengalami insomnia, yang disertai stres, cemas, atau gejala psikologis lainnya.

Terapi untuk orang yang susah tidur | admin | 4.5
shopee flash sale gratis ongkir
x