Tiga dimensi waktu dalam ilmu sejarah yaitu

By On Wednesday, August 10th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Tiga dimensi waktu dalam ilmu sejarah yaitu – Hi teman semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke blog www.trendwisata.com ini. Sekarang, saya dari situs Trend Wisata mau share info yang wokeh yang mengulas Tiga dimensi waktu dalam ilmu sejarah yaitu. Sebaiknya ibu dan bapak menonton di bawah ini:

tirto.id – Sejarah berasal dari bahasa arab syajaratun yang berarti pohon. Pohon memiliki makna pertumbuhan yang terjadi terus-menerus dari ranting, dahan, daun, bunga, dan hasil buahnya seperti kejadian sejarah. Pertumbuhan pada seluruh bagian pohon dapat diartikan sebagai keturunan, asal-usul, dan silsilah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sejarah memiliki 3 (tiga) pengertian yaitu asal-usul silsilah (keturunan), kejadian dan peristiwa yang terjadi di masa lalu, dan pengetahuan (uraian) tentang peristiwa dan kejadian yang sudah terjadi di masa lampau.

Dikutip dari modul Pengertian dan Konsep Sejarah oleh Ismaun, Edward Hallet Carr mengatakan bahwa sejarah adalah proses interaksi serba terus antara sejarawan dengan fakta-fakta yang ada padanya, atau suatu dialog tiada henti-hentinya antara masa sekarang dengan masa silam.

Menurut J Bank dalam buku Ilmu Sejarah dan Historiografi; Arah dan Perspektif (1985), sejarah merupakan semua kejadian atau peristiwa masa lampau yang bertujuan untuk memahami perilaku masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang.

Secara sederhana, definisi sejarah dapat dipahami sebagai pengetahuan mengenai peristiwa dan kejadian yang terjadi di masyarakat pada masa lalu sesuai kausalitas dan segala aspek perkembangannya.

Sejarah bermanfaat sebagai pengalaman (pedoman) masyarakat masa sekarang dan masa yang akan datang untuk mencapai tujuan serta cita-cita.

Konsep Ruang dan Konsep Waktu dalam Pembelajaran Sejarah

Dalam sejarah, dikenal adanya unsur konsep ruang (dimensi spasial) dan konsep waktu (dimensi temporal). Konsep waktu berhubungan dengan lokasi sebuah peristiwa dan kejadian pada saat sejarah terjadi. Sedangkan dimensi temporal merupakan kapan (waktu) suatu peristiwa dan kejadian berlangsung.

Dikutip dari buku Sejarah Indonesia oleh Veni Rosfenti (2020), pada peristiwa dan kejadian sejarah, manusia berperan sebagai subjek (pelaku) dan objek (penulis).

Setiap aktivitas dalam kehidupannya selalu diiringi dengan ruang dan waktu yang mengakibatkan unsur dari keduanya tidak dapat dipisahkan dan saling melengkapi.

a. Konsep Ruang (Dimensi Spasial)

Konsep ruang berarti lokasi (tempat) terjadinya peristiwa dan kejadian sejarah. Secara umum pengertian konsep dimensi spasial dalam mengungkap (mempelajari) sejarah adalah sebagai berikut:

  • Ruang merupakan tempat berbagai macam kejadian dan peristiwa berlangsung dalam perjalanan waktu.
  • Penelaahan peristiwa atau kejadian berdasarkan dimensi waktu yang tidak dapat terlepas dari ruang dan waktu keberlangsungannya.
  • Konsep waktu bertumpu kepada kapan peristiwa atau kejadian tersebut terjadi di waktu lampau. Sedangkan konsep ruang berfokus kepada di mana peristiwa atau kejadian sejarah tersebut pernah terjadi sebelumnya.

Infografik SC Konsep Ruang dan Waktu dalam Sejarah. tirto.id/Fuad

b. Konsep Waktu (Dimensi Temporal)

Konsep waktu memiliki dua jenis dalam maknanya, yaitu makna denotatif yang berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Sedangkan makna konotatif yaitu konsep waktu sebagai suatu konsep.

Sebagai contoh, kamar mandi kecil pada zaman sebelumnya diartikan sebagai kamar yang berukuran kecil (denotatif), tetapi kamar kecil dalam generasi yang berbeda diartikan sebagai kamar mandi (konotatif).

Adapun beberapa konsep waktu dalam memahami sejarah pada umumnya sebagai berikut:

  • Masa lampau merupakan waktu yang sudah terlewat (terjadi). Namun, masa lampau terkadang masa yang yang masih berlanjut dan belum berhenti.
  • Masa lampau bersifat terbuka dan saling terhubung antar waktunya. Sehingga, apapun yang sudah terjadi di masa lampau dapat dijadikan sebuah pembelajaran untuk waktu yang akan datang.
  • Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman untuk merencanakan masa sekarang dan masa depan.

Dalam setiap peristiwa dan kejadian perkembangan manusia dapat dijelaskan secara konkret dengan konsep waktu. Hal tersebut mengartikan bahwa sejarah tidak dapat lepas dari struktur waktu. Beberapa konsep waktu esensial dalam sejarah sebagai berikut:

1. Perkembangan

Setiap generasi masyarakat yang baru akan terus memperbarui dan membawa bentuk baru yang sesuai dengan kondisi zamannya. Pembaruan setiap generasi menjadikan keberhasilan dalam kehidupan masyarakat.

2. Kesinambungan

Masyarakat akan mengambil beberapa cara yang dapat dipakai dari zaman-zaman sebelumnya yang menyebabkan adanya kesinambungan sejarah. Walaupun mengambil pembelajaran dari masa lalu, masyarakat tetap mengembangkan sesuatu sesuai zamannya.

3. Pengulangan

Tidak jarang banyak peristiwa sejarah yang mengalami pengulangan. Walaupun secara waktu berbeda, namun latar belakangnya terkadang hampir sama.

4. Perubahan

Perubahan dalam masyarakat yang terjadi secara besar dan singkat, biasanya dipengaruhi adanya kekuatan dari luar yang menjadikanya perubahan.

Baca juga:

  • Perang Banjarmasin: Latar Belakang, Kronologi Sejarah, & Akhir
  • Sejarah Kitab Taurat: Nabi Penerima, Makna, & Isi Pokok Ajarannya
  • Sejarah Perkembangan Geografi Klasik, Abad Pertengahan, dan Modern

Baca juga
artikel terkait
SEJARAH
atau
tulisan menarik lainnya
Syamsul Dwi Maarif

(tirto.id – sym/ulf)


Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Maria Ulfa
Kontributor: Syamsul Dwi Maarif

Subscribe for updates
Unsubscribe from updates

Peristiwa sejarah tidak terlepas dari tiga dimensi waktu yang saling terkait yaitu masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang. Berkaitan dengan dimensi waktu dalam ilmu sejarah dikenal dengan konsep berfikir diakronis. Penerapan konsep berfikir tersebut dalam penulisan sejarah adalah?

  1. karya sejarah membahas kehidupan manusia masa lampau
  2. mencari waktu yang tepat untuk mewacarai pelaku sejarah
  3. mengurutkan waktu dari masa kini ke masa lampau/lalu
  4. mengurutkan peristiwa berdasarkan waktu kejadiannya
  5. mencari waktu yang tepat untuk menulis karya sejarah

Jawaban: D. mengurutkan peristiwa berdasarkan waktu kejadiannya

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, peristiwa sejarah tidak terlepas dari tiga dimensi waktu yang saling terkait yaitu masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang. berkaitan dengan dimensi waktu dalam ilmu sejarah dikenal dengan konsep berfikir diakronis. penerapan konsep berfikir tersebut dalam penulisan sejarah adalah mengurutkan peristiwa berdasarkan waktu kejadiannya.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu 1] Islam masuk melalui jalur kesenian2] Islam masuk dengan cara penaklukan3] Islam telah masuk ke Indonesia sejak abad ke-VII4] Proses penyebaran Islam berjalan secara beertahap5] Kerajaan Majapahit berjasa menyebarkan Islam di tanah Jawa. Proses Islamisasi di Indonesia ditunjukan oleh nomor? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions [MCQ] Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. Masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang
  2. Masa kini, masa yang akan datang, dan masa kecil
  3. Masa sejarah, masa kini, dan masa prasejarah
  4. Masa prasejarah, masa lampau, dan masa kini
  5. Masa lampau, masa prasejarah, dan masa kini

Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah.
Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Berikut yang merupakan tiga dimensi waktu peristiwa sejarah adalah?

  1. Masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang
  2. Masa kini, masa yang akan datang, dan masa kecil
  3. Masa sejarah, masa kini, dan masa prasejarah
  4. Masa prasejarah, masa lampau, dan masa kini
  5. Masa lampau, masa prasejarah, dan masa kini

Jawaban: A. Masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang.

Dilansir dari Ensiklopedia, berikut yang merupakan tiga dimensi waktu peristiwa sejarah adalah masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang.

Pengertian sejarah menyangkut tiga dimensi waktu – Hallo sahabat Materi Pelajaran, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Pengertian sejarah menyangkut tiga dimensi waktu, dalam membantu menjawab soal atau membantu belajar sobat, mudah-mudahan isi postingan materi pelajaran yang saya bagikan ini dapat anda pahami, jika ada kesulitan jangan ragu untuk memberikan komentar. Link Judul Soal : Pengertian sejarah menyangkut tiga dimensi waktu
Soal:
Pengertian sejarah menyangkut tiga dimensi waktu

Jawaban:
Sejarah selalu membicarakan tiga dimensi waktu yaitu waktu lampau , waktu
sekarang , dan waktu yang akan datang. Ketiga unsur tersebut menjadi satu
kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Peristiwa yang sudah terjadi pada masa
lampau akan berpengaruh terhadap apa yang terjadi pada masa saat ini dan
peristiwa saat ini akan menjadi acuan dari peristiwa yang akan datang. Tidak
semuan peristiwa yang terjadi pada lampau menjadi suatu sejarah manusia.

Demikianlah Artikel Pengertian sejarah menyangkut tiga dimensi waktu

Sekian materi menjawab soal Pengertian sejarah menyangkut tiga dimensi waktu, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sekian postingan materi pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel pelajaran tentang Pengertian sejarah menyangkut tiga dimensi waktu dan artikel pelajaran ini url permalinknya adalah //soalnanti.blogspot.com/2016/06/pengertian-sejarah-menyangkut-tiga.html Semoga artikel materi soal ini bisa membantu menjawab soal sobat, selamat belajar.

Keberlanjutan adalah suatu keadaan yang telah berlangsung lama. Keberlanjutan dalam sejarah meliputi tiga dimensi waktu, yaitu masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Ketiga dimensi waktu itu tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dimensi waktu tersebut terkait dengan pernyataan Arnold J. Toynbee bahwa mempelajari sejarah adalah mempelajari masa lampau untuk membangun masa depan [to study history is to study the past to build the future].  

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.  


s rajadman salah satu menteri yang menandatangani Deklarasi Bangkok yang berasal dari​


Sunan Drajat adalah salah satu Wali yang berjiwa sosial tinggi. Hal itu tercermin dari jalan dakwah yang ia tempuh, yaitu dengan cara menyejahterakan


masyarakat yang bertujuan untuk …. * A. Tercipta kemakmuran dan menghilangkan kemiskinan. B. Tercipta masyarakat yang adil dan makmur C. Tercipta masyarakat yang berpendidikan D. Tercipta keindahan dan keharmonisan​


mengapa pendidikan pesantren itu lebih mendalami ilmu fiqih dibandingkan ilmu yang lainnya​


Pattimura rela mengorbankan jiwa raganya untuk kemerdekaan tanah air Indonesia. Hal ini terbukti ..A. Pattimura dan keluarganya meninggal dalam tawana


nB. Pattimura dan pasukannya meninggal di hutan.C. Pattimura tak gentar menghadapi hukuman gantungD. Pattimura gugur ketika menyerbu benteng DurstedeE. Pattimura menggunakan seluruh hidupnya untuk berperang​


Setiap usaha yang bertujuan memecah-belah persatuan Indonesia akan menemui kegagalan jika …A.seluruh bangsa Indonesia bebas dari buta hurufB. rakyat I


ndonesia dapat mengatasi segala ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luarC.bangsa Indonesia memiliki pemimpin nasional yang cakapD. seluruh rakyat Indonesia berpendidikan tinggiE. adanya rasa persatuan dan kesatuan yang kuat pada bangsa Indonesia​


Bagaimana cara menyelesaikan permasalahan apabila terdapat pertentangan hukum antara dalil aqli dan naqli


bandingkan dari segi potensi wisata mengenai bukti bukti peninggalan kesultanan Palembang antara rumah Limas dengan bente6 Kuto besak​


apa latar yang melatar belakangi kemajuan dan keruntuhan Aceh?​


ketika melihat kemungkaran di depan kita maka kita harus merubahnya dengan cara yang baik sekali pun mengandung resiko hal tersebut merupakan​


untuk mewujudkan peradaban Indonesia yang maju​

Video yang berhubungan

wisata terms:

sejarah jajarwayang pandeglang
Tiga dimensi waktu dalam ilmu sejarah yaitu | admin | 4.5