Tuliskan dua cara yang kamu lakukan jika melihat temanmu berbohong

By On Sunday, August 21st, 2022 Categories : Tanya Jawab

Tuliskan dua cara yang kamu lakukan jika melihat temanmu berbohong – Apa khabar Agan dan sista semua, Thanks dah mau datang ke halaman blog Trend Wisata ini. Malam ini, kami dari web site Trend Wisata dot com mau berbagi Q dan A yang mantap yang membahas Tuliskan dua cara yang kamu lakukan jika melihat temanmu berbohong. Sebaiknya tante dan om tonton setelah ini:

Rasa kepercayaan adalah kunci dari sebuah hubungan, bisa dalam bentuk hubungan suam-istri, persahabatan atau hubungan lainnya.

Bagaimana rasanya ketika rasa kepercayaan yang sudah kita berikan kepada sahabat kita disalah artikan dan membuat kepercayaan itu menjadi sebuah kebohongan dalam hubungan persahabatan?

Pasti rasanya campur aduk antara sedih dan sebal, terkadang kita juga tidak tahu harus berbuat bagaimana. Kebanyakan dari kita akhirnya memaafkan apa yang teman kita lakukan ke kita.

Ketika kebohongan itu tidak hanya terjadi sekali saja dan dilakukan oleh orang itu saja. Kita harus mengambil tindakan.

Tidak harus dengan cara memusuhi teman kita itu, tetapi pilihlah cara yang lebih elegan untuk menghadapi teman yang mempunyai sifat suka berbohong. Ada beberapa cara yang Popmama.comrangkum untuk dapat dipraktekan oleh Mama semuanya:

1. Apakah teman kita dapat menjadi orang yang kita percaya lagi?

Unsplash/mrthetrain

Kepercayaan yang kita tberikan pada teman kita telah dihancurkan dengan kebohongan yang dilakukanya.

Coba tanyakan kepada diri kamu, apakah kebohongan yang teman kamu lakukan ini hanya sebatas kebohongan menghindar dari sebuah kegiatan atau memang kebohongan yang sifatnya sangat prinsip.

Ketika kebohongan hanya sekadar karena dia malas atau sakit, kamu bisa tanyakan apa yg dapat kamu bantu agar teman kamu dapat lebih mempercayaimu.

2. Dampak yang kita terima dari kebohongan itu

Unsplash/arash_payam

Kebohongan yang dilakukan teman kamu apakah sangat berdampak bagi kehidupan kamu?

Ketika sangat berdampak tidak baik bagi kehidupan kamu, sebaiknya Mama dapat bersikap lebih berhati-hati ya.

  1. 5 Hal Penting Sebelum Pakai Kandungan Skincare Retinol
  2. 5 Tanaman Hias yang Menetralkan Energi Negatif
  3. Hubungan Anak dan Orangtua menurut Agama Islam

3. Lebih berhati-hati lagi dan jangan langsung percaya ya Mama

Unsplash/jannis_lucas

Yup, ketika kebohongan telah terjadi di sebuah pertemanan ada baiknya kalau Mama bisa lebih aware terhadap situasi yang terjadi.

Tidak harus kita menjauhi teman kita secara langsung, tetapi kita bisa dengan tetap mendengarkan dan mengecek kembali fakta yang benar sebelum kita percaya.

Selain itu kita juga harus lebih berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu hal ke teman kita tersebut. Mulai mengurangi memberi informasi yg sifatnya personal kepada teman kita yang merusak rasa kepercayaan kita.

4. Tanya alasan dia berbohong dan sampaikan apa yang kamu rasakan

Unsplash/priscilladupreez

Mama, kamu dapat menanyakan kepada teman kamu alasan mengapa dia berbohong. Itu adalah hal yang baik, itu berarti kita peduli terhadap dia dan masih mau mengerti mengenai dia.

Tidak ada salahnya juga ketika Mama menyampaikan apa yang dirasakan setelah teman Mama melakukan kebohongan.

Sampaikan rasa sedih yang Mama rasakan dan buatlah sebuah pertemanan ini berlandaskan dengan kejujuran. Ketika hal buruk ini terulang lagi, Mama bisa memikirkan kembali apakah masih mau lanjut berteman atau tidak.

5. Apakah kamu masih mau berteman dengannya?

freepik/pressfoto

Ketika semua cara di atas sudah dilakukan tetapi tidak ada hasil yang baik. Ini saatnya Mama bisa memikirkan kembali, apakah hubungan pertemanan ini dapat dilanjutkan atau tidak. Kalaupun memang sudah tidak dapat dilanjutkan, jangan lupa meminta maaf ya Mama.

Memang di dalam kehidupan, pasti kita akan bertemu berbagai macam orang denga sifat-sifat uniknya. Beberapa akan menjadi sahabat yang selalu mendukung dalam kehidupanmu, ada yang menjadi teman untuk sekedar cari perhatian, ada yang menjadi teman untuk menghancurkan kehidupanmu.

Tetapi semua itu kembali ke kendali kamu, masih mau diteruskan atau tidak?

Baca juga:

  • Waspada Hoax, Bantu Anak Mengetahui Tanda-Tanda Berita Bohong
  • 5 Kebohongan Seks di Film Porno yang Wajib Suami Istri Ketahui!
  • Inilah 7 Alasan Laki-Laki Suka Berbohong pada Pasangannya!

Bagaimana menurut pendapat kamu apabila ada seorang teman berbohong kepada orang lain ? Jawabannya: (1) Menegur langsung bahwa yang dikatakan olehnya itu adalah bohong / tidak benar, (2) Memaafkan perbuatan tersebut namun disertai menasehati agar ia tidak mengulanginya kembali, (3) Memberitahu orang lain tersebut bahwa yang dikatakan oleh teman saya itu bohong.

Perbuatan bohon berarti berkata tidak sesuai kebenaran alisa dusta. Dan perbuatan bohong adalah perbuatan yang buruk / tercela.

Orang yang bohong merugikan diri sendiri, hingga orang lain, sehingga tidak pantas untuk ditiru.

Pada pendapat di atas, dengan kita menegur secara langsung akan menyadarkan teman kita bahwa hal tersebut  tidak benar sehingga akan menyadarkannya atau membuatnya malu karena telah berkata bohong pada orang lain.

Kemudian dengan memaafkannya juga akan membuatnya merasa bersalah, dan kemudian kita nasehati agar tidak mengulangi perbuatan tersebut.

Dengan memberitahu orang lain yang dibohongi oleh teman kita, maka akan mencegah orang lain tersebut dari kerugian maupun kecurangan akibat kebohongan teman kita.

Pendapat dan sikap saya, apabila saya melihat teman saya berbohong pada orang lain adalah

  1. Menegur secara langsung bahwa yang dikatakannya itu tidak benar alias bohong.
  2. Waspada terhadap teman yang suka berbohong.
  3. Menyelidiki dan mengumpulkan bukti untuk membuktikan pada orang lain bahwa yang dikatakan itu bohong.
  4. Betanya berulang-ulang terhadap perkataan yang dicurigai bohong.
  5. Menasehati teman tersebut agar tidak mengulangi perbuatannya sebab merugikan diri sendiri dan orang lain.
  6. Memaafkan teman tersebut.

Pada soal ini, pada intinya teman kita berbohong pada orang lain, artinya yang dibohongi orang lain. Yang ditanya pendapatmu yang tahu atau melihat kejadian tersebut ?.

Biar ada gambaran, kita ambil contoh: saat pelajaran Pendidikan Agama Islam, temen sebangkumu itu jujur ke kamu kalau mau beli cemilan di kantin, kemudian temanmu itu mengangkat tangan sama guru PAI dan izin mau ke toilet.

Di sini, temen sebangkumu yang berbohong, dan orang lain yang dibohongi adalah guru PAI. Kira-kira pendapatmu mengenai perilaku tersebut gimana ?.

Jawabannya

Bagaimana menurut pendapat kamu apabila ada seorang teman berbohong kepada orang lain

Berikut ini jawaban yang benar:

Pada intinya ini sih yang ditanya pendapat, selama pendapatnya mengarah kepada kebaikan ya gapapa. Toh pendapat orang beda-beda. Jadi bisa kalian kembangan sendiri.

Mohon dimaafkan kalau BENAR.

Apa yang kamu lakukan ketika melihat temanmu melakukan perbuatan tercela ? Jawabannya: (1) Menghindari, menjauhi dan tidak melakukan perbuatan tercela tersebut, (2) Menasehati dengan sopan agar tidak mengulangi perbuatan tersebut, (3) Mendoakan agar teman tersebut sadar bahwa perbuatan tersebut merugikan diri sendiri dan orang lain, dan (4) Mengajaknya untuk melakukan perbuatan terpuji dan juga cara memberi contoh yang baik.

Apa sih perbuatan tercela itu ?.

  • Perbuatan tercela adalah perbuatan yang tidak pantas, buruk, jelek dan yang tidak diridhoi oleh Allah.
  • Contohnya: berburuk sangka, berkata kotor, mudah marah, fitnah, bohong dan lain sebaginya.

Contohnya apabila kamu tahu bahwa temanmu berbohong kalau tidak ada PR agar kamu tidak mengerjakan PR sepertinya, maka sebaiknya kamu tidak menirunya, sebab dengan demikian kamu tidak merugikan orang lain. (Poin 1).

Kemudian, kamu juga bisa menasehati temanmu agar tidak berbuat bohong kalau ada PR, karena kebohongan tersebut merugikan banyak orang, misalnya nilaimu jadi kosong. (Poin 2).

Lalu kamu mendoakan temanmu agar diberi kesadaran bahwa tindakannya akan merugikan diri sendiri (poin 3).

Kamu juga bisa mengajaknya berbuat baik, misalnya berkata jujur dengan memberitahu kalau guru memberikan tugas, dan mengajaknya untuk mengerjakan tugas tersebut bersama. (Poin 4).

Apa yang kamu lakukan ketika melihat temanmu melakukan perbuatan tercela ?

  • Menghindari, menjauhi dan tidak meniru perbuatan tercela yang dilakukan oleh teman tersebut.
  • Menasehati dengan sopan teman agar tidak mengulangi perbuatan tersebut sebab merugikan banyak orang.
  • Mendoakan agar teman tersebut sadar bahwa perbuatan tersebut merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Mengajaknya untuk melakukan perbuatan terpuji dengan memberikan contoh.

Pada intinya perbuatan yang tercela adalah perbuatan yang buruk, jelek, sehingga akan membawa keburukan bagi diri sendiri maupun orang lain, sehingga tidak patut / pantas untuk ditiru.

Jawabannya

Apa yang kamu lakukan ketika melihat temanmu melakukan perbuatan tercela

Berikut ini skor penilaian sikap yang sebaiknya kita lakukan apabila melihat teman kita melakukan perbuatan tercela.

Pada penjelasan di atas, minimal menyebutkan 2 sikap. Kalian bisa mengembangkannya sendiri dengan kata-kata kalian.

Penilaian tergantung pada kebijakan masing-masing guru.

Tuliskan dua cara yang kamu lakukan jika melihat temanmu berbohong | admin | 4.5