Amerika serikat merupakan negara yang memiliki berbagai variasi iklim mengapa bisa demikian

By On Friday, September 23rd, 2022 Categories : Tanya Jawab

Amerika serikat merupakan negara yang memiliki berbagai variasi iklim mengapa bisa demikian – Apa khabar sobs semua, Selamat datang di halaman blog Trend Wisata dot com ini. Sekarang, saya di situs www.trendwisata.com pengen sharing Q&A yang wokeh yang menjelaskan tentang Amerika serikat merupakan negara yang memiliki berbagai variasi iklim mengapa bisa demikian. Kami persilakan tante dan om menyimak setelah ini:

KOMPAS.com – Amerika Serikat merupakan salah satu negara di Benua Amerika Utara. Negara ini dikenal juga dengan nama United States atau United States of America (USA).

Amerika Serikat menjadi salah satu negara maju di dunia, khususnya di bidang teknologi dan ilmu pengetahuannya.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Amerika Serikat berbatasan langsung dengan Kanada di sebelah utara, Samudra Atlantik di timur, Teluk Meksiko dan Meksiko di sebelah selatan, dan Samudra Pasifik di barat.

Dalam hal wilayah, Amerika Serikat menjadi negara terbesar keempat di dunia, setelah Rusia, Kanada, dan Tiongkok. Negara ini beribu kota di Washington, D.C. Amerika Serikat diperkirakan memiliki total luas wilayah sebesar 9.384 juta kilometer persegi.

Letak astronomis dan iklim Amerika Serikat

Secara astronomis, Amerika Serikat terletak di 24º33’LU – 70º23’LU dan 172º BB – 66º BB. Hal ini menyebabkan seluruh kawasan Amerika Serikat terletak di belahan bumi utara serta barat.

Baca juga: Letak Astronomis Indonesia dan Wilayahnya

Letak astronomis ini membawa pengaruh secara langsung ataupun tidak pada jenis iklim Amerika Serikat. Dikutip dari situs National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), secara garis besar, iklim di Amerika Serikat sangatlah bervariasi, bergantung pada tempat dan waktu dalam setahun.

Secara lebih spesifik, Amerika Serikat membagi iklimnya menjadi enam kelompok berdasarkan lokasi. Berikut penjelasannya:

  1. Iklim laut sedang yang basah, terdapat di antara Pantai Barat di bagian utara Amerika Serikat.
  2. Iklim subtropis, terdapat di dataran pantai bagian selatan dan di sebagian besar wilayah Amerika Serikat.
  3. Iklim kering, terdapat di Dataran Tinggi Colorado, Great Basin dan Central Plain.
  4. Iklim laut sedang, terdapat di bagian timur Amerika Serikat.
  5. Iklim dingin, terdapat di sebagian wilayah Alaska.
  6. Iklim laut tropis yang terdapat di Kepulauan Hawai.

Walau memiliki iklim yang beragam, secara keseluruhan Amerika Serikat memiliki empat musim, yakni musim semi, dingin, gugur, dan panas.

Selain itu, suhu di negara ini juga sangat dipengaruhi oleh iklim dan lokasinya. Misal suhu di Alaska cenderung lebih rendah atau dingin karena letaknya yang berdekatan dengan Kutub.

Selain memengaruhi suhu udara, iklim di Amerika Serikat juga berpengaruh pada pertumbuhan vegetasi, tanah, serta satwa liarnya. Sehingga dapat dikatakan jika negara ini memiliki kelompok flora, fauna, serta jenis tanah yang khas sesuai dengan pembagian iklimnya.

Baca juga: Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


pembagian waktu daerah Indonesia menjadi WIB, WITA dan WIT berdasarkan letak pada bujur Indonesia yaitu ​


peristiwa saling menjatuhkan dalam interaksi sosial disebut​


mengapa pakaian adat mengalami midifikasi?tolong di bantu ya.​


Tugas IPS dari buku paket ipsDikerjakan di Buku Catatan IPS ditulis berikut soalnyaJawablah pertanyaan berikut ini1. Jelaskan pengertian Kebudayaan me


nurut Koentjaraningrat !2. Jelaskan tiga wujud budaya menurut JJ Hoenigman3. Sebutkan tujuh unsur kebudayaan menurut Koentjaraningrat!4. Mengapa perbedaan lokasi bisa mempengaruhi perbedaan budaya masyarakat Indonesia?5. Jelaskan secara singkat mengenai suku bangsa/ etnik Jawa!tolong di jawab yaaa terimakasih​


stabilitas politik negara china ​

Jakarta

Amerika Serikat atau United State of Amerika (USA) merupakan negara yang terletak di kawasan benua Amerika Utara. Negeri Paman Sam ini dikenal memiliki iklim yang variatif.

Dikutip dari buku Geografi untuk Kelas XII oleh Hartono, secara geografis, wilayah Amerika Serikat berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan, Samudra Atlantik di sebelah timur, dan Samudra Pasifik di sebelah barat.

Amerika Serikat memiliki 50 negara bagian. 48 di antaranya terletak di daratan utama yakni antara Kanada dan Meksiko, sementara dua di antaranya terpisah dari daratan utama. Keduanya adalah Alaska yang terletak di ujung barat laut Amerika Utara dan negara bagian pulau Hawaii yang berada di tengah Samudra Pasifik.

Amerika Serikat adalah negara terbesar ketiga di dunia dengan populasi lebih dari 325 juta, menurut Biro Sensus AS. Selain penduduk asli Amerika yang sudah tinggal di benua itu, penduduk Amerika Serikat dibangun atas imigrasi dari negara lain. Hal itulah yang menyebabkan Amerika Serikat menjadi negara multikultural.

Selain memiliki budaya yang beragam, Amerika Serikat juga memiliki iklim yang beragam. Mulai dari iklim laut sedang hingga iklim kering atau stepa.

Iklim Amerika Serikat

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca di suatu tempat dalam jangka waktu yang lama, dilansir dari SciJinks. Iklim ditentukan oleh sistem iklim suatu wilayah. Terdapat lima komponen utama yang digunakan dalam sistem iklim, antara lain atmosfer, hidrosfer, kriosfer, permukaan tanah, dan biosfer.

Sistem iklim di Amerika Serikat bervariasi. Sebagian besar iklim di Amerika Serikat dipengaruhi oleh tempat dan waktu dalam kurun waktu satu tahun, dilansir dari National Centers for Environmental Information, National Oceanic and Atmospheric Administration, Amerika Serikat.

Berikut 6 iklim Amerika Serikat:

1. Iklim Laut Sedang yang basah di pantai barat bagian utara2. Iklim Subtropis di daratan pantai bagian selatan dan di sebagian besar wilayah Amerika Serikat.3. Iklim Kering (Stepa) di Dataran Tinggi Colorado, Great Basin dan Central Plain, padang rumput Prairi.4. Iklim Laut Sedang di wilayah timur Amerika Serikat5. Iklim Dingin di sebagian negara Alaska

6. Iklim Laut Tropis di Kepulauan Hawaii

Amerika Serikat juga dipengaruhi oleh iklim kutub (subarktik), tepatnya di wilayah Alaska. Di Alaska, suhu udara cenderung lebih rendah karena terletak di dekat kutub. Rata-rata suhu di wilayah tersebut sekitar -18°C sampai -35°C di musim dingin dan 5°C-15°C di musim panas.

Secara umum, Amerika Serikat memiliki 4 musim, antara lain musim semi, panas, gugur, dan dingin. Pada musim dingin, suhu udara dapat mencapai -30°C. Sementara itu, sebagian besar wilayah Amerika Serikat pada musim panas dapat mencapai suhu 27°C.

Simak Video “Gempa M 8,2 Guncang Alaska, Berpotensi Tsunami!

[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

18 Desember 2021 22:15

1rb+

1

Jawaban terverifikasi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

21 Desember 2021 05:35

Hallo Nasya, kakak bantu jawab yaa Variasi iklim yang ada di Amerika Serikat dipengaruhi oleh letak geografisnya yang membujur dari daerah Kutub Utara sampai ke daerah tropis. Berikut adalah penjelasannya. Secara astronomis letak kawasan Amerika Serikat terletak pada garis 24°33’ LU – 70°23’ LU dan antara 172°27’ BT – 66°51’ BB. Sedangkan letak geografisnya membujur dari daerah Kutub Utara sampai ke daerah tropis, dengan 2 pegunungan besar Appalachians (di sebelah Timur) dan Rocky Mountains (di sebelah Barat) memanjang dari Utara ke Selatan dengan dataran luas di tengah-tengahnya, ditambah dengan pengaruh angin Utara dan Gulfstream, menjadikan Amerika Serikat mempunyai iklim yang berbeda-beda. Iklim di kawasan Amerika Serikat diantaranya yaitu, di pantai utara bagian barat beriklim sedang, pantai barat bagian selatan beriklim mediteran, pantai barat laut beriklim sedang basah, pantai tenggara beriklim subtropik basah, di wilayah teluk Meksiko dan pantai pedalaman beriklim kontinental dan, Alaska beriklim kutub (dingin). Maka bisa disimpulkan bahwa, variasi iklim yang ada di Amerika Serikat dipengaruhi oleh letak geografisnya yang membujur dari daerah Kutub Utara sampai ke daerah tropis. Semoga bermanfaat ya.

Balas

Amerika serikat merupakan negara yang memiliki berbagai variasi iklim mengapa bisa demikian | admin | 4.5